HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA DENGAN KONSEP DIRI PADA REMAJA PANTI ASUHAN DI KABUPATEN BADUNG, BALI

Teks penuh

(1)

HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN KELOMPOK

TEMAN SEBAYA DENGAN KONSEP DIRI PADA REMAJA

PANTI ASUHAN DI KABUPATEN BADUNG, BALI

SKRIPSI

Diajukan Kepada program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana Untuk Memenuhi Sebagian Dari Syarat-Syarat Guna memperoleh Gelar Sarjana Psikologi

I GUSTI AGUNG TRI SANTIARI

1102205031

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

FAKULTAS KEDOKTERAN

UNIVERSITAS UDAYANA

2015

(2)

ii

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

SKRIPSI

HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA

DENGAN KONSEP DIRI PADA REMAJA PANTI ASUHAN DI

KABUPATEN BADUNG, BALI

OLEH:

I GUSTI AGUNG TRI SANTIARI

NIM: 1102205031

Telah disetujui untuk diuji oleh:

Denpasar, Mei 2015 Pembimbing,

(3)

iii

MOTTO

“Live as if you were to die tomorrow. Learn as if you were to live forever.”

(4)

iv

PERSEMBAHAN

Karya sederhana ini kupersembahkan pada Ajikku, Drs. I. G. N. Heriyanto

Ibuku, Dewi Herawati Utami

Kakakku, I. G. A. P. Paramawati dan I. G. A. P. Dwi Wahyuni Adikku, I. G. A. Lakmiari

Teman-temanku tercinta serta

(5)

v

LEMBAR PENGESAHAN

Dipertahankan di Depan Panitia Ujian Skripsi Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana dan Diterima untuk Memenuhi Sebagian dari

Syarat-Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Psikologi.

Pada tanggal :

Mengesahkan Program Studi Psikologi

Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Dekan,

Prof. Dr. dr. I Putu Astawa, SpOT (K).M. Kes

Tim Penilai : Tanda tangan

1. David Hizkia Tobing, S.Psi., M.A. ______________

Pembimbing

2. I.G.A.P. Wulan Budisetyani, S.Psi., M.Psi. ______________

Ketua Penguji

3. Yohanes Kartika Herdiyanto, S.Psi., M.A. ______________

Sekretaris Penguji

4. Made Diah Lestari, S.Psi., M.Psi.. Psi. ______________

(6)

vi

PERNYATAAN KEASLIAN KARYA

Yang bertanda tangan dibawah ini, saya I Gusti Agung Tri Santiari, dengan disaksikan oleh tim penguji skripsi, dengan ini menyatakan bahwa skripsi ini adalah karya sendiri dan belum pernah diajukan untuk memperoleh derajat kesarjanaan disuatu perguruan tinggi dimanapun. Dan sepanjang sepengetahuan saya, tidak terdapat karya atau pendapat karya atau pendapat yang pernah ditulis/diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka. Jika terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan isi pernyataan ini, maka saya bersedia derajat kesarjanaan ini dicabut.

Denpasar, Mei 2015 Yang menyatakan,

(7)

vii

Hubungan antara Penerimaan Kelompok Teman Sebaya dengan Konsep Diri pada Remaja Panti Asuhan di Kabupaten Badung, Bali

I Gusti Agung Tri Santiari

Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana

ABSTRAK

Konsep diri merupakan refleksi dari penilaian orang lain terhadap diri seseorang (Charles Cooley, dalam Watson, Borlall-Tregerthan, & Frank, 1984). Pembentukan konsep diri individu dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah teman sebaya yang pada masa remaja merupakan sosok yang sangat penting bagi individu. Tidak semua remaja bisa melewati masa remajanya bersama dengan kedua orangtuanya. Ada beberapa situasi yang menyebabkan remaja harus tinggal terpisah dari orangtuanya, salah satunya dengan tinggal di panti asuhan. Kondisi yang berbeda tersebut tentunya akan memengaruhi proses pertemanan yang terjadi dengan kelompok teman sebaya remaja tersebut yang tentunya akan berpegaruh pada pembentukan konsep diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penerimaan kelompok teman sebaya dengan konsep diri pada remaja panti asuhan di Kabupaten Badung, Bali.

Subjek dari penelitian ini adalah 170 remaja (p=101, l=69) yang tinggal di panti asuhan yang berada di wilayah Kabupaten Badung, Bali. Instrumen penelitian ini adalah skala konsep diri dan skala penerimaan kelompok teman sebaya. Skala Konsep diri terdiri dari 30 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,875. Skala penerimaan kelompok teman sebaya terdiri dari 21 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,873.

Hasil analisis korelasi product momment menunjukkan angka korelasi sebesar 0,719 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p<0,005) yang berarti bahwa ada hubungan yang signifikan dan positif antara penerimaan kelompok teman sebaya dengan konsep diri remaja panti asuhan di Kabupaten Badung, Bali. Semakin tinggi intensitas penerimaan kelompok teman sebaya maka akan semakin positif konsep diri remaja panti asuhan di Kabupaten Badung, Bali, begitu juga sebaliknya.

(8)

viii

Relationship between Peer Group Acceptance with The Self Concept in Adolescencts Orphanage in the District Badung, Bali

I Gusti Agung Tri Santiari

Psychology Department, Medical School, Udayana University

ABSTRACT

Self concept is a reflection of the judgement of others (Charles Cooley, in Watson, Borlall-Tregerthan, & Frank, 1984). The formation of individual self concept is influenced by several factors, one of which is peers in adolescence is a very important figure for indiciduals. Not all teens get through phase of adolescence his parents. There are some situations that cause adolescent should live apart from their parents, by staying at the orphanage institution for example. This different conditions will certainly affect the processes occurring friendship with the adolescent peer groups which will certainly affect the formation of self concept. The purpose of this study was to determine the relationship between peer group acceptance of the self concept in adolescents orphanage in the District Badung, Bali.

Subjects in this study were 170 adolescents (girls=101, boys=69) who lived in the orphanage which is in the District Badung-Bali. The instrument of this research are self concept and peer group acceptance scale. Self concept scale consisted of 30 item with a reliability coefficient of 0,875. Peer group acceptance scale consisted of 21 item with a reliability coefficient of 0,873.

Product moment correlation analysis result showed the correlation of 0,719 with a significance level of 0,000 (p<0,05), which means that there is a significant and positive relationship between peer group acceptance and self concept in adolescents orphanage in the District Badung, Bali. The higher the intensity of the peer group acceptance, the more positive self concept in adolescents orphanage in the District Badung, Bali.

(9)

ix

KATA PENGANTAR

Puji syukur peneliti panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat, rahmat dan karuniaNya yang diberikan pada peneliti sehingga peneliti dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul: “Hubungan antara Penerimaan Kelompok

Teman Sebaya dengan Konsep Diri pada Remaja Panti Asuhan di Kabupaten Badung, Bali”

Peneliti menyadari dalam proses penyelesaian skripsis ini masih banyak terdapat kekurangan dan kelemahan. Namun berkat doa, bantuan serta dukungan dari berbagai pihak, akhirnya skripsi ini dapat diselesaikan.

Melalui kesempatan ini, dengan segala kerendahan hati peneliti ingin menyampaikan rasa terimakasih yang mendalam kepada:

1. Bapak Prof. Dr. dr. I Putu Astawa, SpOT (K). M. Kes selaku Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

2. Bapak David Hizkia Tobing, S.Psi., M.A. selaku dosen pembimbing yang telah berkenan meluangkan waktu, tenaga, pikiran dan kesabaran dalam membimbing, memberi saran dan dorongan serta mendengar berbagai keluh kesah yang tak terhitung banyaknya hingga skripsi ini dapat diselesaikan.

3. Ibu Dra.Adijanti Marheni, M.Si., Psi. selaku Ketua Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

4. Ibu I.G.A.P. Wulan Budisetyani, S.Psi., M.Psi selaku ketua penguji yang telah mendukung dan memberikan sumbangan pikiran berharga dalam revisi untuk membuat skripsi ini menjadi lebih baik lagi.

