KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DAERAH LAMPUNG DIREKTORAT PEMBINAAN MASYARAKAT

Teks penuh

(1)

KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DAERAH LAMPUNG

DIREKTORAT PEMBINAAN MASYARAKAT

LAPORAN HASIL KEGIATAN

JASA PENGAMANAN PEMBINAAN DAN PENGECEKAN SISKAMLING

DI DESA JAGANG KECAMATAN ABUNG SELATAN KABUPATEN LAMPUNG UTARA TANGGAL, 30 AGUSTUS 2016

I. PENDAHULUAN

1. Umum

a. Kepolisian Negara Republik Indonesia merupakan alat negara yang berperan dalam ketertiban masyarakat. Masyarakat ikut serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan ketertiban dalam negeri ;

b. Dalam rangka mengantisipasi meningkatnya gangguan Kamtibmas sebagai akibat dari pembangunan era globalisasi maka perlu adanya peningkatan upaya kesadaran dan peran aktif masyarakat dalam menciptakan situasi dan kondisi kamtibmas yang aman dan kondusif khususnya dilingkungan kampung atau desa setempat;

c. Kabupaten Lampung Utara merupakan daerah pertanian untuk menanggulangi gangguan kamtibmas khususnya di Desa Jagang Kecamatan Abung Selatan ini diperlukan upaya yang dapat mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam membantu tugas Polri dalam menciptakan kamtibmas yang kondusif yaitu dengan menerapkan model pemolisian masyarakat yang menekankan kemitraan sejajar antara petugas polmas dengan segenap potensi masyarakat;

d. Penerapan strategi polmas yang menekankan nilai-nilai sosial menampilkan sikap santun, saling menghargai antara polisi dan warga masyarakat dalam menciptakan hubungan yang harmonis demi kelancaran terselenggaranya fungsi kepolisian dan meningkatnya kualitas hidup masyarakat, perlu dilakukan upaya yang bersifat konprehensip, sehingga masayarakat memahami peran serta-nya dalam menciptakan kamtibmas yang aman dan kondusif dilingkungannya;

(2)

e. Berdasarkan uraian tersebut di atas maka subdit Polmas memandang perlu melakukan kegiatan Jasa Pengamanan pembinaan dan pengecekan Siskamling yang ada di jajaran Polda Lampung khususnya di Desa Jagang Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara. 2. Dasar

a. Undang-undang No.2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia;

b. Peraturan Kapolri No.23 tahun 2007, tanggal 10 Desember 2007 tentang Poskamling;

c. Peraturan ...

2

c. Peraturan Kapolri No.03 tahun 2015, tanggal 26 Mei 2016 tentang Polmas;

d. Surat perintah Kapolda Lampung Nomor: Sprin/1611/VIII/2016 tanggal 19 Agustus 2016 tentang Perintah pelaksanaan pembinaan dan pengarahan terhadap Potmas, Komunitas dan Awak/Kaposkamling di Balai Desa Jagang Kecamatan Abung Selatan Kabupten Lampung Utara; f. Rencana kerja tahunan Subdit Polmas tahun 2016.

2. Maksud dan Tujuan a. Maksud :

Adapun maksud pembuatan laporan hasil kegiatan Binpotmas Komunitas adalah sebagai bahan laporan kepada pimpinan tentang pelaksanaan Jasa Pengamanan pembinaan dan pengecekan Siskamling di Balai Desa Jagang Kecamatan Abung Selatan.

b. Tujuan :

Adapun tujuan dibuatnya laporan ini adalah sebagai bentuk pertanggung jawaban dalam pelaksanaan tugas.

3. Ruang Lingkup

Ruang lingkup pelaksanaan kegiatan ini meliputi kegiatan pembinaan potensi masyarakat komunitas dan Kaposkamling di Desa Jagang Kecamtan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara.

(3)

I. PENDAHULUAN II. PELAKSANAAN

III. HASIL YANG DICAPAI. IV. PENUTUP.

II. PELAKSANAAN

1. Waktu dan Tempat :

a. Hari / tanggal : Selasa, 30 Agustus 2016 b. Pukul : 21.00 s/d selesai

c. Tempat : Balai Desa Jagang Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara

2. Peserta dari :

a. Uspika (Kapolsek, Danramil & Camat) b. Kepala Kelurahan/Desa

c. Perangkat Kelurahan d. Awak Pos Kamling

e. Bhabinkamtibmas dan Staf Binmas Polsek Abung Selatan

f. Tomas, Toga, Toda,Todat & FKPM. g. Pemuda, pelajar dan karang taruna

3.Pemberi ... 3 3. Pemberi Materi : a. AKBP A Muchtarom.S.Sos.,M.H b. Kompol Saidi 4. Anggaran :

Anggaran yang digunakan untuk Kegiatan menggunakan DIPA RKA – KL Ditbinmas Polda Lampung tahun 2016.

5. Susunan Acara :

a. Sambutan Lurah Kelurahan Jagang Bapak Suwandi,S.E

- Selamat datang kepada Dirbinmas yang diwakili oleh AKBP Muchtarom Analis Madya Kebijakan Ditbinmas Polda Lampung dan rombongan.

(4)

- Memanfaatkan kehadiran beliau untuk bertanya tentang hal-hal yang belum mengerti yang berkaitan dengan hukum dan tugas Pos Kamling.

- Semoga kehadiran Tim Ditbinmas Polda Lampung dapat membangkitkan kembali fungsi Pos Kamling Wilayah Lampung Utara khususnya Desa Jagang.

b Sambutan Kasat Binmas Lampung Utara AKP Nuraminin

- Ucapan terima kasih atas kunjungan tim ditbinmas Polda Lampung ke Desa Jagang Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara.

- Diharapkan kunjungan dapat berjalan secara berkesinambungan khususnya dalam pembinaan awak Poskaming dan pengecekan pos kamling di wilayah Kabupaten Lampung Utara

c. Sambutan Dirbinmas Polda Lampung yang diwakili oleh AKBP A Muchtarom,S.Sos.,M.H Analis Madya Kebijakan Ditbinmas Polda Lampung Dan Sekaligus Memberikan Arahan/ Materi

Membangun kemitraan antara Polisi dan masyarakat merupakan suatu keperluan/kebutuhan.

- Kamtibmas adalah suatu kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembangunan nasional dalam rangka terciptanya tujuan nasional yang ditandai dengan terpeliharanya keamanan, ketertiban dan tegaknya hukum serta terbinanya ketentraman yang mendukung kemampuan serta mengembangkan potensi dan kekuatan masyarakat dalam menangkal, mencegah dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat. (“psl 1 undang-undang no.2 tahun 2002”) tentang Polri .

- Polmas ( pemolisan/perpolisian masyarakat ) adalah penyelenggara tugas kepolisan yang mendasari kepada pemahaman bahwa untuk menciptakan kondisi aman dan tertib tidak mungkin dilakukan oleh polri sepihak sebagai subjek dan masyarakat sebagai objek, melainkan harus

(5)

dilaksanakan bersama oleh polisi dan masyarakat dengan cara memperdayakan masyarakat melalui kemitraan polisi dan warga masyarakat, sehingga secara bersama-sama mampu mendeteksi gejala yang dapat menimbulkan masalah dimasyarakat serta mampu mendapatkan solusi untuk antisipasi masalah keamanan dan ketertiban dimasyarakat dilingkungannya.

d. Pembinaan Poskamling oleh KOMPOL SAIDI Kasi Binsiskamling Ditbinmas Polda Lampung

Agar aktipkan kegiatan pelaksanaan Pos Kamling perwujutan peran serta warga negara dalam hal bela negara sebagaimana tercantum di dalam siskamrata yang di amanatkan oleh pendiri bangsa Bung Karno dan Bung Hatta.

- Provinsi Lampung berpotensi punya daya tarik bagi investor dari luar Lampung maupun luar negeri dengan para syarat harus aman.

- Kesejahteraan tidak akan bisa terwujud bila tidak didukung oleh faktor keamanan.

- Diharapkan kepada semua elemen agar bersama –sama berperan aktif, menjaga dan menciptakan situasi lingkungan yang kondusif.

- Siskamling adalah suatu kesatuan yang meliputi komponen-komponen saling bahu membahu dan mempengaruhi untuk memenuhi segala upaya agar terpeliharanya kamtibmas dilingkungan.

- Pos Kamling adalah tempat atau bangunan dan sarana penyelenggaraan siskamling, berfungsi sebagai pusat kegiatan dalam melaksanakan siskamling dan dibentuk berdasarkan kesepakatan dan musyawarah warga.

- Polri dan masyarakat (FKPM) adalah wadah kerjasama Kamtibmas antara polisi dan masyarakat untuk memecahkan persolan sosial yang dapat menjadi gangguan kamtibmas diwilayah lingkungannnya .

(6)

- Sarana warga masyarakat dalam memenuhi kebutuhan rasa aman dilingkungannya.

- Menanggulangi ancaman ganggunan terhadap lingkungan dengan upaya preemtif (potensi gangguan), Preventif (ambang gangguan) Refresif/ tindakan (gangguan nyata) dalam hal tertangkap tangan .

- Tujuan Siskamling adalah menciptakan situasi kondisi keamanan, ketertiban dan ketentraman ( kondusif ) dilingkungan masing-masing.

- Terwujud ...

5

- Terwujudnya kesadaran warga masyarakat dilingkungannya dalam penanggulangan terhadap setiap kemungkinan timbulnya gangguan kamtibmas.

- Terpeliharanya keamanan/kondisi masyarakat yang bebas dari gangguan fisik/pisikis.

e. Tanya jawab

f. Penyerahan sarana kontak

g. Selesai acara pembinaan dan pengarahan terhadap potmas komunitas dan awak Kaposkamling dilanjutkan Pengecekan poskamling yang dilakukan oleh Tim ditbinmas Polda Lampung yang diterima Kapos Kamling Desa Jagang Kabupaten Lampung Utara.

IV. HASIL YANG DICAPAI.

a. Masyarakat sangat antusias terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh Ditbinmas Polda Lampung dalam rangka pembinaan Pos dan awak Pos Kamling khususnya Desa jagang Kabupaten Lampung Utara.

b. Perlengkapan pos Kamling di Desa Jagang Kecamatan Abung Selatan sebagian belum lengkap seperti buku mutasi, jadwal piket, masih belum dibuat, mengingat pos kamling masih bersifat tradisional ( belum permanen )

(7)

c. Bhabinkamtibmas aktif berkunjung ke Desa-desa dalam wilayah Kecamatan Metro Kibang untuk melakukan pembinaan secara teratur dan terjadwal. d. kesadaran masyarakat tentang arti pentingnya melaksanakan pengamanan

melalui Pos Kamling baik terhadap diri sendiri, keluarga maupun masyarakat di lingkungan masing-masing sangat tinggi.

VI. PENUTUP

Demikian laporan kegiatan jasa pengamanan pembinaan dan pengecekan siskamling di Desa jagang Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara,

sebagai bahan masukan bagi pimpinan untuk menentukan kebijakan lebih lanjut.

Bandar Lampung, Agustus 2016 ANALIS KEBIIJAKAN DITBINMAS

A MUCHTAROM,S.SOS.,MH AJUN KOMISARIS BESAR POLISI NRP

(8)

DOKUMENTASI KEGIATAN LAMPUNG UTARA SELASA 30 AGUSTUS 2016

Pembacaan susumam acara oleh awak

Poskamling Persiapan kegiatan disambut oleh Kades Jagang Kec Abung Selatan Lampung Utara

Sambutan Kades Jagang Kec Abung Selatan Kab Lampung Utara Bapak Suwandi, S.E

Sambutan Kasat Binmas Polres Lampung Utara AKP Nur Aminin

Sambutan Dirbinmas Polda Lampung yang diwakili oleh AKBP A Muchtarom.S.Sos.MH dilanjutkan memberikan Matei/ Arahan

Kasi BinsiskamlingKompol Saidi memberikan Materi/ Arahan kepada kelompok Komunitas

(9)

Peserta komunitas dan awak Poskamling tengah mendengarkan Arahan dari tim Polda Lampung

AKBP A Muchtarom Ka Tim Polda menyerahkan sarana kontak berupa HT secara simbolis

Kades Desa Jagang menyerahkan sarana kontak berupa HT secara simbolis

Iptu Zulkarnaen Kapolsek Ab Selatan menyerahkan sarana kontak berupa Helm secara simbolis

Iptu Zulkarnaen menyerahkan sarana kontak berupa Helm secara simbolis

(10)

Kades Jagang menyerahkan sarana kontak berupa Mukena secara simbolis

Poto bersama, setelah peserta perwakilan menerima sarana kontak

Tim Polda Lampung meninjau tempat Pos Kamling desa Jagang Kec Ab Selatan Lampung Utara

Kompol Saidi Kasi Binsiskamling Polda Lampung menyerahkan sarana kontak berupa kain Sarung secara simbolis

Bhabinkamtibmas Desa Jagang menyerahkan sarana kontak berupa Senter kecil secara simbolis

Babinsa Desa Jagang menyerahkan sarana kontak berupa Lampu emergensi kecil secara simbolis

(11)

Kompol Saidi, Kasi Binsiskamling Ditbinmas Polda Lampung memberikan pembinaan/Arahan kepada Awak Poskamling Desa Jagang Kecamatan Abunbg Selatan Kabupaten Lampung

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...