BERITA ACARA PENJELASAN PEKERJAAN (AANWIJZING) Nomor : BA-01/PPBJ/PEMB-RSL/DNV.TBS-2012

Teks penuh

(1)

BERITA ACARA PENJELASAN PEKERJAAN (AANWIJZING) Nomor : BA-01/PPBJ/PEMB-RSL/DNV.TBS-2012

Pada Hari ini KAMIS TANGGAL 26 (DUA PULUH ENAM) BULAN JANUARI TAHUN 2012 dimulai PUKUL 14.00 WIB telah diadakan rapat penjelasan pekerjaan /Aanwjzing kepada peserta lelang paket pekerjaan PEMBANGUNAN RAMBU SUAR LAUT 10 METER GRP - 3 UNIT, LOKASI : 1. MUARA SASAK PASAMAN BARAT, 2. MUARA BINGUNG PASAMAN BARAT, 3. GS, NAMBI PESISIR SELATAN SUMATERA BARAT, rapat dibuka oleh Ketua Panitia Pengadaan pada jam 14.10 WIB bertempat di Ruang rapat Kantor Distrik Navigasi Teluk bayur. Adapun pokok penjelasan dan pertanyaan dari peserta lelang dapat disimpulkan sebagai berikut :

I.

Penjelasan umum

1. Pekerjaan yang akan dilaksanakan adalah :

PEMBANGUNAN RAMBU SUAR LAUT 10 METER GRP - 3 UNIT, LOKASI : 1. MUARA SASAK PASAMAN BARAT, 2. MUARA BINGUNG PASAMAN BARAT, 3. GS, NAMBI PESISIR SELATAN SUMATERA BARAT dengan HPS sebesar Rp. 2.587.874.000,-

2. Besarnya HPS tersebut sudah termasuk PPN 10% dan pembiayaannya dibebankan dalam DIPA Distrik Navigasi Teluk Bayur tahun anggaran 2012 .

II.

Penjelasan Administrasi

1. Seluruh pekerjaan harus dilaksanakan sesuai dengan daftar kuantitas yang telah ditetapkan dalam dokumen lelang.

2. Seluruh pekerjaan harus dapat diselesaikan dalam jangka waktu selama 180 (seratus delapan puluh) hari kalender. Untuk itu para peserta diharuskan membuat jadual dan urutan pelaksanaann pekerjaan dengan baik.

3. Dokumen penawaran yang harus disampaikan terdiri dari :

a. Surat penawaran yang mencnatumkan tanggal, masa berlaku penawaran, harga penawaran, jangka waktu pelaksanaan pekerjaan dan ditanda tangani oleh yang berhak dan distempel perusahaan.

b. Lampiran surat penawaran; terdiri dari : (1) Jaminan penawaran asli;

(2) Daftar kuantitas dan Harga; (3) Surat Kuasa jika ada;

(4) Dokumen penawaran teknis : a) Methode pelaksanaan b) Jadwal waktu pelaksanaan

c) Jenis, kapasitas, komposisi dan jumlah perlatan; d) Spesifikasi Teknis;

e) Daftar personil inti;

f) Bagian pekerjaan yang di sub kontrakkan. (5) Dokumen isian Kualifikasi.

4. Evaluasi Penawaran dilakukan terhadap sekurang-kurangnya 3 (tiga) penawaran terendah setelah koreksi aritmatika. Urutan evaluasi penawaran adalah sebagai berikut :

a. Evaluasi administrasi (1) Surat penawaran

(2) Surat Jamininan penawaran (3) Surat Kuasa Bila ada

(2)

(4) Syarat administrasi lainnya yang ditentukan dalam dokumen lelang. b. Evaluasi Teknis, meliputi :

(1) Metode pelaksanaan (2) Jadwal waktu pelaksanaan (3) Spesifikasi teknis

(4) Jenis, Kapasitas, Komposisi dan jumlah peralatan minimal yang disediakan sesuai ketentuan dokumen lelang

(5) Personil inti

(6) Syarat Teknis lainnya yang ditentukan dalam dokumen lelang. c. Evaluasi kewajaran Harga

(1) Total harga penawaran

(2) Unsur-unsur yang mempengaruhi substansi/lingkup/kuantitas pekerjaan (3) Kewajaran harga

5. Setiap peserta lelang atas nama sendiri atau anggota kemitraan hanya boleh menyerahkan satu penawaran untuk satu paket pelelangan pekerjaan. Peserta lelang yang menyerahkan lebih dari satu penawaran untuk satu paket pelelangan pekerjaan, akan digugurkan. Sesuai dengan UU jasa konstruksi no. 18/1999 pasal 17 ayat 6. Badan usaha yang dimiliki oleh satu atau kelompok orang yang sama atau berada pada satu kepengurusan yang sama, tidak boleh mengikuti pelelangan untuk satu pekerjaan konstruksi secara bersamaan. Berdasarkan ketentuan tersebut jika dalam penawaran harga terdapat peserta lelang yang terbukti dalam satu kepemilikan atau kepengurusan orang yang sama dalam akte pendirian maupun perubahannya maka akan digugurkan seluruh peserta lelang bersangkutan.

6. Masa berlaku penawaran adalah selama 30 (TIGA PULUH) hari sesuai ketentuan dalam data lelang :

a. Dalam keadaan khusus, sebelum akhir masa berlakunya penawaran, panitia pengadaan dapat meminta kepada peserta lelang secara tertulis untuk memperpanjang masa berlakunya penawaran tersebut dalam jangka waktu tertentu.

b. Peserta lelang dapat :

(1) Menyetujui permintaan tersebut tanpa mengubah penawaran, tetapi diminta memperpanjang masa berlakunya jaminan penawaran untuk jangka waktu tertentu dan menyampaikan pernyataan perpanjangan masa berlakunya penawaran dan memperpanjang jaminan penawaran kepada panitia pengadaan.

(2) Menolak permintaan tersebut secara tertulis dan jaminan penawaran tidak disita dan tidak dikenankan sanksi.

7. Penawaran yang tidak dilampiri jaminan penawaran sesuai ketentuan dinyatakan gugur. Jaminan penawaran dari peserta lelang yag tidak menang dikembalikan segera setelah penetapan pemenang lelang, sedangkan jaminan penawaran dari pemenang lelang dikembalikan segera setelah pemenang lelang menyerahkan jaminan pelaksanaan. Besarnya jaminan penawaran dalam aanwijzing ditetapkan minimal sebesar Rp. 50.000.000,- (Lima Puluh Juta Rupiah), berupa jaminan bank atau asuransi. Jika jaminan kurang dari jumlah tersebut maka dinyatakan gugur.

8. Pada sampul dalam dan sampul luar harus ditulis :

a. Alamat pengguna jasa sesuai dengan ketentuan dalam data lelang, pada bagian tengah. b. Jenis pekerjaan, tempat, hari, tanggal, bulan, tahun, jam pemasukan, sesuai ketentuan

dalam data lelang, pada sudut kiri atas.

c. JANGAN DIBUKA SEBELUM WAKTU PEMBUKAAN PENAWARAN, pada sudut kanan atas.

(3)

9. Seluruh dokumen penawaran harus sudah dimasukkan di kotak penawaran yang telah disediakan oleh Panitia paling lambat hari SENIN TANGGAL 6 (ENAM) FEBRUARI 2012 pukul 14.30 WIB dan pembukaan penawaran akan dilaksanakan pada hari SENIN TANGGAL 6 (ENAM) FEBRUARI 2012 pukul 15.00 WIB.

10. Peserta lelang harus mengisi harga satuan dan jumlah harga untuk semua mata pembayaran dalam daftar kuantitas dan harga. Apabila harga satuan dicantumkan nol/tidak diisi untuk mata pembayaran tertentu, maka dianggap sudah termasuk dalam harga satuan mata pembayaran yang lain dan pekerjaan tersebut tetap harus dilaksanakan.

11. Para penawar atau wakil penawar yang hadir harus memperlihatkan identitas atau surat keterangan/penugasan dari perusahaan untuk menghadiri pembukaan penawaran dan menanda tangani daftar hadir sebagai bukti kehadirannya. Panitia pengadaan meminta kesediaan 2 (DUA) orang wakil dari penawar yang hadir sebagai saksi. Apabila tidak terdapat wakil penawar yang hadir pada saat pembukaan, panitia menunda pembukaan kotak/tempat pemasukan penawaran sampai dengan batas waktu yang ditentukan oleh panitia pengadaan sekurang-kurangnya 2 (dua) Jam.

12. Kerahasiaan proses evaluasi penawaran.

a. Proses evaluasi dokumen penawaran bersifat rahasia dan dilaksanakan oleh panitia pengadaan secara independen.

b. Informasi yang berhubungan dengan penelitian, evaluasi, klarifikasi, konfirmasi dan usulan calon pemenang tidak boleh diberitahukan kepada peserta lelang atau orang lain yang tidak berkepentingan sampai keputusan pemenang lelang diumumkan.

c. Setiap usaha peserta lelang untuk mencampuri proses evaluasi dokumen penawaran atau keputusan pemenang akan mengakibatkan ditolaknya penawaran yang bersangkutan. 13. Penawaran yang memenuhi syarat adalah penawaran yang sesuai ketentuan dokumen lelang.

Tanpa adanya penyimpangan yang bersifat penting/pokok atau penawaran bersyarat. Penawaran dengan penyimpangan yang bersifat penting/pokok atau penawaran bersyarat adalah :

a. Jenis penyimpangan yang berpengaruh terhadap hal-hal yang sangat substantif dan akan mempengaruhi lingkup, kualitas dan hasil/kinerja/performance pekerjaan;

b. Substansi kegiatan tidak konsisten dengan dokumen lelang;

c. Persyarat tambahan di luar ketentuan dokumen lelang yang akan menimbulkan persiangan tidak sehat dan atau tidak adil diantara peserta lelang yang memenuhi syarat.

14. Pengguna jasa akan menetapkan pemenang lelang dari peserta lelang yang harga penawarannya terendah dan memenuhi syarat sesuai ketentuan dokumen lelang serta memeuhi syarat kualifikasi .

15. Nilai jaminan pelaksanaan sebesar 5% (lima persen) dari nilai kontrak dan jaminan tersebut agar berupa jaminan bank atau asuransi. Untuk penawaran yang dinilai terlalu rendah (dibawah 80%) apabila ditunjuk sebagai pemenang maka jaminan pelaksanaan dinaikkan menjadi sekurang-kurangnya prosentase jaminan pelaksanaan yang ditetapkan dalam dokumen lelang dikali 80% dikali HPS dan telah disepakati dengan rumus ;

Jaminan pelaksanaan = K x 0,8 x HPS K = (84-A)/80 x 100%

Dimana ;

K = prosentase kenaikan jaminan pelaksanaan A = Prosentase nilai penawaran terhadap HPS

16. Bentuk kontrak adalah kontrak lumpsum dan pembayaran prestasi pekerjaan yang disepakati dilakukan pengguna jasa, apabila penyedia jasa telah mengajukan tagihan disertai laporan kemajuan hasil pekerjaan. Pembayaran prestasi hasil pekerjaan hanya dapat dilakukan senilai pekerjaan yang telah terpasang, tidak termasuk bahan-bahan, alat-alat yang ada di lapangan.

(4)

17. Denda keterlambatan adalah 1 o/oo (satu permil) dan tidak dibatasi, pengguna barang dan jasa dapat memutuskan kontrak apabila denda keterlambatan telah melebihi nilai jaminan pelaksanaan.

18. Kebutuhan personel minimal antara lain Project manager, kepala pelaksana, staf teknis, staf logistik dan staf administrasi dan khusunya tenaga ahli supaya dilampirkan untuk site manager harus dilampirkan SKA teknik sipil

19. Perlatan minimal yang diperlukan untuk mengerjakan proyek ini adalah : Peralatan Pancang, Kapal dengan kapasitas yang sesuai, Peralatan Las, peralatan pemotong plat, Generator dan workshop.

20. Dalam acara penjelasan pekerjaan tersebut terdapat beberapa pertanyaan dari penyedia jasa kepada Panita sebagai berikut :

(5)

DAFTAR PERTANYAAN DARI PENYEDIA JASA DAN JAWABAN DARI PANITIA

Nomor Penanya tentang Jawaban

1 PT. SALEBBA JAYA Data isian kualifikasi

dibuat dalam rangkap berapa dan apakah dimasukkan menjadi satu sampul dengan dokumen penawaran.

Data isian Kualifikasi dibuat dalam rangkap 2 (dua). 1 set asli dan 1 set rekaman. Dokumen kualifikasi

dimasukkan menjadi 1 (satu) sampul dengan dokumen penawaran.

2 PT. IKHSAN HAKIM Bagaimana form matrik

pembukaan penawaran dan apa saja substansinya

Matrik penawaran akan diberikan kepada seluruh para peserta setelah acara

penjelasan selesai. Substansinya terdiri dari : a. Surat Penawaran b. Nilai Penawaran

c. Masa Laku surat penawaran

d. Jaminan Penawaran

e. Daftar Kuantitas dan Harga

f. Methode pelaksanaan

pekerjaan

g. Jadual waktu pelaksanaan h. Daftar personil Inti i. Daftar peralatan utama j. Data isian kualifikasi

3 PT. RAYHAN PRIMA Pemasukan penawaran

menggunan sistem apa dan apakah para peserta bebas memakai warna sampul

Penawaran dilakukan dengan sistem 1 (satu) sampul dengan cara sebagai berikut :

a. Dokumen penawaran yang

asli dimasukkan dalam 1 sampul dan dalam sampul tersebut ditulis asli;

b. Dokumen penawaran

rekaman dimasukkan dalam 1 sampul dan pada sampul tersebut ditulis rekaman;

c. Ke 2 (dua) sampul tersebut dimasukkan dalam 1 sampul penutup. Pada sampul penutup ditulis :

DOKUMEN PENAWARAN PEKERAJAAN

PEMBANGUNAN RAMBU SUAR LAUT 10 METER GRP - 3 UNIT, LOKASI : 1. MUARA SASAK PASAMAN BARAT, 2. MUARA BINGUNG

PASAMAN BARAT, 3. GS, NAMBI PESISIR SELATAN SUMATERA BARAT. (Alamat peserta) Ditujukan kepada

(6)

“Panitia Pengadaan

Barang/Jasa Distrik Navigasi Teluk Bayur”

D/a. Jalan Batu Tabuan No. 2 Bungus Teluk Kabung – Padang Sumatera Barat. Warna sampul ditentukan warna Coklat dan di lem rapat.

9 PT. IKHSAN HAKIM Untuk membantu

kelancaran proses mobilisasi bahan dan peralatan ke lokasi pekerjaan apakah bisa menggunakan dermaga navigasi dan apakah dipungut biaya?

Untuk membantu proses mobilisasi dapat digunakan dermaga navigasi dan tidak dipungut biaya sandar kapal. Namun jika terjadi kerusakan sarana dan prasarana sebagai akibat pekerjaan mobilisasi ini, semuanya menjadi tanggung jawab Kontraktor.

10 PT. RAYHAN PRIMA Untuk battery, yang

dipakai jenis apa dan berapa kapisitasnya? Begitu juga dengan solar cell yang akan dipasang?

Battery yang dipakai adalah jenis MF dengan kapasita minimal 100 AH. Sedang solar cell nya adalah minimal 40 Watt

11 PT. LAWU JAYA Apakah jika terjadi

kesalahan koreksi aritmetika dapat menggeser urutan penawaran

Karena jenis kontrak yang akan digunakan adalah sistem lumpsum, maka yang diikat adalah nilai penawaran yang ada dalam surat penawaran. Jika terdapat harga satuan pekerjaan yang kososng, maka kontraktor harus melaksanakan sesuai daftar kuantitas

pekerjaan yang ada dalam dokumen pengadaan.

12 PT. SALEBBA JAYA Dalam gambar menara

GRP (fibre Glass) tidak menyebutkan ketebalan fibre dengan jelas. Berapa ketebalan fibre yang disyaratkan?

Fibre untuk badan menara dibuat dengan ketebal 1 CM. Sedang untuk tangga di dalam badan menara dibuat dari besi pipa galvanis dia 8”.

Untuk bordes atas atas digunakan plat grating.

13 PT. IKHSAN HAKIM Berapa dimensi Tiang

pancang pipa baja, pipa pengaku dan pipa untuk mendoubling

sambungan?

Dimensi tiang pancang adalah : Pipa baja dia. 40 CM ketebalan 10 mm.

Untuk pipa pengaku adalah : Pipa baja dia 20 CM ketebalan 10 mm.

Dan untuk doubling sambungan digunakan pipa baja diameter 40 Cm ketebalan 10 mm.

(7)

III.

Penjelasan Lain-lain :

1. Penyampaian berita acara penjelasan pekerjaan ini, nantinya dapat di download melalui Website LPSE kementerian Perhubungan paling lambat tanggal 31 Januariu 2011;

2. Untuk bentuk surat penawaran agar mengikuti form yang sudah tersedia.

3. Untuk pembuatan daftar kuantitas dan harga agar mengikuti form yang sudah tersedia.

Mengingat Rapat Telah Selesai dan dianggap cukup, rapat ditutup pada jam 17.30 WIB oleh ketua panitia pengadaan.

Demikian Berita acara ini dibuat dengan sebenarnya pada hari dan tanggal tersebut diatas, untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

WAKIL REKANAN 1. Nama Perusahaan Tanda Tangan Jabatan 2. Nama Perusahaan Tanda Tangan Jabatan PANITIA PENGADAAN, 1. BAMBANG KISMANTO, SE Ketua Panitia

2. ZULKIFLI, SE., MSi Sekretaris 3. FAKHRUDDIN Anggota 4. YULIADI Anggota 5. SYAHRIAL Anggota

15 PT. SALEBA JAYA Apa Persyaratan minimal

peralatan yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan ini?

Persyaratan minimal peralatan yang harus disediakan

kontraktor adalah :

Ponton untuk lantai kerja 1 unit, Alat penumbuk 1 unit;

Crane 1 unit

Motor boat 25 PK 1 Unit Mesin las 1 Unit

Generator 5 KVA 1 Unit Kapal 50 Ton - 1 unit

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :