KECENDERUNGAN PELANGGARAN PEDOMAN PERILAKU PENYIARAN DAN STANDAR PROGRAM SIARAN (STUDI ANALISIS ISI PADA KASUS PELANGGARAN PEDOMAN PERILAKU PENYIARAN DAN STANDAR PROGRAM SIARAN MEDIA TELEVISI YANG DIMUAT DI WEBSITE KPI.GO.ID)

16 

Teks penuh

(1)

1

Universitas Sumatera Utara

KECENDERUNGAN PELANGGARAN PEDOMAN

PERILAKU PENYIARAN DAN STANDAR PROGRAM

SIARAN

(STUDI ANALISIS ISI PADA KASUS PELANGGARAN

PEDOMAN PERILAKU PENYIARAN DAN STANDAR

PROGRAM SIARAN MEDIA TELEVISI YANG DIMUAT DI

WEBSITE KPI.GO.ID)

SKRIPSI

RISA RISKAYANTI

110904006

DEPARTEMEN ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

(2)

2

Universitas Sumatera Utara

KECENDERUNGAN PELANGGARAN PEDOMAN

PERILAKU PENYIARAN DAN STANDAR PROGRAM

SIARAN

(STUDI ANALISIS ISI PADA KASUS PELANGGARAN

PEDOMAN PERILAKU PENYIARAN DAN STANDAR

PROGRAM SIARAN MEDIA TELEVISI YANG DIMUAT DI

WEBSITE KPI.GO.ID)

SKRIPSI

Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana Program Strata I (S1) pada Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara

RISA RISKAYANTI

110904006

DEPARTEMEN ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

(3)

3

Universitas Sumatera Utara

LEMBAR PERSETUJUAN

Skripsi ini disetujui untuk dipertahankan oleh:

Nama : Risa Riskayanti NIM : 110904006

Departemen : Ilmu Komunikasi (Jurnalistik)

Judul : KECENDERUNGAN PELANGGARAN PEDOMAN

PERILAKU PENYIARAN DAN STANDAR PROGRAM SIARAN

(STUDI ANALISIS ISI PADA KASUS PELANGGARAN PEDOMAN PERILAKU PENYIARAN DAN STANDAR PROGRAM SIARAN MEDIA TELEVISI YANG DIMUAT DI WEBSITE KPI.GO.ID)

Medan, 24Maret 2015 Dosen Pembimbing Ketua Departemen

SyafruddinPohan, M.Si, Ph.D.

NIP. 195812051989031002 NIP. 196208281987012001 Dra. Fatma Wardy Lubis, M.A

Dekan

(4)

4

Universitas Sumatera Utara HALAMAN PENGESAHAN

Skripsi ini diajukan oleh:

Nama : Risa Riskayanti

NIM : 110904006

Departemen : Ilmu Komunikasi

Judul Skripsi : Kecenderungan Pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Prgram Siaran

(Studi Analisis Isi Kecenderungan Pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran Media Televisi Yang Dimuat Di Website kpi.go.id

Telah berhasil dipertahankan di hadapan Dewan Penguji dan diterima sebagai persyaratan yang diperlukan untuk memperoleh gelar Sarjana Ilmu Komunikasi pada Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.

MajelisPenguji

KetuaPenguji : (………..)

Penguji : (………..)

PengujiUtama : (………..)

Ditetapkandi :

(5)

5

(6)

i

Universitas Sumatera Utara

ABSTRAK

Penelitianiniberjudul “Kecenderungan Pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran Media Televisi Yang Dimuat Di Website kpi.go.id” Sebuah stud ianalisisisi kasus pelanggaran yang dimuat dalam website KPI, terhitung dari bulan juli sampai dengan desember tahun 2014.Kasus pelanggaran ini dianalisis berdasarkan penggolongan data yang akan dikelompokkan menjadi penggolongan berdasarkan program acara faktua dan non-faktua, stasiun televisi, pasal dan sanksi pelanggaran., dan kemudian digunakan untuk melihat adanya kecenderungan media televisidalam melakukan pelanggarn pedoman perilaku penyiaran dan standar program siaran.Dalam website kpi.go.id telah dimuat kasus-kasus pelanggaran televisi dan telah di deskripsikan pelanggaran dan pasal yang dilanggar.. Metodepenelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan paradigm positivis dan pisau analisis Eriyanto. Melalui analisis tersebut, dapat dilihat kecenderungan pelanggaran P3SPS yang dilakukan media televisi berdasarkan program acara, sanksi dan pasal. Kesimpulan yang di dapat dari penelitian ini adalah adanya kecenderungan pelanggaran P3SPS oleh media televisi melalui program acara dan adanya kecenderungan pelanggaran terhadap pasal tertentu yang dilakukan oleh media televisi.

(7)

ii

Universitas Sumatera Utara

ABSTRACT

This study, entitled "Code of Conduct violation Trends Broadcasting and Media Television Program Standard The Loaded In Website kpi.go.id" A content analysis study of offenses contained in the IEC website, starting from the month of July through December 2014. The infringement case analyzed based on the classification of the data to be grouped into programs factual and non-factual, television, art and sanctions for violations, and then used to see the tendency of television media in breach of broadcasting code of conduct and standards of broadcast program. In kpi.go.id website has published a case - television rights cases and has been described violations and violated article. The method used is descriptive quantitative and positivist paradigm knife isi.Melalui analysis of the analysis, it can be seen tendency P3SPS violations committed by the television media program, sanctions and articles. The conclusion from this study is the tendency of violation P3SPS by television media through programs and the tendency of certain violations of the article carried by the television media.

(8)

iii

Universitas Sumatera Utara

PERNYATAAN ORISINALITAS

Skripsi ini adalah hasil karya saya sendiri, semua sumbe rbaik yang dikutip maupun dirujuk telah saya cantumkan sumbernya dengan benar. Jika dikemudian

hari saya terbukti melakukan pelanggaran (plagiat) maka saya bersedia diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

Nama: Risa Riskayanti NIM: 110904006 TandaTangan: …………..

(9)

iv

Universitas Sumatera Utara

LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI

TUGAS AKHIR UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS

Sebagai civitas akademik Universitas Sumatera Utara, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Risa Riskayanti NIM : 110904006 Departemen : IlmuKomunikasi

Fakultas : IlmuSosialdanIlmuPolitik Universitas : Universitas Sumatera Utara JenisKarya : Skripsi

Demi pengembangan ilmu pengetahuan, menyetujui untuk memberikan kepada Universitas Sumatera Utara Hak BebasRoyalti Non Ekslusif (Non-ekslusive

Royalty-Free Right) ataskarya ilmiah saya yang berjudul:

Kecenderungan Pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (Studi AnalisisIsi Pada Kasus Pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran Media Televisi Yang Dimuat Di Website kpi.go.id) Beserta perangkat yang ada. Dengan Hak BebasRoyalti Non ekslusif ini Universitas Sumatera Utara berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat dan mempublikasikan tugas akhir saya tanpa meminta izin dari saya selama tetap menyantumkan nama saya sebagai penulis/pencipta dan sebagai pemilik HakCipta. Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya.

(10)

v

Universitas Sumatera Utara KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya ucapkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayah-Nyalah saya dapat menyelesaikan skripsi ini hingga akhir.Shalawat beriring salam juga takhenti-hentinya saya haturkan kepada Junjungan Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa pengetahuan di dunia yang fana ini sehingga sedikitnya saya bias merasakan dan mengamalkan pengetahuan tersebut dalam kehidupan guna menggapai kesempurnaan baik di dunia maupun akhirat kelak. Amin.

Skripsi ini merupakan karya ilmiah yang disusun sebagai salah satu syarat guna memperoleh gelar sarjana di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara. Skripsi ini berjudul “Kecenderungan Pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran Media Televisi (Studi Analisis Isi Pada Kasus Pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran Yang Dimuat Di Website kpi.go.id

Penulis mengucapkan terimakasih yang luar biasa dan paling istimewa untuk kedua orang tua. Skripsi ini saya persembahkan untuk ayahanda tercinta (Alm) Azhari Marzuki dan Ibunda tercinta (Almh) Yuniar Ahmad, yang sudah mendidik, membesarkan, dan memberikan yang terbaik dalam hidup saya serta telah membangun kepercayaan diri saya dengan membentuk karakter saya menjadi anak yang kuat dalam menghadapi apapun.

)

Terimakasih juga saya sampaikan kepada kedua Ibu Angkat saya Dr. Murniawati Lubis dan Fauziah Ahmad yang selalu mendukung penulis dan memberikan masukan serta arahan untuk penulis. Skripsi ini juga saya persembahkan untuk keluarga besarsaya yang sudah memberikan segenap cinta dan kasih sayangnya sehingga saya bias meyelesaikan skripsi ini dengan baik.

Pada kesempatan ini, saya ingin mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang membantu dalam penyelesaian skripsi ini, dan secara khusus saya mengucapkan terimakasih kepada:

1. Bapak Syafruddin Pohan, M.Si, Ph.D selaku dosen pembimbing yang telah bersedia menyediakan waktu dan tenaga yang secara ikhlas untuk membimbing dan memberidukungan kepada saya dalam menyelesaikan skripsi ini.

2. Ibu Dra. Fatma Wardi Lubis, MA selaku Ketua Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.

3. Seluruh Dosen Departemen Ilmu Komunikasi yang telah memberikan ilmu yang sangat berharga bagi penulis selama masa perkuliahan.

(11)

vi

Universitas Sumatera Utara 5. Terimakasih untuk para senior saya di FISIP USU, kak Dewi Lestar,

S.Sos, kak Sri Fusanti S.Sos, kak Mita Novianty, S.Sos, kak Ayu Pratiwi. 6. Terimakasih pula untuk keluarga besar Gian Production, bang Herman

Delta, Aldo, bang Anggi, Pudan, Kris yang sudah menjadi partner saya dan membantu saya untuk belajar.

7. Terimakasih untuk seluruh keluarga besar Lingkar Club Diskusi, yang telah memberikan dukungan, dan kepercayaan kepada saya untuk menjadi anggota, sahabat diskusi, kordinator sekaligus keluarga bagian dari teman – teman semuanya.

8. Kepada seluruh pengurus imajinasi periode 2012 sd 2013 dan pengurus imajinasi periode 2013 sd 2014, saya ucapkan terimakasih untuk kerjasamanya dalam kepengurusan imajinasi dan terimakasih untuk teman – teman yang sudah mempercayakan saya untuk menjadi pengurus imajinasi selama dua periode.

9. Terimakasih juga saya ucapkan kepada rekan – rekan saya di devisi fotografi jurnalistik imajinasi FISIP USU, Nurhasanah, Angel, Yustri, Ray dan Kevin yang sudah bekerja keras untuk melaksanakan progja devisifotjur. Saya selaku ketua devisi merasa sangat bangga dan bersyuku rmemiliki tim seperti kalian di fotjur, karena kalian benar – benar dapat diandalkan dan tidak perlu penggarahan atau harus disuruh terlebih dahulu untuk menggerjakan sesuatu.

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa skripsi ini masih banyak terdapat kekurangan dan jauh dari kesempurnaan, maka dari itu diperlukan saran dan kritik yang membangun. Semoga skripsi ini dapat memberikan manfaat bagi rekan-rekan mahasiswa dan semua pihak yang membutuhkannya.

Medan,24 Maret 2015

(12)

vii

PERNYATAAN ORISINALITAS KATA PENGANTAR ... iii

PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ... iv

KATA PENGANTAR ... v

BAB II PARADIGMA DAN TEORI KOMUNIKASI 2.1. Kajian Terdahulu ... 8

2.3.5. Televisi Sebagai Media Komunikasi Massa... .. 20

2.3.6. Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran... 22

2.4. Kerangka Konsep ... 25

2.4.1. Komisi Penyiaran Indonesia... 25

(13)

viii

Universitas Sumatera Utara

2.3. Model Teoritis... ... 33

2.4. Operasionalisasi Konsep ... 34

2.5. Definisi Operasionalisasi Konsep ... 35

BAB III METODOLOGI PENELITIAN 3.1. MetodePenelitian ... 38

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1. Program Acara... ... 44

4.2. Stasiun Televisi ... 62

4.3. Jenis Pelanggaran ... 71

4.4. Pasal dan Sanksi ... 84

4.4.1. Penggolongan Berdasarkan Sanksi ... 84

4.4.2. Penggolongan Berdasarkan Pasal ... 89

4.5. Analisis Data ... 92

4.5.1. Analisis Data Acara Faktual dan Non Faktul ... 92

4.5.2. Analisis Data Yang Terjadi Di Bulan Juli ... 94

4.5.3. Analisis Data Yang Terjadi Di Bulan Agustus ... 104

4.5.4. Analisis Data Yang Terjadi Di Bulan September ... 107

4.5.5. Analisis Data Yang Terjadi Di Bulan Oktober ... 119

4.5.6 Analisis Data Yang Terjadi Di Bulan November... 123

4.5.7. Analisis Data Yang Terjadi Di Bulan Desember ... 128

(14)

ix

Universitas Sumatera Utara BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

5.1. Kesimpulan ... 132

5.2. Saran ... 134

DAFTAR PUSTAKA ...

(15)

x

Universitas Sumatera Utara

DAFTAR TABEL

2.1. TabelOperasionalisasi Konsep ... 34

3.1. Populasi Kasus Pelanggaran P3SPS Tahun 2014 ... 39

4.1. Jumlah Kasus Pelanggaran Berdasarkan Progran Acara ... 44

4.2. Jumlah Kasus Pelanggaran Program Acara Faktual Pada

Bulan Juli-Desember Tahun 2014 ... 45

4.3. Jumlah Kasus Pelanggaran Program Acara Non-Faktual Pada

Bulan Juli-Desember Tahun 2014 ... 47

4.4. Jumlah Kasus Pelanggaran Berdasarkan Stasiun Televisi... ... 49

4.5. Jumlah Kasus Pelanggaran Berdasarkan Stasiun Televisi

RCTI Berdasarkan Acara ... 51

4.6. Jumlah Kasus Pelanggaran Berdasarkan Stasiun Televisi

RCTI Berdasarkan Acara ... 53

4.7. Jumlah Kasus Pelanggaran Berdasarkan Stasiun Televisi

ANTV Berdasarkan Acara ... 54

4.8 Jumlah Kasus Pelanggaran Berdasarkan Stasiun Televisi

TRANS TV Berdasarkan Acara ... 55

4.9 Jumlah Kasus Pelanggaran Berdasarkan Stasiun Televisi

TRANS 7 Berdasarkan Acara ... 56

4.10 Jumlah Kasus Pelanggaran Berdasarkan Stasiun Televisi

TVRI Berdasarkan Acara ... 57

4.11 Jumlah Kasus Pelanggaran Berdasarkan Stasiun Televisi

METRO TV Berdasarkan Acara ... 58

4.12 Jumlah Kasus Pelanggaran Berdasarkan Stasiun Televisi TV

ONE Berdasarkan Acara ... 58

4.13 Jumlah Kasus Pelanggaran Berdasarkan Stasiun Televisi

GLOBAL TV Berdasarkan Acara ... 59

4.14 Jumlah Kasus Pelanggaran Berdasarkan Stasiun Televisi

MNC Berdasarkan Acara... 60

4.15 Jumlah Kasus Pelanggaran Berdasarkan Stasiun Televisi

INDOSIAR Berdasarkan Acara ... 61

4.16 Jumlah Kasus Pelanggaran Berdasarkan Stasiun Televisi NET

(16)

xi

Universitas Sumatera Utara 4.17 Jumlah Pelanggaran Stasiun Televisi RCTI Pada Bulan

Juli-Desember 2014 ... 62

4.18 Jumlah Pelanggaran Stasiun Televisi SCTV Pada Bulan Juli-Desember 2014 ... 63

4.19 Jumlah Pelanggaran Stasiun Televisi ANTV Pada Bulan Juli-Desember 2014 ... 64

4.20 Jumlah Pelanggaran Stasiun Televisi TRANS TV Pada Bulan Juli-Desember 2014 ... 65

4.21 Jumlah Pelanggaran Stasiun Televisi TRANS 7 Pada Bulan Juli-Desember 2014 ... 66

4.22 Jumlah Pelanggaran Stasiun Televisi TVRI Pada Bulan Juli-Desember 2014 ... 66

4.23 Jumlah Pelanggaran Stasiun Televisi METRO TVPada Bulan Juli-Desember 2014 ... 67

4.24 Jumlah Pelanggaran Stasiun Televisi TV ONE Pada Bulan Juli-Desember 2014 ... 67

4.25 Jumlah Pelanggaran Stasiun Televisi GLOBAL TV Pada Bulan Juli-Desember 20146 ... 68

4.26 Jumlah Pelanggaran Stasiun Televisi MNC Pada Bulan Juli-Desember 2014 ... 69

4.27 Jumlah Pelanggaran Stasiun Televisi INDOSIAR Pada Bulan Juli-Desember 2014 ... 69

428 Jumlah Pelanggaran Stasiun Televisi NET TV Pada Bulan Juli-Desember 2014 ... 70

4.29 Jenis Pelanggaran Stasiun Televisi Bulan Juli 2014 ... 71

4.30 Jenis Pelanggaran Stasiun Televisi Bulan Agustus 2014 ... 74

4.31 Jenis Pelanggaran Stasiun Televisi Bulan September 2014 ... 76

4.32 Jenis Pelanggaran Stasiun Televisi Bulan Oktober 2014 ... 79

4.33 Jenis Pelanggaran Stasiun Televisi Bulan November 2014 ... 81

4.34 Jenis Pelanggaran Stasiun Televisi Bulan Desember 2014 ... 83

4.35 Jumlah Pemberian Sanksi Administratif Bulan Juli-Desember 2014 ... 85

4.36 Jumlah Pemberian Sanksi Administratif Stasiun Televisi Bulan Juli-Desember 2014 ... 86

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...