Membuat Presentasi Power Point Menjadi Video tamim

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

Membuat Presentasi PowerPoint Menjadi Video

Muh. Tamimuddin H

Selama ini kita mengenal software PowerPoint sebagai salah satu software yang digunakan untuk membantu sebuah presentasi. Pemakaian PowerPoint biasanya adalah sebagai alat bantu visual, dimana presenter menjelaskan secara narasi dan tayangan PowerPoint menjadi penjelas. Dalam situasi semacam ini peran utama tetap dipegang oleh presenter. Tanpa presenter dan hanya tayangan PowerPoint saja maka pembaca akan sulit memahami konsep yang ingin disampaikan.

Ada beberapa cara untuk ‘mengakali’ situasi semacam ini. Salah satunya adalah membuat sebuah presentasi dengan menyertakan narasi presenter ke dalam tayangan PowerPoint. Pengguna yang memperoleh file PowerPoint dengan tambahan narasi ini akan dapat menjalankan tayangan PowerPoint dengan suara narasi yang menjelaskan maksud dari tayangan, mirip dengan menyaksikan video. Meskipun cukup sederhana dalam pembuatan maupun memainkan, cara ini kurang praktis karena mau tidak mau pengguna harus menggunakan PowerPoint untuk menjalankan. Selain itu kompatibilitas antara software yang digunakan dengan software untuk memainkan file ini kadang menjadi masalah. Agar tayangan lebih fleksibel untuk dijalankan pada berbagai softwate maupun berbagai alat maka kita dapat membuat tayangan PowerPoint menjadi video. video akan lebih mudah untuk dijalankan karena pemutar video relatif banyak dan rata-rata kompatibel dengan berbagai tipe dan format.

Membuat video presentasi dapat menggunakan software screencast, semisal Camstudio, Camtasia, Community Clips, dll. Software screencast tersedia baik yang versi berbayar maupun yang gratis.

Cara lain yang lebih mudah untuk membuat video dari presentasi adalah menggunakan software Microsoft PowerPoint 2010. Pada versi ini telah tersedia menu untuk membuat presentasi menjadi video dengan sangat mudah. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buatlah presentasi dengan PowerPoint 2010 atau bukalah file yang telah dibuat sebelumnya. Pastikan bahwa tayangan telah dibuat lengkap dengan desain dan animasi yang diperlukan. 2. Pilih menu File-Save As, pilih menu Windos Media Video dan tentukan nama file dan tunggu

sampai proses konversi selesai.

(2)
(3)

5. Akan muncu window Record Slide Show. Klik tombol Start Recording.

Pada langkah ini Anda dapat melakukan proses perekaman narasi disesuaikan dengan tayangan dan animasi yang tampil. Jadi pada proses ini kita seolah-olah sedang melakukan presentasi seperti biasa.

6. Setelah proses perekaman selesai maka saatnya untuk mengkonversi hasil rekaman tersebut ke dalam format video. Langkahnya adalah pilih File-Save and Send-Create a Video

kemudaian pilih tombol Create Video.

7. Akan muncul jendela konfirmasi untuk menyimpan file video hasil konversi (berformat WMV). Tentukan nama dan lokasi penyimpanannnya. Klik tombol Save.

8. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Jika proses selesai maka akan terbentuk sebuah file video berformat WMV dengan nama dan folder yang telah ditentukan.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...