TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK PENILAIAN PEMBELAJARAN Makalah ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah ICT Pembelajaran PAI dan dibina oleh Saiful Amien, M.Pd

18 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK PENILAIAN PEMBELAJARAN

Makalah ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah ICT Pembelajaran PAI dan dibina oleh Saiful Amien, M.Pd

Di susun oleh : Kelompok 7

Dewi Puspitasari (201410010311089) Gita Agustina (201410010311090) Dwi Aputri Supardi (201410010311091) Achmad Imam Bhucori (201410010311092) Muammar Mar’i Lubis (201410010311093)

Muhammad Ibnu Rizal (201410010311095) Muhammad Fadli Mukhtar (201410010311096)

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG FAKULTAS AGAMA ISLAM

(2)

KATA PENGANTAR

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Puji dan syukur penulis mengucapkan atas kehadirat-Nya karena rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan pada Mata Kuliah ICT Untuk Pembelajaran PAIyaitu tugas makalah "TIK Untuk Penilaian Pembelajaran PAI".

Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas dari Mata Kuliah ICT Untuk Pembelajaran PAI. Selama penyusunan makalah ini penulis telah memperoleh bantuan, bimbingan, petunjuk serta saran-saran dari berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis menghaturkan rasa syukur dan terima kasih kepada :

1. Allah Swt dan Nabi Besar Muhammad Saw yang telah memberikan kesempatan bagi penulis untuk menyelesaikan makalah ini dengan keadaan sehat walafiat.

2. Orang-orang terdekat penulis, yang telah memberi do’a dan dukungan baik moril maupun materil yang tak terhingga, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan sebaik-baiknya.

3. Bapak Dr.Muhadjir Effendy, M.AP., selaku Rektorat UMM yang telah banyak memberikan dorongan kepada penulis.

4. Bapak Saiful Amien, M.Pd, selaku dosen pembimbing Matakuliah Sejarah Pendidikan Islam yang telah banyak memberikan bantuan dan arahan kepada penulis dalam proses belajar mengajar hingga tersusunnya makalah ini.

5. Teman-teman Tarbiyah B yang telah memberikan motivasi dalam penyelesaian makalah ini. Penulis sangat menyadari bahwa penulisan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun sebagai bahan masukan dan bahan pertimbangan bagi kami dalam menyelesaikan tugas-tugas berikutnya.

Malang, 27 November 2015

(3)

BAB I PENDAHULUAN

1.1Latar Belakang

Indonesia merupakan salah satu negara yang dalam hal kemajuan selalu berkiblat pada negara barat, tak terkecuali kemajuan dalam hal teknologi. Perkembangan teknologi pada era saat ini menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah, karena dalam era globalisasi seperti sekarang ini teknologi sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia selain sandang, pangan, dan papan. Dengan tekonologi pula kebutuhan manusia menjadi lebih mudah terpenuhi, jadi secara langsung maupun secara tidak langsung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Selain itu, perkembangan teknologi juga berdampak pada dunia pendidikan, yang mana dunia pendidikan dituntut untuk selalu menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha peningkatan kualitas pendidikan. Terutama dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran yang nantinya diharapkan lebih mudah dalam pencapaian tujuan yang sudah dicanangkan. Walaupun perkembangan teknologi sudah semakin berkembang, namun kenyataannya masih banyak sekolah yang menggunakan teknologi hanya sebatas untuk penambahan referensi bahan ajarnya. Padahal kegunaan teknologi bukan itu saja salah satunya adalah kita bisa menilai setiap siswa dalam hal angka dengan otomatis dan juga dalam hal rangking-merangking. Salah satunya adalah Program Microsoft Excel atau disebut juga Lembar Sebar, program aplikasi pengolah angka ini memudahkan kita untuk melakukan perhitungan serta mengolah data berupa angka yang ada dalam tabel. Dalam Microsoft Excel banyak sekali fungsi-fungsi tertentu yang masing-masingnya memiliki kegunaan tersendiri.

