Tingkat Kepuasan Ibu Hamil Terhadap Pelayanan Program Jaminan Persalinan Di Klinik WIPA Tahun 2013

Teks penuh

(1)

TINGKAT KEPUASAN IBU HAMIL TERHADAP PELAYANAN

PROGRAM JAMINAN PERSALINAN (JAMPERSAL)

DI KLINIK WIPA TAHUN 2013

DWI SRI

125102070

KARYA TULIS ILMIAH

PROGRAM D-IV BIDAN PENDIDIK FAKULTAS KEPERAWATAN

UNIVERSITAS SUMATRA UTARA

(2)
(3)

Tingkat Kepuasan Ibu Hamil Tentang Program Jaminan Persalinan Di Klinik WIPA Tahun 2013

Abstrak

DWI SRI

Latar Belakang : Jaminan Persalinan dimaksudkan untuk menghilangkan hambatan finansial bagi ibu, untuk mendapatkan jaminan persalinan yang didalamnya termasuk pemeriksaan kehamilan, pelayanan nifas termasuk pelayanan KB pasca persalinan dan pelayanan bayi baru lahir yang dilakukan oleh tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan. Dalam menjalankan program ini, Sumatra Utara menerima anggaran sebesar Rp110.846.366.000 untuk 33 kabupaten/kota. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui tingkat kepuasan ibu hamil tentang Program Jampersal di klinik WIPA Tahun 2013.

Metodelogi Penelitian : Penelitian menggunakan desain yang bersifat deskriptif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 43 orang diambil dengan teknik total sampling. Penelitian ini dilakukan di Klinik WIPA Medan Helvetia Tahun 3013. Analisa data digunakan dengan analisis data univariat.

Hasil penelitian : Berdasarkan tingkat kepuasan ibu terhadap pelayanan program jaminan persalinan yang diteliti pada 43 ibu hamil, mayoritas merasa sangat puas sebanyak 27 orang (62,8 %) dan minoritas merasa puas sebanyak 16 orang (37,2 %).

Kesimpulan : Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ibu hamil merasa sangat puas terhadap pelayanan program jaminan persalinan di klinik WIPA tahun 2013.

(4)

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan rahmat-Nya peneliti dapat menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah yang berjudul “Tingkat Kepuasan Ibu Hamil Terhadap Pelayanan Program

Jaminan Persalinan Di Klinik WIPA Tahun 2013”.

Dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah ini, peneliti banyak menerima bantuan moril maupun materil dari berbagai pihak, untuk itu peneliti ingin mengucapkan terima kasih kepada :

1. dr. Dedi Ardinata, M.Kes selaku Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara.

2. Nur Asnah Sitohang, S.Kep, Ns, M.Kep, selaku Ketua Program Studi D-IV Bidan Pendidik Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara.

3. dr. Isti Ilmiati Fujiati, M.Sc, (CM-FM), selaku pembimbing penyusunan Karya Tulis Ilmiah ini yang telah dapat menyediakan waktu, memberikan arahan dan masukan berharga dalam menyelesaikan Proposal Karya Tulis Ilmiah ini.

4. Penguji yang telah memberikan Masukan dan saran demi perbaikan Karya Tulis Ilmiah ini.

5. Nur Amimah Hasibuan AmKeb selaku pemilik Klinik WIPA yang telah memberikan izin kepada peneliti untuk melakukan penelitian.

(5)

7. Kedua orang tua tercinta yang selalu memberikan kasih sayang, dorongan moril maupun materil kepada penulis untuk menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah ini.

8. Teman-teman program D-IV Bidan Pendidik Fakultas Keperawatan Universitas Sumatra Utara yang tidak dapat di sebutkan satu persatu. 9. Semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan Karya Tulis

Ilmiah ini.

Penulis menyadari atas kekurangan dari karya tulis ilmiah ini, penulis memberikan kesempatan kepada berbagai pihak untuk melakukan koreksi dan kritik yang sifatnya membangun demi perbaikan dan kesempurnaan Karya Tulis Ilmiah ini dimasa yang akan datang.

Semoga karya tulis ilmiah ini bermanfaat bagi pembaca umumnya dan bagi penulis khususnya. Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih.

Medan, 05 Juli 2013 Penulis

(6)
(7)

2. Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan ... 9 3. Aspek-aspek Yang Menentukan Kepuasan Pasien ... 11

BAB III KERANGKA KONSEP

3.1 ... K erangka Konsep ... 14 3.2 ... D

efinisi Operasional ... 15

BAB IV METODE PENELITIAN

4.1 ... D

ji Validitas dan Realibilitas ... 21 4.8 ... P

engumpulan Data ... 21 4.9 ... A

nalisis Data ... 22

BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

(8)

5.2 ... P embahasan ... 18

BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN

6.1 ... K esimpulan ... 17 6.2 ... S

aran ... 18

DAFTAR PUSTAKA

(9)

DAFTAR TABEL

Tabel Halaman

Tabel. 5.1 Distribusi frekuensi dan persentase karakteristik ibu

hamil di Klinik Wipa Tahun 2013 ... 28 Tabel 5.2 Distribusi frekuensi dan presentase jawaban responden

berdasarkan kuesioner di Klinik Wipa Tahun 2013... 29 Table 5.3 Distribusi frekuensi dan presentase tingkat kepuasan

(10)

DAFTAR SKEMA

(11)

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1 : Lembar Pengesahan

Lampiran 2 : Lembar Kuesioner Penelitian

Lampiran 3 : Lembar Konsultasi Karya Tulis Ilmiah Lampiran 4 : Surat Izin Penelitian

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :