Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik di Sekolah Dasar Negeri Candisari 1 Mranggen Demak T2 942012078 BAB I

Teks penuh

(1)

BAB I

PENDAHULUAN

1.1

Latar Belakang

Sebagai agen pembelajaran, pendidik menempati posisi strategis dalam peningkatan mutu lulusan SD. Pendidik melakukan berbagai aktivitas sejak perenca-naan, mengelola PBM, dan menilai ketercapaian tuju-an pendidiktuju-an. Perkembtuju-angtuju-an teknologi informasi dtuju-an laju kehidupan global tidak akan mengubah atau meniadakan pendidik dalam proses pendidikan.

Sejalan dengan pengembangan guru sebagai tenaga profesional dituntut memiliki perbagai persya-ratan. Menurut UU 14 Th 2005 bab III pasal 7 ayat (1) guru harus memiliki prinsip profesionalitas, yaitu:

(2)

ber-Pelaksanakan tugas pendidik diatur dalam UU 14 Th 2005 dan Permendiknas 74 Th 2008. Dalam regulasi ini guru berperan sebagai tenaga profesional. Dalam mengelola PBM, guru berperan sebagai agen pembelajaran yang berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Sebagai tenaga profesional, untuk meningkatkan tugasnya dilakukan supervisi. Hal ini menunjukkan komitmen guru dalam melakukan fungsinya sebagai agen pembelajaran. Menurut Pidarta (2009:1) supervisi selalu mengacu pada kegiatan mem-perbaiki proses pembelajaran. Kegiatan-kegiatan terse-but juga tidak bisa terlepas dari tujuan akhir setiap sekolah, yaitu menghasilkan lulusan yang berkualitas.

(3)

Studi pendahuluan di SD Negeri Candisari 1 Mranggen Demak memperlihatkan bahwa perencana-an yperencana-ang dilakukperencana-an kurperencana-ang memperhatikperencana-an kinerja tahun sebelumnya. Dinamika perkembangan pendidik-an dpendidik-an berbagai perubahpendidik-an di luar sekolah setiap saat mengalami perubahan. Oleh sebab itu perencanaan yang disusun di tahun berikutnya harus ada peru-bahan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Seiring dengan dinamika perkembangan pendidikan, guru harus merubah perencanaan pengajaran setiap tahun-nya. Peningkatan pendidikan yang saat ini tercermin pada perkembangan teknologi, maka perencanaan dan proses pembelajaran harus memanfaatkan teknologi.

(4)

menyimpulkan hasil dari apa yang diperolehnya selama supervisi akademik, mendorong guru untuk merencanakan latihan-latihan, sekaligus menetapkan rencana berikutnya.

Pada tahun pelajaran 2013/2014 kenyataan yang ditemui di lapangan, perencanaan supervisi di SD Negeri Candisari 1 Demak sudah merancang apa, siapa, dimana, dan kapan. Keempat rancangan terse-but dimunculkan melalui jadwal dan tidak dikomuni-kasikan secara langsung kepada guru. Kondisi yang demikian ini karena pergantian kepala sekolah yang baru. Meski demikian ternyata pelaksanaan supervisi dapat mencapai tujuan. Inilah yang menjadi permasa- lahan bagi penulis sehingga menarik untuk dilakukan penelitian.

1.2

Rumusan Masalah

Dengan adanya pemaparan latar belakang masalah seperti tersebut di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

1. Bagaimana perencanaan supervisi akademik untuk meningkatan kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Candisari 1 Mranggen Demak?

(5)

3. Bagaimana umpan balik supervisi akademik untuk meningkatan kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Candisari 1 Mranggen Demak?

1.3

Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah di sub bab sebelumnya maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:

1. Mengetahui perencanaan supervisi akademik untuk peningkatan kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Candisari 1 Mranggen Demak;

2. Mengetahui implementasi supervisi akademik untuk peningkatan kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Candisari 1 Mranggen Demak;

3. Mengetahui umpan balik supervisi akademik untuk peningkatan kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Candisari 1 Mranggen Demak.

1.4

Manfaat Penelitian

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi-kan manfaat teoritis maupun praktis seperti berikut:

a. Manfaat Teoritis

(6)

nilai-Khususnya manajemen supervisi akademik untuk peningkatan kinerja guru dan paradigma baru dalam dunia pendidikan.

b. Manfaat Praktis

Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaat-kan sebagai bahan masudimanfaat-kan dan sekaligus memberi-kan rekomendasi bagi pihak pengelola pendidimemberi-kan.

1. Guru SD Negeri Candisari 1 Mranggen Demak, hasil penelitian ini diharapkan dapat memotivasi guru untuk selalu siap meningkatkan kemampuan mengajarnya;

2. Kepala Sekolah SD Negeri Candisari 1 Mranggen Demak, hasil penelitian ini diharapkan dapat mem-berikan pemikiran yang dapat dijadikan acuan untuk mengembangkan kreatifitas supervisi akademik, yang mampu menjadikan guru merasa termotivasi untuk memperbaiki kekurangannya;

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...