• Tidak ada hasil yang ditemukan

PERAN KELUARGA SEBAGAI MADRASATU ULA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR AN DI DESA BINAWARA KECAMATAN KUSAN HULU KABUPATEN TANAH BUMBU

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "PERAN KELUARGA SEBAGAI MADRASATU ULA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR AN DI DESA BINAWARA KECAMATAN KUSAN HULU KABUPATEN TANAH BUMBU"

Copied!
15
0
0

Teks penuh

(1)

PERAN KELUARGA SEBAGAI MADRASATU’ULA

DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN

DI DESA BINAWARA KECAMATAN

KUSAN HULU KABUPATEN

TANAH BUMBU

SKRIPSI

OLEH Habibah 1401210475

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ANTASARI

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN

BANJARMASIN

2018 M/1439 H

(2)

i

PERAN KELUARGA SEBAGAI MADRASATU’ULA

DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN

DI DESA BINAWARA KECAMATAN

KUSAN HULU KABUPATEN

TANAH BUMBU

Skripsi

Diajukan Kepada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Untuk Memenuhi Sebagian Syarat

Guna Mencapai Gelar Sarjana

Pendidikan

Agama Islam

Oleh

Habibah

NIM. 1401210475

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ANTASARI

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

BANJARMASIN

2018 M/1439 H

(3)
(4)
(5)
(6)

v

ABSTRAK

Habibah . 2018. Peran Keluarga Sebagai Madrasatul’ula dalam Pembelajaran

Al-Qur’an di Desa Binawara Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan

Keguruan. Pembimbing I: H. Surawardi, M. Ag, pembimbing II: Drs. H. Syarifuddin SY, M. Ag

Keluarga adalah satuan kerabat yang mendasar yang terdiri dari Suami, istri, dan anak. Keluarga tempat utama dalam pertumbuhan anak dan perkembangan anak khususnya dalam pembelajaran Al-Qur’an kepada anak. Mengingat pentingnya pembelajaran Al-Qur’an bagi anak maka keluarga lah yang harus lebih dulu memberikan pembelajaran Al-Qur’an terhadap anak, didikan orang terhadap anaklah yang sangat berpengaruh karena anak lebih banyak menghabiskan waktu di rumah maka patutlah orangtua memberikan pembelajaran Al-Qur’an di lingkungan keluarga sebelum diserahkan ke Ustad/ah atau ke sekolah TPA (Taman Pendidikan Anak).

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran keluarga sebagai madrasatu’ula dalam pembelajaran Al-Qur’an di Desa Binawara Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 8 keluarga yang memiliki anak yang berusia 5-10 tahun.

Hasil penelitian diperoleh bahwa, peran keluarga sebagai madrasatul’ula dalam pembelajaran Al-Qur’an di Desa Binawara Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu ada 3 peran keluarga yaitu: keluarga sebagai pembimbing utama dalam pembelajaran Al-Qur’an, keluarga sebagai motivator, dan keluarga sebagai contoh utama kedisiplinan anak dalam pembelajaran Al-Qur’an. Adapun bimbingan utama yang diberikan ada 3 yaitu bimbingan utama dengan orangtua sendiri, bimbingan utama dengan dibantu oleh orang lain misalnya, keluarga AI, RH, HS, ME, dan AG, dan bimbingan utama dengan orangtua sendiri dan dibantu oleh orang lain misalnya, keluarga MJ, AT, dan IS. Para keluarga juga memberikan anak motivasi misalnya seperti pemberian hadiah untuk anak, pujian, dan memberikan pemahaman kepada anak dan para keluarga juga memberikan contoh utama kedisiplinan dalam pembelajaran Al-Qur’an terhadap anak. Adapun kendala-kendala yang mempengaruhi orangtua dalam pembelajaran Al-Qur’an yaitu : pendidikan orangtua, anak, orangtua yang sibuk, dan waktu orangtua bersama anak.

(7)

vi

MOTTO

“Didiklah Anak-Anakmu pada tiga perkara: mencintai

Nabimu, mencintai keluarganya, dan membaca

(8)

vii

KATA PERSEMBAHAN

Dengan segenap jiwa dan ketulusan hati ku persembahkan buah karya ini kepada: Ayah dan Ibu saya, yang selalu memberikan dukungan, materi serta doa yang tiada henti untuk kesuksesan saya.

Bapak dan Ibu Dosen Pembimbing, penguji, dan pengajar saya ucapkan terimakasih banyak karena telah tulus dan ikhlas meluangkan waktunya untuk menuntun dan membimbing saya dalam menyelesaikan skripsi ini.

Saudara saya (Zainal Abidin dan Nor Hayati), yang senantiasa memberikan dukungan, semangat, senyum dan doa untuk keberhasilan dan kesuksesan saya terimakasih banyak telah menjadi kakak bagiku.

Sahabat dan Teman, Saya ucapkan terimakasih banyak juga kepada teman saya Dwi Gustanti karena telah bersedia menemani perjalanan hidup saya ketika kuliah. Dan tidak lupa pula ucapan terimakasih kepada teman-teman PAI D 2014, PAI Qur’an Hadits 2014, serta teman-teman LPPQ UIN Antasari Banjarmasin yang selalu memberikan dorongan, semangat, dan doa tanpa bantuan dari kalian diri ini bukanlah apa-apa.

Terimaksih yang sebesar-besarnya untuk kalian semua, akhir kata saya persembahkan skripsi ini untuk kalian semua, orang-orang yang saya sayangi. Dan semoga skripsi ini dapat bermanfaat.

(9)

viii

KATA PENGANTAR

ميحرلا نمحرلا الله مسب

لا نيمل اعلا بر الله دمحلا

دّمحم انلاومو انديس نيلسرملاو ءايبنلأا فرشأ ىلع ملاسلا و ةلاص

دعب اما .نيعمجأ هبحصأو هلأ ىلعو

Puji syukur yang tiada kira kehadirat Allah Swt, yang telah melimpahkan rahmat, taufik serta hidayah-Nya dan memberikan kesehatan, kekuatan, sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan skripsi yang berjudul “ Peran Keluarga Sebagai Madrasatul’ula dalam pembelajaran Al-Qur’an di Desa Binawara Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu

Shalawat dan salam tak lupa penulis hanturkan kepada junjungan yang mulia Nabi Muhammad Saw beserta para keluarga, sahabat, tabi’in dan tabi’at dari zaman dahulu, sekarang, sampai akhir zaman.

Penulis menyadari bahwa dalam proses penyelesaian skripsi ini tidaklah mudah. Namun dengan izin Allah Swt dan bantuan dari berbagai pihak, baik berupa bimbingan, dukungan, dan motivasi yang sangat besar nilainya bagi penulis akhirnya penulis dapat menyelesaikan skripsi ini. Oleh karena itu, dengan kerendahan hati penulis mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu penulis menyelesaikan skripsi ini sebagai hasil penelitian. Secara khusus terimakasih dan penghargaan ini penulis sampaikan kepada:

(10)

ix

1. Ibu Prof. Dr. Hj. Juairiah, M. Pd, selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin yang telah menerima dan menyetujui judul skrispi ini dan mengizinkan penulis untuk mengadakan penelitian dalam memperoleh data-data.

2. Bapak H. Surawardi, M. Ag, selaku Ketua Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin, yang telah memberikan arahan penulisan skripsi ini yang sesuai dengan pengembangan jurusan tersebut.

3. Bapak H. Surawardi, M. Ag, dan Bapak Drs. H. Syarifuddin SY, M. Ag pembimbing yang telah memberikan bimbingan dan petunjuk serta koreksi dalam penulisan skripsi ini.

4. Para Dosen maupun Asisten Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin yang selama ini memberikan ilmu dan pendidikan kepada penulis sampai penulis dapat menyelesaikan studi di Fakultas ini. 5. Kepala Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin Ibu Laila Rahmawati, S. Ag,

SS, M. Hum dan Kepala Perpustakaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin Bapak Ahmad Syawqi, S.Ag, S. IP, M.Pd, yang telah memberikan pelayanan kepada penulis peminjaman buku-buku yang sangat diperlukan dalam penyusunan skripsi ini.

6. Bapak Kepala Desa Binawara Bapak Noor Rahman yang juga memberikan informasi dan data yang diperoleh sebagai bahan penyusunan skripsi ini.

(11)

x

7. Para tokoh masyarakat dan para keluarga yang penulis jadikan subjek penelitian dalam penyusunan skripsi ini yang telah memberikan data dan informasi yang sangat diperlukan dalam rangka penyusunan skripsi ini.

8. Berbagai pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah membantu penulis, baik secara langsung maupun secara tidak langsung dalam penyusunan dan penyelesaian skripsi ini.

Semoga semua bantuan yang diberikan mendapat ganjaran di sisi Allah Swt. Akhirnya penulis berharap, semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Aamiin Ya Robbal ‘alamin.

Banjarmasin, Mei 2018

Penulis

(12)

xi

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL ... i

PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN ... ii

PERSETUJUAN ... iii

PENGESAHAN ... iv

ABSTRAK ... v

MOTTO ... vi

KATA PERSEMBAHAN ... vii

KATA PENGANTAR ... viii

DAFTAR ISI ... xi

DAFTAR TABEL ... xiii

DAFTAR LAMPIRAN ... xiv

BAB I PENDAHULUAN ... 1

A. Latar Belakang Masalah ... 1

B. Fokus Masalah ... 7

C. Tujuan Penelitian ... 7

D. Alasan Memilih Judul ... 7

E. Definisi Operasional... 8

F. Kajian Pustaka ... 9

G. Signifikansi Penelitian ... 11

H. Sistematika Penulisan ... 12

BAB II LANDASAN TEORI ... 13

A. Pengertian Peranan dan Keluarga ... 13

B. Peranan Kedudukan Keluarga dalam Islam ... 19

C. Peran Keluarga Meningkatkan Kemampuan Anak Membaca Al-Qur’an ... 21

D. Peran-Peran Keluarga... 23

(13)

xii

F. Pengertian Pembelajaran Al-Qur’an ... 36

BAB III METODE PENELITIAN ... 40

A. Pendekatan dan Jenis Penelitian... 40

B. Subjek dan Objek Penelitian ... 40

C. Data dan Sumber Data ... 41

D. Teknik Pengumpulan Data ... 42

E. Teknik Pengolahan Data dan Analisis Data ... 46

F. Prosedur Penelitian... 47

BAB IV LAPORAN HASIL PENELITIAN ... 49

A. Gambaran Umum Lokasi Penelitian ... 49

B. Penyajian Data dan Analisis Data ... 52

1. Peran Keluarga sebagai madrasatul’ula dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Desa Binawara Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu ... 53

2. Kendala-kendala Orangtua dalam Melakukan Peran Keluarga Madrasatul’ula dalam Pembelajaran Al-Qur’an ... 64

BAB V PENUTUP ... 73

A. Simpulan ... 73

B. Saran-saran ... 74

DAFTAR PUSTAKA

(14)

xiii

DAFTAR TABEL

Tabel Hal

4.1 JUMLAH PENDUDUK BERDASARKAN USIA PADA TAHUN 2017 ... 45 4.2 LEMBAGA PENDIDIKAN DAN SARANA IBADAH DESA BINAWARA ... 46

(15)

xiv

DAFTAR LAMPIRAN

RIWAYAT HIDUP PENULIS

PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB-INDONESIA DAFTAR TERJEMAH

PEDOMAN OBSERVASI DAN PEDOMAN DOKUMENTER PEDOMAN WAWANCARA

SURAT TELAH MELAKSANAKAN SEMINAR SKRIPSI SURAT IZIN RISET

CATATAN KONSULTASI DOKUMENTASI

Referensi

Dokumen terkait

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja dari penggunaan XM-18 pada mesin penetas telur tipe rak dengan pengendalian suhu dan kelembaban relatif, selama proses

P SURABAYA 03-05-1977 III/b DOKTER SPESIALIS JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH RSUD Dr.. DEDI SUSILA, Sp.An.KMN L SURABAYA 20-03-1977 III/b ANESTESIOLOGI DAN

Puji Syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan kekuatan dan petunjuk serta melimpahkan rahmat, dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Tugas

Pada kegiatan tatap muka ke-3 (TM-3), peserta akan melaporkan hasil pembelajaran GP moda daring mulai dari awal hingga akhir dengan membawa seluruh bukti

1. Hum selaku Dekan Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Antasari Banjarmasin yang telah menerima dan menyetujui judul skripsi ini serta telah mengizinkan penulis

Penulis melakukan analisis latar sosial melalui pendekatan sosiologi sastra untuk mengemukakan westernisasi yang tercermin dalam novel 6KD\

Hasil pengamatan terhadap intensitas penyakit busuk batang yang disebabkan oleh S.rolfsii pada berbagai konsentrasi inokulum dilihat pada Tabel 3... Persentase

Untuk mewujudkan kesamaan hak dan kesempatan bagi penyandang disabilitas menuju kehidupan yang sejahtera, mandiri, dan tanpa diskriminasi diperlukan peraturan