EKSISTENSI PASAR TUNGGING DI KECAMATAN KERTAK HANYAR KABUPATEN BANJAR

Download (0)

Teks penuh

(1)

EKSISTENSI PASAR TUNGGING DI KECAMATAN

KERTAK HANYAR KABUPATEN BANJAR

SKRIPSI

Oleh :

RIZKA HAYATI

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ANTASARI

BANJARMASIN

(2)

EKSISTENSI PASAR TUNGGING DI KECAMATAN

KERTAK HANYAR KABUPATEN BANJAR

SKRIPSI

Diajukan Kepada Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam Untuk Memenuhi Sebagian Syarat

Guna Mencapai Gelar Sarjana Dalam Ilmu Ekonomi Islam

Oleh: RIZKA HAYATI

1301150180

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ANTASARI

FAKULTAS SYARIAH DAN EKONOMI ISLAM

JURUSAN EKONOMI SYARIAH BANJARMASIN

(3)

KATA PERSEMBAHAN

Dengan segala kerendahan hati dan dan kekurangan yang ada, serta dengan segenap rasa hormat, aku persembahkan karya yang sangat sederhana ini untuk yang teristemewa dalam hidupku:

1. Orangtua tercinta ayah dan ibu yang selalu mendoakan setiap langkah anak-anaknya, yang selalu memberi dukungan yang terbaik untuk kami, kekuatanku dalam hidup, motivasiku dan orang yang telah memberiku rasa aman dari segala hal dalam hidup, yang telah mendidikku sampai aku bisa menjadi orang yang kuat, orang yang mandiri. Tiada kata dan ukuran yang mampu melukiskan cinta dan kasih sayang kalian terhadap kami anak-anaknya, tiada pula yang dapat membalas semua yang telah kalian berikan kepadaku, bahkan dunia dan seisinyapun merasa malu dibandingkan dengan cinta kalian.

2. Untuk kakak tercinta (Ahmad Fauzan Norifadilah) terimakasih banyak yang sudah memberikan kasih sayang yang begitu besar kepadaku dan membantu aku dalam segala hal. Ucapan terimakasih takkan mampu membalas semua kebaikan kakak selama ini, yang sudah mengambil alih tanggung jawab untukku dalam memberikan materil, sampai memenuhi pendidikan S1.

3. Untuk kakak sulung (Muhammad Riswan Riyadi) terimakasih banyak yang selalu menyayangi, menemani, memberikan perhatian dan menjagaku sampai aku bisa berdiri disini mengenakan topi toga ini.

4. Ribuan terima kasih pula kepada kakek dan nenek (H. Zulkipli dan Hj. Ardiyah) yang telah mengambil bagian tanggung jawab dalam pencapaian pendidikanku. Tanpa kalian mungkin aku takkan bisa sampai disni, berdiri mengenakan topi toga ini, dan aku berharap kakek juga melihat bagian dari kesuksesanku meski kita sudah berbeda alam, semoga kakek tersenyum bangga melihatku karena semua yang kakek lakukan tidak pernah sia-sia.

5. Untuk seseoarang yang aku sayang terimakasih sudah menjadi teman hidup ku selama 5 tahun terakhir ini (Muhammad Fauzan) yang selalu menemaniku, selalu menjadi penyemangatku, jadi sahabatku, jadi temanku dalam segala hal, pendengar terbaikku dan orang yang membuat aku berani bermimpi untuk secercah kebahagian.

6. Buat keluarga-keluarga tercinta, terima kasih banyak sudah memberikan dukungan moril maupun materil, motivasi, dan semangat dalam segala hal khususnya dalam penyelesaian skripsi ini: kakak Rina, Mira Febrina, Sifa Paramita, Puspita Dewi, Puspa, Muhammad Fajar.

7. Terimakasih sahabat-sahabat tersayang Tri Nailia Rohaniyah Rahayu, Normaniah, Syuhal Vina Wati Syam HS, Fera Yolanda, Eka Safitri dan semua

(4)

teman-teman Ekonomi Syariah 2013 lokal B, yang tidak bisa disebutkan satu persatu.Teman-teman seperjuangan Indah Nurhasanah, Aisyah, Norhani, Budi Ihsan, Dihlevi Ahda Dalila, Maulida dan Erwan Setyanor.

8. Buat organisasiku terimakasih telah memberikanku pengalaman-pengalaman baru, ilmu baru, yang bahkan tidak aku dapatkan di bangku kuliah: SANGGAR BAHANA ANTASARI, FOSMA 2013, DEMA FSEI 2014.

9. Dosen-dosen Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam khususnya dosen pembimbing I (Dr. Muhaimin, MA) dan Pembimbing II (Ansharullah, S.Ag., M.Fil.I) yang telah memberikan bimbingan dalam penggarapan skripsi ini.

Banjarmasin, Juni 2017

(5)

KATA PENGANTAR

ِِِيِحِ ِرلاِ ِنِِحِْ ِرلاِِاللهِِم ِسِب

ِ ِرِمِلاِِوِِءاِيِبِهِِلأِاِ ِفِ ِ ِ

شِِْاِ ِلَِعِِمِِلا ِسلاِوِِةِِلا ِصلاِوِ ِيِْمِلعِلاِ ِِبِرِِ ِ

لِلِ ِدِمِحِلِا

ِِدِمِحِمِ ِنَِِدِي ِ سِ ِِيِْلِس

ِِدِعِبِاِمِِاِ، ِِ

يِْعِِجِْاِِهِبِ ِ

صَِوِِِلِِاِ ِلَِعِِو

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Swt. karena atas rahmat, hidayah,

dan inayah-Nya jualah sehingga peneliti dapat menyelesaikan skripsi yang merupakan tugas akhir setiap mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya di UIN Antasari Banjarmasin.

Shalawat dan salam pun selalu peneliti haturkan keharibaan Nabi Besar Muhammad Saw. Rasul sekaligus Nabi terakhir yang diutus oleh Allah Swt. ke dunia untuk menyelamatkan manusia dari kegelapan dan kezhaliman, tak lupa juga untuk para sahabat, dan pengikut beliau hingga akhir zaman.

Peneliti menyadari, dalam tahap penyusunan naskah skripsi ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini peneliti ingin memberikan apresiasi setinggi-tingginya dan mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas segala bantuan, bimbingan, serta perhatian yang diberikan kepada peneliti selama pembuatan karya tulis ini. Ucapan terima kasih ini terutama peneliti haturkan kepada:

1. Bapak Prof. Dr. H. Ahmadi Hasan, MH., selaku Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam UIN Antasari Banjarmasin yang berkenan menerima dan menyetujui judul skripsi ini.

(6)

2. Bapak H. Haris Faulidi Asnawi, Lc., MSI., selaku Ketua Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam UIN Antasari Banjarmasin. 3. Bapak Dr. Muhaimin, S.Ag., MA. selaku pembimbing I dan Bapak

Ansharullah, S.Ag., M.Fil.I. selaku pembimbing II, yang telah sabar memberikan bimbingan dan arahan dari awal hingga akhir dalam penyusunan karya tulis ini.

4. Seluruh dosen Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam UIN Antasari Banjarmasin atas bimbingan dan asuhan akademik selama proses perkuliahan peneliti hingga sekarang.

5. Perpustakaan Pusat UIN Antasari Banjarmasin dan Perpustakaan Fakultas Syariah beserta semua karyawan dan karyawati yang banyak membantu peneliti dalam melengkapi yang diperlukan.

6. Semua pihak yang tidak dapat peneliti sebutkan satu persatu yang ikut andil dalam membantu kelancaran penyusunan karya tulis ini.

Peneliti menyadari bahwa karya tulis ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karenanya peneliti sangat mengharapkan datangnya kritik dan saran guna penyempurnaan pembuatan karya tuulis ini.

Semoga karya tulis yang telah peneliti susun ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan mendapat ridha Allah Swt. Amin Ya Rabbal Alamin.

Banjarmasin, Juni 2017

(7)

DAFTAR ISI

COVER ... i

HALAMAN JUDUL ... ii

PERNYATAAN KEASLIAN PENULISAN ... iii

HALAMAN PERSETUJUAN ... iv

HALAMAN PENGESAHAN ... v

ABSTRAK ... vi

MOTO ... vii

KATA PERSEMBAHAN ... viii

PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB-INDONESIA ... x

KATA PENGANTAR ... xvi

DAFTAR ISI ... xviii

DAFTAR TABEL ... xx

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah ... 1

B. Rumusan Masalah ... 7 C. Tujuan Pelitian ... 7 D. Signifikasi Penelitian ... 8 E. Definisi Operasional... 9 F. Kajian Pustaka ... 10 G. Sistematika Penulisan ... 12

BAB II LANDASAN TEORITIS A. Pengertian Eksistensi ... 14

B. Pengertian Pasar ... 16

1. Macam-macam Pasar ... 17

2. Syarat-syarat Terbentuknya Pasar ... 18

(8)

C. Tinjauan Umum Tentang Faktor yang Mempengaruhi

Eksistensi Pasar ... 20

1. Faktor Lokasi ... 20

2. Faktor Budaya ... 22

3. Faktor Harga ... 22

4. Faktor Kualitas dan Keragaman Produk ... 23

5. Faktor Kepuasan Konsumen ... 24

6. Aset Wisata (Khas) ... 25

D. Sistem Kapitalisme Terhadap Pasar ... 25

E. Konsep Pasar dalam Islam ... 32

F. Perilaku Konsumen ... 35

G. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian ... 38

1. Faktor Budaya ... 38

2. Faktor sosial ... 39

3. Faktor Pribadi ... 41

4. Faktor Psikologis ... 43

H. Perilaku Konsumen dalam Perspektif Islam ... 43

BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis, dan Pendekatan Penelitian... 47

B. LokasiPenelitian ... 48

C. Data dan sumber Data ... 48

D. Teknik Pengumpulan Data ... 50

E. Teknik Pengolahan Data dan Analisis Data ... 51

BAB IV PENYAJIAN DATA DAN ANALISIS DATA A. Gambaran Umum Lokasi penelitian ... 53

B. Penyajian Data ... 55 C. Analisis Data ... 102 BAB V PENUTUP A. Simpulan ... 109 B. Saran ... 111 DAFTAR PUSTAKA ... 112 LAMPIRAN-LAMPIRAN

(9)

DAFTAR TABEL

No

Uraian

Hlm.

1. Tabel 4.1

Jadwal, Tempat, dan

58

Jumlah Pedagang Pasar tungging

2. Tabel 4.2

Kategori Informan Menurut

59

Jenis Kelamin

3. Tabel 4.3

Kategori Informan Menurut

59

Menurut Umur

4. Tabel 4.4

Kategori Informan Menurut

60

Jenis Agama

5. Tabel 4.5

Kategori Informan Menurut

61

Pendidikan Akhir Tertinggi

6. Tabel 4.6

Kategori Informan Menurut

61

Lokasi Berjualan

7. Tabel 4.7

Kategori Informan Menurut

62

Lama Berdagang

8. Tabel 4.8

Kategori Informan Menurut

63

Jenis Kelamin

9. Tabel 4.9

Kategori Informan Menurut

63

Menurut Umur

10. Tabel 4.10

Kategori Informan Menurut

64

Jenis Agama

11. Tabel 4.11

Kategori Informan Menurut

64

Figur

Memperbarui...

Referensi

Related subjects :

Pindai kode QR dengan aplikasi 1PDF
untuk diunduh sekarang

Instal aplikasi 1PDF di