PENGEMBANGAN PROGRAM ANALISIS BUTIR SOAL DENGAN RASCH MODEL SATU PARAMETER UNTUK PENGUJIAN TARAF KESUKARAN BUTIR PERANGKAT TES HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN APLIKASI BLOODSHED DEV C++.

Loading.... (view fulltext now)

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

vii

PENGEMBANGAN PROGRAM ANALISIS BUTIR SOAL DENGAN RASCH MODEL SATU PARAMETER UNTUK PENGUJIAN TARAF

KESUKARAN BUTIR PERANGKAT TES HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN APLIKASI BLOODSHED DEV C++

Nama : OTOK EWI AMSIRTA NIM : 10302241032

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan program analisis butir soal dengan Rasch model satu parameter untuk pengujian taraf kesukaran butir perangkat tes hasil belajar pilihan ganda (multiple choices) dan untuk mengetahui sebaran taraf kesukaran butir perangkat tes hasil belajar yang dianalisis menggunakan program hasil pengembangan.. Penelitian dilakukan di SMA N 2 Wonosari di Kabupaten Gunungkidul. Objek penelitian adalah siswa SMA N 2 Wonosari kelas XI IPA tahun ajaran 2013/2014.

Pengembangan program analisis butir soal dilakukan menggunakan 4D model yaitu define, design, develop dan disseminate. Hasil pengembangan program diberi nama program RASCHAM. Program RASCHAM menggunakan

Item Response Theory (IRT) yaitu dengan mengadaptasi model Rasch satu

parameter. Data penilaian dan saran dari validator dijaring menggunakan angket dan data jawaban siswa pada UAS dijaring menggunakan dokumentasi. Analisis data kualitatif digunakan untuk merevisi program berdasarkan saran validator. Analisis data kuantitatif digunakan untuk mengetahui kelayakan program dan taraf kesukaran butir soal.

Berdasarkan validasi program analisis butir soal dari seluruh aspek dalam kategori sangat baik oleh dosen ahli program dan baik oleh ketiga validator lainnya, sehingga program analisis butir tersebut layak digunakan untuk analisis butir soal. Berdasarkan ujicoba yang dilakukan dengan membandingkan hasil analisis program QUEST dapat disimpulkan bahwa keakuratan program RASCHAM mencapai 92,80%. Hasil analisis taraf kesukaran butir dengan program RASCHAM pada butir soal Ulangan Akhir Semester (UAS) gasal mata pelajaran fisika kelas XI SMA N 2 Wonosari tahun pelajaran 2013/2014 di Kabupaten Gunungkidul untuk kode soal A adalah 7,5% soal dengan kategori sangat mudah, 12,5% soal mudah, 25% soal sedang, 47,5% soal sulit, 2,5% soal sangat sulit dan 5% soal tidak baik. Sedangkan untuk kode soal B adalah 12,5% soal dengan kategori sangat mudah, 32,5% soal mudah, 45% soal sedang, 45% soal sulit, 2,5% soal sangat sulit dan 2,5% soal tidak baik.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...