Kompetensi Pustakawan Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pemustaka Pada Layanan Referensi UPT Perpustakaan Andalas

Loading.... (view fulltext now)

Teks penuh

(1)

i ABSTRAK

Dibertha Aristi. 2016. “Kompetensi Pustakawan dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi di Layanan Referensi UPT Perpustakaan Universitas Andalas”. Medan: Departemen Studi Ilmu perpustakaan dan Informasi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara.

Penelitian ini dilakukan di Layanan Referensi UPT Perpustakaan Universitas Andalas. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui kompetensi pustakawan dalam pemenuhan kebutuhan informasi pemustaka pada layanan referensi yang terdiri dari kompetensi akses, kompetensi pengetahuan dasar, kompetensi pemasaran, kompetensi kolaborasi dan kompetensi evaluasi serta penilaian sumber daya.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi yang diamati dalam susunan daftar cek atau checklist dan kuesioner terbuka dibagikan kepada tiga orang pustakawan layanan referensi.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa sebagian besar (58,60%) pustakawan layanan referensi telah memiliki kompetensi. Sebagian besar (60%) pustakawan memiliki kompetensi akses, hampir setengahnya (49%) pustakawan memiliki kompetensi pengetahuan dasar layanan referensi, sebagian besar (67%) pustakawan telah memiliki kompetensi pemasaran, sebagian besar (67%) pustakawan memiliki kompetensi dalam bekerja sama dan berkolaborasi, setengahnya (50%) pustakawan memiliki kompetensi mengevaluasi dan menilai sumber daya informasi.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...