UCAPAN TRIMA KASIH. Wasa karena atas segala berkat dan rahmat-nya lah, penulis dapat menyelesaikan

13 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

i

UCAPAN TRIMA KASIH Om Swastiastu

Puja dan puji syukur penulis panjatkan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena atas segala berkat dan rahmat-Nya lah, penulis dapat menyelesaikan

skripsi yang berjudul Temuan Manik-manik Bekal Kubur di Situs

Pangkungparuk, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng. Skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat yang harus dilaksanakan guna memperoleh gelar dalam bidang ilmu Arkeologi pada Fakultas llmu Budaya Universitas Udayana.

Penyusunan skripsi ini, cukup banyak hambatan yang harus dihadapi karena penulis memiliki keterbatasan kemampuan selain juga karena kuantitas literatur yang terbatas. Keadaan demikian, sudah tentu terdapat kelemahan dan kekurangan yang perlu mendapat kritik dan saran yang sifatnya membangun dan penulis berharap skripsi ini dapat memberikan sumbangan dalam bidang ilmu Arkeologi.

Skripsi ini dapat terselesaikan tidak terlepas dari bimbingan, doa, dukungan, serta bantuan dari berbagai pihak. Penulis menyampaikan terimakasi kepada mereka telah berjasa, yakni :

1. Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha, M.A Sebagai Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayanan yang telah bayak membantu dalam menyediakan fasilitas pendidikan dan kesempatan menempuh ujian sarjana.

(2)

ii

2. Drs. I Wayan Srijaya M. Hum, selaku Ketua Program Studi Arkeologi dan

sebagai Pembimbing Akademik yang selalu memberikan arahan, memberikan bimbingan dan dukungan kepada penulis sampai saat ini demi terselesainya skripsi ini serta memberikan dukungan dan fasilitas kepada penulis selama menjadi mahasiswa arkeologi.

3. Rochtri Agung Bawono, S.S., M.Si., selaku Sekretaris Jurusan Arkeologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana, sebagai pembimbing I yang dengan segala kesabaran menjawab pertanyaan penulis, memberikan motivasi, bimbingan, petunjuk, dan saran-saran kepada penulis terutama saat penulisan proposal hingga penyelesaian skripsi ini.

4. Ida Bagus Sapta Jaya S.S, M.Si., Pembimbing II yang melimpahkan banyak saran dan masukan untuk penyelesaian skripsi ini, memperbaiki kesalahan penulisan dan membimbing penulis untuk menulis dengan lebih baik lagi.

5. Dosen Program Studi Arkeologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas

Udayana yang tidak dapat disebutkan satu-persatu yang selama penulis menjadi mahasiswa telah banyak memberikan ilmu pengetahuan dan dengan sabar selalu memberikan banyak pengetahuan tanpa mengenal lelah.

6. I Wayan Sudiarjana selaku tuan rumah dan pemilik lahan penggalian di Situs Pangkungparuk yang memberikan kemudahan serta kepercayaan dalam menggali data selama di lapangan .

(3)

iii

7. Drs. I Dewa Kompiang Gede, Chita Yuliati, Ati Hidayah, I Ketut Puja, dan Nyoman Daksen yang selalu memberikan kepercayaan dan kemudahan dalam menggali data selama penulis berada di lapangan. 8. Keluarga tercinta Orang Tua I Nyoman Swinata serta Theressia Semoi

yang tak pernah hentinya memberikan dukungan, doa, semangat, serta materi sehingga penulis dapat meraih gelar sarjana. I Putu Seputra Adi Winata selaku abang, Ni Putu Arika Puji Sari Putri, dan Susan yang selalu memberikan dukungan dalam menyelesaikan skripsi.

9. Sahabat sekaligus pasangan penulis yang selalu setia memberikan

dukungan, dan semangat sehingga penulis dapat menyelesaikan studi dengan baik. Makasi Banyak ya  !!!!

10.Teman-teman angkatan 2010 Gunktu, Dewi, Mia, Hendy, Mangpur,

Kokok, Arga, Anugrah, Akbar, Putra, Ari Kesuma, Degus, Dessy, Ayi, Dayu, Fondra, Arya dan Bayu. Trima kasih buat kalian semua, senang bisa kenal dan berbagi cerita selama di bangku perkuliahan.

11.Rekan-rekan WARMA, Susi Junitri, Dwi Nugraha, Rany Rullah, Ayu Swindia, Ayu Ekayani, Wisnu, Yogi Prabhawa, Palguna, Vidya, Dila, Ngurah, dan Idik terima kasih buat kalian semua yang selalu memberikan semangat, dukungan dan bantuan selama penulisan skripsi ini.

Semoga semua pihak yang telah berjasa membantu penulis mendapatkan karunia Ida Sang Hyang Widhi Wasa, atas kebaikan yang telah diperbuat. Tidak

(4)

iv

lupa penulis mohon maaf atas segala kesalahan yang pernah dilakukan baik yang disengaja maupun tidak.

Om Santi Santi Santi Om

Denpasar,

(5)

v ABSTRAK

Bali utara merupakan suatu wilayah di bagian utara Pulau Bali yang banyak menyimpan tinggalan arkeologi terkait dengan situs penguburan. Salah satu tinggalan arkeologi yang sangat menarik di wilayah ini yaitu berbagai bekal kubur yang beragam masalah satunya manik-manik yang terdapat di Pangkungparuk, Seririt Buleleng. Tinggalan arkeologi ini merupakan bukti adanya peradaban yang telah berlangsung di wilayah ini. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tipologi dan teknik pembuatan serta bahan baku yang dipergunakan dalam pembuatan manik-manik yang terdapat di Desa Pangkungparuk, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tipologi dan teori fungsional struktural. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu tahap pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi kepustakaan, kemudian tahapa kedua pengolahan data dengan cara menganalisis data menggunakan teknik analisis artefaktual, analisis kontekstual, analisis kualitatif, dan analisis komparatif.

Dari hasil analisis dapat ditarik simpulan bahwa manik-manik yang terdapat di Situs Pangkungparuk memiliki berbagai bentuk manik-manik seperti berbentuk bulat, bulat dempak, kerucut ganda yang dipotong bagian atas, kerucut ganda cekung, elips, bulat telur, pipih, dan cakram silinder. Teknik dalam pembuatan manik-manik yang terdapat di Situs Pangkungparuk yaitu teknik dibentuk seperti bentuk bulat dan teknik cetak seperti dalam membuat manik-manik bentuk kerucut ganda, sedangkan bahan baku pembuatan manik-manik-manik-manik beragam dari bahan baku alami seperti dari kerang, batuan dan mutiara serta bahan baku yang terbuat dari kaca dan logam perunggu.

(6)

vi ABSTRACT

North Bali is an area in the northern part of the island of Bali that posses many archaeological remains associated with the burial site. On of them is a diverse variety of goods burial treasures such as beads contained in Pangkungparuk, Seririt buleleng. These archaeological remains are evidence of a civilization that has taken place in this region. The purpose of this study is to determine the typology and technique of manufacture and raw materials used in the manufacture of beads contained in Pangkungparuk village, district Seririt Buleleng regency.

The theories used in this research are the theory of typology and structural functional theory. The method used in this study is as follows, the data collection phase is done by observation, interview and literature study, then the second phase is data processing by analyzing data used analytical techniques articatural, contectual analysis, qualitative analysis and comparative analysis.

From the analysis it can be concluded that the beads contained in the Site Pangkungparuk have various shapes of beads like round, oblate, double cone which cut the top, double cone concave, elliptical, ovate, flat, and disc cylinder. Technique used in making beads contained on the site pangkungparuk are shaping techniques for spherical beads and printing techniques for double cone beads, while the raw material for making beads vary from natural raw material such as of shells, rocks and pearls as well as raw material made of glass and bronze metal.

(7)

vii DAFTAR ISI

Halaman

SAMPUL DEPAN ... i

PERSYARATAN GELAR ... ii

LEMBAR PERSETUJUAN ... iii

PENETAPAN PANITIA UJIAN ... UCAPAN TRIMA KASIH ... ABSTRAK ... xii

ABSTRACT ... x

DAFTAR ISI ... xiii

DAFTAR GAMBAR ... xiv

DAFTAR TABEL ... xv

LAMPIRAN- LAMPIRAN ... xv

BAB I PENDAHULUAN ... 1

1.1 Latar Belakang dan Permasalahan ... 1

1.2 Rumusan Masalah ... 6 1.3 Tujuan Penelitian ... 7 1.3.1 Tujuan Umum ... 7 1.3.2 Tujuan Khusus ... 7 1.4 Manfaat Penelitian ... 8 1.4.1 Manfaat Teoretis ... 8 1.4.2 Manfaat Praktis ... 8

1.5 Ruang Lingkup Penelitian ... 9

BAB II TINJAUAN PUSTAKA, KONSEP, LANDASAN TEORI, DAN MODEL PENELITIAN ... 10

2.1 Tinjauan Pustaka ... 10 2.2 Konsep ... 15 2.2.1 Manik-manik ... 15 2.2.2 Bekal Kubur ... 15 2.2.3 Situs Pangkungparuk ... 16 2.3 Landasan Teori ... 16 2.3.1 Teori Tipologi ... 17

2.3.2 Teori Fungsional Struktural ... 17

2.4 Model Penelitian ... 19

BAB III METODE PENELITIAN ... 21

3.1 Rancangan Penelitian ... 21

(8)

viii

3.3 Jenis dan Sumber Data ... 23

3.3.1 Jenis Data ... 23

3.3.2 Sumber Data ... 24

3.4 Instrumen Penelitian ... 25

3.5 Teknik Pengumpulan Data ... 25

3.5.1 Observasi ... 26

3.5.1 Wawancara ... 26

3.5.3 Studi Kepustakaan ... 27

3.6 Teknik Analisis Data ... 27

3.6.1 Analisis Artefaktual ... 27

3.6.2 Analisis Kontekstual ... 27

3.6.3 Analisis Kualitatif ... 28

3.6.4 Analisis Komparatif ... 28

3.7 Teknik Penyajian Hasil Penelitian ... 29

BAB IV GAMBARAN UMUM SITUS PANGKUNGPARUK ... 31

4.1 Keadaan Geografis ... 31

4.1.2 Kondisi Desa dan Iklim ... 32

4.1.3 Keadaan Tanah, Jenis dan Kesuburan Tanah ... 32

4.2 Sejarah Desa dan Pangkungparuk ... 32

4.2.1 Jumlah Penduduk dan Pembagian Wilayah Desa ... 33

4.2.2 Pendidikan dan Sistem Kepercayaan ... 34

4.2.3 Mata Pencaharian dan Ekonomi... 35

4.3 Situs Pangkungparuk ... 37

4.4 Penemuan Tinggalan Manik-manik di Pangkungparuk ... 40

4.4.1 Penemuan Manik-manik di Dalam Sarkofagus... 49

4.4.2 Penemuan Manik-manik Luar Sarkofagus ... 51

BAB V TIPOLOGI, TEKNIK PEMBUATAN, BAHAN BAKU DAN PERUBAHAN FUNGSI MANIK-MANIK ... 53

5.1 Tipologi dan Teknik Pembuatan Manik-manik ... 53

5.1.1 Tipologi... 53

5.1.2.1 Tipologi di Pangkungparuk ... 54

5.1.2 Teknik Pembuatan ... 60

5.1.2.1 Teknik Pembuatan Secara Umum ... 61

5.1.2.2 Teknik Pembuatan Manik-manik di Pangkungparuk ... 74

5.1.3 Bahan Baku Pembuatan Manik-manik... 78

5.1.3.1 Bahan Baku Secara Umum ... 78

5.1.4.2 Bahan Baku Manik-manik di Pangkungparuk ... 82

(9)

ix

BAB VI PENUTUP ... 88

6.1 Simpulan ... 88

6.2 Saran ... 90

DAFTAR PUSTAKA ... 92

DAFTAR RIWAYAT HIDUP PENULIS ... 96

(10)
(11)

xi

DAFTAR GAMBAR

Halaman

Gambar 2.1 Model Penelitian ... 19

Gambar 4.1 Penemuan Manik-manik di dalam Sarkofagus... 50

Gambar 4.2 Temuan Manik-manik pada Rangka tanpa Wadah ... 52

Gambar 5.1 Manik-manik Kerang ... 54

Gambar 5.2 Manik-manik Kerang Caury ... 55

Gambar 5.3 Manik-manik Mutiara dan kerang ... 55

Gambar 5.4 Manik-manik Batuan warna Hitam Gelap ... 56

Gambar 5.5 Manik-manik Batuan warna Kuning Kemerahan ... 56

Gambar 5.6 Manik-manik Kaca Silinder ... 57

Gambar 5.7 Manik-manik Kaca Kerucut Ganda yang dipotong atasnya. .57 Gambar 5.8 Manik-manik Bulat Dempak, Kerucut Ganda Cekung, Bulat telur ... 58

(12)

xii

DAFTAR TABEL

Halaman

Tabel 4.1 Tabel Banjar Dinas dan Kelian yang Memimpin... 34

Tabel 4.2 Tingkat Pendidikan Penduduk Pangkungparuk ... 35

Tabel 4.3 Mata Pencaharian Penduduk ... 36

Tabel 4.4. Temuan Manik-manik ... 49

Tabel 4.4. Temuan Manik-manik ... 49

Tabel 5.1. Distribusi bentukmanik-manik Situs Pangkungparuk ... 59

(13)

xiii

DAFTAR LAMPIRAN

Halaman

Lampiran 1 Daftar Informan ... 96

Lampiran 2 Gambar Peta Pulau Bali ... 97

Lampiran 3 Gambar Peta Kecamatan Seririt ... 98

Lampiran4 Gambar Peta Situs Pangkungparuk ... 99

Lampiran5 Gambar Situs Pangkungparuk ... 100

Lampiran6 Tabel Temuan Situs Pangkungparuk Tahun 2014 ... 101

Lampiran7 Bentuk Dasar Manik-manik menurut Beck (Van der Sleen) dan Beberapa Bentuk Istimewa Manik-manik (Klasifikasi menurut Beck) ... 104

Lampiran 8 Tabel Ukur Temuan Manik-manik di Situs Pangkungparuk 107 Lampiran 9 Gambar Manik-manik Situs Pangkungparuk ... 111

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :