• Tidak ada hasil yang ditemukan

Warta BONAVENTURA. Juni Menjaga Lingkungan Menjaga Kehidupan. No : II/2016/06. Juni 2016

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "Warta BONAVENTURA. Juni Menjaga Lingkungan Menjaga Kehidupan. No : II/2016/06. Juni 2016"

Copied!
16
0
0

Teks penuh

(1)

BONAVENTURA

Juni 2016

Warta

Menjaga Lingkungan

Menjaga Kehidupan

No : II/2016/06

(2)

Berita Utama

Lomba Dekorasi Altar Ramah Lingkungan KAJ 2016

-Menumbuhkan Kepedulian pada

Lingkungan Hidup

Berangkat dari keprihatinan akan semakin rusaknya lingkungan hidup akibat ulah manusia, kepedulian terhadap lingkungan hidup merupakan salah satu poin penting dalam Arah Dasar Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) 2016-2020. Maka bertepatan degan hari lingkungan hidup sedunia, Bapak Uskup menetapkan tanggal 5 Juni 2016 yang lalu sebagai hari Minggu Hijau, yaitu hari Minggu yang khusus dipakai untuk mengingatkan umat Katolik akan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Salah satu bentuk kegiatan yang diadakan di KAJ dalam upaya meningkatkan kepedulian umat ini yaitu dengan mengadakan lomba membuat dekorasi altar ramah lingkungan dengan memakai tanaman-tanaman hidup, bukan dengan bunga potong seperti yang biasanya dilakukan untuk dekorasi gereja. Dengan diadakan lomba ini diharapkan menumbuhkan rasa cinta pada tanaman dan agar tim bunga/dekorasi gereja dapat belajar mengurangi sampah dari sisa-sisa merangkai bunga. Video dekorasi altar ramah lingkungan St. Bonaventura dapat dilihat di YouTube

(3)

Paroki

Santo Bonaventura

Pulomas

Jl. Pacuan Kuda Pulomas Jakarta 13210 489.7347 - 475.4780 - 4786.9546 Fax. 470.3339 parokipulomas@gmail.com www.bonaventura-pulomas.org Rumah Pastoran - 4788.4624

Jam Pelayanan Sekreatriat

Senin - Sabtu : 08.00 - 20.00 Minggu : 07.30 - 20.30 Tanggal merah libur nasional - Tutup

Jadwal Misa

Misa Harian:

Senin s/d Sabtu pkl.06.00 Misa Jumat Pertama: pkl. 06.00, 12.00 & 18.30 Misa Mingguan : Sabtu : pkl. 17.30 Minggu: pkl. 06.30, 08.30, 16.30, 18.30 Pastor Paroki:

- Romo Albertus Hendaryono, Pr. - Romo Yosef Natalis Kurnianto, Pr.

Warta Bonaventura

Pelindung:

Dewan Paroki St. Bonaventura

Pendamping:

Romo Yosef Natalis Kurnianto, Pr.

Pemimpin umum:

Mendy Saputra

Staf Redaksi:

Eliza Utama, Maria Michelle, Febri Setyodewi, Conchita Paramita, Xenia Augustira

Penerbit : Seksi Komunikasi Sosial (Komsos) St. Bonaventura,

email: komsosbona@gmail.com. Jika ada kritik, saran, masukan artikel,

share cerita iman, atau bersedia bergabung dengan komsos paroki, silakan kontak kami.

Berita Utama

Paroki kita juga ikut berpartisipasi dalam lomba dekorasi ramah lingkungan tersebut. Tim Bunga St. Bonaventura dengan semagat mendekor gereja untuk Misa tanggal 4-5 Juni 2016 dengan menggunakan tanaman hidup dalam pot. Jika dibandingan dengan menggunakan bunga potong yang hanya sekali pakai lalu dibuang, menggunakan tanaman hidup lebih ramah lingkungan karena setelah dipakai untuk dekorasi, tanaman ini tetap hidup dan dapat dimanfaatkan kembali untuk keperluan lainnya. Selain itu, menggunakan tanaman hidup juga mengurangi sampah dari oasis bekas. Dekorasi ramah lingkungan Paroki St. Bonaventura itu mengadopsi dan mematuhi warna liturgis pada hari itu. Pemakaian warna lain hanya sebagai aksen yang memperindah tatanan secara keseluruhan.

Selain menggunakan tanaman hidup, dekorasi di altar juga menggunakan barang-barang bekas yang biasanya langsung kita buang di tempat sampah. Misalkan pada dekorasi di depan altar dibuat seolah-olah ada jembatan diatas aliran air sungai yang biru dan jernih. Material jembatan tersebut dibuat dari kayu bekas dan material air dibuat dari pecahan kaca yang sudah tidak terpakai lagi. Tim Bunga mengatakan, hal ini untuk mengingatkan umat bahwa barang-barang yang sepertinya merupakan sampah yang sudah tidak terpakai kadang masih bisa digunakan kembali atau didaur ulang untuk fungsi lain. Pada dekorasi terdapat bola dunia yang terbuat dari rangkaian daun-daunan yang menggambarkan bumi kita yang masih hijau dan tidak tercemar lingkungan. Hal ini untuk menginspirasi kita untuk menjaga dan mengupayakan agar bumi yang sudah banyak tercemar ini kembali hijau dan asri.

(4)

Berita Utama

Selain lomba dekorasi ramah lingkungan, sebagai pengganti homili, dalam misa tanggal 4-5 Juni tersebut ditayangkan video Surat Gembala Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016 dari Bapak Uskup. Dalam surat gembala, Bapak Uskup menekankan kutipan dari Ensiklik Laudato Si’ yang mengatakan bahwa ketidakpedulian itu adalah bagian dari keserakahan, dan keserakahan adalah salah satu bentuk dosa ekologis. Karena itu, pertobatan ekologis menjadi sebuah keharusan bagi umat beriman. Menurut Paus, keterlibatan kita untuk menjaga lingkungan adalah sebuah keharusan iman, bukan sekedar pilihan. Melalui surat gembala itu, Bapak Uskup mengingatkan bahwa hidup kita juga tergantung pada ciptaan yang lain, maka menjaga kehidupan manusia tidak mungkin dilakukan tanpa upaya menjaga lingkungan. Oleh karena itu, dihimbau agar kita semakin mewujudkan kepedulian kita dalam gerakan-gerakan nyata yang sudah dirintis dan terus diupayakan di KAJ, seperti gerakan pantikfoam, gerakan memilah sampah, membuat sumur resapan, memanen air hujan, dan gerakan-gerakan lainnya.

Juga masih dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia, pada hari Minggu

5 Juni pk. 7.30 -12.00 di Paroki St. Bonaventura diadakan pameran “Green Sunday” yang juga merupakan bagian dari rangkaian acara menyambut Hari Ulang Tahun ke 39 Paroki. Pada pameran ini terdapat counter aneka obat, minuman herbal dan sayuran organik oleh Suster Fidelis, pameran biopori dan sumur resapan, dan pameran pembuatan pupuk kompos.

Semoga rangkaian kegiatan selama Minggu Hijau dapat menginspirasi kita semua untuk lebih mencintai dan memelihara tanaman dan lingkungan hidup kita serta mengingatkan kita untuk terus “Menjaga Ibu Bumi, Rahim Kehidupan” seperti himbauan dari Bapak Uskup.

Tim lomba dekorasi altar ramah lingkungan

(5)

Gerakan Silih Ekologis

Keuskupan Agung Jakarta

F

akta tentang pemanasan global dan perubahan iklim sudah

banyak diketahui dan dirasakan. Intinya sederhana: manusia menjadi penyebab utama. kekurangpedulian manusia menjadi bumerang bagi dirinya, selain karena ‘jejak karbon’ yang tidak bisa dihindarkan dari setiap upaya manusia mencari kemudahan untuk hidupnya. Terkait dengan masalah ini, Paus Fransiskus pada bulan Juni 2015 yang lalu mengeluarkan sebuah ensiklik berjudul “Laudato si’, on care for our common home.” Dalam ensiklik ini Paus mengajak kita merawat bumi sebagai rumah bersama sebaik-baiknya, juga demi generasi yang akan datang. Paus juga mengajak kita untuk melakukan tobat ekologis, karena selama ini kurang peduli. Beliau juga menyinggung tentang ‘hutang ekologis’ yang kita lakukan, dan sudah selayaknya kita membuat silih atas hutang dan dosa ekologis itu.

Dalam kesadaran penuh bahwa umat Katolik juga ikut melakukan hutang dan dosa ekologis, Gereja sebagai institusi pun mau bertobat dan memberikan silih. Untuk menindaklanjuti ajakan Paus Fransiskus, dengan ini diluncurkan sebuah

gerakan bernama Gerakan Silih Ekologis KAJ. Gerakan ini akan mengajak umat Keuskupan Agung Jakarta yang biasa melakukan perjalanan naik pesawat (atau kendaraan berbahan bakar karbon lainnya) untuk menyisihkan uang sebagai silih. Jumlahnya boleh ditentukan sendiri, meski dalam hitungan kasar kira-kira Rp 10.000,- setiap 1 jam terbang. Uang yang disisihkan sebagai silih ekologis ini akan diwujudkan dalam penanaman dan pemeliharaan pohon serta pengembangan kebun-kebun KAJ tadi menjadi tempat pendidikan ekologis. Keuskupan Agung Jakarta telah menyediakan setidaknya dua bidang tanah untuk dijadikan wujud pertobatan ini. Yang pertama ada di paroki St. Barnabas Pamulang, dan biasa disebut Kebun Darling (Sadar Lingkungan). Yang kedua di paroki St. Helena Curug Karawaci, biasa disebut Kebun Bumi Kahuripan. Masing-masing luasnya sekitar 1,1 ha. Penanaman pohon dan pengelolaannya untuk edukasi ekologis bagi umat maupun masyarakat di kebun itu sudah mulai dan akan dioptimalkan. Selain dua bidang tanah itu, ada dua-tiga bidang tanah lagi sedang dijajaki untuk digarap. (sumber: Booklet gerakan SILEKO)

Gerakan untuk selalu

berusaha menyisihkan

sebagian uang untuk

mengganti emisi karbon

yang ditimbulkan

karena perjalanan yang

dilakukan, khususnya

perjalanan naik pesawat,

dan memanfaatkan uang

itu untuk memelihara

bumi.

Kirimkan uang silih ekologis ke rekening Keuskupan Agung Jakarta:

Bank BCA no. 544-0177788 a.n. KAJ (Silih Ekologis)

(6)

JADWAL ADORASI “SATU JAM BERSAMA YESUS” 30 JUNI - 1 JULI

& St. Eduardus

Berita Paroki

Pelatihan BIDUK

Pada hari Sabtu tanggal 21 Mei 2016 jam 10 - 12 diadakan pelatihan BIDUK (Basis Integrasi Data Umat Keuskupan) bagi pengurus lingkungan di ASEKMA Don Bosco, Pulomas. BIDUK merupakan pencatatan system online data umat paroki-paroki di KAJ.

(7)

Warta Minggu

Senin, 27 Juni 2016 Hari Biasa Pekan XIII (H)

Am. 2:6-10,13-16; Mat. 8:18-22.

Camkanlah ini, hai kamu yang melupakan Allah.

Yosephine (Doa Angelus) + Fietje (Lektor)

Selasa, 28 Juni 2016

Pw S. Ireneus, Uskup & Martir (P)

Am. 3:1-8; 4:11-12; Mat. 8:23-27.

Tuhan, tuntunlah aku dalam keadilan-Mu.

Yani (Doa Angelus) + Hera Iswanto (Lektor)

Rabu, 29 Juni 2016

Hari Raya S. Petrus dan S. Paulus, RAS (M)

Kis. 17:15,22-18:1; Yoh. 16:12-15

Surga dan bumi penuh kemuliaan-Mu.

Fitje (Doa Rosario) + Hera Iswanto (Lektor)

Kamis, 30 Juni 2016 Hari Biasa Pekan XIII (H)

Am. 7:10-17; Mzm. 19:8,9,10,11; Mat. 9:1-8

Keputusan Tuhan itu benar, adil selalu.

Anna Maria (Doa Angelus) + Savitri (Lektor)

Jumat, 1 Juli 2016 Hari Biasa Pekan XIII (H)

Am. 8:4-6,9-12; Mzm. 119:2,10,20,30,40,131; Mat. 9:9-13

Manusia hidup bukan hanya dari roti tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.

Udith (Doa Angelus) + Eliswati (Lektor)

Sabtu, 2 Juli 2016 Hari Biasa Pekan XIII (H)

Am. 9:11-15; Mzm. 85:9,11-12,13-14; Mat. 9:14-17

Tuhan berbicara tentang damai kepada umat-Nya.

Bpk. Hendarso (Doa Angelus) + Henny (Lektor)

PETUGAS LITURGI & PENATA UMAT

JUMAT PERTAMA, 1 JULI 2016 Jumat Pertama 12.00

Wilayah IX

Hendrawati + Savitri

Koor Panti Asuhan Yayasan Keluarga Kasih

Jumat Pertama 18.30

Wilayah X Esthi + Vivi Koor St. Gregorius

SABTU - MINGGU, 2-3 JULI 2016 Sabtu 17.30

Lingkungan St. Eduardus Olivera + Hera Siboro + Ratna Koor Wilayah VII

Mazmur Hera Iswanto

Minggu 06.30

Lingkungan St. Yohanes Vrista + Wilsa + Anne Tanu Koor Lingkungan St. Tarsisius Mazmur H. Sinaga

Minggu 08.30

Lingkungan St. Anastasia

Hera Iswanto + Ien Donny + Helena Koor OMK Wilayah III

Mazmur Niken ASAK

Minggu 16.30

Lingkungan St. Theofilus

Roy + Adi + Karini Koor Wilayah II Mazmur Fr. Efendi

Minggu 18.30

Lingkungan St. Ignatius Loyola Monica + Anna S + Tintin

Koor OMK Wilayah IV Mazmur Br. Eman

Bidang Peribadatan

SEKSI LITURGI

PENANGGALAN GEREJA

Minggu, 26 Juni 2016 Hari Minggu Biasa ke XIII (H)

1Raj. 19:16b,19-21; Mzm. 16:1-2a,5,7-8,9-10,11; Gal 5:1,13-18; Luk. 9:51-62.Za. 12:10-11 ; 13:1

Bahagia kuterikat pada Yahwe, harapanku pada Allah Tuhan-ku.

(8)

Warta Minggu

SEKSI KATEKESE

BAPTIS BAYI /ANAK

Setiap minggu pertama bulan genap.

Persyaratan: Mengisi formulir yang bisa diambil di

sekretariat dan mengikuti rekoleksi 2x.

Rekoleksi Orangtua Calon Baptis

Setiap Bulan Ganjil Minggu I dan III pkl.10.00 di

Wisma St. Bonaventura, Lt.2. Rekoleksi ini sebagai

syarat mengikuti Permandian Bayi/Balita.

SEKSI KERASULAN KELUARGA

Akan Saling Menerimakan Sakramen Perkawinan Sebagai Pengumuman Ketiga:

• Yulianus Stefanus Awe dari Lingk. St. Elisabet dengan Morgenia Herlin Jelalu dari Lingk. St. Monika.

Bagi umat yang mengetahui halangan perkawinan mereka wajib memberitahukannya ke Pastor Paroki

SEKSI PELAYANAN SOSIAL EKONOMI

Poliklinik, Minggu 3 Juli 2016

Dr. Edward – Ibu Bwee

Ibu Tuti H – Ibu Ibu Sardi

Klinik Gigi, Minggu 3 Juli 2016

Tutup

PROGRAM BKSY PROGRAM BKSY (Belarasa Kema

-tian dan Kesehatan St.Yusup)

Peserta BKSY per 10 April 2016 = 1.770 orang.

Pendaftaran & Informasi:

Melalui Ketua Lingkungan masing2 atau Bpk. Kunardi HP 0815.896.2011; Ibu Yocky HP 0856.8888.756; atau

setiap hari Minggu pkl.10.00-12.00 di Ruang PSE.

PENDAFTARAN ULANG PESERTA BKSY

Formulir Renewal Peserta BKSY rutin di-drop ke Box-Surat masing2 Lingkungan. Mohon ditindak lanjuti

untuk Perpanjangannya.

NOVENA KERAHIMAN

Novena Tahun Suci Luar Biasa Kerahiman Allah yang ke-6, Sabtu 2 Juli 2016 pkl.17.30 dibawakan oleh Romo Th. Aq. Rochadi Widagdo, Pr. dan dilanjutkan dengan Cafe Rohani di Ruang Paulus Lt.1. Mohon kehadiran umat.

DOA KERAHIMAN ILAHI & KORONKA

Setiap hari Kamis diadakan Doa Kerahiman Ilahi pada

pkl.14.45 dilanjutkan dengan Doa Koronka di Ruang Adorasi Lt.1.

Setiap Misa Jumat Pertama pkl. 12.00 & 18.30, diada -kan Misa Kerahiman Ilahi yang a-kan diawali dengan Doa Koronka 30 menit sebelum misa.

JADWAL PERANGKAI BUNGA

Minggu I 1-2-3 Juli : Kelompok 1 (Jumper) Minggu II 9-10 Juli : Kelompok 5

Minggu III 16-17 Juli : Kelompok 2 Minggu IV 23-24 Juli : Kelompok 3

Minggu V 30-31 Juli : Kelompok 1 & 7

INFORMASI UMUM

• Jadwal Liturgi Juli 2016 sudah tersedia, dapat diambil di Sekretariat.

• Jadwal Prodiakon bulan Juli 2016, bisa diambil di

Ruang Ganti Prodiakon.

KOMUNITAS AWAM PENDOA

• Latihan Ibadat Pagi (Laudes), diadakan setiap

hari Senin pkl.18.30 sd 19.30

• Ibadat Pagi (Laudes), diselenggarakan setiap

Selasa pkl.05.30 sebelum misa harian. Mohon kehadiran umat

Bidang Pewartaan

Bidang Pelayanan

SUB-SEKSI KRISMA

Telah dibuka pendaftaran untuk Penerimaan

Sakramen Krisma 20 November 2016. Syarat telah menerima Komuni Pertama dan usia 13 thn atau kelas 1 SMP. Pelajaran dimulai Minggu 14 Agustus 2016.

KURSUS PENDIDIKAN KITAB SUCI ST. PAULUS (KPKS)

Membuka Kelas Baru, Pendaftaran sampai tgl. 11

Juli 2016, mulai 09 Agustus 2016. Informasi dan

pendaftaran hub. Alfons 0857.7912.4012, Wim 0811.8632.14, Johannes 0813.4023.7478.

MISA ANAK

Misa anak pada bulan Juni akan diadakan pada tgl. 26 Juni 2016 pkl. 08.30

(9)

Warta Minggu

DONATUR / PENYUMBANG DANA-BKSY (per 10-4-2016) Terima kasih yang se-besar2nya kepada 54 Donatur Dana BKSY, dan silahkan donatur lainnya agar menyusul untuk berpartisipasi.

KOPERASI USB

Membuka pendaftaran anggota baru. Silahkan datang ke Koperasi setiap hari Minggu pkl. 09.00 sd 12.00.

SEKSI PENDIDIKAN

Mohon menyerahkan Foto Copy Raport Semester Ge-nap 2015-2016 rangkap 2 ke kotak ASAK di sekretariat paling lambat hari Minggu, 17 Juli 2016.

Umat Paroki yang ingin menjadi Donatur Program ASAK , dapat mengunjungi pengurus di ruang ASAK,

Wisma St. Bonaventura lt dasar pada hari minggu I & II tiap bulan pkl.10.00 setelah selesai misa kedua.

JADWAL KUNJUNGAN ORANG SAKIT

Sabtu, 2 Juli 2016 Wilayah IV

Sabtu, 2 Juli 2016 Wilayah X (Perubahan dari 9 Juli) Sabtu, 9 Juli 2016 Wilayah III (Perubahan dari 4 Juni)

SIMEON – HANA

Kamis Minggu I dan III : Senam Kamis Minggu II : Libur Kamis Minggu IV : Misa Syukur Mohon kehadiran anggota.

MARRIAGE ENCOUNTER

WEEKEND ME

ME mengundang pasangan suami istri yang ingin menghangatkan kembali relasi suami istri dan belum

pernah bergabung dalam ME untuk mengikuti

Week-end yang akan diadakan pada 22-24 Juli 2016 di Puri Avia Gadog Puncak.

Pendaftaran

1. Sindhu & Dina: 489.4650, 0818.763324 2. A. Santoso & Yuliani: 489.78.45, 0812.9132.448 3. Patrick & Paula 0813.8041.0295

PERSEKUTUAN DOA PEMBAHARUAN KARISMA-TIK KATOLIK ST. BONAVENTURA

Selasa 28 Juni kegiatan PD PKK LIBUR.

NOVENA LEGIO MARIA

Novena Legio Maria Rabu 29 Juni pkl.10.00 di Wisma St. Bonaventura, Ruang Paulus lt.1 dengan tema

“Hidup yang menghasilkan buah” dibawakan oleh Rm. Didit Soepartono, Pr. Mohon kehadiran anggota.

MEDITASI LUMEN CHRISTI

Kegiatan Meditasi tgl.22, 29 Juni dan 6 Juli LIBUR. Akan

mulai lagi seperti biasa tgl.13 Juli 2016.

PANITIA HUT KE-39 PAROKI PULOMAS

Bona Fit (Aerobic & Dance Together)

Sabtu 16 Juli 2016 pkl.07.00 – 09.00

• Kepada seluruh seksi, sub seksi, kelompok kat-egorial dan umat yang ingin memasukkan

pengu-muman ke Warta Minggu / Warta Bonaventura

agar membuat dalam form di sekretariat. Dan batas waktu adalah hari Kamis pukul 12.00 untuk Warta Minggu dan hari Senin pukul 12.00 untuk Warta Bonaventura.

• Telah disediakan kotak tanda terima kasih untuk kar-yawan paroki St Bonaventura Pulomas di samping kiri dan kanan gereja dan di depan sekretariat. Umat yang ingin memberikan tanda terima kasih agar memasukkan pada kotak tersebut.Tanda terima kasih yang terkumpul akan dibagikan merata untuk semua karyawan paroki. Mohon AMPLOP GEMATI dikumpulkan di kotak GEMATI yang ada di Pintu Gereja pada saat misa

min-gguan 25 & 26 Juni 2016

KOLEKTE MISA MINGGU INI UNTUK TAKHTA SUCI

Bidang Persekutuan

(10)

JAWABAN ACAK KATA EDISI APRIL 2016 Acak Kata

INJIL YOHANES BAB SEPULUH AYAT EMPATBELAS

AKULAH GEMBALA YANG BAIK DAN AKU MENGENAL DOMBAKU DAN DOMBADOMBA KU MENGENAL AKU

WARTA BONAVENTURA - Bagi lingkungan, wilayah, kelompok kategorial yang ingin memasukkan liputan kegiatan atau pengumuman di Warta Bonaventura, silakan untuk menghubungi Komsos Bonaventura melalui email di komsosbona@ gmail.com. Warta Bonaventura terbit setiap sabtu/minggu terakhir dalam bulan. Untuk dapat dimasukkan dalam edisi bulan tersebut, Artikel/foto/pengumuman kami terima paling lambat 10 hari sebelum tanggal terbit. Terima kasih.

(11)

Renungan

Percikan

S

ebagai orang Katolik yang baik dan menjalankan kewajiban agama sebagai kebutuhan. Seseorang pernah mengatakan bahwa orang Katolik diumpamakan kepada tiga jenis kapal; Jenis pertama ialah kapal penarik yaitu orang Katolik yang mengikuti Yesus tidak hanya waktu cuara cerah tetapi juga waktu cuaca badai. Orang yang mengikuti Yesus bukan hanya waktu angin dan pasang datang, bahkan tanpa angin dan pasang pun mereka tetap berjalan dan mengikutiNya. Mereka pergi ke Gereja dan mengikuti misa bukan karena wajib atau harus tetapi karena mereka mau dan kesadaran sendiri. Mereka melihatnya sebagai kebutuhan. Mereka menghayati ekaristi karena Yesus mengatakan,

“Lakukanlah ini sebagai kenangan akan Daku.” Mereka berbuat kasih dan menolong orang lain bukan karena terpaksa dan ingin mendapat pujian dari orang lain tetapi lebih karena Yesus mengajak, “Kasihilah seorang akan yang lain seperti Aku mengasihimu.

Jenis kedua ialah Kapal layar, yaitu orang yang mengikuti Yesus ketika angin dan pasang datang. Mereka tergantung dari orang lain. Ketika angin dan pasang tidak datang, mereka juga pasif dan tidak bergerak dan maju. Ialah orang yang pergi ke Gereja atau menghadiri misa hanya karena orang lain (keluarga, teman, dan tetangga) yang mengajak. Kalau orang lain tidak mengajak, mereka juga tidak pergi.

Jenis ketiga ialah rakit, yaitu orang kristen yang hanya nama saja, atau KTP saja. Katolik tanpa penghayatan. Mereka tidak menyadari statusnya sebagai orang kristen yang adalah pengikut Yesus. Mereka tidak sungguh mengikuti Yesus bahkan waktu angin dan pasang sekalipun ada. Mereka cuek. Mereka menjadi orang Katolik hanya karena terpaksa dan bukan karena kebanggaan, kesadaran dan keinginan. Mereka tidak ke Gereja atau menghadiri misa kendatipun orang lain mengajak dan mendorong. Biasanya mereka selalu mencari alasan untuk tidak seperti dan bahkan untuk membenarkan diri.

Yang manakah kita? Kita bisa menjawabnya dalam hati kita masing-masing. Kita jangan merasa pesimis dan sedih kalau kita masih termasuk ke dalam jenis yang ketiga, atau yang kedua. Kita bisa “melompat” ke jenis yang pertama, menjadi “kapal penarik, menjadi orang kristen yang sejati yang mengikut Yesus kendatipun banyak tantangan dan perjuangan. Ini perjuangan kita bersama untuk menjadi orang kristen bukan karena terpaksa, tetapi karena kita mau, ingin, dan kita bangga menjadi orang Katolik dan menjadi pengikut Kristus. (Suster FSGM - Kp. Ambon)

(12)

Berita Paroki

Konferensi Cabang

-P

ada Hari Sabtu tanggal 28 Mei 2016, di Aula lantai 3 Wisma St. Bonaventura diadakan Konferensi Cabang Wanita Katolik R.I. Dewan Pengurus Cabang St. Bonaventura. Acara diawali dengan doa pembukaan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Wanita Katolik RI.

WKRI Cabang St. Bonaventura

Launching Rosario Merah Putih

Launching Rosario Merah Putih di Paroki St. Bonaventura sebelum Misa Sabtu tanggal 30 April 2016. Romo Natalis memberkati 1000 rosario merah putih yang dibuat oleh umat paroki. Rosario ini lalu dibagikan untuk umat dan dilanjutkan dengan doa rosario bersama.

Konferensi ini dibagi dalam beberapa Sidang Pleno dan juga sidang-sidang komisi dan tim, yaitu Komisi Rencana Kerja, Komisi Pengembangan Kualitas Organisasi, Tim Verifikasi Keuangan, dan Tim Pemilihan. Pada konferensi ini dilakukan pemilihan dan pengangkatan Dewan Pengurus Cabang baru.

(13)

Berita Paroki

Ziarah Tahun Yubileum Kerahiman Allah

M

enurut panduan Tahun Yubileum Kerahiman Allah 2016 Keuskupan Agung Jakarta, salah satu syarat untuk mendapatkan indulgensi penuh adalah dengan melakukan ziarah sembilan Gereja di KAJ. Umat dapat memilih sendiri Gereja yang akan dikunjungi, dengan catatan bahwa salah satu dari 9 Gereja itu adalah Gereja Katedral, mengutamakan untuk mengunjungi paroki yang sedang “berjuang”, dan dapat juga mengunjungi tempat ziarah alternatif lainnya seperti Susteran Gembala Baik Jatnegara, Wisma Samadi Klender, & kapel-kapel yang ada di Jakarta.

Maka, banyak warga lingkungan di Paroki kita yang mengadakan kegiatan ziarah bersama-sama. Misalkan Lingkungan St. Bernadette Soubirous yang diberitakan dalam Warta Bonaventura Edisi April 2016 yang lalu, Lingkungan St. Margaretha yang pada hari Sabtu tanggal 28 Mei 2016 mengadakan ziarah ke Gereja St. Leo Agung Jatiwaringin, Katedral, dan Gereja Salib Suci Cilincing, dan Lingkungan St. Elizabeth yang pada Sabtu 11 Juni 2016 melakukan ziarah ke Gereja St. Leo Agung Jatiwaringin, Gereja Kalvari Lubang Buaya, Gereja St. Servasius Kampung Sawah, Kapel Kanisius Menteng, dan Gereja Katedral. Berikut kisah dari ziarah Lingkungan St. Elizabeth.

Tujuan pertama kami adalah Gereja St. Leo Agung, Jati Waringin. Ternyata banyak para peziarah yang juga

mengunjungi gereja ini. Tetapi tidak membuat kekhusukan dan kekhidmatan ziarah menjadi terganggu. Rombongan peziarah juga saling menghormati dengan berdoa dan bernyanyi setengah suara sehingga tidak menggangu rombongan peziarah yang lain.

Gereja kedua adalah St. Kalvari, Lubang Buaya. Tidak berbeda dengan Gereja St. Leo Agung , di Paroki Lubang Buaya ini juga banyak dikunjungi para peziarah.

Dilanjutkan dengan gereja ketiga, yaitu Gereja St. Servatius, Kampung Sawah. Gereja yang kental dengan nuansa Betawi ini memberikan warna yang berbeda dari dua gereja yang kami kunjungi sebelumnya.

Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan ke Kapel Canisius, Menteng. Tidak ada rombongan peziarah yang lain, hanya kami, 15 orang warga lingkungan. Hal ini membuat kami dapat berdoa dengan lebih tenang dan bernyanyi dengan lebih kencang

Dan tempat terakhir dari peziarahan kami adalah Gereja Katedral. kami melanjutkan ziarah kami di dalam gereja dan dilanjutkan dengan doa pribadi di Gua Maria.

Begitu banyak kemudahan yang kami alami selama perziarahan di lima gereja ini. Semoga peziarahan kami di empat gereja berikutnya juga dimudahkan sehingga rahmat Kerahiman Allah dapat terus kami rasakan. Amin... (Sakeng/Radas)

Lingkungan St. Elizabeth

Lingkungan St. Elizabeth

(14)

HUT 39 GEREJA ST. BONAVENTURA PULOMAS

Seminar Memelihara bumi dengan Hati Nurani

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-39 Paroki St. Bonaventura, diadakan berbagai kegiatan di Paroki yang dimulai dengan lomba mewarnai untuk anak paroki pada tanggal 22 Mei yang lalu. Beberapa kegiatan lain yang juga sudah dilaksanakan yaitu Seminar mengenai lingkungan tanggal 29 Mei, Lomba Memasak OMK tanggal 4 Juni, dan pameran Green Sunday tanggal 5 Juni.

Seminar yang diadakan tanggal 29 Mei tersebut bertemakan Memelihara Bumi dengan Hati Nurani. Acara ini diadakan di aula lantai 3 Wisma St. Bonaventura pada pukul 10.30. Seminar dibawakan oleh Romo Andang Binawan, SJ. Dalam seminar tersebut, Romo Andang mengajak peserta untuk memahami mengapa orang Katolik diajak untuk ikut juga peduli terhadap lingkungan. Romo mengatakan bahwa kerusakan lingkungan yang terjadi selama ini adalah akibat ketidakpedulian manusia yang sering kali memegang budaya tidak mau repot dan budaya gampang membuang. Padahal sebagai pengikut Kristus, kita diajak untuk mencintai Tuhan dan mencintai sesama. Siapakah sesama itu? Santo Fransiskus memiliki pandangan bahwa semua adalah saudara karena semua merupakan ciptaan Bapa - termasuk bumi dan segala isinya, termasuk lingkungan hidup.

Setelah sesi bersama Romo Andang, acara dilanjutkan presentasi mengenai pembuatan pupuk Kompos dari sampah rumah tangga dan juga mengenai menanam tanaman organik di rumah oleh Suster Fidelis FSGM. Para peserta mendengarkan presentasi dari Suster sambil menikmati makan siang bersama. Acara diakhiri dengan penutup dari Romo Hendar. Sebagai kenang-kenangan, setiap peserta mendapatkan tanaman hidup untuk dibawa pulang dan ditanam di rumah masing-masing.

(15)

HUT 39 GEREJA ST. BONAVENTURA PULOMAS

Lomba Mewarnai Anak Paroki

& Lomba Masak OMK

Lomba Mewarnai diadakan di aula lantai 3 Wisma St. Bonaventura pada hari Minggu pagi tanggal 22 Mei. Ruang aula disulap oleh panitia menjadi penuh warna dan keceriaan sehingga anak-anak juga bersemangat untuk mewarnai.

Lomba Masak OMK diikuti oleh tim dari OMK wilayah. Setiap tim terdiri dari tiga OMK. Mereka berlomba untuk membuat nasi goreng terenak dan disajikan sekreatif mungkin dengan bahan-bahan dan alat masak yang telah disediakan oleh panitia. Lomba ini diadakan pada hari Sabtu pagi tanggal 4 Juni.

(16)

16

~ SILAKAN DIBAWA PULANG ~

Galeri Paroki

KEP 18

Suasana retret perutusan KEP 18 bersama panitia KEP dan didampingi oleh PDPKK St. Bonaventura tanggal 4 & 5 Juni di Wisma Samadi

Fellowship Putra Putri Altar bersama PD PKK

John Paul II Cup

Juara I lomba Cooking Adventure

Tim Misdinar St. Bonaventura

Referensi

Dokumen terkait

Deskripsi hasil penelitian digunakan untuk mendeskripsikan masing-masing variabel penelitian yang sesuai dengan penjelasan pada bab sebelumnya, diketahui bahwa variabel

Menurut pernyataan Abel, Irvan dan Manja sebagai siswa yang masih aktif disekolahnya dan juga mereka melihat dari pengalaman pemberian materi pendidikan seks di

CITRA KELOMPOK OZORA DANCER DI KALANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA (REGULER). 13 B 27 Mei 2016

DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF MATEMATIKA.. (Pada Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Blimbing,

Cara penyambungan yang memenuhi persyaratan (contohnya: stopkontak dan steker yang memenuhi persyaratan) Kebel yang lengkap tanpa sambungan Suplai Listrik ATAU Unit Dalam

Puji syukur kehadiran Allah SWT atasa segala rahmat,hidayah serta pertolonganya sehingga skripsi dengan judul ”Pengaruh Share Growth, Ukuran KAP, Pergantian

Tingkat akurasi sistem analisis sentimen pengguna jejaring sosial dengan menggunakan metode Support Vector Machine adalah 81 % atau sebanyak 243 kicauan yang

Ganyong (C.edulis) merupakan tanaman yang efisien, kelebihan ganyong dengan umbi-umbian yang lain yaitu umbi yang dapat dimakan mencapai 68 % dari berat rimpang