5. Bapak Yohanes Kartika Herdiyanto, S.Psi. M.A. selaku sekretaris penguji yang telah mendukung dan memberikan tambahan ilmu dan perbaikan dalam revisi untuk membuat skripsi ini menjadi lebih baik lagi.

6. Ibu Made Diah Lestari, S.Psi., M.Psi., Psi. selaku anggota penguji yang telah memberikan masukan dan tambahan ilmu serta perbaikan dalam revisi untuk membuat skripsi ini menjadi lebih baik lagi.

(10)

x

7. Ibu Komang Rahayu Indrawati, S.Psi., M.Si., Psi. selaku Dosen Pembimbing Akademik yang telah membimbing, mengarahkan dan selalu bersedia mendengarkan keluhan peneliti dari awal kuliah hingga saat ini.

8. Seluruh Dosen Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang telah membagikan ilmu dan pengalaman selama menempuh pendidikan 4 tahun terakhir ini kepada peneliti.

9. Seluruh staf TU (Tata Usaha) Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang telah banyak membantu dalam segala urusan administrasi dan birokrasi.

10. Seluruh remaja panti asuhan di Kabupaten Badung yang telah bersedia membantu peneliti untuk mengisi skala penelitian.

11. Orangtuaku tersayang yang telah membimbing dan mengajari banyak sekali pengalaman hidup yang sangat berguna bagi peneliti.

12. Kakak dan adik yang selalu memberikan dukungan pada peneliti.

13. Sahabat-sahabatku tersayang Wulan, Elis, Oshel, Kevin, Kristofel, Winda, Shinta, Boya.

14. Teman-teman satu bimbingan.

15. Teman-teman seperjuangan ZESTRIVIDA.

16. Berbagai pihak yang tidak dapat peneliti sebutkan satu per satu yang telah membantu peneliti selama ini.

Akhir kata, peneliti menyadari bahwa penulisan skripsi ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu peneliti mengharapkan saran dan kritik yang membangun demi kebaikan peneliti di masa datang. Semoga karya sederhana ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat pada umumnya dan almamater pada khususnya.

Denpasar, Mei 2015

(11)

xi

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL ... i

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING ... ii

MOTTO ... iii

PERSEMBAHAN ... iv

LEMBAR PENGESAHAN ... v

PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ... vi

ABSTRAK ... vii

ABSTRACT ... viii

KATA PENGANTAR ... ix

DAFTAR ISI ... xi

DAFTAR GAMBAR ... xiv

DAFTAR TABEL ... xv

DAFTAR LAMPIRAN ... xvi

BAB I PENDAHULUAN ... 1

A. Latar Belakang Masalah ... 1

B. Rumusan Masalah ... 6 C. Keaslian Penelitian ... 6 D. Tujuan Peneitian ... 10 E. Manfaat Penelitian ... 10 Manfaat Teoritis ... 10 Manfaat Praktis ... 10

BAB II TINJAUAN PUSTAKA ... 12

A. Konsep Diri ... 12

1. Definisi Konsep Diri ... 12

2. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Konsep Diri ... 15

3. Dimensi-Dimensi Dalam Konsep Diri ... 19

4. Konsep Diri Positif dan Konsep Diri Negatif ... 22

B. Penerimaan Kelompok Teman Sebaya Remaja Panti Asuhan ... 24

1. Definsi Penerimaan Kelompok Teman Sebaya ... 24

2. Fakto-Faktor yang Memengaruhi Penerimaan Kelompok Teman Sebaya ... 27

3. Karakteristik Individu yang Diterima dan Diabaikan oleh Teman Sebayanya ... 28

4. Aspek-Aspek Penerimaan Kelompok Teman Sebaya ... 30

5. Remaja yang Tinggal Di Panti Asuhan ... 31

a. Definisi Remaja ... 31

b. Ciri-Ciri Remaja ... 34

C. Hubungan Antara Penerimaan Kelompok Teman Sebaya dengan Konsep Diri ... 38

(12)

xii

D. Hipotesis Penelitian ... 44

BAB III METODOLOGI PENELITIAN ... 45

A. Identifikasi Variabel Penelitian ... 45

1. Variabel Tergantung ... 45

2. Variabel Bebas ... 45

B. Definisi Operasional ... 46

1. Definisi Operasional Konsep Diri ... 46

2. Definisi Operasional Penerimaan Kelompok Teman Sebaya... 47

C. Subjek Penelitian ... 47

D. Metode Pengambilan Sampel ... 48

E. Metode Pengumpulan Data ... 50

F. Validitas dan Reliabilitas ... 53

1. Validitas ... 53

2. Reliabilitas ... 54

G. Metode Analisis Data ... 54

H. Uji Asumsi Data ... 55

1. Uji Normalitas ... 55

2. Linearitas Regresi ... 55

I. Uji Hipotesis ... 55

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN ... 57

A. Persiapan Penelitian ... 57

1. Uji Coba Alat Ukur Penelitian ...57

2. Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur ...58

B. Pelaksanaan Penelitian ... 62

C. Analisis Data dan Hasil Penelitian ... 63

1. Karakteristik Subjek ...63

2. Deskripsi dan Kategorisasi Data Penelitian ...64

3. Uji Asumsi Penelitian ...69

4. Uji Hipotesis ...71

a. Uji Korelasi Product Moment ...71

D. Pembahasan ... 72

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN ... 79

A. Kesimpulan ... 79

B. Saran ... 80

1. Saran Praktis ...80

2. Saran Bagi Peneliti Selanjutnya ...81

(13)

xiii

(14)

xiv

DAFTAR GAMBAR

Halaman Gambar 1. Skema Hubungan Antara Penerimaan Teman Sebaya dengan

(15)

xv

DAFTAR TABEL

Halaman

Tabel.1. Dimensi dan Distribusi Aitem Konsep Diri……….………..…………..50

Tabel.2. Dimensi dan Distribusi Atem Penerimaan Kelompok Teman Sebaya………..…... 52

Tabel.3. Nomor Atem Gugur Pada Skala Konsep Diri (setelah uji validitas aitem) ...59

Tabel.4. Sebaran Atem Skala Konsep Diri (setelah uji coba validitas aitem) ...59

Tabel.5. Sebaran Atem Penerimaan Kelompok Teman Sebaya (setelah uji validitas aitem)...61

Tabel.6. Sebaran Atem Skala Penerimaan Kelompok Teman Sebaya (setelah uji coba validitas aitem)…...61

Tabel.7. Komposisi Jenis Kelamin………....……...63

Tabel.8. Komposisi Usia………...64

Tabel.9. Deskriptif Statistik Hasil Pengukuran………...65

Tabel.10. Kategorisasi Konsep Diri………...66

Tabel.11. Kategorisasi Penerimaan Kelompok Teman Sebaya …... 67

Tabel.12. Hasil Uji Independent Sample t Test …...………...68

Tabel.13. Hasil Uji Normalitas………...69

Tabel.14. Hasil Uji Linearitas………...…...70

Tabel.15. Korelasi Pearson Product Momment.………...71

(16)

xvi

DAFTAR LAMPIRAN

Halaman

Lampiran I. Skala Penelitian………...86

Lampiran II. Data Uji Coba Skala Konsep Diri...………..…92

Lampiran III. Uji Validitas dan Reliabilitas Skala Konsep Diri...………..109

Lampiran IV. Data Uji Coba Skala Penerimaan Kelompok Teman Sebaya………...111

Lampiran V. Uji Validitas dan Reliabilitas Skala Penerimaan Kelompok Teman Sebaya...………...…...…125

Lampiran VI. Data Penelitian...………...127

Lampiran VII. Uji Normalitas Data Penelitian…...………..………...132

Lampiran VIII.Uji Linearitas Data Penelitian...………....…133

Lampiran IX. Deskripsi Data Penelitian Konsep Diri...……….134

Lampiran X. Deskripsi Data Penelitian Penerimaan Kelompok Teman Sebaya………...137

Lampiran XI. Hasil Uji Korelasi Product Momment…...………...…140

Lampiran XII. Surat Keterangan Penelitian...……….……141

Lampiran XIII. Persetujuan Pemilik Skala untuk Menggunakan Skala Konsep Diri...………142

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :