LATAR BELAKANG Indonesia merupakan negara yang mempunyai warisan kekayaan alam dan budaya, salah satu kekayaan alam yang dimiliki Indonesia adalah

Teks penuh

(1)
(2)

LATAR BELAKANG

Indonesia merupakan negara yang mempunyai warisan kekayaan alam dan budaya, salah satu kekayaan alam yang dimiliki Indonesia adalah keberadaan Indonesia sebagai negara kepulauan. Gugusan kepulauan yang terpisahkan (sekaligus tersatukan) oleh laut ini telah banyak menyumbangkan berbagai budaya dan ciri khas dari masing-masing daerah yang memberikan keberagaman budaya bagi Indonesia. Keberagaman budaya ini juga yang telah memberikan kontribusi penting bagi dunia konstruksi Indonesia. salah satu konstruksi yang dipengaruhi oleh kondisi kepulauan Indonesia adalah konstruksi wilayah pesisir yang dapat berupa pembangunan pariwisata di wilayah pesisir maupun pembangunan transportasi yang terintegrasi di wilayah pesisir

Kalimantan timur, khususnya kota Balikpapan, berlokasi di daerah teluk Balikpapan sehingga termasuk ke dalam wilayah kota dengan daerah pesisir yang luas. Luasnya daerah pesisir di kota Balikpapan tersebut dapat dikembangkan menjadi berbagai macam inovasi yang dapat memiliki nilai tersendiri dan dapat menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat wilayah pesisir maupun bagi kota Balikpapan

Melalui rangkaian acara Seminar Nasional Teknik Sipil ITK, Program studi Teknik Sipil bermaksud mengadakan lomba essay tingkat SMA dengan mengangkat tema “Inovasi Pengelolaan Daerah Pesisir Demi Kemajuan Masyarakat Sekitarnya”, diharapkan dapat memberikan sumbangsih untuk mengenalkan dan melestarikan potensi yang terdapat di daerah pesisir seperti di wilayah Kampung Baru Balikpapan.

MAKSUD DAN TUJUAN

Lomba esai ini dimaksudkan untuk memberikan kontribusi bagi daerah pesisir melalui inovasi–inovasi yang dapat diaplikasikan di daerah tersebut demi kemajuan lingkungan sekitarnya.

Tujuan lomba esai ini sendiri, selain untuk mengembangkan pola pikir dalam bidang tulis menulis sesuai dengan tema inovasi pengelolaan daerah pesisir demi kemajuan masyarakat sekitarnya, guna memberikan inovasi-inovasi terbaik karya anak bangsa, adapun tujuan dari sisi kompetisi antar siswa/i yakni:

1) Sebagai sarana mengembangkan kreativitas siswadalam bidang tulisan (esai). 2) Melatih dan mengasah kemampuan siswa dalam bidang tulisan (esai).

3) Sebagai sarana untuk saling bertukar informasi antar siswa/i seluruh Indonesia. 4) Meningkatkan jiwa kompetisi antar siswa/i sma seluruh Indonesia

(3)

TEMA DAN SUBTEMA ESAI

Tema lomba esai ini adalah inovasi pengelolaan daerah pesisir demi kemajuan masyarakat sekitarnya. Peserta diharapkan mampu menuangkan pemikiran kritis dan gagasannya secara ringkas, padat dan jelas. Pengembangan tema dapat dilakukan dengan memilih salah satu subtema sebagai berikut:

1. Potensi daerah wisata daerah pesisir

2. Pengelolaan transportasi untuk daerah pesisir

3. Pengelolaan pemukinan dan lingkungan daerah pesisir KETENTUAN KARYA

1. Karya harus orisinil, belum pernah dilombakan, dan belum pernah dipublikasikan di media manapun.

2. Karya ditulis menggunakan Bahasa Indonesia yang baku, baik dan benar serta sesuai dengan kaidah EYD.

3. Esai minimal 2 halaman dan maksimal 5 halaman diluar cover, daftar pustaka dan biodata.

4. Naskah karya disimpan dalam format reader (.pdf) dengan nama file “1st NCCE ITK_ Subtema_Ketua Penulis_Asal Sekolah_Tiga Kata Awal Judul Esai_Kota/Kab. Asal.pdf” contoh “1st NCCE ITK_Potensi Daerah Wisata Daerah Pesisir_Henry Zulkarnaen_Pesisir Pantai untuk Ekonomi_SMA Bangun Desa_Balikpapan”

5. Karya peserta dikirimkan ke email panitia (ncce.itk@gmail.com) dengan subjek email “LOMBA ESAI 1ST NATIONAL CONFERENCE OF CIVIL ENGINEERING INSTITUT TEKNOLOGI KALIMANTAN_Asal Sekolah_Ketua Penulis_Asal Kota”.

6. Batas akhir pengiriman naskah adalah 24 Maret 2017 pukul 23.59 WITA. Karya yang dikirimkan melebihi ketentuan tidak akan diperhitungkan.

KETENTUAN DASAR PENULISAN ESAI

Ketentuan penulisan ini digunakan untuk kemudahan penilaian saat review dilakukan. Ketentuan ini tidak bermaksud membatasi kreativitas/gaya penulis dalam menyajikan karya karena selain yang diatur dalam ketentuan ini bersifat bebas. Ketentuan ini bersifat wajib danmempengaruhi penilaian. Beberapa ketentuan dasar yang wajib dipenuhi peserta antara lain:

1. Ukuran Kertas: A4

2. Batas tepi (margin) normal atau 2.54 cm kiri, kanan, atas dan bawah 3. Jenis huruf Tahoma11 pt

4. Jarak baris teks 1.15 spasi

5. Setiap paragraf ditulis dengan pengaturan teks justify (rata kanan dan kiri). 6. Naskah karya terdiri dari :

(4)

b. Bagian isi esai

Merupakan tubuh karya yang berisi substansi latar belakang, ide dan pembahasan, penutup. Bagian ini dapat ditulis dengan subbagian-subbagian tertentu secara eksplisit tetapi tidak harus ditulis terpisah antara latar belakang, pembahasan dan penutup. Jangan lupa untuk mengkerucutkan isi esai sehingga menjawab pertanyaan utama tema esai ini yaitu “mimpi apa yang harus diwujudkan untuk Kalimantan?”

c. Bagian pendukung

Bagian pendukung terdiri dari daftar pustaka dan biodata penulis (Lampiran C). Daftar pustaka ditulis dengan gaya Harvard sebagai berikut.

1. Referensi buku

Penulis 1, Penulis 2 dst. (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun publikasi.Judul Buku cetak miring.Edisi, Penerbit. Tempat Publikasi.

Contoh:

O’Brien, J.A. dan. J.M. Marakas. 2011.Management Information Systems. Edisi ke-10. McGraw-Hill. New York. USA

2. Referensi Jurnal

Penulis 1, Penulis 2 dst, (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun publikasi. Judulartikel. Nama Jurnal Cetak Miring. Volume (Nomor): Halaman.Panduan Lomba Esai Dies Natalis Ke-2 ITK

Contoh:

Cartlidge, J. 2012. Crossing boundaries: Using fact and fiction in adult learning. The Journal of Artistic and Creative Education. Vol. 6 No. 1

3. Referensi Dokumen Pemerintah

Nama Dinas/Instansi/SKPD. Tahun. Judul Dokumen. Kota Contoh:

Badan Pusat Statistik Kota Balikpapan. 2011. Kota Balikpapan Dalam Angka Tahun 2010. Kota Balikpapan.

4. Referensi Prosiding Seminar/Konferensi

Penulis 1, Penulis 2 dst, (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun publikasi. Judul Artikel. Nama Konferensi. Tanggal, Bulan dan Tahun, Kota, Negara.

Contoh:

Michael, R. 2011. Integrating innovation into enterprise architecture management. Proceeding on Tenth International Conference on Wirt-schaftsInformatik. 16-18 February 2011, Zurich, Swis.

5. Referensi artikel ilmiah web atau media online.

Penulis (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun. Judul. Alamat Uniform Resources Locator (URL). Tanggal Diakses.

(5)

Ahmed, S. dan A. Zlate. Capital flows to emerging market economies: A brave newworld?Error! Hyperlink reference not valid. Diakses tanggal 18 Juni 2013

7. Ketentuan sitasi dilakukan dengan format “(nama belakang penulis, tahun publikasi)“ ada akhir kalimat atau “nama belakang penulis (tahun publikasi)” jika ditulis dalam kalimat seperti:

a. sebuah cita-cita pasti bisa diraih apabila kita berusaha dengan bersungguh-sungguh agar cita-cita tersebut tercapai (Yaditra, 2010).Atau Menurut Yaditra (2010) sebuah cita-cita dapat diraih dengan berusaha sungguh-sunguh.

b. Jika penulis lebih dari dua maka ditulis dengan cukup satu penulis utama ditambah dengan “dkk” contoh (Yogi dkk, 2010) atau menurut Yogi dkk (2010).

PERSYARATAN

Adapun persyaratan persrta lomba essay 1st National Conference of Civil Engineering

Institut Teknologi Kalimantan untuk tema Inovasi Pengelolaan Daerah Pesisir Demi Kemajuan Masyarakat Sekitarnya adalah sebagai berikut:

1. Peserta lomba harus mensubmitkan team lombanya pada website resmi 1st NCCE ITK di ncce.ce.itk.ac.id pada kolom pendaftaran lomba Essay tingkat SMA sederajat sampai dengan 17 Maret 2017 pukul 23:59 WIB.

2. Peserta lomba mensubmitkan karyanya melalui email: ncce.itk@gmail.com dengan scan kartu pelajar dengan subject: Daftar Lomba_1st National Conference of Civil Engineering_Asal Sekolah_Ketua Penulis_Asal Kota.

3. Peserta berupa tim dengan dua orang siswa/siswi dengan satu guru pembimbing 4. Tim berasal dari sekolah yang sama dibuktikan dengan scan kartu pelajar. 5. Setiap tim diperbolehkan mengirimkan esai maksimal dua esai

6. Setiap peserta hanya diperkenankan menjadi ketua pada satu tim esai dan di perbolehkan menjadi anggota dalam tim lainnya.

DEWAN JURI

Penilaian hasil sayembara dilakukan oleh Dewan Juri, yaitu:

1. Healty Susan, S.Pd., MApp.Ling (Dosen Mata Kuliah Umum ITK Bidang Sastra, Linguistik dan Bahasa Inggris)

2. Ghozali, S.T., M.T. (Dosen Program Studi Perencanaan Wilayah Kota Bidang Perencanaan Kota)

3. Umi Sholikah, S.Si., M.T. (Dosen Progam Studi Teknik Lingkungan Bidang Manajemen Lingkungan Kota dan Ijin Lingkungan)

(6)

PENGHARGAAN PEMENANG

Sebagai wujud apresiasi bagi para pemenang Lomba Esai akan diberikan hadiah berupa uang tunai dan sertifikat penghargaan. Hadiah untuk tiap pemenang adalah sebagai berikut:

a. Pemenang I Rp 3.000.000,00 + sertifikat b. Pemenang II Rp 2.000.000,00 + sertifikat c. Pemenang III Rp 1.000.000,00 + sertifikat d. Nominator @ Rp 500.000,00 + sertifikat TANGGAL-TANGGAL PENTING

No Kegiatan Tanggal

1. Batas Pendaftaran 17 Maret 2017

2. Batas Akhir Pengumpulan Berkas 24 Maret 2017

3. Pengumuman 5 Besar Pemenang 3 April 2017

4. Presentasi Lomba Essay (5 Besar) 3 Mei 2017

(7)

LAMPIRAN B. HALAMAN JUDUL

LOMBA ESAI 2016

1st NATIONAL CONFERENCE OF CIVIL ENGINEERING INSTITUT TEKNOLOGI KALIMANTAN

“INOVASI PENGELOLAAN DAERAH PESISIR DEMI KEMAJUAN MASYARAKAT SEKITARNYA”

JUDUL KARYA Subtema Karya Logo Sekolah Disusun Oleh : Nama Ketua Nama Anggota NAMA SEKOLAH KOTA/KABUPATEN 2016

(8)

LAMPIRAN BIODATA BIODATA PENULIS 1. Biodata Ketua Nama Lengkap : Asal sekolah : Jenis Kelamin : No. Induk : Kelas :

Tempat dan tanggal lahir :

E-mail :

No. Telp/Hp :

Alamat Rumah :

Prestasi pernah diraih :

a. b. c. 2. Biodata Anggota Nama Lengkap : Asal sekolah : Jenis Kelamin : No. Induk : Kelas :

Tempat dan tanggal lahir :

E-mail :

No. Telp/Hp :

Alamat Rumah :

Prestasi yang pernah diraih : a.

b. c.

(9)

3.Biodata Guru Pendamping

Nama Lengkap :

Asal sekolah :

Jenis Kelamin :

NIP :

Tempat dan tanggal lahir :

E-mail :

No. Telp/Hp :

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :