BAB 2 LANDASAN TEORI. Masyarakat memiliki kesempatan yang sama dan seluas-luasnya untuk

19  Download (0)

Full text

(1)

BAB 2 LANDASAN TEORI

2.1 Tinjauan Umum Pariwisata Kabupaten Magelang

Masyarakat memiliki kesempatan yang sama dan seluas-luasnya untuk berperan serta dalam penyelenggaraan kepariwisataan. Upaya mendorong partisipasi masyarakat perlu didukung peningkatan pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang apa sebenarnya pariwisata itu dan apa manfaat yang dapat diperoleh dari pembangunan dan pengembangan pariwisata, dengan demikian diharapkan masyarakat akan secara spontan ikut berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kepariwisataan. Bersama dengan itu, banyak daerah di Indonesia yang berkeinginan menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan dalam memperoleh pendapatan asli daerah maupun dalam rangka memperbaiki tingkat kesejahteraan masyarakat sesuai dengan tuntutan kemandirian daerah di era otonomi daerah ini, tak terkecuali Kota Magelang.

Menyadari bahwa promosi memegang peranan penting dalam pariwisata, maka pemerintah Kota Magelang tak henti-hentinya mengembangkan sektor pariwisata dengan selalu menyediakan sarana informasi yang lengkap tentang potensi kepariwisataan, sehingga potensi wisata di Kota Magelang ini lebih dikenal dan menjadi target utama daerah tujuan wisata bagi wisatawan serta meningkatkan pengembangan pariwisata di Kota Magelang khususnya dan dunia pariwisata Indonesia pada umumnya, yang sekaligus akan mendorong pertumbuhan perekonomian kota.

(2)

7

2.1.1 Mengenal Kabupaten Magelang dan Potensi Pariwisata A. Geografis

Kabupaten Magelang terletak di jantungnya Jawa Tengah, tepatnya di wilayah kerja karesidenan Kedu dan terletak pada Bujur Timur 1100 01’ 51” – 1100 26’ 58” sampai dengan Lintang Selatan 700 19’ 13” – 700 42’ 16” dengan Luas 1.085,73 Km².

Topologi wilayah di kabupaten magelang dikelilingi oleh beberapa gunung, yaini Gunung Sumbing, Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu dan Pegunungan Menoreh. Kabupaten Magelang berada pada ketinggian terendah 202 m dan tertinggi pada 1.378 m di atas permukaan air laut sehingga hampir seluruh wilayah kabupaten magelang berudara sejuk.

B. Batas Wilayah  Sebelah Utara

Berbatasan dengan Kab. Temanggung & Kab. Semarang  Sebelah Selatan

Berbatasan dengan Kab. Purworejo & Prop. DI. Kabupaten Magelang  Sebelah Barat

Berbatasan dengan Kab. Temanggung & Kab. Wonosobo  Sebelah Timur

Berbatasan dengan Kab. Semarang & Kab. Boyolali 2.1.2 Sejarah Kabupaten Magelang

Kota Magelang mengawali sejarahnya sebagai desa perdikan 'Mantyasih' berarti beriman dalam Cinta Kasih, dimana terdapat lumpang batu yang diyakini sebagai tempat upacara penetapan Sima atau Perdikan. Tertulis dalam Prasasti Mantyasih I tanggal 11 April 907 M dan menjadi dasar penetapan Hari Jadi

(3)

8

Magelang, kemudian berkembang menjadi kota selanjutnya menjadi Ibukota Karesidenan Kedu dan juga Ibukota Kabupaten Magelang. Setelah masa kemerdekaan kota ini menjadi kotapraja dan kemudian kotamadya dan di era reformasi, sejalan dengan pemberian otonomi seluas - luasnya kepada Daerah, sebutan kotamadya ditiadakan dan diganti menjadi kota.

Wilayah ini dulu disebut Kebondalem, yang berarti kebun milik Raja, yaitu milik Sri Sunan Pakubuwono dari Surakarta. Tanah yang membujur ke selatan mulai dari kampung Potrobangsan sampai kampung Bayeman sekarang dulunya adalah kebun kopi, rempah, buah-buahan dan sayur-sayuran termasuk bayam atau 'bayam' dalam bahasa Jawa. Sisa-sisa pernah adanya kebun itu masih dapat dilihat dari nama-nama tempat seperti : Kebondalem, yaitu sebuah kampung di Kelurahan Potrobangsan, Botton Kopen, dahulu adalah kebun kopi, Kebohpolo, kebun pala, Kemirikerep/Kemirirejo, bekas kebun kemiri, Jambon, bekas kebun jambu dan Bayeman, bekas kebun bayam.

Ketika Inggris menguasai Magelang pada abad ke 18, dijadikanlah kota ini sebagai pusat pemerintahan setingkat Kabupaten dan diangkatlah Mas Ngabehi Danukromo sebagai Bupati pertama. Bupati ini pulalah yang kemudian merintis berdirinya Kota Magelang dengan membuat Alun - alun, bangunan tempat tinggal Bupati serta sebuah masjid. Dalam perkembangan selanjutnya dipilihlah Magelang sebagai Ibukota Karesidenan Kedu pada tahun 1818.

Setelah pemerintah Inggris takluk oleh Belanda, kedudukan Magelang semakin kuat. Oleh pemerintah Belanda, kota ini dijadikan pusat lalu lintas perekonomian. Selain itu karena letaknya yang strategis, udaranya yang nyaman serta pemandangannya yang indah Magelang kemudian dijadikan Kota Militer: Pemerintah Belanda terus melengkapi sarana dan prasarana perkotaan. Menara

(4)

9

air minum dibangun di tengah-tengah kota pada tahun 1918, perusahaan listrik mulai beroperasi tahun 1927, dan jalan - jalan arteri diperkeras dan diaspal.

Kota Magelang diberikan status sebagai Kota Gemeente pada 1 April 1906 dan dipimpin oleh seorang Belanda yang menjabat sebagai Burgemeester. Burgemeester inilah yang sekarang disebut Walikota. Dalam perjalanan sejarahnya kemudian, Kota Magelang yang luasnya 18;12 km persegi ini berkembang menjadi sebuah kota kecil dengan jumlah penduduk 115.434 orang. Letaknya cukup strategis di persimpangan jalur utama Yogyakarta - Semarang, Yogyakarta - Dieng, Semarang - Purworejo - Cilacap, dan di tengah - tengah obyek wisata alam dan budaya unggulan di Jawa Tengah - DIY.

Perkembangan jaman menuntut dibangunnya berbagai sarana dan prasarana kota. Sarana dan prasarana air bersih, penerangan, transportasi, komunikasi, akomodasi, perbelanjaan, perbankan, tempat - tempat makan dan minum, tempat hiburan dan rekreasi serta yang lain terus berkembang sebagaimana laiknya sebuah kota yang penuh dengan dinamika.

Fasilitas kota yang baru terus dibangun tanpa merusak bangunan - bangunan lama yang tetap akan menjadi saksi sejarah bertumbuhnya kota ini, Bangunan-bangunan ini tetap dilestarikan dan digunakan sebagian sesuai fungsi semula saat dibangun dan sebagian telah beralih ke fungsi lain meski bangunannya tetap yang lama. Semua bangunan ini dan tempat - tempat lainnya di Kota Magelang, ternyata telah menjadi obyek ' nostalgia ' bagi orang - orang, baik mancanegara maupun nusantara yang pernah menyaksikan Magelang 'tempo doeloe '. Bagi generasi mudanya foto dan cerita sejarah yang menggambarkan Magelang 'tempo doeloe' selalu menggugah rasa ingin tahu mereka.