1.2Rumusan Masalah

1.2.1 Bagaimana konsep penggunaan TIK untuk penilaian? 1.2.2 Apa saja manfaat penggunaan TIK dalam penilaian?

(4)

1.3Tujuan Penulisan

(5)

BAB II PEMBAHASAN 2.1Konsep Penggunaan TIK untuk Penilaian

Penilaian adalah proses sistematis pengumpulan, pengolahan, dan pengambilan keputusan atas data tentang suatu objek yang kemudian diberi penilaian atas objek tersebut berdasarkan kriteria tertentu. Penilaian tidak bisa dilakukan tanpa adanya sejumlah data yang memadai tentang objek yang akan dinilai.

Melalui data yang lengkap, kita dapat mengamati dan mengenali objek dengan baik yang kemudian kita dapat memberikan penilaian tentang objek tersebut. Penilaian tidak dilakukan secara serampngan tanpa adanya kriteria yang jelas. Karena penilaian tentang objek itu baik atau tidak baik merujuk kepada kriteria yang jelas. Dengan demikian, dari uraian diatas kita bisa pahami bahwa setidaknya ada tiga komponen utama dalam penilaian, yaitu: adanya objek yang akan dinilai, adanya pertimbanngan, dan adanya kriteria.

Dalam evaluasi pembelajaran, yang menjadi objek penilaian adalah proses dan hasil belajar. Substansinya adalah proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa dan tujuan-tujuan pembelajaran yang dicapai siswa. Dengan demikian, dalam evaluasi pembelajaran data yang harus dikumpulkan adalah data tentang aktivitas pembelajaran dan hasil dari pembelajaran. Data tentang aktivitas/proses pembelajaran kebanyakan berupa data kualitatif sedangkan data hasil belajar lebih banyak data yang bersifat kuantitatif.

Dalam pengolahan data kualitatif, penilaian dilakukan secara subjektif oleh guru yang bersandar pada ilmu yang dimilikinya, sedangkan pengolahan data kuantitatif berupa angka-angka dan pengolahannya menggunakan alat bantu statistik atau sistem operasi matematik. Berkaitan dengan pengolahan dan analisis data berupa angka, pada era ini kita dapat menggunakan salah satu program aplikasi komputer, yaitu program pengolah angka. Salah satu program yang dapat digunakan dalam mengolah data adalah program microsoft excel1

1

(6)

2.2Manfaat Penggunaan TIK dalam penilaian

Ada sejumlah sisi positif yang dimiiki pengolahan data angka menggunakan microsoft

excel diantaranya yaitu:

1. Pengolahan dan analisis data angka akan lebih cepat dan lebih akurat.

2. Penyebarluasan informasi hasil pengolahan datanya dilakukan secara digital. 3. Penyebarluasan hasil-hasil penilaian bisa dilakukan secara online.2

2.3Pengenalan Software Microsoft Excel Untuk Penilaian Hasil Pembelajaran 2.3.1 Pengertian Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan salah satu program aplikasi Microsoft Office yaitu

program aplikasi untuk kepentingan perkantoran yang berupa kolom dan lajur elektronik yang di tujukan untuk mengolah dokumen yang berupa angka, kemudian diolah dengan logika operasi matematika dan statistika.3

Microsoft Excel merupakan aplikasi spreadsheet yang banyak digunakan oleh kalangan pengguna komputer untuk mengerjakan pengolahan data yang bersifat numerik. Aplikasi spreadsheet merupakan aplikasi yang digunakan untuk perhitungan data baik kepentingan bisnin maupun lainnya.4

2

Ibid, hlm. 423-424 3

Ibid, hlm.424-425 4

(7)

2.3.2 Fungsi Atau Kegunaan Microsoft Excel

Fungsi dari Microsoft Excel adalah untuk membuat dan mengolah dokumen berupa angka, yang memungkinkan penggunaan operasi logika matematika statistika. Serta untuk mempermudah dalam melakukan operasi perhitungan. Adapun fungsi dan kegunaan microsoft excel5:

a. Membuat sebuah laporan keuangan b. Membuat daftar nilai

c. Melakukan operasi kali, bagi, rerataan dengan cepat d. Menghitung kurs mata uang

e. Membuat grafik dan tabel dari suatu penghitungan

f. Membuat diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran g. Membuat presentasi jadi lebih praktis dan mudah

h. Menyajikan data secara tepat, rapi, dan akurat. 2.3.3 Prosedur Menggunakan Microsot Excel

