Usulan Bauran Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru Universitas Kristen Maranatha (Studi Kasus Siswa SMA Di Wilayah Sumatra).

29 

Teks penuh

(1)

ABSTRAK

Sejak awal berdiri hingga sekarang, Universitas Kristen Maranatha (UKM) telah berkembang menjadi salah satu perguruan tinggi yang memiliki reputasi yang baik. Namun beberapa tahun terakhir terjadi penurunan jumlah siswa SMA yang mendaftar ke UKM yaitu pada tahun 2002 jumlsh cslon mahasiswa yg mendaftar adalah 8856 orang, tahun 2003 turun 10.79 %, tahun 2004 turun 22.13 %. Pada tahun 2005, UKM menambah program studi baru dan jumlah calon mahasiswa yang mendaftar pada tahun 2005 meningkat 15.86 %,tetapi pada tahun 2006 kembali turun sebesar 8.84 %. Meskipun pada tahun 2007 terjadi peningkatan tetapi hanya 2.71 %. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan (dipentingkan) siswa SMA dalam memilih perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan agar terjadi peningkatan jumlah siswa SMA yang mendaftar ke UKM.

Model penelitian yang digunakan adalah model 7P ( Product, Price, Place, Promotion, People, Physical evidence dan Process). Langkah selanjutnya adalah penyusunan kuesioner. Kuesioner dibagi menjadi tiga bagian, bagian I tentang profil responden, bagian II faktor-faktor yang dipentingkan mengenai perguruan tinggi dan bagian III respon terhadap promosi. Kuesioner yang telah disusun terlebih dahulu diuji validitas konstruk oleh para ahli. Setelah dinyatakan valid, kuesioner disebar kepada calon mahasiswa yang mengikuti ujian saringan masuk UKM. Data yang diolah adalah data kuesioner yang diisi oleh siswa yang berasal dari SMA di wilayah Sumatra. Data tersebut kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya. Setelah data dinyatakan valid dan reliabel kemudian diolah. Bagian I dengan pie chart dan histogram, bagian II diolah dengan Cluster Analysis menggunakan metode K-means cluster untuk memisahkan responden menjadi beberapa klaster. Dan kuesioner bagian III diolah menggunakan regresi dengan metode Stepwise yang bertujuan untuk mencari vaiabel dependen dan variabel independen. Setelah diolah kemudian dianalisis.

Dari hasil pengolahan data dan analisis dapat diperoleh data tentang profil responden, 44 faktor yang dipentingkan oleh calon mahasiswa, lima teratas faktor tersebut antara lain kemudahan lulusan dalam mencari pekerjaan setelah lulus kuliah, staf pengajar yang berkualitas dan berpengalaman (kompeten), tersedianya ruang kuliah yang nyaman, adanya fasilitas komputer untuk mendukung proses pembelajaran mahasiswa dan adanya fasilitas yang lengkap di dalam ruang kuliah (OHP, LCD, laptop/komputer, dll). Untuk respon terhadap promosi, responden merasa puas terhadap promosi yang telah dilakukan, dan variabel dependen yang terpilih adalah kejelasan informasi mengenai perguruan tinggi melalui televisi.

Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis dapat diberikan beberapa usulan, antara lain : memperbaiki akreditasi jurusan yang ditawarkan (minimal B), memperbanyak kesempatan untuk pertukaran pelajar ke luar negeri, menambah fasilitas sarana olahraga, meningkatkan perhatian kepada pemeluk agama lain (selain Kristen) untuk melakukan kegiatan keagamaan secara rutin, tim promosi menyertakan faktor-faktor yang dipentingkan pada saat promosi, tim promosi memberi Video CD berisi tentang UK Maranatha secara lengkap pada saat melakukan promosi.

(2)

KATA PENGANTAR DAN UCAPAN TERIMAKASIH

Tugas akhir ini merupakan tugas yang harus diselesaikan dalam rangka memenuhi persyaratan akademik untuk mencapai gelar Sarjana Strata Satu pada Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Kristen Maranatha.

Pelaksanaan Tugas Akhir yang berjudul ” Usulan Bauran Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru Universitas Kristen Maranatha (Studi Kasus Siswa SMA di Wilayah Sumatra) “ dilakukan di Universitas Kristen Maranatha (UKM) dengan objek penelitiannya yaitu siswa SMA yang mengikuti

Ujian Saringan Masuk UKM yang berasal dari Sumatra. Laporan Tugas Akhir Ini terdiri dari enam bab, yaitu :

Bab 1 Pendahuluan Bab 2 Tinjauan Pustaka Bab 3 Metodologi Penelitian Bab 4 Pengumpulan Data

Bab 5 Pengolahan Data dan Analisis Bab 6 Kesimpulan dan Saran

Pertama-tama penulis mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan Yesus Kristus yang telah memberikan kemampuan kepada penulis untuk menyelesaikan Laporan Tugas Akhir ini dengan baik.

Dalam penyusunan dan penyelesaian Laporan Tugas Akhir ini, penulis dibantu oleh berbagai pihak. Bantuan, bimbingan dan dorongan motivasi dari mereka sangat penting dan berarti dalam meningkatkan motivasi penulis untuk menyelesaiakan Laporan Tugas Akhir ini. Untuk itu, pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan rasa hormat dan terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada :

1. Bapak Jimmy Gozaly, ST., MT selaku dosen pembimbing dan Ketua Jurusan Teknik Industri yang telah menyediakan waktu, tenaga, dan pikiran serta rasa sabar dalam memberikan pengarahan maupun wawasan baru yang lebih luas demi terselesaikannya Laporan Tugas Akhir ini.

(3)

2. Ibu Indah Victoria, ST., MT, Ibu Melina Hermawan, ST., MT dan Bapak Arif Suryadi, ST.,MT sebagai Dosen Narasumber dan Penguji yang telah meluangkan waktu, memberi masukan dan kritikan kepada

penulis untuk Laporan Tugas Akhir ini agar menjadi lebih baik.

3. Ibu Christina, ST.,MT, selaku Sekretaris Jurusan Teknik Industri

Universitas Kristen Maranatha.

4. Ibu Yulianti, ST., MT dan Rudijanto Muiz, ST., MT yang telah banyak

memberi masukan kepada penulis dalam menyelesaikan Tugas Akhir ini.

5. Seluruh Staff Dosen Teknik Industri yang telah memberikan ilmu

kepada penulis selama kuliah di Teknik Industri UKM.

6. Staff TU Teknik Industri (Ibu Citra, Bapak Adjat, Bapak Asep, Bapak

Andre, Bapak Yadi dan Bapak Badru) terimakasih atas kerjasamanya dan informasi-informasi mengenai Tugas Akhir.

7. Staff Humas Universitas Kristen Maranatha yang telah banyak

membantu penulis dalam mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan dalam menyelesaikan Tugas Akhir ini.

8. Ngkong Ayong tercinta yang telah bekerja keras untuk memberi dukungan kepada penulis, baik secara materil maupun moril, untuk dapat menyelesaikan pendidikan sampai mendapatkan gelar S1.

9. Cek Ahok yang telah berusaha keras agar penulis dapat menyelesaikan studi di UKM. Papa, Mama, Cek Dede, O Melan dan seluruh anggota keluarga yang lain di Majalaya yang telah memberi dukungan, nasihat dan doa kepada penulis.

10. Adikku tercinta, Ogi Riyana, terimakasih atas doa dan perhatian yang

telah diberikan.

11. Nita yang dengan sabar terus memberikan motivasi kepada penulis

untuk menyelesaikan Laporan Tugas Akhir ini. Terimakasih atas perhatian dan doa yang telah diberikan.

(4)

12. Rekan-rekan tim peneliti Michael, Yuliana, Lilianti dan Meilia yang telah bekerjasama, memberi saran dan masukan kepada penulis dalam menyelesaikan Laporan Tugas Akhir ini.

13. Vicky, terimakasih pinjaman laptopnya.

14. Teman-teman terbaikku, Vicky, Sandra, Adi, Christine, Chandra, Sylvia,

Peter, Billy, Hendrik, Malvin yang telah memberi dukungan dan motivasi kepada penulis.

15. Teman-teman seperjuangan di Teknik Industri angkatan 2004 yang terus

saling mendukung.

16. Semua pihak secara langsung maupun tidak langsung yang telah

membantu penulis dalam penyelesaian Laporan Tugas Akhir ini.

Penulis telah berusaha untuk menyusunnya sebaik mungkin, namun penulis menyadari bahwa laporan ini jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis menerima segala bentuk kritik dan saran yang sifatnya membangun dari para pembaca demi kesempurnaan penulisan laporan ini.

Akhir kata, penulis berharap agar penyusunan Laporan Tugas Akhir ini bisa berguna bagi Universitas Kristen Maranatha untuk meningkatkan jumlah calon mahasiswa baru.

Bandung, Juni 2008

Penulis

(5)

DAFTAR ISI

ABSTRAK... ... i

KATA PENGANTAR... ii

DAFTAR ISI... v

DAFTAR TABEL... ix

DAFTAR GAMBAR... xi

DAFTAR LAMPIRAN... xii

BAB 1

PENDAHULUAN... 1-1 1.1 Latar Belakang Masalah... 1-1 1.2 Identifikasi Masalah... 1-2 1.3 Pembatasan Masalah ... 1-2

1.4 Perumusan Masalah... 1-3 1.5 Tujuan Penelitian ... 1-3 1.6 Sistematika Penulisan... 1-4

BAB 2 LANDASAN TEORI... 2-1 2.1 Teknik Pengumpulan Data... 2-1 2.2 Populasi dan Sampel... 2-2 2.3 Skala Pengukuran... 2-5 2.4 Validitas dan reliabilitas Instrumen... 2-6 2.4.1 Pengujian Validitas Instrumen... 2-6 2.4.2 Pengujian Reliabilitas Instrumen... 2-7

2.5 Jasa ... 2-8 2.5.1 Definisi Jasa... 2-8 2.5.2 Karakterisitik jasa... 2-8 2.6 Kualitas Jasa... 2-10

2.6.1 Pengertian Kualitas Jasa... 2-10 2.6.2 Definisi Kualitas Jasa... 2-10 2.6.3 Dimensi Kualitas Jasa... 2-11

(6)

2.7 Promosi... 2-13 2.7.1 Konsep promosi... 2-13 2.7.2 Menentukan Tujuan Komunikasi... 2-14

2.8 Bauran Pemasaran... 2-15 2.9 Analisis Klaster... 2-17 2.9.1 Langkah-langkah Analisis klaster... 2-17 2.10 Analisis Regresi... 2-18

BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN ... 3-1 3.1 Penelitian Pendahuluan... 3-4 3.2 Identifikasi Masalah... 3-4 3.3 Tinjauan Pustaka... 3-4 3.4 Pembatasan Masalah dan Asunsi... 3-4 3.5 Perumusan Masalah... 3-5 3.6 Tujuan Penelitian... 3-6 3.7 Penentuan Model Penelitian dan Variabel Penelitian... 3-6 3.8 Penyusunan Kuesioner Penelitian... 3-8 3.9 Uji Validitas Konstruk... 3-8 3.10 Penentuan Teknik Sampling dan Ukuran Sampel... 3-9 3.11 Pengumpulan Data... 3-9 3.12 Uji Validitas... 3-10 3.13 Uji reliabilitas... 3-10 3.14 Pengolahan Data... 3-11 3.15 Analisis... 3-11 3.16 Kesimpulan dan Saran... 3-12

BAB 4 PENGUMPULAN DATA………... 4-1 4.1 Sejarah Perusahaan... 4-1 4.2 Struktur Organisasi... 4-4 4.3 Penyusunan Kuesioner... 4-5 4.4 Teknik Sampling... 4-5 4.5 Pengumpulan Data ... 4-5

(7)

BAB 5 ANALISIS... 5-1 5.1 Pengolahan Data dan Interpretasi... ... 5-1 5.1.1 Bagian I Profil Responden... 5-1 5.1.2 Bagian II Hal-hal yang Dipentingkan mengenai Perguruan

Tinggi... 5-9 5.1.2.1 Uji Validilitas Kuesioner Bagian II... 5-9

5.1.2.2 Uji Reliabilitas Kuesioner bagian II... 5-13 5.1.2.3 Koefisien Keragaman... 5-14 5.1.2.4 Analisis Klaster... 5-16 5.1.3 Respon Terhadap Promosi... 5-24 5.1.3.1 Uji Validitas Kuesioner Bagian III... 5-24 5.1.3.2 Uji Reliabilitas Kuesioner Bagian III... 5-26 5.1.3.3 Koefisien Keragaman... 5-26 5.1.3.4 Regresi... 5-27 5.2 Analisis... 5-30

5.2.1 Analisis Faktor-faktor yang Dipentingkan Mengenai

Perguruan Tinggi... 5-30 5.2.2 Kepuasan Terhadap Promosi yang Telah Dilakukan oleh

Pihak Universitas Kristen Maranatha Saat Ini ... 5-47 5.2.3 Analisis Pengaruh Promosi yang Telah Dilakukan Pihak

Universitas Terhadap Minat Siswa SMA dalam Memilih

Universitas Kristen Maranatha... 5-54 5.3 Usulan Strategi Pemasaran... 5-55

BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN... 6-1 6.1 Kesimpulan... 6-1

6.1.1 Faktor – faktor yang dipentingkan oleh siswa SMA dalam

memilih sebuah perguruan tinggi………... 6-1 6.1.2 Penyebab / faktor memilih UK Maranatha... 6-2 6.1.3 Faktor-faktor yang telah disediakan oleh UK Maranatha... 6-2

(8)

6.1.4 Kepuasan terhadap promosi yang telah dilakukan oleh pihak UK Maranatha saat ini... 6-4 6.1.5 Pengaruh Promosi yang Telah Dilakukan Pihak Universitas

Terhadap Minat Siswa SMA dalam Memilih Universitas Kristen Maranatha... 6-6 6.1.6 Profil Responden... 6-6 6.2 Saran... 6-7 6.2.1 Saran untuk Diterapkan... 6-7 6.2.2 Saran untuk Penelitian Lebih Lanjut... 6-9

DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN

KOMENTAR PENGUJI DATA PENULIS

(9)

DAFTAR TABEL

Tabel Judul Halaman

3.1 Variabel Penelitian 3-7

5.1 Pekerjaan Orangtua 5-1

5.2 Penghasilan Orangtua Setiap Bulan 5-2

5.3 Asal SMA 5-2

5.4 Jurusan / Program Studi yang Diminati 5-4

5.5 Perguruan Tinggi Lain yang Diminati 5-5 5.6 Faktor yang Mendorong Dalam meilih Perguruan Tinggi 5-6

5.7 Sumber Informasi 5-7

5.8 Faktor Pemdorong Memilih UKM 5-8

5.9 Output SPSS Mengenai Uji Validitas Kuesioner Bagian II 5-11 5.10 Rekapitulasi Uji Validitas Kepentingan 5-12 5.11 Output SPSS Mengenai Uji Reliabilitas Kuesioner Bagian II 5-13 5.12 Standar Deviasi, rata-rata dan koef. keragaman kuesioner

bagian II 5-14

5.13 Final Cluster Centers 5-17

5.14 ANOVA Kuesioner Bagian II 5-18

5.15 Jumlah dan Persentase Responden untuk Masing-masing

Klaster 5-20

5.16 Tabel Pengelompokan Variabel bersadarkan Prioritas

Kepentingan 5-21

5.17 Pengelompokan Prioritas Variabel-variabel Kepentingan 5-22 5.18 Output SPSS Mengenai Uji Validitas Kuesioner Bagian III 5-25 5.19 Rekapitulasi Uji Validitas Kuesioner bagian III 5-25 5.20 Output SPSS Mengenai Uji Reliabilitas Kuesioner Bagian II 5-26 5.21 Standar Deviasi, Rata-rata dan Koefisien Keragaman

Kuesioner bagian III 5-27

(10)

Tabel Judul Halaman

5.22 Model Summary Kuesioner bagian III 5-28

5.23 ANOVA Kuesioner Bagian III 5-28

5.24 Coefficients Kuesioner Bagian III 5-29

5.25 Daftar Akreditasi 5-37

5.26 Unit kegiatan yang disediakan UK Maranatha 5-41 5.27 Ringkasan faktor-faktor yang dipentingkan dan

pemenuhannya 5-45

5.28 Perhitungan Skor Variabel 1 Kuesioner Bagian III 5-47 5.29 Perhitungan Skor Variabel 2 Kuesioner Bagian III 5-47 5.30 Perhitungan Skor Variabel 3 Kuesioner Bagian III 5-48 5.31 Perhitungan Skor Variabel 4 Kuesioner Bagian III 5-49 5.32 Perhitungan Skor Variabel 5 Kuesioner Bagian III 5-49 5.33 Perhitungan Skor Variabel 6 Kuesioner Bagian III 5-50 5.34 Perhitungan Skor Variabel 7 Kuesioner Bagian III 5-50 5.35 Perhitungan Skor Variabel 8 Kuesioner Bagian III 5-51 5.36 Perhitungan Skor Variabel 9 Kuesioner Bagian III 5-52 5.37 Perhitungan Skor Variabel 10 Kuesioner Bagian III 5-52 5.38 Perhitungan Skor Variabel 11 Kuesioner Bagian III 5-53 5.39 Perhitungan Skor Variabel 12 Kuesioner Bagian III 5-54 6.1 Pengelompokan Prioritas Variabel-variabel Kepentingan 6-1

(11)

DAFTAR GAMBAR

Gambar Judul Halaman

2.1 Teknik Sampling 2-3

2.2 Unsur-unsur dalam Proses Komunikasi 2-14 2.3 Langkah-langkah Analisis Klaster 2-17

3.1 Sistematika Penelitian 3-1

4.1 Struktur Organisasi Universitas Kristen Maranatha 4-4

5.1 Pie Chart Pekerjaan Orangtua 5-1

5.2 Pie Chart Penghasilan Orangtua 5-2

5.3 Grafik Asal SMA 5-3

5.4 Grafik Jurusan yang Diminati 5-4

5.5 Grafik Perguruan Tinggi Lain 5-5

5.6 Pie Chart Faktor Pendorong 5-6

5.7 Pie Chart Sumber Informasi 5-7

5.8 Pie Chart Faktor Pendorong Memilih UKM 5-8 5.9 Grafik uji F untuk Pengolahan Kuesioner Bagian II 5-19

5.10 Grafik Uji F untuk Pengolahan Kuesioner Bagian III 5-29 5.11 Grafik Kepuasan Terhadap Variabel 1 5-47 5.12 Grafik Kepuasan Terhadap Variabel 2 5-48 5.13 Grafik Kepuasan Terhadap Variabel 3 5-48 5.14 Grafik Kepuasan Terhadap Variabel 4 5-49 5.15 Grafik Kepuasan Terhadap Variabel 5 5-49 5.16 Grafik Kepuasan Terhadap Variabel 6 5-50 5.17 Grafik Kepuasan Terhadap Variabel 7 5-51 5.18 Grafik Kepuasan Terhadap Variabel 8 5-51 5.19 Grafik Kepuasan Terhadap Variabel 9 5-52 5.20 Grafik Kepuasan Terhadap Variabel 10 5-53 5.21 Grafik Kepuasan Terhadap Variabel 11 5-53 5.22 Grafik Kepuasan Terhadap Variabel 12 5-54

(12)

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran Judul Halaman

A Data Mentah A-1

B Output SPSS B-1

C Kuesioner Penelitian C-1

D Tabel III Nilai-nilai r Produk Moment D-1

E Tabel XII Nilai-nilai untuk Distribusi F E-1 F Tabel II Nilai-nilai dalam Distribusi t F-1

(13)

LAMPIRAN

¾

Lampiran A

Data Mentah

¾

Lampiran B

Output SPSS

¾

Lampiran C

Kuesioner Penelitian

¾

Lampiran D

Tabel III Nilai-nilai r Produk Moment

¾

Lampiran E

Tabel XII Nilai-nilai untuk Distribusi F

(14)

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

Pendidikan disadari merupakan suatu kebutuhan yang penting seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan perkembangan jaman yang begitu pesat karena salah satu manfaatnya yaitu untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk menunjang kebutuhan tersebut, diperlukan lembaga pendidikan sebagai sarana untuk mendapatkan pendidikan.

Di Indonesia sudah banyak berdiri lembaga-lembaga pendidikan, baik swasta maupun negeri. Lembaga-lembaga pendidikan tersebut berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Salah satu lembaga pendidikan swasta yang ada di Indonesia adalah Universitas Kristen Maranatha (UKM). Meskipun kampus UKM berada di Kota Bandung, tetapi mahasiswa yang melanjutkan studi di universitas ini berasal dari kota-kota yang tersebar di Indonesia.

Masuknya lembaga-lembaga pendidikan dari luar negeri ke Indonesia. membuat persaingan lembaga-lembaga pendidikan akan semakin ketat. Dalam menghadapi persaingan tersebut, Universitas Kristen Maranatha telah melakukan berbagai program untuk menarik calon-calon mahasiswa baru. Antara lain promosi ke sekolah-sekolah, promosi di berbagai media, program penelurusan minat dan kemampuan (PMDK), beasiswa bagi siswa berprestasi, pembukaan program studi baru dan lain-lain. Namun dari data penerimaan mahasiswa baru beberapa tahun terakhir, jumlah siswa SMA yang mendaftar ke Universitas

Kristen Maranatha semakin menurun, yaitu tahun 2002 sebanyak 8856 orang, tahun 2003 turun 10.79 % menjadi 7900 orang, tahun 2004 turun 22.13 % dari tahun 2003 menjadi 6152 orang. Pada tahun 2005, UKM menambah program studi baru dan jumlah calon mahasiswa yang mendaftar selanjutnya adalah 7128 orang pada tahun 2005 (meningkat 15.86 %),tetapi pada tahun 2006 kembali turun sebesar 8.84 % menjadi 6498 orang. Meskipun pada tahun 2007 terjadi

(15)

Bab 1 Pendahuluan 1-2

peningkatan tetapi hanya 2.71 % menjadi 6674 orang. Hal ini menjadi permasalahan yang harus segera diatasi oleh Universitas Kristen Maranatha.

Masalah ini mungkin disebabkan adanya perubahan pola pikir yang dinamis

pada calon mahasiswa terhadap faktor-faktor yang dipentingkan mengenai sebuah perguruan tinggi, pihak universitas belum mampu memenuhi kebutuhan calon mahasiswa terhadap faktor-faktor yang dipentingkan tersebut, adanya persaingan dengan perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri, dan belum diketahuinya kepuasan terhadap promosi yang telah dilakukan oleh pihak universitas.

Untuk menghadapi masalah ini, Universitas Kristen Maranatha perlu melakukan langkah-langkah / strategi yang tepat. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi keputusan (dipentingkan) calon mahasiswa dalam memilih sebuah perguruan tinggi untuk meningkatkan jumlah calon mahasiswa yang masuk ke Universitas Kristen Maranatha.

1.2. Identifikasi Masalah

Kemungkinan penyebab masalah penurunan jumlah calon mahasiswa yang melanjutkan studi di Universitas Kristen Maranatha antara lain :

• Adanya perubahan pola pikir yang dinamis pada calon mahasiswa terhadap faktor-faktor yang dipentingkan mengenai sebuah perguruan tinggi.

• Pihak universitas belum mampu memenuhi kebutuhan calon mahasiswa terhadap faktor-faktor yang dipentingkan dari sebuah perguruan tinggi. • Munculnya pesaing-pesaing baru dari Perguruan Tinggi dalam negeri

maupun luar negeri.

• Belum diketahuinya kepuasan terhadap kegiatan promosi yang telah dilakukan oleh pihak universitas.

Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan (dipentingkan) siswa SMA dalam memilih perguruan tinggi.

(16)

Bab 1 Pendahuluan 1-3

1.3. Pembatasan Masalah

Agar penelitian lebih terarah, maka perlu beberapa batasan dalam penelitian. Pembatasan masalah yang dipakai yaitu :

¾ Kuesioner hanya disebarkan kepada calon mahasiswa yang mengikuti ujian saringan masuk (USM) Universitas Kristen Maranatha di Bandung dan beberapa kota besar lainnya, antara lain :

• 2 Desember 2007 SMAK Bruderan, Purwokerto • 2 Desember 2007 SMA Karang Turi, Semarang • 2 Desember 2007 SMAK St Maria, Pekanbaru • 15 Desember 2007 SMAK 2 BPK Penabur, Jakarta

• 16 Desember 2008 di Universitas Kristen Maranatha, Bandung • 16 Desember 2007 SMAN 1, Balikpapan

• 16 Desember 2007 SMAK Regina Pacis, Surakarta • 13 Januari 2008 SMAK Xaverius 1, Jambi

• 20 Januari 2008 SMAK 1 BPK Penabur, Cirebon • 20 Januari 2008 SMAK Kolose St Yusuf, Malang • 20 Januari 2008 SMAK Xaverius 1, Palembang • 20 Januari 2008 SMAK Don Bosco, Padang • 20 Januari 2008 SMAK St Thomas 1, Medan

• 27 Januari 2007 Universitas Kristen Maranatha, Bandung

Data yang diambil untuk diolah adalah kuesioner yang diisi oleh responden yang berasal dari SMA di Sumatra.

¾ Masalah persaingan dengan perguruan tinggi lain baik di dalam negeri maupun di luar negeri tidak akan dibahas lebih lanjut.

1.4. Perumusan Masalah

Berdasarkan identifikasi masalah di atas, maka perumusan masalah yang menjadi bahan penelitian antara lain :

• Faktor-faktor apa saja yang dianggap penting oleh siswa SMA mengenai suatu Perguruan Tinggi?

(17)

Bab 1 Pendahuluan 1-4

• Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan siswa SMA dalam memilih Universitas Kristen Maranatha?

• Hal-hal apa saja yang telah disediakan oleh Universitas Kristen Maranatha berkaitan dengan faktor-faktor yang dipentingkan oleh siswa SMA?

• Sejauh mana kepuasan terhadap promosi yang telah dilakukan oleh pihak universitas saat ini?

• Langkah-langkah apa yang sebaiknya dilakukan oleh pihak Universitas Kristen Maranatha untuk meningkatkan jumlah mahasiswa baru?

1.5. Tujuan Penelitian

Berdasarkan perumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini antara lain :

• Mengetahui faktor-faktor yang dianggap penting oleh siswa SMA mengenai suatu Perguruan Tinggi.

• Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan siswa SMA dalam memilih Universitas Kristen Maranatha.

• Mengetahui hal-hal yang telah disediakan oleh Universitas Kristen Maranatha berkaitan dengan faktor-faktor yang dipentingkan oleh siswa SMA.

• Mengetahui sejauh mana kepuasan terhadap promosi yang telah dilakukan oleh pihak universitas saat ini.

• Mengusulkan langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan oleh pihak Universitas Kristen Maranatha untuk meningkatkan jumlah mahasiswa baru.

1.6. Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan pada penelitian ini adalah sebagai berikut : BAB 1 PENDAHULUAN

Berisi tentang latar belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian dan sistematika penulisan.

(18)

Bab 1 Pendahuluan 1-5

BAB 2 LANDASAN TEORI

Berisi tentang teori-teori yang dipakai untuk pemecahan masalah yang dihadapi. BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN

Berisi tentang urutan langkah yang ditempuh dalam pembuatan penelitian agar lebih terarah dalam pencapaian tujuan penelitian.

BAB 4 PENGUMPULAN DATA

Berisi tentang data-data yang diperoleh dari pengamatan dan data-data lain yang diperlukan dalam penelitian.

BAB 5 PENGOLAHAN DATA DAN ANALISIS

Berisi tentang pengolahan data yang dapat berguna untuk analisa dan pencapaian tujuan penelitian serta analisis terhadap hasil yang didapat dalam pengolahan data. BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN

Berisi tentang kesimpulan dari analisa dan juga berisikan saran-saran yang dapat berguna untuk pencapaian tujuan dan objek penelitian.

(19)

BAB 6

KESIMPULAN DAN SARAN

6.1 Kesimpulan

6.1.1 Faktor – faktor yang dipentingkan oleh siswa SMA dalam memilih

sebuah perguruan tinggi

Berikut ini faktor – faktor yang dipentingkan oleh siswa SMA dalam memilih sebuah perguruan tinggi berdasarkan pengelompokan prioritas :

Tabel 6.1

Pengelompokan Prioritas Variabel-variabel Kepentingan

Prioritas 1

No Var Pernyataan

1 X08 Kemudahan lulusan dalam mencari pekerjaan setelah lulus kuliah

2 X49 Staf pengajar yang berkualitas dan berpengalaman (kompeten)

3 X28 Tersedianya ruang kuliah yang nyaman

4 X32 Adanya fasilitas komputer untuk mendukung proses pembelajaran mahasiswa

5 X29 Adanya fasilitas yang lengkap di dalam ruang kuliah (OHP, LCD, laptop/computer, dll)

6 X13 Adanya fasilitas yang lengkap di setiap laboratorium

7 X50 Citra/ reputasi perguruan tinggi yang baik

8 X12 Perpustakaan memiliki koleksi yang lengkap

9 X09 Adanya kegiatan yang bekerjasama dengan perusahaan dan industri

10 X01 Adanya beragam pilihan jurusan / program studi yang disediakan

11 X11 Adanya beasiswa bagi siswa-siswa kurang mampu

12 X53 Kemudahan mendapatkan informasi tentang perguruan tinggi (melalu internet/brosur)

13 X16 Biaya kuliah yang dikeluarkan persemester / caturwulan terjangkau

14 X10 Adanya beasiswa bagi siswa-siswa berprestasi

15 X55 Ujian saringan masuk bisa dilakukan di luar perguruan tinggi

16 X52 Kemudahan dalam pendaftaran ulang menjadi mahasiswa baru

17 X45 Adanya fasilitas hotspot yang merupakan fasilitas internet

18 X54 Kemudahan prosedur pelaksanaan ujian saringan masuk

19 X15 Biaya daftar ulang sebagai mahasiswa baru yang terjangkau

20 X17 Biaya praktikum yang terjangkau

21 X40 Adanya fasilitas pelayanan yang berkaitan dengan dunia kerja

22 X48 Keramahan Customer Service dalam melayani tamu

23 X19 Lokasi kampus yang mudah dijangkau

24 X02 Jurusan yang ditawarkan terakreditasi baik (minimal B)

25 X20 Adanya tempat kos di sekitar perguruan tinggi

26 X51 Kemudahan dalam mendapatkan formulir ujian saringan masuk

(20)

Bab 6 Kesimpulan dan Saran 6-2

Tabel 6.1

Pengelompokan Prioritas Variabel-variabel Kepentingan (lanjutan)

Prioritas 1

No Var Pernyataan

27 X22 Adanya fasilitas umum (wartel, warnet, minimarket, dll) di sekitar perguruan tinggi

28 X41 Adanya fasilitas pelayanan yang berkaitan dengan studi lanjut

29 X34 Adanya daerah hijau (taman) di dalam perguruan tinggi

30 X07 Adanya kesempatan untuk pertukaran pelajar ke luar negri

31 X14 Harga pembelian formulir ujian saringan masuk yang terjangkau

32 X24 Adanya program pengenalan perguruan tinggi ke sekolah-sekolah melalui pameran,

presentasi dan pembagian brosur

33 X18 Adanya sarana transportasi umum yang mealuli perguruan tinggi

34 X35 Adanya fasilitas poliklinik di dalam perguruan tinggi

35 X23 Adanya program penelusuran minat dan kemampuan (PMDK) untuk menerima siswa

berprestasi tanpa ujian saringan masuk

36 X30 Adanya fasilitas sarana olahraga yang lengkap

37 X33 Adanya fasilitas kantin di dalam perguruan tinggi

38 X39 Adanya fasilitas fotocopy di dalam pergruan tinggi

39 X42 Adanya fasilitas pelayanan yang berkaitan dengan konsultasi kemahasiswaan

40 X21 Adanya berbagai tempat makan di sekitar perguruan tinggi

41 X46 Adanya fasilitas bussines center sebagai tempat pelatihan kerja dan sewa menyewa

komputer

42 X03 Adanya wadah / unit kegiatan olahraga dan kesenian yang beragam

43 X05 Adanya wadah / unit organisasi kemahasiswaan

44 X04 Adanya kegiatan keagamaan secara rutin

6.1.2 Penyebab / faktor memilih UK Maranatha

Faktor yang mendorong responden memilih UK Maranatha berdasarkan

profil responden antara lain :

¾ Perguruan tinggi memiliki citra / reputasi yang baik sebesar 43.6 % ¾ Adanya jurusan yang diminati sebesar 27.01 %

¾ Fasilitas yang disediakan perguruan tinggi sebesar 21.33 % ¾ Permintaan orangtua 2.84 %

¾ Sudah menjadi budaya turun mnurun sebesar 0.95 % ¾ Lainnya 4.27 %

6.1.3 Faktor – faktor yang telah disediakan oleh UK Maranatha

Dari faktor – faktor yang dipentingkan oleh responden, UK Maranatha telah memenuhi sebagian besar faktor tersebut, antara lain :

(21)

Bab 6 Kesimpulan dan Saran 6-3

¾ Tersedianya ruang kuliah yang nyaman

¾ Fasilitas komputer untuk mendukung proses pembelajaran mahasiswa ¾ Fasilitas yang lengkap di dalam ruang kuliah (OHP, LCD, laptop /

computer, dll)

¾ Citra / reputasi perguruan tinggi yang baik

¾ Kegiatan yang bekerjasama dengan perusahaan dan industri ¾ Beragam pilihan jurusan / program studi yang disediakan ¾ Beasiswa bagi siswa-siswa kurang mampu

¾ Kemudahan mendapatkan informasi tentang perguruan tinggi (melalui internet/brosur)

¾ Beasiswa bagi siswa-siswa berprestasi

¾ Ujian saringan masuk bisa dilakukan di luar perguruan tinggi ¾ Kemudahan dalam pendaftaran ulang menjadi mahasiswa baru ¾ Fasilitas hotspot yang merupakan fasilitas internet

¾ Kemudahan prosedur pelaksanaan ujian saringan masuk ¾ Fasilitas pelayanan yang berkaitan dengan dunia kerja ¾ Keramahan Customer Service dalam melayani tamu ¾ Lokasi kampus yang mudah dijangkau

¾ Beberaapa program studi sudah memiliki akreditas minimal B ¾ Adanya tempat kos di sekitar perguruan tinggi

¾ Kemudahan dalam mendapatkan formulir ujian saringan masuk

¾ Fasilitas umum (wartel, warnet, minimarket, dll) di sekitar perguruan tinggi

¾ Fasilitas pelayanan yang berkaitan dengan studi lanjut ¾ Daerah hijau (taman) di dalam perguruan tinggi

¾ Ada satu program studi yang memiliki kesempatan untuk pertukaran pelajar ke luar negeri

¾ Harga pembelian formulir ujian saringan masuk yang terjangkau

¾ Program pengenalan perguruan tinggi ke sekolah-sekolah melalui pameran, presentasi dan pembagian brosur

(22)

Bab 6 Kesimpulan dan Saran 6-4

¾ Fasilitas poliklinik di dalam perguruan tinggi

¾ Program penelusuran minat dan kemampuan (PMDK) untuk menerima siswa berprestasi tanpa ujian saringan masuk

¾ Fasilitas kantin di dalam perguruan tinggi ¾ Fasilitas fotocopy di dalam pergruan tinggi

¾ Fasilitas pelayanan yang berkaitan dengan konsultasi kemahasiswaan ¾ Berbagai tempat makan di sekitar perguruan tinggi

¾ Fasilitas bussines center sebagai tempat pelatihan kerja dan sewa menyewa computer

¾ Wadah / unit kegiatan olahraga dan kesenian yang beragam ¾ Wadah / unit organisasi kemahasiswaan

¾ Kegiatan keagamaan secara rutin

6.1.4 Kepuasan terhadap promosi yang telah dilakukan oleh pihak

Universitas Kristen Maranatha saat ini

Berdasarkan tabel 5.12, kepuasan terhadap promosi pemasaran yang telah dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Daya tarik promosi yang telah dilakukan oleh tim promosi :

Responden merasakan puas terhadap daya tarik promosi yang dilakukan oleh tim promosi.

2. Daya tarik promosi yang telah dilakukan melalui televisi

Daya tarik promosi melalui televisi dirasakan responden cukup memuaskan. 3. Daya tarik promosi yang telah dilakukan melalui radio

Daya tarik promosi melalui radio cukup memuaskan responden. 4. Daya tarik promosi yang telah dilakukan melalui Koran

Daya tarik promosi melalui koran cukup memuaskan responden. 5. Kejelasan informasi mengenai fakultas dan jurusan oleh tim promosi

Untuk variabel ini responden sudah merasa puas.

(23)

Bab 6 Kesimpulan dan Saran 6-5

7. Kejelasan informasi mengenai fakultas dan jurusan melalui radio

Untuk variabel ini responden merasa cukup puas.

8. Kejelasan informasi mengenai fakultas dan jurusan melalui Koran

Untuk variabel ini responden merasa cukup puas.

9. Kejelasan informasi mengenai biaya-biaya oleh tim promosi

Responden sudah merasa puas terhadap kejelasan informasi mengenai biaya-biaya oleh tim promosi.

10. Kejelasan informasi mengenai fasilitas penunjang (unit kegiatan, laboratorium, perpustakaan, fasilitas olahraga dan organisasi kemahasiswaan) melalui tim promosi

Responden sudah merasa puas terhadap informasi mengenai fasilitas penunjang (unit kegiatan, laboratorium, perpustakaan, fasilitas olahraga dan organisasi kemahasiswaan) melalui tim promosi.

11. Kejelasan informasi mengenai fasilitas penunjang (unit kegiatan,

laboratorium, perpustakaan, fasilitas olahraga dan organisasi kemahasiswaan) melalui televisi

Responden merasa cukup puas terhadap informasi mengenai fasilitas penunjang (unit kegiatan, laboratorium, perpustakaan, fasilitas olahraga dan organisasi kemahasiswaan) melalui televisi.

12. Kejelasan informasi mengenai fasilitas penunjang (unit kegiatan,

laboratorium, perpustakaan, fasilitas olahraga dan organisasi kemahasiswaan) melalui radio

(24)

Bab 6 Kesimpulan dan Saran 6-6

6.1.5 Pengaruh Promosi yang Telah Dilakukan Pihak Universitas Terhadap

Minat Siswa SMA dalam Memilih Universitas Kristen Maranatha

¾ Berdasarkan nilai r square : terdapat hubungan positif lemah antara variabel dependen dan variabel independent.

¾ Berdasarkan hasil Uji Anova : promosi yang telah dilakukan pihak universitas berpengaruh terhadap minat siswa SMA dalam memilih Universitas Kristen maranatha.

¾ Berdasarkan nilai pertanyaan tertutup pada kuesioner bagian III (var Y) : kegiatan promosi yang telah dilakukan dapat mendorong minat responden untuk melanjutkan studi di Universitas Kristen Maranatha.

¾ Hasil Regresi : minat responden untuk melanjutkan studi di UK Mranatha dipengaruhi oleh kejelasan informasi mengenai perguruan tinggi melalui televisi. Semakin jelas informasi yang disampaikan, semakin besar minat calon mahasiswa untuk melanjutkan studi di UK maranatha.

6.1.6 Profil Responden

Berikut ini adalah ringkasan profil responden (kuesioner bagian I) : ¾ Mayoritas pekerjaan orangtua calon mahasiswa adalah wiraswasta (49.44 %) ¾ Mayoritas penghasilan perbulan orangtua responden adalah berkisar antara

Rp 1.000.000 - Rp 3.000.000 (41.6%)

¾ Responden paling banyak berasal dari SMA St Maria Pekanbaru

¾ Program studi / jurusan yang paling diminati oleh responden adalah Psikologi dan Kedokteran masing-masing sebanyak 49 orang, Manajemen 41 orang dan Akuntansi 40 orang

¾ Perguruan tinggi lain yang paling diminati oleh calon mahasiswa selain UKM adalah UNPAD (16.43%), UI (13.53%), UNPAR (.8.7%), UGM dan ITB (8.21%)

(25)

Bab 6 Kesimpulan dan Saran 6-7

¾ Sumber informasi tentang Universitas Kristen Maranatha didapat responden dari teman/kerabat yang kuliah di UKM sebesar 38%, Saudara sebesar 27.7 %, kunjungan langsung UKM 8.5 %, lainnya 7.5 %, iklan 6.1 %, orangtua 5.6 %, alumni UKM 3.3 % dan tidak ada yang mendapat informasi dari cerdas cermat yang diadakan oleh UK Maranatha.

¾ Faktor terbesar yang mendorong calon mahasiswa memilih UKM adalah perguruan tinggi memiliki citra (reputasi) yang baik sebesar 43.6 %, kemudian faktor adanya jurusan yang diminati sebesar 27 % dan faktor fasilitas yang disediakan perguruan tinggi sebesar 21.3 %.

6.2 Saran

Dari hasil analisis, masih ada faktor-faktor yang dipentingkan oleh responden tetapi belum dapat terpenuhi oleh pihak universitas. Oleh karena itu penulis memberi beberapa usulan untuk perbaikan yang bisa langsung diterapkan dan

usulan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut berdasarkan faktor-faktor yang dipentingkan responden pada prioritas 1 dan efektivitas strategi pemasaran yang telah dilakukan. Usulan tersebut antara lain :

6.2.1 Saran untuk diterapkan

Memperbaiki akreditasi jurusan yang ditawarkan (minimal B)

Responden adalah calon mahasiswa yang sudah memiliki minat masuk UKM dengan pertimbangan mereka sendiri. Jadi kemungkinan penyebab mayoritas responden memilih jurusan Kedokteran, Psikologi, Manajemen dan Akuntansi adalah karena keempat program studi tersebut sudah memiliki akreditasi yang sangat baik di UKM. Belum bisa disimpulkan bahwa keempat juruan tersebut adalah yang diminati oleh semua calon mahasiswa di Sumatra. Seandainya UKM memiliki lebih banyak program studi yang memiliki akreditasi yang sangat baik, mungkin akan lebih banyak calon mahasiswa yang mengikuti ujian saringan masuk di UKM untuk memilih program studi yang lain. Oleh akrena itu penulis mengusulkan untuk memperbaiki akreditasi

(26)

Bab 6 Kesimpulan dan Saran 6-8

Memperbanyak kesempatan untuk pertukaran pelajar ke luar negeri

Faktor ini dipentingkan oleh responden, tetapi saat ini UKM hanya melakukan pertukaran pelajar ke luar negeri dengan salah satu perguruan tinggi di China oleh Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD). Pertukaran pelajar mungkin bisa diartikan bahwa pendidikan di dua Negara bersangkutan bisa disetarakan. Jika UKM melakukan hal yang sama pada jurusan/program studi lain, mungkin citra / reputasi UKM akan semakin baik.

Menambah fasilitas sarana olahraga

Faktor ini dipentingkan oleh responden, tetapi UKM hanya memiliki fasilitas olahraga lapangan basket dan panjat tebing. Oleh karena itu penulis mengusulkan agar UKM menambah fasilitas olahraga lainnya. Misalnya bandminton, futsal, volley, dll.

Meningkatkan perhatian kepada pemeluk agama lain (selain Kristen) untuk melakukan kegiatan keagamaan secara rutin

Kegiatan keagamaan yang secara rutin dilakukan adalah yang berkaitan dengan agama Kristen sebagai agama mayoritas di UKM. Tetapi untuk agama lain pihak UKM kurang memperhatikan. Karena tidak bisa dipungkiri bangsa

Indonesia adalah bangsa yang heterogen. Oleh karena itu penulis mengusulkan agar pihak UKM memperhatikan pemeluk agama lain untuk melaukan ibadah secara rutin. Misalnya memberi meraka ruangan khusus untuk beribadah atau melakukan kegiatan keagamaan.

Tim Promosi menyertakan faktor-faktor yang dipentingkan dalam melakukan promosi

(27)

Bab 6 Kesimpulan dan Saran 6-9

Memberi Video CD berisi tentang UK Maranatha secara lengkap pada saat promosi

Dari persamaan regresi yang didapat, variabel yang mempengaruhi minat untuk melanjutkan studi di UKM adalah kejelasan informasi mengenai perguruan tinggi melalui televisi. Hal ini mungkin disebabkan karena penjelasan secara audio visual akan lebih mudah dipahami oleh responden. Namun biaya yang cukup mahal dan penjelasan yang terlalu singkat dalam

menampilkan iklan di televisi (durasi 1-5 menit) bisa menjadi kendala.

Oleh karena itu penulis mengusulkan kepada tim promosi untuk membuat sebuah video dalam bentuk CD yang berisi tentang UKM dengan jelas dalam durasi yang cukup panjang. Pembuatan CD jauh lebih murah dari iklan di televisi tetapi dengan durasi yang lebih lama. Video tersebut dibagikan pada saat kunjungan tim promosi ke sekolah-sekolah. Sehingga bukan responden yang bisa menonton, tetapi juga orang tua responden bisa melihat langsung video tersebut. Dengan demikian responden dan orangtua bisa lebih mengerti tentang UKM dan diharapkan minat untuk melanjutkan studi di UKM meningkat.

6.2.2 Saran untuk penelitian lebih lanjut

Melakukan penelitian terhadap kelengkapan fasilitas di setiap laboratorium

Fasilitas yang lengkap di setiap laboratorium menempati urutan ke 6 pada prioritas 1 faktor-faktor yang dipentingkan oleh responden. Oleh karena itu penulis mengusulkan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai kelengkapan fasilitas di setiap laboratorium. Jika hasilnya dirasa masih belum lengkap, maka penulis mengusulkan untuk melengkapi fasilitas di setiap laboratorium.

Melakukan penelitian terhadap kelengkapan koleksi buku

perpustakan

(28)

Bab 6 Kesimpulan dan Saran 6-10

mengusulkan agar pihak UKM melakukan penelitian lebih lanjut mengenai kelengkapan perpustakaan agar kebutuhan mahasiswa tehadap buku-buku yang menunjang perkuliahan bisa terpenuhi.

Melakukan penelitian terhadap biaya kuliah yang dikeluarkan persemester / caturwulan, biaya daftar ulang sebagai mahasiswa baru

dan biaya praktikum

Biaya kuliah, biaya daftar ulang dan biaya praktikum yang terjangkau

(29)

DAFTAR PUSTAKA

1. Alma, Buchari, Prof, DR, H. “Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa” Edisi ke-7 (revisi). Bandung : CV. Alfabeta 2007

2. Irwan, Drs, M.B.A, Wijaya, Farid, Dr, M.,M.A, Sudjoni, Ir,M.N, M.B.A. “Pemasaran” Edisi ke-2. Yogyakarta : BPFE 1996.

3. Kotler, Philip. ”Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol” Jilid 1, Edisi 9 Jakarta : Erlangga, 1997.

4. Sugiyono, Prof, DR. “Metode Penelitian Administrasi”. Edisi ke-14.

Bandung : CV. Alfabeta. 2006

5. Suliyanto, “Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran”, Bogor : Ghalia

Indonesia, 2005.

Figur

Tabel Pengelompokan Variabel bersadarkan Prioritas
Tabel Pengelompokan Variabel bersadarkan Prioritas . View in document p.9
Tabel III Nilai-nilai r Produk Moment
Tabel III Nilai nilai r Produk Moment . View in document p.13
Tabel 6.1  Pengelompokan Prioritas Variabel-variabel Kepentingan
Tabel 6 1 Pengelompokan Prioritas Variabel variabel Kepentingan . View in document p.19
Tabel 6.1  Pengelompokan Prioritas Variabel-variabel Kepentingan (lanjutan)
Tabel 6 1 Pengelompokan Prioritas Variabel variabel Kepentingan lanjutan . View in document p.20

Referensi

Memperbarui...