surat permohonan pindah universitas mohammad fadhillah pk22

Teks penuh

(1)

Kepada Yth.

Perubahan Universitas Tujuan Belajar Program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)

Melalui surat ini, saya Mohammad Fadhillah, calon penerima Beasiswa Magister Luar Negeri LPDP (kode registrasi: 0047174/SC/M/2/lpdp2014) yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Direktur Utama LPDP Nomor KEP-83/LPDP/2014 tanggal 23 Juni 2014, bermaksud untuk mengajukan perubahan universitas tujuan belajar. Adapun perubahan tersebut adalah dari pengajuan awal yaitu The University of Tokyo, Jepang menjadi Kyushu University, Jepang. Spesialisasi yang akan diambil juga berubah, yaitu dari Aquatic Bioscience menjadi Bioscience and Biotechnology.

Pertimbangan untuk berpindah universitas tujuan didasari karena:

1. Pada saat pendaftaran program BPI LPDP saya memilih The University of Tokyo, Jepang dengan jurusan Aquatic Bioscience. Namun, setelah dikonfirmasi lebih lanjut program studi tersebut tidak menyediakan pengajaran dalam bahasa Inggris (internasional) sehingga diperlukan kemampuan bahasa Jepang yang sangat mahir.

2. Meskipun terdapat perbedaan nama program studi yang dituju, namun dasar riset saya tidak berubah yaitu bidang mikrobiologi terapan. Sebelumnya saya memilih topik untuk mengkaji senyawa bioaktif dari mikroba laut namun pada program studi yang baru saya lebih mengkaji pada produksi produk fermentasi mikroba sebagai bahan baku pengembangan bioplastik.

(2)

4. Program studi Bioscience and Biotechnology di Kyushu University merupakan program Internasional yang termasuk dalam program G30 dari MEXT Jepang dan sudah berjalan dari tahun 1994.

5. Telah memperoleh letter of acceptance (terlampir) dari Kyushu University dan berkorespondensi dengan advisor riset di bagian Microbial Technology yaitu, Prof. Kenji Sonomoto, (terlampir).

6. Prof. Kenji Sonomoto merupakan salah satu peneliti di bidang bioteknologi yang memiliki academic performance yang sangat baik dan memiliki beberapa paten (US Patent) di Bidang tersebut. (terlampir).

7. Pada saat di wawancarai oleh reviewer BPI LPDP, mereka menyarankan untuk mempertimbangkan universitas lainnya jika memang belum memiliki keterikatan (adanya LoA) dari universitas tujuan saya saat itu (The University of Tokyo, Jepang).

8. Setelah menyelesaikan studi pascasarjana, saya berniat untuk mengembangkan teknologi fermentasi untuk aplikasi ke berbagai industri di Indonesia, khususnya di bidang bahan baku bioplastik. Saya sangat tertarik dalam mengembangkan bioplastik yang ramah lingkungan sebagai salah satu solusi masalah lingkungan di Indonesia.

Demikian surat ini saya sampaikan. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Salam Hormat, Bogor, 5 Mei 2015

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...