Prosedur menggunakan Microsoft Excel mencakup empat hal utama, yaitu: membuka dan menutup program Microsoft Excel, menginput dan mengolah data, menyimpan hasil kerja, mencetak hasil kerja.

a. Membuka Program Microsoft Excel

1. Klik Start, klik all programs, klik grup program Microsoft Office 2. Pada layar dekstop lakukan double clik pada icon Microsoft Excel

5

(8)

b. Membuat Dokumen Dalam Microsoft Excel

Membuat Dokumen Dalam Microsoft Excel berupa mengetikan kata, angka, simbol dan statistika yang sudah disediakan oleh program dalam bentuk lajur dan kolom yang tersedia. Ada beberapa hala yang sering dilakukan dalam pengetikan dokumen Microsoft Excel yaitu kolom dan lajur kurang lebar, kolom dan lajur jumlahnya kurang, ssalah memasukan data, memindahkan data, kata atau angka bahkan mungkin satu atau beberapa halaman.

c. Input dan Pengolahan Data

Menginput berarti mengetik data ke dalam kolom dan lajur. Dalam input dan pengolahan data akan terkait dengan beberapa operasi logika matematika an statistika. Di bawah ini lambang operasi matematika dan fungsi statistika yang sering digunakan.

Fungsi statistika yang sering digunakan:

Fungsi Kegunaan

=SUM Menjumlahkan data dalam satu range =AVERAGE Menghitung rata-rata dari satu range =MAX Mencari nilai terbesar dari suatu range =MIN Mencari nilai terkecil dari suatu range =COUNT Menghitung jumlah dari suatu range

1. Dimulai dengan tanda sama dengan (=). Begitupun dengan penulisan rumus fungsi diawali dengan tanda sama dengan. Contoh: =SUM

(9)

3. Klik lambang sama dengan

4. Klik rumus fungsi yang akan digunakan, misal: SUM

5. Blok suatu range tertentu yang berisi data untuk dijumlahkan (misal E17-E21)

6. Tekan enter

Prosedur cara menggunakan fungsi lainnya sama. Cara memblok

1. Bawa kursor ke bagian awal dokumen.

2. Drag dengan menggunakan mouse hingga ke ujung akhir teks. Atau dengan

(10)

2.4Merangking 2.4.1 Konsep

Merangking data artinya menentukan nilai rata-rata mana yang terbaik dari sejumlah nilai rata-rata yang ada. Rangking berfungsi untuk menentukan data mana yang menempati urutan teratas, untk keperluan seleksi atau menentukan prioritas yang berdasarkan peringkat, karena itulah kehadiran rangking sangat penting.

2.4.2 Prosedur merangking a. Klik sel

b. Ketik tanda sama dengan c. Ketik RANK

d. Blok sel yang akan ditentukan rangkingnya e. Ketik koma

f. Blok range g. Tekan ENTER

(11)

2.4.3 Membuat Komentar Pada Sel a) Konsep

Komentar pada sel yaitu suatu keterangan, komentar atau pertanyaan yang dibubuhkan pada suatu sel tertentu, yang ditujukan untuk memberikan penjelasan pada pengguna program mengenai data yang ada pada sel tersebut. Komentar akan muncul apabila mouse diarahkan pada sel tersebut. Adapun sel yang memiliki komentar akan memiliki tanda berupa tanda merah di ujung kanan atas sel.

Sekaitan dengan pembuatan komentar ini meliputi tiga hal, yaitu : membuat, memperbaiki, dan menghapus. Membuat komentar yaitu untuk pertama kalinya komentar dibuat atau dibubuhkan pada sel tertentu. Sedangkan memperbaiki komentar, yaitu untuk merevisi komentar yang sudah dibuat, hal ini dilakukan mungkin karena adanya ide baru atau karena adanya kesalahan yang harus diperbaiki pada komentar. Kemudian, menghapus komentar, yaitu menghilangkan komentar jika dirasakan komentar dimaksud sudah tidak diperlukan lagi.

b) Prosedur Membuat Komentar

1. Klik sel yang akan diberi komentar/catatan. 2. Klik pada tab Review.

3. Klik pada tombol Edit Comment (di layar akan muncul kotak isian

komentar).

(12)

c) Memperbaiki Komentar

1. Klik sel yang akan diperbaiki komentarnya, akan tampil kotak komentar yang telah dimasukkan sebelumnya.

2. Klik menu Edit Comment pada Tab Review.

3. Ketik perbaikan/perubahan komentar.

4. Klik mouse disembarang tempat untuk mengakhiri proses. d) Menghapus Komentar

1. Klik sel yang berisi komentar yang akan dihapus. 2. Klik tombol Delete di tab Review.

3. Komentar akan terhapus 2.4.4 Mengolah Grafik

a. Konsep

Mengolah grafik maksudnya, yaitu membuat memodifikasi grafik: mengubah jenis grafik dan memberi atau mengubah warna pada grafik. Grafik ini merupakan visualisasi data angka dalam bentuk gambar/grafik, sehingga data angka lebih mudah untuk dibaca dan dipahami serta menjadi lebih menarik.

Terdapat berbagai macam grafik yang telah disediakan oleh Microsoft Excel. b. Prosedur Mengolah Grafik

1) Membuat grafik

a) Sorot range yang akan dijadikan grafik (meliputi nama kategori dan data angka)

b) Klik menu Insert

c) Klik Chart (muncul tampilan pilihan grafik) d) Klik Standart Type

e) Pilih jenis grafik yang diinginkan

f) Klik Next (muncul kotak dialog yang menyajikan gambar grafik yang dipilih) g) Klik Next (muncul kotak dialog yang menyajikan isian: judul grafik; nama

kategori garis Y=vertikal). Isi sesuai dengan nama kategori yang ada di tabel. h) Klik Next (Muncul kotak dialog; mungkin tidak perlu diisi)

i) Klik Finish (di layar muncul grafik hasil proses) 2) Mengubah Jenis Garfik

(13)

b) Klik tipe garfik dan jenis garfik yang diinginkan yang ada di sisi kanan kolam dialog.

c) Klik OK (dilayar muncul jenis garfik baru, menggantikan grafik yang telah dibuat sebelumnya).

3) Memberi Warna Grafik

Warna grafik dimaksudyaitu warna latar grafik, berada dalam area yang ada dalam kotak batas grafik dengan area yang di luar grafik.

a) Klik kanan pada bagian kotak grafik yang akan diubah (dilayar muncul kotak dialog pilihan; dari kotak tersebut).

b) Klik FormatChart Area (di layar muncul pilihan warna). c) Klik warna yang diinginkan.

d) Klik OK untuk mengakhiri proses.

Ketika melanjutkan Input dan pengolahan data, biasanya menghadapi masalah. Beberapa masalah utama ketika input data: kolom dan lajur terlalu sempit/luas, kurang jumlah kolom dan lajur, salah ketik, perubahan penempatan data, dan salah perintah. Upaya mengatasi masalah-masalah dalam entry data di atas, atau dengan kata lain kita ingin melakukan perubahan/perbaikan data maka dilakukan editing data. 2.5Edit Data

a. Memperluas Kolom dan Lajur

 Bawa penunjuk mouse pada kepala kolom/ jalur.

 Tunggu sampai muncul tanda panah silang.

 Klik kiri dan drag ke kiri/kanan sesuai kebutuhan.

 Lepas klik

(14)

 Tempatkan kursor mouse bagian penomoran kolom/baris.

 Klik kanan pilih insert.

 Kolom/baris akan bertambah dengan sendirinya.

c. Menghapus Data dalam Sel/Kolom/Lajur

1. Pada sel

Ketika sedang memasukkan data ternyata ada kesalahan memasukkan angka, jika angka yang akan dibetulkan itu adalah angka terakhir cukup dengan menekan tombol back space/panah kiri,. Tapi apabila salah itu terletak di depan, maka prosesnya harus menggunakan kotak editing. Prosesnya sama mirip dengan menyisipkan karakter/angka pada sel.

 Klik sel yang karakternya akan dihapus

 Klik kotak editing

 Bawa kursor pada karakter yang akan dihapus dengan menggunakan

 Panah kiri/kanan kemudian

 Tekan delete jika kursor ada di depan angka/huruf atau gunakan back

space jika kursor ada di belakang angka/huruf yang akan dihapus.

 Setelah selesai, klik mouse di sembarang tempat. 2. Pada kolom dan lajur

 Blok range dalam kolom/lajur yang akan dihapus

 Tekan tombol delete d. Copy Sel/Kolom/Lajur

 Blok se/kolom/lajur yang akan dihapus

 Tempkan pointer ke tempat di mana hasil copy-an akan ditempatkan

 Klik paste

e. Menggagalkan Perintah

Untuk menggagalkan perintah yang sudah terlanjur dilakukan baik secara sengaja maupun tidak sengaja, sehingga keadaan teks kembali seperti keadaan semula yaitu dengan cara klik undo pada toolbar (Gambar panah melengkung ke kiri). Atau tekan tombol Ctrl+Z.6

6

(15)

f. Menyimpan File atau Data

Menyimpan file dalam suatu pekerjaan adalah hal yang penting karena menyangkut hasil kerjaan sebelumnya. Dengan menyimpan file berarti kita memperoleh dokumen yang akan dikelola lagi di lain waktu. Untuk menyimpan file pertama kalinya dalam excel akukan langah-langkah berikut:

1. Pastikan dalam posisi workbook yang aktif, klik Office Button> Save as > Excel Workbook

2. Tentukan letak folder yang menjadi tempat penyimpanan file, kemudian ketikan nama file misalnya dokumen_excel.

Sedangkan untuk menyimpan dokumen yang telah disimpan sebelumnya lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

(16)

 Pada Office Button piih Save

 gunakan shortcut CTRL+S pada keyboard7

g. Mencetak Dokumen atau File Dalam Bentuk Printout

Jika ingin mencetak dokumen yang sudah kita buat, maka langkah-langkah nya yaitu8:

1. Klik menu file. 2. Klik print.

3. Isi kotak dialog paling penting di isi adalah page range = halaman yang akan di copy dan number of copies = jumlah cetakan yang di inginkan

4. Klik OK

h. Menutup Program Excel

Jika anda sudah siap menutup excel, anda bisa:

 Memilih perintah File  Exit.

 Mengklik dua kali pada kotak menu Control atau memilih Close dari menu Control.

Jika anda belum menyimpan dokumen yang sedang dibuka, excel akan menanyakan apakah anda akan menyimpannya sebelumprogram ditutup.9

7

Pradipta. Op.Cit. Hal. 9-10 8

Rusman,dkk. Op.Cit. Hal. 435 9

(17)

BAB III PENUTUP 3.1Kesimpulan

Penilaian adalah proses sistematis pengumpulan, pengolahan, dan pengambilan keputusan atas data tentang suatu objek yang kemudian diberi penilaian atas objek tersebut berdasarkan kriteria tertentu. Penilaian tidak bisa dilakukan tanpa adanya sejumlah data yang memadai tentang objek yang akan dinilai.

Dalam evaluasi pembelajaran, yang menjadi objek penilaian adalah proses dan hasil belajar. Substansinya adalah proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa dan tujuan-tujuan pembelajaran yang dicapai siswa. Dengan demikian, dalam evaluasi pembelajaran data yang harus dikumpulkan adalah data tentang aktivitas pembelajaran dan hasil dari pembelajaran. Data tentang aktivitas/proses pembelajaran kebanyakan berupa data kualitatif sedangkan data hasil belajar lebih banyak data yang bersifat kuantitatif.

(18)

DAFTAR PUSTAKA

Pradipta. 2007. Microsoft Excel 2007 Mengolah Beragam Data Bisnis dan Perkantoran. Jakarta: Salemba Infotek.

Rusman,dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...