(5)

10

Sebagian dari tempat/jalan dan bangunan lama itu baik keadaan 'tempo doeloe' maupun keadaan saat ini ternyata telah menjadi obyek wisata nostalgia yang dapat disusuri kembali lewat foto - foto dan penjelasan dalam leaflet ini. melengkapi sarana dan prasarana perkotaan. Menara air minum dibangun di tengah-tengah kota pada tahun 1918, perusahaan listrik mulai beroperasi tahun 1927, dan jalan - jalan arteri diperkeras dan diaspal.

2.1.3 Potensi Wisata Budaya Kabupaten Magelang 2.1.3.1 Wisata Peninggalan Sejarah/ arkheologi

Di Kabupaten Magelang banyak peninggalan sejarah menggambarkan tingginya tingkat kebudayaan para leluhur di bidang spiritual, budaya dan tekhnologi/arsitektur berupa candi-candi merupakan obyek wisata sejarah/arkheologi. Wisata budaya merupakan tempat wisata berupa bangunan peninggalan seperti:

1. Candi Borobudur.

Candi budha terbesar didunia yang merupakan salah satu karya master piece diantara Tujuh Keajaiban Dunia terletak di Desa Borobudur kec borobudur lebih kurang 3 km dari kota Mungkid (40km) dari Yogyakarta.Kawasan candi yang dibangun oleh Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra pada abad VIII saat ini telah dikelilingi kawasan taman wisata dengan berbagai daya pesona bagi para pengunjung.

2. Candi Mendut.

Candi Mendut merupakan sebuah candi kecil yang memiliki bentuk sederhana dan tidak sebesar candi Borobudur. Pada dasarnya, candi ini memiliki struktur yang terdiri atas 3 bagian penting, yaitu kaki, badan, dan kepala. Walaupun candi ini terlihat kecil, namun memiliki peranan yang sangat besar

(6)

11

dalam setiap kali pelaksanaan perayaan hari raya agama Buddha. Setiap kali perayaan Waisak, selalu diadakan kegiatan pengambilan air suci yang berasal dari mata air Jumprit untuk dipersembahkan dalam ruangan yang ada di dalam candi tersebut.

Di samping candi Mendut terdapat sebuah wihara dengan lingkungan taman sekitarnya yang sangat luas, serta tempat tinggal para biksu yang sedang mendalami ajaran agama Buddha dan melakukan medhitasi. Berbagai jenis tanaman seperti bunga Anggrek dan pohon Beringin tumbuh di sekitar lingkungan candi tersebut. Sungguh merupakan sebuah pemandangan yang sangat indah untuk dilihat mata. Sebuah wihara yang berdiri dengan megah disertai patung Buddha yang terbuat dari emas sungguh - sungguh membuat para pengunjung menjadi semakin suka dengan suasana lingkungan candi tersebut.

3. Candi Ngawen.

Candi Ngawen dibangun juga pada zaman dinasti Syailendra ketika berdiri kerajaan Mataram Kuno di pulau Jawa. Candi ini ciri - ciri yang sangat unik, yaitu terdiri dari 5 buah candi yang dibangun berjajar dan masing - masing candi memiliki kekhasan tersendiri. Untuk Candi yang ke-1, 3, dan 4 memiliki ciri bentuk bangunan yang berbeda terhadap candi yang ke-2 dan 4.

Keunikan yang lain yang dapat kita lihat pada candi Ngewen adalah pada candi ke-2 dan ke-4 terdapat patung singa yang berada pada masing - masing sudut candi. Hal ini membuat candi tersebut memiliki kekhasan tersendiri dibandingkan dengan candi - candi lainnya yang ada di daerah Magelang. Tampak bahwa di dalam candi tersebut terdapat patung sang Budha yang lagi

(7)

12

duduk bersamadi, membuat kesan ruangan tersebut seakan - akan memberikan kesan yang nyaman.

4. Candi Pawon.

Candi ini berada sekitar 1,750 m dari arah Timur Laut candi Borobudur. Pada bagian muka interior candi Pawon terdapat 3 buah gambar. Gambar yang di tengah menghadap ke barat dan 2 gambar yang lebih kecil juga serupa untuk disetiap 2 sisi tembok. Bentuk bangunan ini banyak dihiasi dengan stupa pada bagian atasnya, sehingga lebih memberikan kesan yang terlihat agung. Candi ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah dari kerajaan Mataram Kuno. 5. Candi Selogriyo

terletak pada kaki bukit condong berbatasan dengan bukit giyanti.secara keseluruhan terletak dilereng bukit sukorini sebelah timur gunung sumbing di kec.windusari.merupakan bangunan tunggal,memiliki bentuk tidak berbeda dengan candi-candi hindu lainnya

6. Candi Umbul dan Pemandian Air Hangat.

terletak di dusun candi umbul desa kartoharjo kec. grabag. obyek wisata peninggalan dinasti syailendra sampai saatnya masih dipercaya bisa membuat seseorang tambah cantik bila berendam ditempat tersebut karena airnya mengandung zat saprophyl.

7. Makam Pangeran Singosari (Kyai Raden Santri) Gunung Pring.

terletak di bukit gunungpring kec. muntilan ketinggian 400 meter diatas permukaan laut 1km. selatan muntilan.obyek wisata ziarah makam keluarga pangeran singosari mataram keturunan raja majapahit putra kiageng pemanahan generasi ke VI (enam) prabu brawijaya V.

(8)

13

Wisata Musium merupakan peninggalan benda-benda peninggalan sejarah antara lain:

1. Musium Widayat

Terletak dijalur borobudur taman rekreasi mendut. musium ini merupakan koleksi lukisan almarhum h.widayat yang dilengkapi patung-patung dan dibelakangi gedung/halaman dapat dijumpai beberapa tanaman langka.

2. Museum Bapeka

Gedung yang terletak di sayap kiri gedung kantor Karesidenan Kedu ini dulunya dikenal sebagai Gedung Aniem. Mulai 1 Januari 1947 s/d 6 Nopember 1948 menjadi Gedung BPK RI yang pertama, dan setelah BPK pindah ke Yogyakarta, jadilah gedung ini sebuah museum, yaitu museum BEPEKA.

3. Gedung Kantor Kresidenan Kedu

Dibangun tahun 1810 dengan bangunan asli dari bambu, dipugar oleh JC Schulze atas perintah Gubernur Jendral Belanda pada tahun 1819. Gedung 'Residentielaan' ini dilengkapi pendopo dan menghadap ke panorama Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang indah.

2.1.4 Potensi Wisata Alam

Wisata alam merupakan potensi wisata yang berlokasi di daerah alam berupa pegunungan, hutan, air terjun, taman rekreasi serta taman.Rincian tempat wisata ini antara lain:

1. Pegunungan Tidar.

Gunung/Bukit Tidar terletak di bagian selatan kota Magelang dalam legendanya disebut sebagai "Paku Tanah Jawa", yang mana ditancapkan oleh para dewa agar terhindar dari goncangan. Gunung Tidar begitu penting untuk menjaga kesegaran kota Magelang.

(9)

14

2. Telaga Blender.

Obyek wisata terletak di Desa Ngasinan Kec Grabag dilereng gunung Andong tersedia aneka fasilitas rekeasi air seperti speed boat, sampan,sepeda dan becak air.Pengunjung dapat memanjakan kesenangannya akan rekreasi air sambil menikmati sejuknya hawa pegunungan serta panorama alam yang indah. 3. Air Terjun Sekarlangit.

Obyek wisata berupa air terjun dengan ketinggian 25 m. Yang terletak didesa Tlogorejo kec.Grabag merupakan tempat yang sangat mengasyikkan bagi kawula muda dengan suguhan panorama alam gunung Andong dan Telomoyo serta bumi perkemahan yang ditunjang dengan hawa menyegarkan.

4. Air Terjun Curug Silawe.

Air terjun yang terletak dilereng gunung Sumbing dengan ketinggian 50 m.Terletak di Desa Sutopati Kec Kajoran. Selain dapat menikmati sejuknya hawa pegunungan juga dapat disaksikan panorama indah berupa hamparan hutan pinus.

5. Air Terjun Kedung Kayang.

Terletak dijalur blabak-boyolali ketinggian kurang lebih 40 m.dilereng gunung merapi tepatnya di desa wonolelo kec. sawangan kurang lebih 19 km dari blabak.

6. Taman Rekreasi Mendut.

Bagi pengunjung Candi Borobudur yang ingin lebih menikmati suasana santainya dapat singgah di Taman Rekreasi Mendut dalam perjalanan pulangnya karena tempat ini terletak ditepi jalan arah candi Borobudur. Fasilitas taman ini antara lain kolam renang bertaraf internasional, kolam renang anak-anak, arena bermain, lapangan tenis, mushola, cafetaria dan parkir luas.

(10)

15

7. Taman Rekreasi Kali Bening.

Obyek wisata Kalibening dapat dijangkau dengan mudah terletak dijalur Magelang-Semarang tepatnya di Desa Payaman kec Secang dan siap menantikan kunjungan anda.

8. Arum Jeram Citra Elo.

Arung Jeram Citra Elo merupakan petualangan alam/tantangan untuk menghilangkan kejenuhan dalam kehidupan sehari-hari bagi wisatawan dapat melihat pemandangan alam,sungai sepanjang 12 km. Terletak di Desa Progowati kec Mungkid 3 km sebelum Candi Borobudur.

9. Gardu Pandang Ketep Pass.

Terletak 21 km dari Kota Mungkid berada didesa Ketep Kec Sawangan jalur Solo-Selo-Borobudur. Dari gardu pandang ini wisatawan bisa melihat pemandangan gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, Tidar, Andong dan Pegunungan Menoreh serta hamparan lahan pertanian. Dari tempat ini bisa melihat luncuran lahar panas gunung Merapi. Fasilitas yang dapat ditemui antara lain areal parkir, kamar mandi/wc, gasebo,audiovisual/home theatre, kios cinderamata/makanan.

10. Taman Anggrek.

Terletak didepan taman rekreasi mendut dilengkapi dengan loboratorium pembibitan bunga anggrek, greenhouse dan dipersiapkan penjualan bunga anggrek potong, tanaman anggrek, bibit bunga anggrek dan tanaman hias lainnya.

11. Taman Kyai Langgeng

Taman wisata yang merupakan perpaduan antara tempat rekreasi dan sarana menambah pengetahuan ini terletak di bagian barat kota menghadap ke

(11)

16

panorama indah Gunung Sumbing dan dibatasi oleh Sungai Progo yang mengalir tenang. Taman kyai Langgeng menempati areal seluas kurang lebih 25 ha, berjarak 1 km dari pusat kota dan sangat mudah dicapai dengan kendaraan umum. Sebagai tempat menambah pengetahuan, Taman Kyai Langeng menyediakan berbagai koleksi tanaman langka. Nama taman ini diambil dari salah seorang pengikut Pangeran Diponegoro yang gigih melawan penjajah Belanda, Kyai Langgeng, yang makamnya ada di dalam areal taman. Kisah perjuangan beliau divisualisasikan dalam bentuk relief.

2.2 Mengenal Internet

Internet adalah suatu bentuk jaringan komunikasi data antar komputer di lingkungan global atau international. Komputer dari berbagai tempat, negara atau benua dapat saling berkomunikasi dengan suatu protokol tertentu sehingga dapat saling mengirimkan dan mendapatkan informasi. Internet bukanlah suatu bentuk jaringan yang dimiliki oleh suatu badan/perusahaan melainkan merupakan suatu media publik sebagai hasil dari kesepakatan para pemakai komputer untuk saling berkomunikasi. Internet merupakan suatu jaringan komputer global seperti halnya pada jaringan lokal suatu tempat yang terdiri dari beberapa komputer.

Pada dasarnya, tidak sulit bagi orang untuk dapat bergabung kedalam jaringan Internet yang tidak lagi mengenal batas, budaya maupun wilayah kekuasaan. Untuk dapat bergabung dengan komunitas tanpa batas ini tentu saja diperlukan alat komunikasi berupa komputer yang dilengkapi peralatan tertentu, misalnya modem yang terhubung dengan jalur telepon. Jika semua fasilitas tersebut sudah tersedia, maka untuk bergabung dalam internet perlu berlangganan ke ISP (Internet Service Provider).

(12)

17

2.3 WWW (World Wide Web)

WWW (World Wide Web) merupakan suatu kumpulan informasi pada beberapa server komputer yang terhubung satu sama lain dengan jaringan internet. WWW berfungsi untuk menyediakan data dan informasi yang digunakan bersama. Berbagai infomasi dapat kita temukan pada WWW seperti budaya, sastra, sejarah, teknologi pendidikan dan lain sebagainya. Cara kerja Web mencakup dua hal penting yaitu sofware web browser dan web server. Kedua, sofware ini bekerja sebagai sebuah system client/server. Web browser yang bertindak sebagai client memungkinkan user mengimplementasikan dan melihat informasi pada Web. Sedangkan Web Server yang bertindak sebagai server memungkinkan menerima infomasi yang diminta Browser. Jika terdapat permintaan untuk mendapatkan suatu informasi, Web Server akan mencari File yang diminta dan kemudian mengirimkan ke browser yang meminta.

2.4 HTML

HTML (Hypertext Markup Laguarge) merupakan salah satu format yang digunakan dalam pembuatan dokumen dan aplikasi yang berjalan di halaman web. Oleh karena itu agar dapat membuat program aplikasi diatas halaman web, maka terlebih dahulu harus mengenal dan menguasai HTML.

2.4.1 Struktur Dasar HTML

Elemen HTML biasanya berupa tag yang berpasangan dan setiap tag ditandai dengan simbol < dan >. Pasangan dari sebuah tag ditandai dengan tanda ‘/ ’ misalnya pasangan dari tag <contoh> adalah </contoh>. Penulisan tag HTML tidaklah bersifat case sentitive, artinya penggunaan huruf kecil ataupun besar tidak menjadi masalah. Setiap dokumen HTML memiliki struktur dasar atau susunan file sebagai berikut:

(13)

18

<html> <head>

<title> berisi text yang akan muncul pada title bar browser </title>

</head> <body>

berisi tentang text, gambar atau apapun yang ingin ditampilkan pada halaman web ada pada bagian ini.

</body> </html>

2.5 PHP Triad

PHP Triad merupakan gabungan dari beberapa software open sorce sebagai program pendukung web. Didalam PHP triad telah tersedia satu paket program open sorce yang digunakan dalam membangun web site, diantranya Web Server Apache, PHP, Perl, dan Database Server MySQL dan juga phpmyadmin. Untuk menggunakan PHP yang harus selalu diingat adalah kondisi server yang harus selalu online.

Secara khusus, PHP dirancang untuk membentuk suatu web dinamis, yang artinya tampilannya dapat terbentuk berdasarkan permintaan saat ini, dan pengintegrasian skrip dari PHP dapat diamsukkan di dalam HTML.

Keunggulan dari PHP, diantaranya :

 Tidak diperlukan kompatibilitas browser atau harus menggunakan

browser tertentu, karena skrip PHP dikerjakan di server dan hasilnya

yang dikirimkan ke browser.

 Dapat memanfaatkan sumber-sumber aplikasi yang dimiliki oleh server, misalnya koneksi ke database.

 Skrip PHP tidak dapat diintip dengan fasilitas view HTML source.

 PHP mendukung berbagai macam database, diantaranya: Interbase, dBase, mSQL, Sybase, Oracle, MySQL, dan sebagainya.

(14)

19

1. Script PHP dipisahkan dari script html dengan dua buah tag pembuka dan penutup

Tag pembuka: <? Tag penutup: ?>

Berikut adalah contoh sederhana pemakaian bahasa PHP yang disisipkan dalam halaman HTML:

<html> <head>

<title> hanya contoh saja lho </title> </head>

<body> <?

echo “ini script PHP!”; ?>

</body> </html>

2. Pemisah antar instruksi adalah tanda titik koma (;) 3. Komentar

Komentar adalah bagian dalam script php yang tidak dieksekusi dan digunakan untuk menjelaskan bagian program atau script.

Dalam php kita menggunakan tiga jenis komentar, yaitu: a. C style : komentar diapit oleh tanda “ /* ” dan “ */” b. C++ style : komentar dimulai dengan tanda “ // “ c. Unix shell : komentar diawali dengan tanda “# ” 4. Variabel

Variabel digunakan untuk menyimpan data sementara dan nilainya bisa berubah-ubah setiap kali program dieksekusi.

Dalam PHP, variabel selalu diawali dengan tanda dollar $ dan diikuti nama variabelnya. Nama variabel dapat berupa kombinasi antara huruf alfabet dan angka dengan panjang maksimal 32 karakter.

(15)

20

5. Tipe data

Seperti bahasa pemrograman yang lain, PHP juga mengenal beberapa macam tipe data, antara lain:

a. Integer merupakan bilangan asli atau bilangan non desimal antara –2 atau +2.

b. Double (floating point) merupakan angka sebenarnya (bilangan desimal). c. String digunakan untuk melambangkan nilai non numerik seperti huruf,

tanda baca dan angka huruf.

d. Array merupakan sebuah data yang mengandung satu atau lebih data dan dapat di Indeks berdasarkan numeric maupun string.

e. Object merupakan berupa sebuah bilangan, variabel atau sebuah fungsi. 2. 6 Perancangan Web

Web merupakan sarana yang bermanfaat untuk mengemukakan ide-ide. Dengan menambahkan gambar dan suara maka membuat dokumen interaktif akan lebih menarik. Oleh karena itu, suatu instansi atau perusahaan harus mengorganisasikan ide-ide dan mengembangkan strategi khusus sebelum membuat dokumen web. Sebelum membuat sebuah dokumen web, ada hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu:

1. Menentukan Tujuan.

Tujuan membuat dokumen web, harus didefinisikan dengan jelas agar mudah dimengerti. Hal tersebut memastikan pembaca dapat menyampaikan tujuan secara jelas dan ringkas.

2. Menentukan sasaran pembaca Web Page

Dokumen yang dipublikasikan melalui World Wide Web, bukan hanya menjangkau satu atau beberapa kota yang ada dalam suatu negara saja, tetapi

(16)

21

juga menjangkau seluruh negara-negara lain yang menggunakan bahasa yang berbeda-beda. Jika sasaran pembaca adalah seluruh dunia, maka sebaiknya menggunakan bahasa global misalnya bahasa inggris sebagai bahasa penyampaian informasi.

3. Menentukan struktur Web Page.

Sebelum mulai membuat dokumen web, perlu mempertimbangkan dengan baik cara-cara dalam mengelola dokumen tersebut. Pengelolaan dokumen yang baik bukan hanya penting tetapi juga akan menghemat banyak waktu. Struktur organisasi dokumen tertulis dalam suatu kerangka yang jelas dengan tidak menyimpang dari tujuan dan sasaran pembaca yang telah ditentukan.

