PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL DENGAN MODIFIKASI BOLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS VIII A SMP KRISTEN 4 MONGINSIDI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 20162017

16 

Teks penuh

(1)

i

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL DENGAN

MODIFIKASI BOLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

PASSING ATAS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS VIII A SMP KRISTEN 4 MONGINSIDI SURAKARTA

TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SKRIPSI

Oleh :

VERONICA SUHENI

K5613078

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS SEBELAS MARET

SURAKARTA

(2)

ii

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL DENGAN

MODIFIKASI BOLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

PASSING ATAS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS VIII A SMP KRISTEN 4 MONGINSIDI SURAKARTA

TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Oleh :

VERONICA SUHENI

K5613078

Skripsi

Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Mendapatkan Gelar

Sarjana Pendidikan Pada Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS SEBELAS MARET

SURAKARTA

(3)

iii

PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Veronica Suheni

NIM : K5613078

Program Studi : Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Menyatakan bahwa skripsi saya berjudul ”PENERAPAN METODE

PEMBELAJARAN DRILL DENGAN MODIFIKASI BOLA UNTUK

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLAVOLI PADA

SISWA KELAS VIII A SMP KRISTEN 4 MONGINSIDI SURAKARTA TAHUN PELAJRAN 2016/2017” ni benar-benar merupakan hasil karya saya sendiri. Selain itu, sumber informasi yang dikutip dari penulis lain telah disebutkan dalam teks dan dicantumkan dalam daftar pustaka.

Apabila pada kemudian hari terbukti atau dapat dibuktikan skripsi ini hasil jiplakan, saya bersedia menerima sanksi atas perbuatan saya.

Surakarta, Juni 2017 Yang membuat pernyataan

(4)

iv PERSETUJUAN

Nama : Veronica Suheni

NIM : K5613078

Judul Skripsi : Penerapan Metode Pembelajaran Drill Dengan Modifikasi Bola Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas Bolavoli Pada Siswa Kelas VIII A SMP Kristen 4 Monginsidi Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.

Skripsi ini telah disetujui untuk dipertahankan di hadapan Tim Penguji Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

(5)

v

(6)

vi ABSTRAK

Veronica Suheni. K5613078. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL DENGAN MODIFIKASI BOLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS VIII A SMP KRISTEN 4 MONGINSIDI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2017.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar passing atas bolavoli melalui penerapan metode pembelajaran drill dengan modifikasi bola pada siswa kelas VIII A SMP Kristen 4 Monginsidi Surakarta tahun pelajaran 2016/2017.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Kristen 4 Monginsidi Surakarta yang berjumlah 20 siswa, yang terdiri dari 12 siswa putra dan 8 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru,siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah melalui tes praktik dan observasi dari proses kegiatan pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kuantatif dengan prosentase. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.

Hasil analisis data dapat disampaikan sebagai berikut: hasil belajar passing atas bolavoli siswa pada Siklus I dari 20 siswa mencapai 65.00% atau sebanyak 13 siswa sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 85.00% atau sebanyak 17 siswa sudah masuk kriteria tuntas, sedangkan pada akhir siklus II ada 3 siswa yang belum tuntas. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran drill dengan modifikasi bola dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bolavoli pada siswa kelas VIII A SMP Kristen 4 Monginsidi Surakarta tahun pelajaran 2016/2017.

(7)

vii ABSTRACT

Veronica Suheni. K5613078. THE IMPLEMENTATION OF DRILL LEARNING METHOD WITH BALL MODIFICATION TO IMPROVE RESULT LEARN PASSING ON THE VOLLEYBALL ON THE STUDENTS VIII A GRADE SMP KRISTEN 4 MONGINSIDI SURAKARTA IN THE SCHOOL YEAR OF 2016/2017. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University, Surakarta, June 2017.

This study aims to improve result learn passing on the volleyball through the implementation of drill learning method with the modification of the ball on the students VIII A grade SMP Kristen 4 Monginsidi Surakarta in the year school of 2016/2017.

This study was a Classroom Action Research (CAR). The study was taken place in two cycles, each of which consisted of planning, acting, observing, and reflecting. The subject of research was the students VIII A grade of SMP Kristen 4 Monginsidi Surakarta consisting of 20 students: 12 boys and 8 girls. Data source derived from teacher, students and author. Techniques of collecting data is through test, the result passing on volleyball and observations of the activities of learning. Data validation was carried out using data triangulation technique. Data analysis use a technique the descriptive are based on quantitative analysis with presntage. The procedure of this study include planning, acting, observing, and reflecting.

