Contoh Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan Rehab Kelas di Sekolah

11  1684  206 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

BAB I PENDAHULUAN

I. GAMBARAN UMUM

Implementasi target pencapaian IPM tahun 2012 di Kabupaten Garut menjadi acuan dan semangat masyarakat kabupaten Garut untuk membangun, terutama dalam bidang pendidikan, kesehatan dan perekonomian masyarakat.

Untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mandiri, salah satu indikatornya yaitu pencapaian sasaran meningkatnya rata-rata lama sekolah (RLS) dan menurunnya angka siswa drop out dan putus sekolah. Melalui Program Peningkatan kesempatan memperoleh pendidikan masyarakat mengembangkan Pendidikan Sekolah Menengah pertama/MTs.

Tercapainya target Wajib Belajar Sembilan Tahun perlu diterjemahkan dalam besaran-besaran target di tingkat Desa dan Kecamatan melalui prosentase kondisi wilayah masing-masing. Berkaitan dengan asumsi tersebut diatas, upaya yang akan dilakukan Yayasan Pondok Pesantren Persatuan Islam (PERSIS) adalah dengan menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar Pendidikan Sekolah Menengah pertama/MTs.Persis yang beralamat Jl. Tegalgede Ds. Jatimulya Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Garut Propinsi Jawa Barat.

Sekolah kami secara geografis berada pada dataran rendah dari pusat perkotaan sekitar ± 90 km, masyarakat di sekeliling Madrasah mayoritas adalah buruh tani dan petani. Ditinjau dari segi pendidikan, masih banyak anak usia sekolah harus drop out karena ketidak tahuan tentang pentingnya pendidikan dan jarak yang di tempuh ke sekolah sangat jauh sekali dan harus jalan kaki sekitar ± 1 jam lebih dengan menempuh pegunungan dan bukit, walaupun dari pemerintah mencanangkan pendidikan gratis Sembilan tahun. Untuk itu kami sangat prihatin dengan kondisi tersebut, maka besertatokoh masyarakat mencoba untuk menyelamatkan generasi penerus bangsa dengan menyelenggarakan pendidikan. Namun pada kenyataannya kelangsungan pendidikan tidaklah cukup hanya dari swadaya masyarakat tapi harus ada campur tangan pemerintah , baik dari segi tenaga Pengajar, Pengelolaan, Kurikulum, dan sarana prasarana. Dalam hal pemerintah yang di maksud adalah Kementerian Agama Kabupaten Garut, untuk itu kami sangat mengharapkan binaan dan saran demi melahirkan lulusan yang bisa menghadapi masa depan yang cerah.

(2)

II. TUJUAN

1. Tujuan Umum

Bantuan Langsung Rehabilitasi Ruang Kelas adalah demi meningkatkan kualitas bangunan yang memadai dan layak, untuk menunjang kelagsungan Proses Belajar Mengajar dan memenuhi Standar Pelayanan Minimal ( SPM.)

2. Tujuan Khusus

a. Demi meningkatkan rasa nyaman dan aman dalam kegiatan Belajar Mengajar.

b. Mendukung program pemerintah dalam pencapaian Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan.

c. Memberikan kepercayaan pada masyarakat tentang Madrasah Ibtidaiyah

d. Meningkatkan kualitas lulusan demi kelangsungan pendidikan di jenjang pendidikan selanjutnya.

e. Membantu Madrasah dalam upaya kelayakan dalam Pendidikan dengan adanya Penilaian dalam Akreditasi Madrasah.

III. PELAKSANAAN DAN OUTCOME PELAKSANAAN

Dalam pelaksanaannya kami menggunakan asas asas yang tertuang dalam buku petunjuk teknis diantaranya adalah :

1. Efisien, yaitu dana yang kami peroleh dan terima akan kami laksanakan pengerjaannya sesuai dana dan waktu yang telah ditentukan oleh pemerintah yaitu selama 3 bulan dengan dana Rp. 95.200.000 ( Sembilan puluh lima juta dua ratus ribu rupiah ) dengan perincian penegrjaan terlampir.

2. Efektif, yaitu penggunaan dana di khususkan untuk rehabilitasi bangunan yang ada sebanyak 1 ( satu ) lokal dengan mengacu pada sasaran yang di tetapkan.

3. Akuntabel, yaitu Dalam pelaksanaanya kami akan mempertanggungjawabkan dana yang di terima dengan Laporan Deskriptif berupa bukti bukti baik nota pembelian, penhgerjaan, dokumentasi ( mulai 0 % - 100 % ) ataupun laporan bersipat langsung.

4. Kapatutan berarti Kesiapan Madrasah dalam Pelaksanaan Program ini dengan Realistis sesuai dengan buku Juknis dan kenyataan di lapangan serta proporsional

5. Manfaat berarti kegiatan Rehabilitasi Ruang Kelas merupakan harapan kami. Karena sangat banyak manfaat yang kami rasakan, dari mulai kenyamanan dan keamanan kegiatan Pembelajaran serta Kesejahteran masyarakat di sekeliling madrasah bisamenambah pendapatan karena mayoritasnya buruh tani atau buruh bangunan.

BAB II

PELAKSANAAN PROGRAM I. PROSES PELAKSANAAN PROGRAM

Dalam pelaksanaan program ini panitia menyusun sedemikian rupa supaya dapat terelisasikan dengan lancar,yaitu dengan program :

a. Program Mingguan

(3)

NO JENIS KEGIATAN

VOLUME ( % )

Jumlah MingguJumlah % 1 Persiapan dan Pembongkaran Bangunan 6 hari 1 12

2 Pekerjaan Dinding 6 hari 1 12

3 Pekerjaan Kusen dan Pintu Jendela 6 hari 1 12

4 Pekerjaan Atap 6 hari 1 12

5 Pekerjaan Plafon 6 hari 1 12

6 Pekerjaan Lantai 6 hari 1 12

7 Pekerjaan Penggantung dan Pengunci 6 hari 1 12 8 Pekerjaan Instalasi Listrik 2 hari 0 4 9 Pekerjaan Finishing dan perapihan 6 hari 1 12

JUMLAH 50 hari 8 100

1 Persiapan dan Pembongkaran Bangunan 6 hari

1 66

2 Pekerjaan Dinding 6 hari

3 Pekerjaan Kusen dan Pintu Jendela 6 hari

4 Pekerjaan Atap 6 hari

5 Pekerjaan Plafon 6 hari

2 26

6 Pekerjaan Lantai 6 hari

7 Pekerjaan Penggantung dan Pengunci 6 hari 8 Pekerjaan Instalasi Listrik 2 hari

9 Pekerjaan Finishing dan perapihan 6 hari 3 8

JUMLAH 50 hari 100

c. Program Presentase

NO JENIS KEGIATAN VOLUME (% )

1 Persiapan dan Pembongkaran Bangunan 12

2 Pekerjaan Dinding 12

3 Pekerjaan Kusen dan Pintu Jendela 12

4 Pekerjaan Atap 12

5 Pekerjaan Plafon 12

6 Pekerjaan Lantai 12

(4)

9 Pekerjaan Finishing dan perapihan 12

BAB III PENUTUP

I. GAMBARAN SINGKAT OUT PUT

Program Rehabilitasi Ruang Kelas merupakan salah satu program yang kami tunggu tunggu, karena Madrasah kami sangatlah memprihatinkan dalam hal sarana yang ada terutama bangunan yang akan runtuh.

Madrasah kami merupakan salah satu sekolah yang jauh dari lingkungan sekolah yang lainnya, oleh karena itu jadi tumpuan masyarakat dalam hal pendidikan. Untuk itu kami sangatlah mengharapkan kelanjutan bantuan tersebut, karena jumlah bangunan dan Jumlah Rombongan Belajar masih tidak sama disamping Rehabilitasi Bangunan yang lainnya.Walaupun daerahnya terpencil tapi kami bertanggungjawab dalam upaya Pemerataan pendidikan dalam rangka menghilangkan adaanak usia sekolah yang drop out karena jarak yang jauh ke sekolah.

Dalam pembangunan rehabilitasi Ruang kelas ini, kami melaksanakan bersama sama dengan komite, masyarakat dan orang tua wali siswa. Alhamdulilah dengan dana tersebut sudah kami terapkan seratus persen (%) tuntas pada Bangunan Madrasah dengan penuh rasa tanggungjawab baik pada Madrasah ataupun Pemerintah, dalam Hal ini Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Ditjen Kemeterian Agama RI, dengan di buatkannnya Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) yang isinya menyangkut Pembelanjaan Barang, Belanja pegawai ataupun Dokumentasi yang diperlukan.

(5)

membalas semua semua pihak. Semoga Alloh membalas kebaikan kita semua serta segala aktifitas kita selalu ada dalam Lindungan Alloh SWT. Amiien …

II. KENDALA

Karena daerah terpencil dan jauh dari pusat perkotaan maka jadi kendala oleh sebab itu kami memerlukan Transportasi yang tinggi dalam hal angkutan bahan bahan yang di perlukan mencapai 1,26 % dari jumlah nominal Rp 95.200.000 yaitu ± Rp 1.200.000 (satu juta dua ratus ribu rupiah).

III. HARAPAN KE DEPAN

Harapan kedepannya kami sangatlah memerlukan :

1. Bantuan Rehabilitasi Ruang kelas yang lainnya, karena kami baru mendapatkan 1 kali yaitu tahun 2012. Itu pun hanya satu lokal. Jadi kami masih membutuhkan 2 lokal lagi untuk direhabilitasi.

2. Bantuan tambahan ruang Kantor, Ruang Perpustakaan, Ruang WC (WC Siswa & WC Guru). 3. Semoga semua kendala kendala yang dihadapi Madrasah kami jikalau ditanggung bersama

(6)

NAMA SEKOLAH

Jl. ... SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN

MENYELESAIKAN PEKERJAAN DAN MEMBUAT LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama :

Tempat tanggal lahir :

Jabatan :

Alamat :

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama penyelenggara satuan pendidikan :

Nama Madrasah :

NSM :

Alamat Madarsah :

Dengan ini menyatakan hal hal sebagai berikut :

1. Kami setuju untuk memnerima bantuan Rehabilitasi Ruang Kelas sebesar Rp 95.200.000 (Sembilan puluh lima juta dua ratus ribu rupiah) dengan rincian kegiatan terlampir.

2. Kami sanggup dan akan melaksanakan pekerjaan sesuai denga Petunjuk Teknis Program Bantuan Rehabilitasi Ruang Kelas.

3. Kami sanggup menyelesaikan pekerjaan mutu belajar mengajar di Madrasah kami.

4. Kami sanggup menyelesaikan pekerjaan tersebut di atas sesuai dengan standar pembakuan dan kualitas yang ditetapkan sampai batas maksimal 90 (Sembilan puluh hari) kalender sejak menerima dana bantuan

(7)

6. Kami bersedia untuk diaudit dan dituntut secara hukum sesuai peraturan perundangan yang berlaku jika kami melaksanakan pekerjaan tidak sesuai dengan ketentuan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pernyataan kesediaaan ini kami buat dengan sadar dan penuh rasa tanggungjwab.

Garut, 01 Januari 2013 Kepala

...

Mengetahui, Komite Sekolah

...

Ketua

PC. ...

(8)

POTO BANGUNAN TAMPAK ATAP DEPAN KEADAAN 0 %

POTO BANGUNAN TAMPAK ATAP DEPAN KEADAAN 0 %

POTO BANGUNAN TAMPAK ATAP BELAKANG KIRIKEADAAN 25 %

POTO BANGUNAN TAMPAK ATAP BELAKANG KANANKEADAAN 25 %

POTO BANGUNAN TAMPAK DEPAN KIRIKEADAAN 25 %

POTO BANGUNAN TAMPAK DEPAN KIRIKEADAAN 25 %

POTO BANGUNAN TAMPAK BELAKANG 50 %

POTO BANGUNAN TAMPAK DALAM PLAPON

POTO BANGUNAN TAMPAK DEPAN

POTO BANGUNAN TAMPAK DEPAN ATAP 50 %

(9)

POTO KONDISI BANGUNAN 80 % SAMPING KIRI

ANALISA TINGKAT KERUSAKAN RUANG KELAS REHABILITASI RUANG KELAS SEJUMLAH Rp. 95.200.000

( Sembilan puluh lima juta dua ratus ribu rupiah )

No Komponen

b. Instalasi Air Hujan dan Pasangan Rabat Beton keliling bangunan

1.22% 1,161,440

100.00% 95,200,000

(10)
(11)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...