• Tidak ada hasil yang ditemukan

JETRO Jakarta Newsletter November 2020

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "JETRO Jakarta Newsletter November 2020"

Copied!
6
0
0

Teks penuh

(1)

1/6

JETRO Jakarta Newsletter November 2020

Newsletter ini adalah informasi kegiatan JETRO Jakarta yang diterbitkan sebulan 1 kali

1. JETRO Jakarta Menyelenggarakan Seminar Online mengenai Barang Modal Tidak Baru (BMTB) bersama Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan PT. Sucofindo.

Pada hari Kamis 5 November 2020 lalu JETRO Jakarta bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan dan PT. Sucofindo menyelenggarakan seminar online dengan tema “Barang Modal Tidak Baru (BMTB)”. Adapun materi dari seminar online ini membahas tentang ketentuan impor BMTB yang dibawakan oleh Kepala Sub Direktorat Barang Modal Kementerian Perdagangan RI Bapak Suaib Sulaiman, dan juga membahas mengenai jasa verifikasi penelusuran teknis impor yang dibawakan oleh Senior Manager BMBB dan Infrastruktur PT. Sucofindo Bapak Hendri Farabi. Tujuan dari seminar online ini adalah untuk memberikan informasi sekaligus menjawab pertanyaan dari perusahaan-perusahaan Jepang mengenai tata cara impor BMTB dari Jepang dan Cina. Dengan harapan dari pemaparan ini dapat membantu perusahaan Jepang yang berencana merelokasi perusahaannya ke Indonesia.

Bapak Suaib Sulaiman dalam presentasinya menjelaskan tentang latar belakang peraturan impor, definisi BMTB, pihak-pihak yang dapat melakukan impor BMTB beserta persyaratan yang harus dipenuhi, dan sistem pengawasan post border. Sementara itu Bapak Hendri Farabi dalam pemaparannya menjelaskan tentang alur proses importasi BMTB, persyaratan pengajuan izin impor, dan proses penerbitan laporan surveyor oleh PT. Sucofindo.

(2)

2/6 Kegiatan ini diselenggarakan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Jepang, dibantu oleh penerjemah yang membantu interaksi antara pembicara dan peserta, sehingga seminar dapat efektif diikuti oleh orang Indonesia maupun orang Jepang, dengan total jumlah peserta yang hadir sekitar 180 orang. Berdasarkan hasil kuesioner yang dibagikan kepada peserta diketahui 88% diantaranya menilai seminar online ini bermanfaat dan membantu meningkatkan pemahaman tentang impor BMTB.

2. JETRO Jakarta Menyelenggarakan Acara Temu Bisnis “Biomass Virtual Business Matching” bersama Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Osaka.

JETRO Jakarta bersama dengan Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) Kementerian Perdagangan dan ITPC Osaka menyelenggarakan “virtual business matching” untuk produk biomassa Palm Kernel Shell (PKS) dan Wood pellet pada tanggal 13 dan 16 November 2020 lalu.

Acara ini bertujuan untuk mempertemukan dan memperkenalkan produsen dan penyuplai PKS dan Wood Pellet di Indonesia dengan perusahaan Jepang sebagai calon pembeli yang sedang membutuhkan suplai biomassa dalam jumlah besar, karena saat ini Jepang membutuhkan banyak biomassa sebagai bahan bakar pembangkit tenaga listrik biomassa.

Total peserta yang berpartisipasi pada acara ini yaitu 48 orang dari 5 perusahaan penyuplai biomassa asal Indonesia dan 6 perusahaan calon pembeli asal Jepang.

(3)

3/6 Bapak Marolop Nainggolan dan Presiden Direktur JETRO Jakarta Bapak Suzuki Keishi yang kemudian langsung dilanjutkan dengan kegiatan temu bisnis antara pihak penyuplai dan pembeli yang berlangsung secara bersamaan di ruangan zoom meeting yang berbeda-beda. Sedangkan perwakilan dari JETRO, Kementerian Perdagangan, dan ITPC Osaka turut hadir pada setiap sesi temu bisnis untuk memantau jalannya diskusi bisnis.

Setelah acara selesai, JETRO Jakarta membagikan kuesioner yang harus diisi oleh setiap peserta, dan berdasarkan hasil kuesioner tersebut virtual business matching ini dinilai sangat bermanfaat bagi penyuplai maupun pembeli. Sedangkan kendala umum yang dihadapi oleh perusahaan Indonesia saat ini adalah masalah sertifikasi yang harus dipenuhi sebagai persyaratan ekspor ke Jepang.

3. JETRO Jakarta bersama SSEK Legal Consultant Mengadakan Acara Seminar Online “Omnibus Law – UU Cipta Kerja”.

Pada tanggal 23 November 2020 lalu JETRO Jakarta telah mengadakan seminar online mengenai “Omnibus Law – UU Cipta Kerja” bersama SSEK Indonesia Legal Consultant. Pada seminar kali ini, Bapak Stephen Warokka dan Bapak Miftahul Khairi menjelaskan mengenai garis besar dari UU yang baru saja disahkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 2 November 2020 tersebut. Seminar yang dihadiri oleh 319 partisipan yang kebanyakan berasal dari perusahaan Jepang ini, membahas poin-poin penting yang ada pada Omnibus Law seperti investasi dan perizinan, ketenagakerjaan dan imigrasi, konstruksi, perdagangan dan industri, real estate dan pengadaan tanah, Zona Ekonomi Khusus, lingkungan, dan isu-isu lainnya seperti pajak, energi dan sumber daya mineral dan lain-lain.

Selanjutnya pada tanggal 26 November 2020 juga diadakan kembali seminar kedua mengenai “Omnibus Law (Ketenagakerjaan)” ini yang merupakan lanjutan dari seminar pertama yang diadakan pada 23 November sebelumnya. Pada seminar yang kedua ini, tema mengenai ketenagakerjaan dijelaskan lebih dalam oleh para pembicara dari Persol Indonesia yaitu Bapak Mori Tomokazu.

Seminar kedua ini dihadiri oleh 392 partisipan yang berasal dari perusahaan Jepang. Dan pada seminar kali ini para pembicara menjelaskan mengenai ketenagakerjaan seperti perubahan yang

(4)

4/6 ada dalam UU Cipta Kerja seperti ketentuan pemecatan, ketentuan pesangon, kompensasi pengangguran atau JKP, upah minimum, jangka waktu pekerjaan (karyawan kontrak/pekerjaan jangka tetap), penyerahan pekerjaan/outsourcing, dan juga ketentuan jam kerja, jam istirahat, cuti, hari libur, aturan lembur dan lain-lain yang akan diatur lebih detil dalam peraturan turunannya .

4. JETRO Jakarta bersama Kementerian Perdagangan Republik Indonesia kembali mengadakan rangkaian Seminar Online “Design Talk Series”

JETRO bersama dengan Direktorat Pengembangan Produk Ekspor DJPEN Kemendag kembali mengadakan rangkaian seminar online “Desain Talk Series” yang pada kali ini mengangkat tema ““Penerapan Hak Kekayaan Intelektual di Indonesia dan Jepang”, dan dilaksanakan pada tanggal 24 November 2020 lalu di gedung Indonesia Design Development Center ( IDDC) di Jakarta, Pada kesempatan tersebut Presiden Direktur JETRO Jakarta Bapak Suzuki Keishi dalam pembukaannya menyampaikan mendukung pengembangan industri lokal dalam negeri Indonesia dan juga termasuk mendukung pengembangan ekspor, karena produk lokal Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjadi produk ekspor yang menjanjikan di pasar luar negeri termasuk Jepang. Untuk itu selama ini, JETRO telah memberikan dukungan untuk peningkatan produk dan pengembangan jalur pemasaran, sehingga diharapkan dimasa depan produk desain Indonesia akan semakin banyak di ekspor ke pasar global, melalui peningkatan kesadaran akan kualitas dan keunggulan desain dari produk Indonesia.

Pada kesempatan ini Ibu Olvy Andrianita Direktur Pengembangan Produk Ekspor juga menyampaikan pentingnya pelaku usaha untuk mempersiapkan diri masuk ke dalam pasar Internasional termasuk Jepang dengan mencari dan memahami informasi dan karateristik pasar tujuan.

Sebagai narasumber dalam seminar ini Senior Economist JETRO Jakarta Dr. Insan Fathir menyampaikan tentang “ Peluang dan Potensi Ekspor ke Pasar Jepang : Informasi dan Fasilitas

(5)

5/6 JETRO” yang menjelaskan detil mengenai informasi & karateristik pasar Jepang, etika bisnis, persiapan ekspor, regulasi dan aturan impor terkait masuk pasar Jepang dll, Sedangkan Projet Executif JETRO Jakarta Bapak Arif Purnomosidi menyampaikan mengenai Program Temu Bisnis Online JETRO yang disebut TTPP (Trade Tie-Up Promotion Program), yang menjelaskan mengenai cara pendaftaran, cara matching bisnis dan keuntungan apabila pelaku usaha mendaftarkan produknya ke program tersebut.

Dari seminar ini, diharapkan produk-produk Indonesia akan lebih dapat menjangkau pasar Jepang dan dapat bertemu dengan para calon pembeli dari Jepang.

5. JETRO Jakarta Berpartsipasi dalam Acara Seminar Online “ATPF Join Program: Seminar On E-Commerce” Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Pada hari Kamis 5 November 2020 lalu bertempat dil Trans Luxuary hotel Bandung, Direktorat Kerja sama Pengembangan Ekspor DJPEN Kementerian Perdagangan menyelanggarakan seminar online “ATPF Join Program: Seminar On E-Commerce”. Salah satu tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk mempelajari kebijakan dan implementasi e-commerce dari beberapa anggota ATPF.

Pada kesempatan ini Senior Director JETRO Jakarta Bapak Ozaki Ko diberi kesempatan untuk menyampaikan tentang kebijakan JETRO terkini tentang e-commerce dengan tema “JETRO’s Ecommerce Support program – Japan Mall”. Selain itu juga ada pembicara dari beberapa negara lain seperti dari Senior manager HKTDC Ibu Rachel Kurniawan yang menyampaikan tentang “Hktdc.com Sourcing Quality Platform to Expand Digital Opportunity”, Direktur KOTRA Bapak Kim Jun Han yang menyampaikan tentang “E-commerce Industry and Policy in Korea” dan Presiden and CEO TAITRA Ibu Leonor Lin menyampaikan tentang ” E-commerce di Taiawan”.

Kegiatan yang dihadiri oleh 50 orang peserta secara online ini dibuka oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Bapak Kasan dan berlangsung dengan lancar dan membuka wawasan tentang perkembangan kebijakan e-commerce di

(6)

6/6 beberapa negera peserta ATPF.

6. Trade Tie-up Promotion Program (TTPP) adalah Program Situs Temu Bisnis secara online yang dikelola oleh JETRO

TTPP merupakan program site temu bisnis secara online yang dikelola oleh JETRO dengan gratis, dan diterjemahkan kedalam bahasa Jepang. Melalui TTPP memungkinkan pelaku usaha di Indonesia untuk menjangkau mitra bisnis yang potensial ke Jepang dan seluruh dunia.

Untuk pelayanan konsultasi terkait TTPP, saat ini JETRO telah menyediakan pelayanan khususnya yaitu: ”KONSULTASI PASAR EKSPOR DAN TTPP” untuk memberikan informasi pasar dan tata cara pendaftaran dan penggunaan TTPP yang dilaksanakan pada

setiap hari Jumat pukul 13:00

-14:00 di kantor JETRO Jakarta.

* Selama Pandemi Covid-19 ini akan dilaksanakan secara online dengan appointment.

Untuk itu daftarkan segera perusahaan anda dan sampaikan penawaran bisnis anda (jual/beli) melalui TTPP di

http://www.jetro.go.jp/ttppoas/index.html

=========================================================

Diterbitkan oleh:

JETRO Jakarta Office

Summitmas I, 6th Floor Jl. Jend. Sudirman Kav.61-62 Jakarta, Indonesia Tel: (62-21) 520 0264 ; Faks: (62-21) 520 0261

E-mail: jktjetro@jetro.go.jp

Website: https://www.jetro.go.jp/indonesia

* Newsletter ini merupakan informasi yang dibuat JETRO Jakarta dikirimkan kepada para stakeholder terkait yang berhubungan dengan kerjasama Indonesia dan Jepang.

* Bagi Anda yang tidak menghendaki pengiriman JETRO Jakarta Newsletter harap kirimkan permohonan pemberhentian pengiriman ke jktjetro@jetro.go.jp.

=========================================================

Aturan Hak Cipta

JETRO (C) copyright 2020 All right reserved

Hak Cipta sepenuhnya. Tidak ada bagian dari laporan ini yang boleh direproduksi, atau ditransmisi dalam bentuk apapun atau dengan cara apapun seperti secara elektronik atau mekanik, termasuk fotokopi, rekaman, fotokopi mikro, atau melalui sistem penyimpanan dan panggilan tertentu, tanpa ijin tertulis dari penerbit.

Referensi

Dokumen terkait

Output untuk simulasi jalur evakuasi berupa jalur evakuasi hingga menuju ke meeting point yang harus dilewati oleh pekerja ketika terjadi kebakaran serta Time for Passage (Tp)

di QLC Hidayatullah ada 3 unsur yaitu metode langsung (langsung dibaca tanpa dieja), diulang-ulang, dan kasih sayang yang tulus. 2) Metodologi pembelajaran

Dalam matakuliah ini akan dijelaskan tentang definisi, ciri-ciri/sifat kristal dan mineral, kristalografi bentuk luar dan orde internal, kimia kristal, mineralogi

merupakan tindak pidana diselesaikan melalui dewan pers, namun pelanggaran kode etik yang merupakan tindak pidana diselesaikan melalui jalur hukum..

Sebagai makhluk yang paling sempurna yang telah diciptakan oleh allah didunia, peranan manusia dalam kehidupan di bumi tentulah sangat vital. oleh karena itu

Jasa Marga (Persero) Tbk terhadap kegiatan komunikasi eksternal perusahaan kepada community relations jalan tol sebagai bentuk upaya perusahaan dalam menjalankan

Hasil uji stabilitas tersebut senyawa nukleotida bertanda [  - 32 P]-ATP tetap stabil pada temperatur penyimpanan 2 - 8°C, selama 25 hari penyimpanan dan paparan diluar

Setelah itu dilakukan proses distinct untuk membuag data yang berulang, misalnya pesanan dengan konsumen yang sama namun berbeda jenis produk yang dipesan harus dihapus