Anda bisa kunjungi blog saya yang sederhana di

Teks penuh

(1)

Seluruh artikel ini ditulis oleh Gm.Susanto, seorang praktisi Internet Marketing yang lebih suka bekerja dari rumah dengan dibantu belasan karyawan yang bisa dipercaya.

Anda bisa membagikan ebook ini secara gratis kepada teman (kantor) Anda, sahabat Anda bahkan keluarga Anda, khususnya kepada mereka yang sedang tertarik menjalankan bisnis secara online.

Bahkan Anda boleh mengubah isi artikel ini secara bebas, menambah, mengoreksi kesalahan saya dan membuatnya menjadi lebih baik lagi sehingga isinya akan jauh lebih bermanfaat untuk orang lain!

Anda bisa kunjungi blog saya yang sederhana di www.kayadaribisnisinternet.com Blog tersebut adalah media untuk menampung sebagian tulisan saya tentang Internet marketing yang telah sedikit membantu ribuan pelaku bisnis online pemula

Untuk kemajuan internet marketing di indonesia Salam hangat,

Temanmu, Gm.Susanto

(2)

Disclaimer

Perkembangan internet marketing sangat cepat, karena itu dalam serial tulisan yang saya bagikan secara gratis tentang tentang Internet marketing ini, bisa jadi ISI PESAN yang sudah dibagikan akan terus mengalami update dan perkembangan.

Tips-tips yang proven untuk saya bisa jadi telah mengalami perubahan dengan cepat, karena itu bagi pembaca yang ingin mempraktekkan isi dari tulisan saya, disarankan untuk mau terus membuka pikiran dan mau terus belajar dari sumber lain, baik itu dari pengalaman teman-teman IM lain ataupun dari materi IM berbayar yang Anda ikuti.

Saya bukanlah seorang expert di bidang IM karena itu saya akan lebih spesifik berbagi melalui tulisan dari apa yang sudah saya lakukan selama ini yaitu:

- Saya memperoleh penghasilan dari internet dengan menjual keahlian dan pengalaman saya yang saya kemas melalui situs membership (keanggotaan)

- Saya memperoleh penghasilan dari internet dengan menjadi affiliate marketer

- Saya memperoleh penghasilan dari internet dengan menjual produk fisik melalui toko online Kemudian untuk strategi promosi, saya juga akan lebih spesifik berbicara tentang 3 media promosi melalui PPC Ads, Artikel Marketing, dan Email Marketing.

Karena sampai hari ini 3 metode itu-lah yang terus saya lakukan dan saya akan berbagi dari apa yang saya tahu dari proses pengalaman saya, anda boleh tidak setuju dan bahkan memberikan masukan untuk menyempurnakan isi pesan tulisan saya ini sehingga pada akhirnya orang lain bisa mendapatkan manfaat yang lebih besar

Seluruh isi tema, strategi, tips dan panduan yang saya tulis tidak serta merta menjamin keberhasilan anda, untuk memperoleh hasil yang sama dalam waktu cepat. Karena ini tergantung pada

kemampuan setiap orang dalam menerapkan pesan-pesan dari tulisan saya, kreativitas dan usaha yang dilakukan secara konsisten, hari demi hari.

Saya tahu faktor pengetahuan dan keterampilan orang berbeda satu dengan yang lainnya. Anda bisa berhasil mendapatkan penghasilan yang cukup dari internet dengan menguasai ilmu-ilmu yang diperlukan dan menerapkannya dengan benar dan memiliki teman/mentor yang bisa berbagi dengan Anda.

(3)

3

SERIAL GOOGLE ADWORDS

“STUDI KASUS Google Adwords: Bagaimana Mendapatkan

Omset Penjualan 2,6 Juta Hanya Dengan Modal 82 Ribu”

by. Gm.Susanto

KUNJUNGI BLOG SAYA UNTUK MENDAPATKAN RATUSAN TULISAN DAN VIDEO TUTORIAL GRATIS TENTANG BAGAIMANA MENDAPATKAN PENGHASILAN DARI INTERNET

(4)

4

Bagaimana Cara Saya Menjual Lebih Dari 10 Ribu Item Produk

Secara Online

Hari ini saya bercerita tentang apa yang telah dilakukan seorang member dari situs www.gmsusantotutorial.com yang awalnya hanya mengikuti newsletter gratis yang saya bagikan, setelah itu memutuskan untuk mendaftar (namun tidak langsung membayar) dan hanya mempraktekkan tips dan trik yang saya bagikan di video free member.

Ketika dalam 24 jam dia berhasil membuktikan bahwa apa yang diajarkan saya benar (dia langsung mendapatkan order dan pemesanan produk dalam kurun waktu 24 jam), maka tanpa pikir panjang lagi, dia langsung take action jadi member berbayar (platinum member) untuk mendapatkan lebih detil arahan dan strateginya.

Dan dalam waktu 5 hari berjalan, omset penjualan produk yang dijual secara online sampai 2,6 juta rupiah hanya dengan mengeluarkan biaya promosi di google adwords sebesar 82.000 rupiah saja

Dengan mengalami sendiri bahwa yang saya ajarkan ternyata PROVEN, MASUK AKAL dan BISA DITERAPKAN untuk pemula sekalipun (dalam 24 Jam langsung mendapatkan order dan penjualan), membuat yang bersangkutan langsung mengambil program member berbayar yaitu platinum member (dengan biaya membership hanya Rp.199.000 1x bayar, keanggotaan life time tanpa dipungut biaya bulanan lagi)

Dan ketika dia mengirimi saya testimoni, saya menanyakan beberapa hal di bawah ini sesuai dengan apa yang sudah saya ajarkan dan bagikan, berikut hasilnya (saya edit dan sesuaikan jawabannya supaya lebih terstruktur dengan tujuan supaya lebih mudah dicerna oleh para pembaca)

(5)

5 Sebelum dia menjual produknya dengan menggunakan media promosi google adwords, dia sudah melakukan 4 hal di bawah ini sesuai dengan tips dan trik yang saya tulis di member area dan juga newsletter mingguan, apa itu?

1. Mulai persiapan =>pembenahan websitenya (membangun trust, menempatkan produk-produk dengan tampilan yang lebih baik, selain ritel, dia juga membuat harga paket karena ada discount, dll, sudah menghitung BEP, Biaya Over Head lainnya sehingga sudah bisa membuat hitung-hitungan diatas kertas, dll

2. Melakukan riset market dengan lebih teliti => ada berapa jumlah market yang ingin membeli produknya, apa yang diinginkan market terhadap sebuah produk yang dicarinya baik melalui google keywords tool, forum dan opini pembaca ketika belanja secara online, mulai menentukan siapa target market produknya dari demografi (umur, jenis kelamin, pendidikan, penghasilan, dll)

3. Melakukan riset pesaing => bagaimana tingkat persaingan sesama penjual produk sejenis di market ini, apa kelebihan (harga, kualitas, tampilan website, dsb) dan kekurangan dari produk yang sudah ada dari pesaing, dan kemudian dia mengimplementasikannya ke situs sendiri (membuat nilai tambah, dalam hal ini dia hanya memberikan harga lebih murah dibandingkan situs lain dengan jaminan garansi barang)

4. Melakukan test penjualan => langsung hajar menggunakan google adwords. Namun karena masih melakukan test penjualan, dia hanya membudgetkan pengeluaran biaya promosi maksimal 20 ribu/hari

Dari 4 hal yang sangat sederhana diatas, selanjutnya dia mulai berani action mempromosikan produknya menggunakan google adwords.

Dalam 24 jam pertama, dia langsung mendapatkan order penjualan dan setelah menggunakan google adwords selama 5 hari berjalan, berikut hasil lengkapnya :

(6)

6 Keterangan gambar diatas:

1. Karena dia sedang melakukan test penjualan maka dia sengaja memilih mengeluarkan anggaran maksimal 20 rb/hari artinya karena sudah melakukan set up bahwa dia tidak mau mengeluarkan lebih dari 20 ribu/hari, maka nantinya google tidak akan men-charge

pengeluarannya melebihi 20 ribu/hari

2. Dia mendapatkan 310 pengunjung yang sangat tertarget karena memang sedang mencari produk yang dia jual melalui google

3. Dia mengeluarkan biaya rata-rata per klik (BPK RATA-RATA/PENAWARAN/BIDDING) hanya sebesar Rp. 266,-

4. Dan baru mengeluarkan biaya promosi 82 ribu-an dalam rentang waktu 5 hari promosi berjalan ini

Dan ini hasil penjualan omset kotor yang didapat setelah mempromosikan menggunakan google adwords.

(7)

7 Anda perhatikan dari omset ratusan ribu per hari yang dia dapatkan, di tanggal 17 Mei 2012 dia langsung mendapatkan order 1,248 juta dalam 1 hari.

Order tersebut berasal dari pembeli yang sama yang sudah order sebelumnya (artinya pembeli tersebut order lebih dari 1 kali).

btw biasanya ini bisa terjadi dimana terkadang sebelum memutuskan menjadi pelanggan di situs kita, dia akan mencoba dulu membeli dalam jumlah kecil, ketika ternyata pelayanannya cepat, bagus dan produknya sesuai dengan harapan, maka otomatis pembelian selanjutnya akan lebih mudah terjadi (saya ajarkan secara detil di member area bagaimana membuat trust dengan cepat sehingga pembeli mempercayai produk yang anda jual)

Mengapa hanya dalam hitungan hari, omset jutaan rupiah bisa terjadi?

Yap, itu bisa terjadi karena dia menemukan buyer yang tepat. Ketika dia sudah

menemukannya, maka pembelian berulangkali pasti bisa terjadi dari pembeli yang sama. Dan gunakan google adwords sebagai medianya!

Ketika kita menggunakan google adwords, google hanya mau mengirimkan visitor yang benar-benar sedang mencari produk Anda melalui search engine google. (jadi benar-benar tertarget)

(8)

8 Jadi bisa dibayangkan, jika misalnya Anda menjual produk secara online dengan market di luar jawa menggunakan google adwords, pasti potensinya sangat besar untuk mendapatkan BUYER yang akan terus membeli produk Anda.

Misalnya saja Anda menjual baju batik pekalongan, ditargetkan untuk pria dengan usia 35-44 tahun

Lalu Anda menggunakan google adwords dan Anda memasukkan pilihan kata kunci "baju batik pekalongan" dalam iklan kampanye di adwords.

Sehingga jika ada orang di Indonesia, pria dengan usia 35-44 tahun, mengetikkan kata kunci (keyword) yang berhubungan dengan kata baju batik pekalongan, maka iklan Anda akan dimunculkan oleh google dan tentu saja, potensi untuk dilihat sangat besar. Semakin tertarget orang yang melihat penawaran di situs Anda, penjualan akan semakin mudah terjadi :)

Anda lihat gambar diatas, hanya dibutuhkan 300 pengunjung tertarget yang memang sedang mencari produk dia jual, dan lalu BOOOM terjadi pemesanan produk!

CEPAT, EFEKTIF Dan PROVEN !!!

Setelah dia menjadi member dan mulai berdiskusi dengan saya, lalu saya menyarankan untuk mengubah pendekatan promosi adwordsnya dengan tujuan yang lebih besar lagi, yaitu :

1. Mendapatkan lebih banyak lagi prospek tertarget untuk melihat penawaran produk di situsnya

2. Mendapatkan bidding/harga per klik (BPK) per kata kunci maksimal 100 perak (karena saat dia membuat iklan, harga BPK masih diatas itu masih 200_an perak) 3. Menjual lebih banyak lagi produk miliknya dengan menerapkan prinisip "low budget hight impact"

Nah, ini ada panduan video tentang bagaimana Anda bisa menggunakan google adwords (video basic untuk pemula) yang meliputi bagaimana cara melakukan pendaftaran dan kelebihan google adwords dibandingkan dengan media promosi sejenis

(9)

Di akhir chatting, saya bilang begini, "Ibu, target ibu ingin menaikkan omset penjualan minimal 50% dalam waktu 2 bulan sepertinya akan lebih cepat dari perkiraan ibu jika ibu konsisten menerapkan prinsip-prinsip low budget high impact diatas, setelah google adwords sukses, saya menyarankan ibu untuk mengunakan FB ads untuk lebih melipatgandakan omset penjualannya.."

NOTE: Si ibu muda ini sebelum jadi member, omset tokonya tidak lebih dari 5-7 juta perbulan yang didapat dari penjualan offline, sejak dibuatkan toko onlinenya, hanya dalam waktu 5 hari berjalan saja sudah mendapatkan omset 2,6 jutaan.

Sehingga sekarang selain membuka toko secara offline, dia juga menjual produknya secara online untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Target dia setelah menjadi member ingin menaikkan omset toko onlinenya 50% dalam waktu 2 bulan

Dia kaget akan respon pasar online, membuat dia harus mempersiapkan produk yang akan dijual lebih banyak lagi.

Sebenarnya kalau dia memiliki stok persediaan banyak, saya yakin kenaikan omset penjualan 100% bisa dia dapat dalam kurun waktu 1 bulan saja.

Sehingga untuk kasusnya ibu muda ini, dia hanya mentargetkan 50% omset dalam waktu 2 bulan (itu saja sudah seneng banget katanya)

PERHATIAN : Setelah melakukan strategi promosi dengan benar, ada banyak member yang kaget terhadap respon pasar online, sehingga bukan hanya ibu muda ini yang kekurangan stok, tapi banyak juga member yang harus repot membeli persediaan barang untuk dijual karena ketika mereka sudah mendapatkan BUYER yang berani membeli dalam jumlah besar, produknya jadi cepet habis

So, buat Anda yang ingin menjual produk di internet, harus mempersiapkan diri juga ya :) Selain puas dari hasil promosinya, ibu muda ini juga merasakan gairah kerja yang baru, kalau sebelumnya nungguin tokonya offlinenya yang sepi, sekarang dia tidak ambil pusing dengan hal itu karena dengan memiliki toko online jangkauan pemasarannya lebih luas dan setiap hari selalu ada order dan transferan yang masuk.

Gol selanjutnya, dia ingin mengikuti arahan yang sudah diajarkan di member area yaitu melipatgandakan profit sampai akhirnya membuat bisnisnya bisa berjalan sendiri tanpa harus "ditongkrongin" terus setiap hari

(10)

Jika Anda ingin menjual produk fisik secara online untuk market Indonesia (melalui toko online) dan ingin bisa cepat mendapatkan penjualan dengan prinsip “low budget hight impact” maka Anda bisa belajar dengan saya secara online (e-learning).

Saya akan berbagi dari mulai persiapan, mind seat, strategi, tools, langkah demi langkah dan analisa perhitungan yang saya ambil dari sebagian rahasia dapur toko online milik saya. Dan semuanya akan saya bagikan dalam bentuk video training step by step, jadi Anda akan langsung belajar di depan komputer Anda dan langsung praktek secara online.

Silahkan kunjungi situs pembelajaran online milik saya di : www.gmsusantotutorial.com

Saya masih tetap Pe De kalau MATERI yang ada di situs pembelajaran

gmsusantotutorial.com ini masih menjadi yang terbaik untuk kategori pembelajaran tentang membangun toko online.

Materi ini sangat cocok untuk Anda ibu rumah tangga, mahasiswa atau pun pekerja kantoran yang ingin belajar bagaimana caranya berjualan produk secara online.

Selalu saja ada materi baru yang saya berikan, so dengan investasi hanya 1x bayar dan terus menerus mendapatkan update materi yang berbobot, saya pastikan bahwa investasi untuk belajar bersama saya adalah sangat-sangat menguntungkan bagi Anda

Figur

Memperbarui...

Related subjects :