The result of data analysis was as follows. The learning passing on the volleyball showed that 13 (65.00%) of 20 students had passed successfully in cycle I and 17 (85.00%) had passed successfully in cycle II, while at the end of cycle II were 4 students had not passed successfully. Based on the results of data analysis, it could be concluded that the implementation of drill learning method with ball modification could improve result learn passing over on the volleyball on the students viii a grade smp kristen 4 monginsidi surakarta in the school year of 2016/201.

(8)

viii MOTTO

”Tak kenal kata lelah untuk berjuang, karna setiap akhir dari sebuah proses akan dimulai dengan perjuangan yang baru lagi”

(Penulis)

”Sebab itu janganlah kamu khawatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.”

(Matius 6:34)

” Tidak ada rahasia untuk sukses. Ini adalah hasil persiapan, kerja keras dan belajar dari kesalahan ”

(9)

ix

PERSEMBAHAN

Skripsi ini saya persembahkan untuk:

Bapak Markus Wagino dan Ibu Anastacia Sarni (orang tua)

”Tanpa kasih sayang, perhatian dan dasar hidup yang mereka tanamkan, saya bukanlah siapa-siapa. Terimakasih yang telah memberikan dukungan moril maupun materi serta doa. Terimalah persembahan kecil ini sebagai tanda bakti ku, semoga ini menjadi perjuangan baru untuk melangkah maju dan meraih kesuksesan”

Saudara (Kakak dan Adik)

”Terimakasih dan sayangku untuk kalian, yang senantiasa memberikan dukungan, semangat, senyum dan doanya untuk keberhasilan ini ”

Teman-teman Seperjuangan Penkepor 2013

(10)

x

KATA PENGANTAR

Puji syukur peneliti panjatkan ke hadirat Tuhan Ynag Maha Esa, karena telah memberika rahmat dan karunia-Nya berupa ilmu, inspirasi, kesehatan dan keselamatan. Atas kehendak-Nya peneliti dapat menyelesaikan skripsi dengan

judul ”PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL DENGAN

MODIFIKASI BOLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

PASSING ATAS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS VIII A SMP

KRISTEN 4 MONGINSIDI SURAKARTA TAHUN PELAJRAN

2016/2017”.

Skripsi ini disusun untuk memenuhi sebagian persyaratan untuk mendapatkan gelar Sarjana pada Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Peneliti menyadari bahwa menyelesaikannya skripsi ini terlepas dari bantuan, bimbingan, dan pengarahan dari berbagai pihak. Untuk itu, peneliti menyampaikan terimakasih kepada:

1. Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd., Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

2. Drs. Agustiyanto, M.Pd., Ketua Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta dan selaku Pembimbing I, yang selalu memberikan motivasi serta bimbingan dalam penyusunan skripsi ini.

3. Dr. Islahuzzaman Nuriyadin, S.Pd., M.Or., selaku Pembimbing II, yang selalu memberikan pengarahan dan bimbingan dalam penyusunan skripsi ini. 4. Kristianto, S.Pd., Kepala SMP Kristen 4 Monginsidi Surakarta, yang telah

memberi kesempatan dan tempat guna pengambilan data penelitian.

5. Adityo Yunanto, S.Pd., selaku guru mata pelajaran Pendidikan Jasmani SMP Kristen 4 Monginsidi Surakarta, yang telah memberikan bimbingan dan bantuan dalam penelitian.

(11)

xi

7. Kedua orang tua, yang selalu memberikan motivasi dan dukungan selama penyusunan skripsi ini.

8. Teman-teman Pendidikan Kepelatihan Olahraga 2013, yang telah membantu pelaksanaan selama penelitian ini berlangsung.

Peneliti menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari sempurna dan hal ini antara lain karena keterbatasan peneliti. Meskipun demikian, peneliti berharap semoga skripsi ini bermanfaat bagi pembaca dan pengembangan ilmu.

Surakarta, Juni 2017

(12)

xii

BAB II KAJIAN PUSTAKA DAN KERANGKA BERPIKIR A. Kajian Pustaka ... 6

7. Metode Drill Menggunakan Modifikasi Bola Spon Dalam 8. Pembelajaran Passing Atas Bolavoli ... 36

(13)

xiii

BAB IV HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN A. Hasil Penelitian ... 51

1. Data Pra Tindakan ... 51

2. Hasil Tindakan Siklus I ... 54

3. Hasil TIndakan Siklus II ... 68

4. Perbandingan Hasil Tindakan Antarsiklus ... 79

B. Pembahasan ... 80

BAB V SIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN A. Simpulan ... 86

B. Implikasi ... 86

C. Saran ... 87

DAFTAR PUSTAKA ... 88

(14)

xiv DAFTAR TABEL

Tabel Halaman

1. Jenis-jenis Metode Pembelajaran ... 29

2. Rincian Jadwal Pelaksanaan Penelitian ... 43

3. Teknik Pengumpulan Data dan Alat Penelitian... 45

4. Indikator Pencapaian Hasil Belajar Siswa ... 47

5. Data Awal Hasil Belajar Passing Atas Bolavoli Sebelum Diberi Tindakan Penerapan Metode Pembelajaran Drill Dengan Modifikasi Bola ... 53

6. Prosentase Data Hasil Belajar Passing Atas Bolavoli Akhir Siklus I .... 65

7. Prosentase Data Hasil Belajar Passing Atas Bolavoli Akhir Siklus I .... 77

8. Perbandingan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Passing Atas Bolavoli Antar Siklus ... 80

9. Perbandingan Peningkatan Hasil Belajar Passing Atas Bolavoli Dari Kondisi Awal ke Siklus I... 82

10.Perbandingan Peningkatan Hasil Belajar Passing Atas Bolavoli Dari Siklus I ke Siklus II ... 84

(15)

xv

DAFTAR GAMBAR

Gambar Halaman

1. Rangkaian Gerakan Servis Tangan Bawah ... 9

2. Rangkaian Gerakan Servis Atas Kepala ... 10

3. Rangkaian Gerakan Passing Bawah ... 11

4. Rangkaian Gerakan Teknik Dasar Passing Atas ... 12

5. Rangkaian Gerakan Smash ... 14

6. Rangkaian Gerakan Block Perorangan ... 15

7. Sikap Permulaan Passing Atas Bolavoli ... 18

8. Sikap Tangan Saat Perkenaan Antara Jari dan Bola ... 18

9. Rangkaian Gerakan Teknik Passing Atas Bolavoli ... 19

10.Alur Kerangka Berpikir ... 42

11.Prosedur Penelitian Tindakan Kelas ... 48

12.Prosentase Data Awal Hasil Belajar Passing Atas Bolavoli ... 53

13.Prosentase Data Hasil Belajar Passing Atas Bolavoli Siklus I ... 65

14.Prosentase Data Hasil Belajar Passing Atas Bolavoli Siklus II ... 77

15.Perbandingan Prosentase Hasil Belajar Pada Pembelajaran Passing Atas Bolavoli Antar Siklus ... 81

16.Perbandingan Peningkatan Prosentase Hasil Belajar Passing Atas Bolavoli Dari Kondisi Awal ke Siklus I... 83

17.Perbandingan Peningkatan Prosentase Hasil Belajar Passing Atas Bolavoli Siklus I Awal ke Siklus II ... 84

(16)

xvi

DAFTAR LAMPIRAN

1. Silabus Pembelajaran ... 90

2. Rencana Pelakasanaan Pembelajaran Siklus I ... 92

3. Rencana Pelakasanaan Pembelajaran Siklus II ... 110

4. Nilai Prasiklus ... 124

5. Rekapitulasi Presensi Siklus I ... 125

6. Rekapitulasi Presensi Siklus II ... 126

7. Rekapitulasi Hasil Penelitian Aspek Psikomotor Siklus I ... 127

8. Rekapitulasi Hasil Penelitian Aspek Kognitif Siklus I ... 133

9. Rekapitulasi Hasil Penelitian Aspek Afektif Siklus I ... 134

10.Hasil Penilaian Siklus I ... 138

11.Rekapitulasi Hasil Penelitian Aspek Psikomotor Siklus II ... 139

12.Rekapitulasi Hasil Penelitian Aspek Kognitif Siklus II ... 145

13.Rekapitulasi Hasil Penelitian Aspek Afektif Siklus II ... 146

14.Hasil Penelitian Siklus II ... 150

15.Dokumentasi Tindakan Siklus I Pertemuan 1 ... 151

16.Dokumentasi Tindakan Siklus I Pertemuan 2 ... 152

17.Dokumentasi Tindakan Siklus I Pertemuan 3 ... 154

18.Dokumentasi Tindakan Siklus II Pertemuan 1 ... 155

19.Dokumentasi Tindakan Siklus II Pertemuan 2 ... 157

20.Validasi Proposal ... 158

21.Surat Permohonan Ijin Menyusun Skripsi ... 159

22.Surat Keputusan Dekan FKIP ... 160

23.Surat Permohonan Ijin Penelitian ... 161

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...