PERANAN PENGUKURAN DAN PENILAIAN DALAM P

12 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

PERANAN PENGUKURAN DAN PENILAIAN DALAM

PEMBELAJARAN

Kelompok I:

Masjoko (1815145757)

Apriani Tiar Marsaulina (1815145562)

Serly Aditya (1815143302)

Saryati Monika Bulu (1815145759)

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

(2)

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami haturkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena kasih dan rahmat-Nyalah kami dapat menyusun makalah dengan judul Peranan Pengukuran Dan Penilaian Dalam Pembelajaran.

Kami ucapkan terimakasih kepada Dra. Iva Syarifah, M. Pd. Selaku dosen matakuliah Evaluasi Pembelajaran yang telah membimbing kami dalam menyelesaikan penulisan makalah ini. Kami juga berterimakasih kepada orang tua, kakak, dan adik, serta teman-teman yang telah memotivasi kami dalam menyelesaikan penulisan makalah ini, semoga kita semua mendapat berkat dan rahmat Tuhan dengan berlimpah-limpah.

Makalah ini ditulis untuk memenuhi tugas perkuliahan Evaluasi Pembelajaran. adapun hal-hal yang dibahas dalam makalah ini adalah pengertian pengukuran dan penilaian dan peranan pengukuran dan penilaian dalam pembelajaran.

Dalam menyusun makalah ini kami menyadari bahwa masih banyak kelemahan dan kekurangan baik dari segi pembahasan maupun sistematika penulisan. Untuk perbaikan dan pengembangan makalah ini kedepannya kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca demi kesempurnaan makalah selanjutnya.

Jakarta, 31 September 2015

(3)

Daftar Isi

KATA PENGANTAR... 1

Daftar Isi... 2

BAB I: PENDAHULUAN...3

A. Latar Belakang Penulisan...3

B. Rumusan Masalah...3

C. Tujuan Penulisan:...4

BAB II: PEMBAHASAN...5

A. Pengertian Pengukuran dan Penilaian...5

1. Pengertian Pengukuran (Measurement)...5

2. Pengertian Penilaian (Assessment)...6

B. Peranan Pengukuran Dan Penilaian Dalam Pembelajaran...7

BAB III: PENUTUP... 9

A. Kesimpulan... 9

(4)

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Penulisan

Pengukuran dan penilaian merupakan komponen yang sangat penting dalam menyelenggarakan pendidikan. Upaya meningkatkan kualitas pendidikan dapat dicapai secara optimal dengan peningkatan kualitas pengukuran dan penilaian. Oleh sebab itu, pengukuran dan penilaian memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran.

Proses evaluasi tidak akan terlaksana tanpa ada pengukuran dan penilaian karena pengukuran dan penilaian merupakan komponen evaluasi. Hal ini berarti bahwa tingkat pencapaian hasil belajar siswa hanya dapat diketahui melalui proses pengukuran dan penilaian.

Setiap guru pada saat-saat tertentu harus membuat keputusan dalam pembelajaran. Keputusan tersebut berkaitan dengan metode dan media yang akan digunakan dalam pembelajaran. Sebuah keputusan tidak

Melihat betapa pentingnya peranan pengukuran dan penilaian dalam proses pembelajaran di kelas, maka kami tertarik membahas makalah dengan judul Peranan Pengukuran Dan Penilaian Dalam Pembelajaran. Semoga melalui makalah ini kita sebagai calon guru dapat memahami peranan pengukuran dan penilaian dalam pembelajaran dengan baik. B. Rumusan Masalah

(5)

1. Apa yang dimaksud dengan pengukuran? 2. Apa yang dimaksud dengan penilaian?

3. Bagaimanakah peranan pengukuran dan penilaian dalam pembelajaran?

C. Tujuan Penulisan:

1. Untuk memahami arti pengukuran. 2. Untuk memahami arti penilaian.

(6)

BAB II

akan dijelaskan pengertian kedua istilah tersebut.

1. Pengertian Pengukuran (Measurement)

Dalam proses pengukuran diperlukan alat bantu tertentu. Misalnya, untuk mengukur kemampuan dan prestasi peserta didik dalam memahami bahan pelajaran diperlukan test prestasi belajar; untuk mengukur IQ digunakan test IQ; dan untuk mengukur panjang jalan diperlukan meteran. Dari uraian tersebut dapat dipahami bahwa pengukuran adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur sesuatu dengan alat ukur supaya diperoleh hasil yang dapat dinyatakan dengan angka.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengukuran adalah proses, cara, dan perbuatan mengukur.1

Anas Sudijono dalam Elis Ratnawulan dan Rusdiana menjelaskan pengukuran adalah kegiatan untuk mengukur sesuatu dengan proses pemberian angka atau deskripsi numerik kepada individu.2

1 Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, h. 1520

(7)

Sedangkan menurut Wina Sanjaya, pengukuran adalah proses pengumpulan data yang diperlukan dalam rangka memberikan

judgement, yakni berupa keputusan terhadap sesuatu.3

Dari beberapa pengertian pengukuran diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pengukuran adalah proses pemberian angka terhadap proses dan hasil pembelajaran berdasarkan ukuran, aturan, atau pola tertentu yang jelas dan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan dalam rangka memberikan keputusan terhadap proses dan hasil pembelajaran.

2. Pengertian Penilaian (Assessment)

Penilaian merupakan suatu proses pemberian nilai yang dilakukan berdasarkan hasil pengukuran. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), penilaian adalah proses, cara, dan perbuatan menilai.4

Pengertian penilaian menurut para ahli, diantaranya adalah

b. Menurut Black dan William dalam Abdul Majid, penilaian adalah seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh Guru dan para siswanya dalam menilai diri sendiri, yang kemudian digunakan

3 Wina Sanjaya, Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran, (Jakarta:Kencana, 2011), h. 242

4 Ibd, h. 963

(8)

sebagai informasi yang dapat digunakan sebagai umpan balik untuk mengubah, membuat modifikasi kegiatan pembelajaran.6

c. Menurut Anthony J. Nitko (1996) dalam Zainal Arifin menjelaskan “assessment is a broad term defined as a process for obtaining information that is used for making decisions about students…..”.7 Yang berarti bahwa penilaian dalam

pengertian yang luas didefinisikan sebagai proses untuk memperoleh informasi yang digunakan untuk membuat keputusan tentang siswa.

Dari ketiga pengertian penilaian diatas, dapat disimpulkan bahwa penilaian adalah sebuah proses pemaknaan terhadap suatu objek dengan mengacu pada ukuran tertentu (proses pengukuran) yang bersifat kualitatif atau pemberian arti.

B. Peranan Pengukuran Dan Penilaian Dalam Pembelajaran

Dalam kegiatan pembelajaran, pengukuran dan penilaian merupakan kegiatan yang sangat penting. Kedua kegiatan tersebut merupakan salah satu dari empat tugas pokok seorang pengajar. Keempat tugas pokok tersebut adalah merencanakan, melaksanakan dan menilai keberhasilan pembelajaran, serta memberikan bimbingan.

Pengukuran dan penilaian dalam pembelajaran merupakan suatu kegiatan Guru yang terkait dengan pengambilan keputusan tentang pencapaian kompetensi atau hasil belajar peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran tertentu. Untuk itu, diperlukan data sebagai informasi yang diandalkan sebagai dasar pengambilan

6 Abdul Majid. Penilaian Autentik Proses Dan Hasil Belajar. (Bandung: PT Remaja Rosda Karya. 2014). h. 35

(9)

keputusan. Keputusan tersebut berhubungan dengan sudah atau belum berhasilnya peserta didik dalam mencapai suatu kompetensi.

Pengukuran dan penilaian juga merupakan suatu proses yang dilakukan melalui langkah-langkah perencanaan, penyusunan alat penilaian, pengumpulan komunikasi, serta sejumlah bukti yang menunjukkan pencapaian hasil belajar peserta didik, pengolahan, dan penggunaan informasi tentang hasil belajar peserta didik. Adapun peranan pengukuran dan penilaian dalam pembelajaran adalah sebagai berikut :

1. Untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik agar mengetahui kekuatan dan kelemahannya dalam proses pencapaian kompetensi.

2. Untuk memantau kemajuan dan mendiagnosis kesulitan belajar yang dialami peserta didik sehingga dapat dilakukan pengayaan dan remedial.

3. Untuk umpan balik bagi Guru dalam memperbaiki metode, pendekatan, kegiatan, dan sumber belajar yang digunakan. 4. Sebagai masukan bagi Guru untuk merancang kegiatan belajar. 5. Untuk memberikan informasi kepada orangtua dan komite

sekolah tentang efektivitas pendidikan.

6. Menggambarkan sejauh mana seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi.

(10)

keputusan tentang langkah berikutnya, baik untuk pemilihan program, pengembangan kepribadian, maupun untuk penjurusan (bimbingan).

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Pengukuran adalah proses pemberian angka terhadap proses dan hasil pembelajaran berdasarkan ukuran, aturan, atau pola tertentu yang jelas dan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan dalam rangka memberikan keputusan terhadap proses dan hasil pembelajaran. Sedangkan, penilaian adalah sebuah proses pemaknaan terhadap suatu objek dengan mengacu pada ukuran tertentu (proses pengukuran) yang bersifat kualitatif atau pemberian arti.

Pengukuran dan penilaian dalam pembelajaran merupakan suatu kegiatan Guru yang terkait dengan pengambilan keputusan tentang pencapaian kompetensi atau hasil belajar peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran tertentu.

(11)

1. Untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik agar mengetahui kekuatan dan kelemahannya dalam proses pencapaian kompetensi.

2. Untuk memantau kemajuan dan mendiagnosis kesulitan belajar yang dialami peserta didik sehingga dapat dilakukan pengayaan dan remedial.

3. Untuk umpan balik bagi Guru dalam memperbaiki metode, pendekatan, kegiatan, dan sumber belajar yang digunakan.

4. Sebagai masukan bagi Guru untuk merancang kegiatan belajar. 5. Untuk memberikan informasi kepada orangtua dan komite sekolah

tentang efektivitas pendidikan.

6. Menggambarkan sejauh mana seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi.

(12)

DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Depdiknas. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Majid, Abdul. 2014. Penilaian Autentik Proses Dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Ratnawulan, Elis dan Rusdiana. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...