PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Sawahan Juwirin Klaten Tahun A

Teks penuh

(1)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SAWAHAN JUWIRIN KLATEN

TAHUN AJARAN 2011/2012

SKRIPSI

Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Mencapai Derajat Sarjana S-1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Disusun Oleh:

LINDA INDRIAWATI A 510 080 088

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

(2)
(3)
(4)
(5)

v MOTTO

Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan ( QS.Al Insyiroh: 6 )

Dan janganlah kita bangga dengan keberhasilan yang kita raih dengan berlebihan, karena akan mengubah niat kita kepada Allah, Rosullah bersabda ”Allah tidak

melihat rupa dan harta kalian tetapi Allah melihat hati kalian” (H.R muslim)

“Sesungguhnya benar bahwa kita tidak tahu apa yang kita miliki sampai kita kehilangan, tetapi sungguh benar pula bahwa kita tidak tahu apa yang belum

(6)

vi

PERSEMBAHAN

Alhamdulillah, segala puji dan syukur hamba panjatkan kepada Allah

atas rahmat dan hidayah-Nya. Beserta itu pula sholawat serta salam semoga tetap terlimpahkan pada Rasulullah Muhammad SAW. Dengan tanpa mengurangi rasa syukur, karya ini penulis persembahkan untuk:

1. Bapak dan ibu tercinta, terima kasih atas semua cinta dan kasih sayang yang tiada henti, do’a yang selalu mengalir, serta dukungan dan pengorbanan yang mengiringi setiap langkahku. Terima kasih untuk semua pengorbanan yang paling tulus di muka bumi ini. Semoga ini menjadi salah satu caraku untuk bisa membahagiakan bapak dan ibu

2. Untuk Vita, Ratna, Taufik, Mas Lilis, Anik, Mas Sando, Mbak Neti terima kasih atas semangat dan dukungan yang telah kalian beri.

3. Teman-teman di wisma Yasmin 2, terutama Tia Fifi, Zizah, Hefi, Isti

4. Kelas B angkatan 2008 yang selalu memberiku semangat dalam kebersamaan.

(7)

vii

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Segala puji dan syukur, penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena dengan ridho dari-Nya karya ilmiah ini dapat terselesaikan. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada Uswatun Khasanah Rasulullah Muhammad SAW beserta umatnya yang selalu berpegang teguh pada agama-Nya.

Adapun maksud dari penulisan karya ilmiah ini adalah untuk memenuhi sebagian tugas dan syarat guna memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tanpa adanya bantuan dari berbagai pihak, penelitian ini tidak akan dapat terlaksana. Oleh karena itu pada kesempatan ini, penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada yang terhormat:

1. Drs. H. Sofyan Anif, M.Si, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

(8)

viii

3. Bapak Dr. Samino, M.M, Pembimbing I, yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan dengan kesabaran dan kebijaksanaan dari awal hingga akhir penyusunan skripsi ini.

4. Ibu Dra. Siti Muyassyaroh, Kepala sekolah SD Negeri 1 Sawahan yang telah mengijinkan dan membantu penulis untuk melakukan penelitian.

5. Ibu Siti Amanah, S.Pd, Guru kelas IV di SD Negeri 1 Sawahan yang sudah banyak membantu penulis dalam proses penelitian di kelas IV.

6. Bapak dan Ibu dosen Progdi PGSD yang telah mendidik dan memberikan bekal ilmu.

7. Semua pihak yang telah membantu penulis dalam penyusunan skripsi ini, yang tidak dapat disebutkan satu-persatu.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih banyak kekurangan, untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan skripsi ini. Semoga skripsi ini dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan khususnya bagi penulis dan pembaca pada umumnya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Surakarta, April 2012

(9)
(10)
(11)
(12)

xii

c. Observasi/ Pengamatan Tindakan ... 55

d. Refleksi Tindakan ... 59

2. Siklus II ... 60

a. Perencanaan Tindakan ... 60

b. Tindakan ... 61

c. Observasi/ Pengamatan Tindakan ... 64

(13)

xiii

DAFTAR GAMBAR

Halaman

Gambar 2.1 Alur Kerangka Berpikir PTK ... 25

Gambar 3.1 Analisis Data Model Interaktif (Miles & Huberman) ... 34

Gambar 3.2 Siklus PTK Model Kurt Lewin... 42

Gambar 4.1 Grafik Nilai Hasil Belajar Siklus I... 69

(14)

xiv

DAFTAR TABEL

Halaman Tabel 2.1 Persamaan dan perbedaan dari penelitian yang telah

dilakukan dengan penelitian yang akan dilakukan ... 23

Tabel 3.1 Waktu Kegiatan Penelitian ... 28

Tabel 4.1 Jumlah Siswa SD Negeri 1 Sawahan ... 46

Tabel 4.2 Data Tenaga Pendidik ... 48

Tabel 4.3 Daftar Nilai Pra Siklus Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sawahan ... 50

Tabel 4.4 Hasil Belajar IPA Siklus I ... 57

Tabel 4.5 Hasil Belajar IPA Siklus II ... 66

(15)

xv

Lampiran 16 Kunci Jawaban LKS Crossword Puzzle Siklus II ... 118

Lampiran 17 Soal Post Tes Siklus II... 119

Lampiran 18 Kunci Jawaban Soal Post Tes Siklus II ... 120

Lampiran 19 Rubrik Penilaian Skala Sikap Siklus II ... 121

(16)

xvi

(17)

xvii ABSTRAK

PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI

STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE (Teka-teki Silang) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SAWAHAN JUWIRING KLATEN

TAHUN AJARAN 2011/ 2012

Linda Indriawati, A510080088, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Surakarta, 82 halaman

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPA melalui strategi pembelajaran crossword puzzle pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sawahan tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sawahan Juwiring Klaten yang berjumlah 37 siswa dan guru kelas IV. Pelaksana tindakan adalah peneliti yang berperan sebagai guru berkolaborasi dengan guru kelas IV.

Metode pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dengan satu kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri 1 Sawahan sebelum pelaksanaan tindakan siswa yang bisa mencapai nilai ketuntasan belajar ada 16 siswa dengan presentase 43,24% setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I siswa yang bisa mencapai nilai ketuntasan belajar ada 22 dengan presentase 61,11%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan dengan nilai ketuntasan belajar 83,78% atau 31 siswa. Dengan demikian penilitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran crossword puzzle dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...