Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Kehidupan Sosial Masyarakat Hindu di Desa Mataram Jaya Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir

12 

Teks penuh

(1)

i

KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT HINDU DI DESA MATARAM JAYA KECAMATAN MESUJI RAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Skripsi

diajukan untuk memenuhi sebagai syarat memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Program Studi Pendidikan Sejarah

oleh:

Yohanes Bima Baptista (152012006)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA

(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)

v

MOTTO DAN PERSEMBAHAN

Belajar dari kesalahan demi mendapatkan kebenaran

Karena tidak akan ada kebenaran tanpa adanya kesalahan

Karena dosa adalah dosa dan tidak akan hilang untuk selamanya

Semua pilihan mempunyai resiko dan bertanggungjawablah atas apa yang telah dirimu pilih

Karya Tulis ini kupersembahkan kepada:  Kedua orangtuaku

 Saudara-saudaraku  Sahabat-sahabatku

(8)

vi

KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena dengan izin dan rahmatnya telah memberikan kelancaran dan kekuatan, sehingga penulis mampu menyelesaikan skripsi yang berjudul Kehidupan Sosial Masyrakat Hindu di desa Mataram Jaya Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir. .

Skripsi ini disusun untuk memenuhi sebagai tugas dan syarat memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana. Penulis karya ilmiah berupa Penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kehidupan sosial masyarakat Hindu desa Mataram Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir Kecamatan Mesuji Raya.

Penulis skripsi ini dapat terlaksana dengan baik berkat kerja keras dan partisipasi dari berbagai pihak. Berkenaan dengan itu, penulis mengucapkan terimakasih kepada:

1. Dr. Yari Dwikurnaningsih, M.Pd. selaku Dekan FKIP Universitas Kristen Satya Wacana.

2. Drs. Tri Widiarto, M.Pd selaku Kaprogdi Sejarah sekaligus Pembimbing II yang telah bersedia memberikan motivasi dan bimbingan dalam penulisan. 3. Wahyu Purwiyastuti S.S.,M. Hum selaku Pembimbing I yang telah bersedia

memberikan waktu untuk bimbingan dan arahan kepada penulis.

4. Bapak/Ibu dosen (Sunardi, Emi Wuryani dan Radit) Program Studi Pendidikan Sejarah yang telah memberi saran dan dukungan moril bagi penulis.

5. Bapak Yosef Ketut Suci selaku Kepala desa Mataram Jaya, yang memberikan kesempatan bagi penulis untuk melaksanakan penelitian.

6. Seluruh staf Tata Usaha beserta karyawan FKIP-UKSW dan staf desa Mataram Jaya.

7. Para informan yang telah memberikan informasi kepada peneliti, terima kasih banyak tanpa adanya kalian kegiatan penelitian tidak akan berjalan.

8. Bapak dan Ibu, yang telah memberikan segalanya, dukungan moril, materiil, serta doa dan kasih sayang yang tiada henti.

(9)

vii

10.Keluarga terkasih, Mbak Tika, adek Agnes, Mas Edi Suryono, Mbak Loly, Bulek Tami, om Tri, Bulek Gini, om Yanto serta keluaga lainnya yang ada di jawa dan juga di Sumtra yang telah memberikan doa dan motivasi sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini.

Penulis menyadari skripsi ini masih banyak kekurangan karena keterbatasan kemampuan penyusun. Oleh karena itu, saran dan kritik sangat diharapkan dari semua pihak. Semoga skripsi ini menjadi inspirasi bagi penulis lain untuk turut berpartisipasi dalam pengembangan keilmuan.

Salatiga, September 2016

(10)

viii DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL. ... i

HALAMAN PENGESAHAN PENULISAN SKRIPSI ... ii

HALAMAN PENGESAHAN PENGUJI SKRIPSI ... iii

PERNYATAAN MAHASISWA ... iv

F. Penelitian Yang Relevan ... 10

BAB III METODE PENELITIAN ... 12

A. Lokasi Penelitian ... 12

B. Bentuk dan Strategi Penelitian... 12

(11)

ix

2. Strategi Penelitian ... 13

C. Data dan Sumber Data ... 13

D. Teknik Pengumpulan Data ... 13

1. Wawancara ... 13

a. Data Jumlah Penduduk Desa Mataram Jaya ... 18

b. Sarana dan Prasarana keagamaan Desa Mataram Jaya ... 18

c. Data Jumlah Penduduk Menurut Tingkat Pendidikan Desa Mataram Jaya ... 19

B. Sejarah Masuknya Masyrakat Hindu ke Desa Mataram Jaya ... 20

(12)

x ABSTRAK

YOHANES BIMA BAPTISTA, 2016. Skripsi, Kehidupan Sosial Masyarakat Hindu di Desa Mataram Jaya Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir. Skripsi, Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana. (Pembimbing 1 Wahyu Purwiyastuti S.S., M. Hum, Pembimbing II Drs. Tri Widiarto M.Pd)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kehidupan sosial masyarakat Hindu di desa Mataram Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir mendeskripsikan sejarah masuknya Hindu dan proses perkembangan masayarakat serta kebudayaan Hindu. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi, studi kepustakaan dan analisis data. Teknik wawancaran dilakukan dengan cara tanya jawab antara penulis dan narasumber. Teknik observasi dilakukan dengan cara pengamatan di desa Mataram Jaya. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Kehidupan Sosial Masyrakat Hindu di desa Mataram Jaya saling menghargai, saling menghormati, menjaga kerukunan antar umat beragama. Masyarakat Hindu di Desa Mataram Jaya memiliki peran penting tatanan kehidupan sosial yaitu dalam bidang pemerintahan, kesenian, mata pencaharian dan juga pembangunan desa.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...