2.7 MySQL

MySQL adalah perangkat lunak pengolah database. MySQL merupakan perangkat lunak yang bersifat open source yang menggunakan bahasa SQL sebagai bahasa standarnya. SQL sendiri singkatan dari Structured Query

MySQL termasuk jenis RDBMS (Relational Database Management

System). Itulah sebabnya istilah seperti tabel, baris, kolom digunakan pada

MySQL. Pada MySQL, sebuah database mengandung satu atau sejumlah tabel. Tabel terdiri atas sejumlah baris dan setiap baris mengandung satu atau beberapa kolom.

Sistem Informasi pariwisata dan pengelolaan Kab. Magelang berbasis web ini menggunakan Database MySQL dengan beberapa pertimbangan, diantaranya:

 Kemudahan untuk digunakan.  Cepat secara kinerja query

(17)

22

 MySQL telah didistribusikan dengan lisensi open source sehingga software ini dapat didistribusikan secara bebas baik untuk keperluan pribadi maupun komersial, termasuk source code didalamnya.

2.7.1 Membuat Tabel dalam MySQL

Umumnya untuk membuat tabel dalam MySQL pertama-tama perlu untuk membuat database yang digunakan untuk meletakkan tabel yang akan dibuat. Setiap perintah MySQL selalu diakhiri dengan tanda titik koma (;)

CREATE DATABASES nama_database;

Untuk meletakkan tabel atau melakukan operasi pada suatu database menggunakan perintah-perintah:

USE nama_database

Untuk membuat tabel dapat menyimpan data yang kita butuhkan, dilakukan dengan perintah-perintah berikut:

CREATE TABLE nama_tabel (

nama_field1 tipe_data1, nama_field2 tipe_data2, ………

);

Untuk memasukan data pada suatu tabel yang telah dibuat yang dibutuhkan dapat dilakukan dengan perintah-perintah berikut:

INSERT INTO nama_tabel (field1,field2,……) VALUES (nilai_field1, nilai_field2,…………..);

2.7.2 Menampilkan data dari Tabel

Perintah ini digunakan untuk melihat data pada field-field tertentu dari suatu tabel. Sintaks penulisannya adalah sebagai berikut:

(18)

23

Untuk melihat semua kolom (field) pada suatu tabel, sintaks penulisannya adalah sebagai berikut:

SELECT * FROM nama_tabel;

2.8 Prosedur Upload Website

Upload web adalah kegiatan memasang halaman-halaman web yang telah disusun pada komputer lokal ke komputer server (web hosting), sehingga dengan alamat tertentu aplikasi website tersebut dapat diakses melalui media internet. Sebelum melakukan upload web, ada beberapa komponen utama yang harus dipenuhi. Komponen-komponen tersebut adalah:

1. Menyiapkan desain web sebelum melakukan upload, pastikan semua data yang akan ditampilkan diisi secara benar dan tidak terjadi kesalahan dalam pembuatan link-link pada halaman web.

2. Menentukan domain atau nama website. Nama website bisa full domain, dengan melakukan registrasi nama domain atau nama domain dengan subdomain yang bisa didapatkan secara gratis dari situs-situs penyedia hosting gratis.

3. Web Hosting, merupakan tempat meletakan data yang akan diakses melalui internet. Web hosting dapat diperoleh secara gratis atau membeli pada penyedia jasa web hosting secara komersial atau dapat juga membangun web hosting sendiri.

Sebelum mengupload web pada penyedia jasa layanan web hosting, pastikan account web hosting telah disiapkan. Account web hosting ini terdiri dari hostname (nama web atau nama server web hosting), user name (nama user), dan password (password yang dipakai untuk masuk ke account web hosting).

(19)

24

Kemudian melakukan registrasi ke penyedia web hosting untuk mendapatkan account web hosting.

Figure

Updating...

References

Related subjects :

Scan QR code by 1PDF app
for download now

Install 1PDF app in