TINJAUAN KESALAHAN PENERAPAN HUKUM PEMBUKTIAN OLEH HAKIM PENGADILAN NEGERI SEMARAPURA KLUNGKUNG SEBAGAI ALASAN PENGAJUAN KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN PERKARA NARKOTIKA (Studi Kasus dalam Putusan Mahkama Agung Nomor: 641K/Pid.Sus/2012).

14 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

commit to user

TINJAUAN KESALAHAN PENERAPAN HUKUM PEMBUKTIAN OLEH

HAKIM PENGADILAN NEGERI SEMARAPURA KLUNGKUNG

SEBAGAI ALASAN PENGAJUAN KASASI PENUNTUT UMUM

TERHADAP PUTUSAN PERKARA NARKOTIKA

(Studi Kasus dalam Putusan Mahkama Agung Nomor: 641K/Pid.Sus/2012)

Penulisan Hukum

(Skripsi)

Disusun dan Diajukan untuk

Melengkapi Sebagian Persyaratan Guna Memperoleh Derajat Sarjana S1

dalam Ilmu Hukum Pada Fakultas Hukum Universitas

Sebelas Maret Surakarta

Oleh :

OKTAVIA DWI TANJUNG SARI

NIM : E0010262

FAKULTAS HUKUM

UNIVERSITAS SEBELAS MARET

SURAKARTA

(2)

commit to user

(3)

commit to user

(4)

commit to user

(5)

commit to user

v ABSTRAK

Oktavia Dwi Tanjung Sari. E0010262. TINJAUAN KESALAHAN PENERAPAN HUKUM PEMBUKTIAN OLEH HAKIM PENGADILAN

NEGERI SEMARAPURA KLUNGKUNG SEBAGAI ALASAN

PENGAJUAN KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN PERKARA NARKOTIKA (Studi Kasus dalam Putusan Mahkamah Agung Nomor : 641K/Pid.Sus/2012). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penulisan hukum ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan penerapan hukum (judex factie) sebagai alasan pengajuan kasasi oleh Penuntut Umum dalam perkara Narkotika di dalam studi kasus putusan Mahkamah Agung Nomor 641K / Pid.Sus / 2012. Tujuan lain dari penulisan hukum ini adalah untuk mengetahui pertimbangan yang dipergunakan hakim dalam memutus perkara Narkotika di dalam studi kasus putusan Mahkamah Agung Nomor 641K / Pid.Sus /2012. Penulisan hukum ini termasuk dalam penelitian hukum normatif, bersifat preskriptif dengan menggunakan bahan-bahan hukum, baik yang berupa bahan hukum primer maupun bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum dalam penelitian hukum ini adalah dengan studi kepustakaan. Dalam penulisan hukum ini, penulis menggunaklan analisis dengan metode deduksi yang berpangkal dari penagjuan premis mayor yaitu KUHAP dan premis minor yaitu putusan Mahkamah Agung Nomor 641K / Pid.Sus / 2012, dari kedua hal tersebut dapat ditarik suatu konklusi guna mendapat jawaban dari hasil penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan simpulan, kesatu, dalam pengajuan kasasi oleh penuntut umum telah sesuai dengan ketentuan Pasal 253 KUHAP dengan alasan kesalahan penerapan hukum (judex factie) Pengadilan Tinggi. Pengadilan Tinggi telah salah menerapkan hukum atau hukum diterapkan tidak sebagaimana mestinya. Kedua, pertimbangan Mahkamah Agung dalam mengabulkan kasasi yang diajukan oleh penuntut umum dalam perkara tindak pidana Narkotika berdasarkan alasan-alasan yang dikemukakan dalam memori kasasi dengan memperhatikan ketentuan Undang-undang Nomor 48 Tahun 2009, Undang-undnag Nomor 35 Tahun 2009 serta dengan meperhatikan KUHAP.

(6)

commit to user

vi ABSTRACT

Oktavia Dwi Tanjung Sari. 2014. E0010262. JURIDICAL OVERVIEW OF THE LAW MISAPPLICATION OF KLUNGKUNG DISTRICT COURP BY SEMARAPURA KLUNGKUNG BY THE JUDGE AS THE PROSECUTOR’S REASON OF CASSATION TO THE NARCOTICS VERDICT (a Case Study on the Supreme Court’s Verdict Number: 641/K/Pid.Sus/2012). Thesis. Faculty of Law of Surakarta Sebelas Maret University.

This research aimed to find out the law misapplication (judex factie) as the public prosecutor’s rationale of Appeal to Supreme Court against narcotic case in the case study on the Supreme Court’s Verdict Number: 641/K/Pid.Sus/2012. This study also aimed to find out the rationale the judge employed in sentencing the narcotic case in a case study on Supreme Court’s Verdict Number: 641/K/Pid.Sus/2012. This study was a normative law research that was prescriptive in nature using law materials, either primary or secondary law. Technique of law material used in this study was library study. In this study, the writer employed an analysis with deductive method departing from proposing major premise, namely KUHAP and minor premise namely Supreme Court’s Verdict Number: 641/K/Pid.Sus/2012, from both of which, a conclusion could be drawn to answer the research problem.

Considering the result of research and discussion, it could be concluded that firstly the public prosecutors’ appeal to the Supreme Court had been consistent with the Article 253 KUHAP with the rationale of law misapplication (judex factie) by the Provincial Court. The Provincial Court had misapplied or applied the law unduly. Secondly, the Supreme Court’s rationale in granting the appeal filed by the public prosecutor in narcotic crime case was based on the reasons suggested in the appeal memory by taking into account the provision of Law Number 48 of 2009, Law Number 35 of 2009 and KUHAP.

(7)

commit to user

vii MOTTO

“Satu hal yang tak akan pernah kembali didunia ini, dan orang selalu menyesalinya ketika ia telah berlalu, ia adala detik yang baru saja terlewati.”

“Ibu adalah sumber kehidupan, motivasi, cinta kasih, pengorbanan serta kebahagiaan, beliau hidup disini, di hati anak-anaknya kemudian menyediakan

surga di bawah telapak kakinya.”

“Ayah adalah kekuatan mental untuk anak-anaknya, untuk itu jadikan beliau

hidup dihatimu, ada ataupun tiada.”

“Bahwa hidup harus menerima, penerimaan yang indah. Bahwa hidup harus mengerti, pengertian yang benar. Bahwa hidup harus memahami, pemahaman

yang tulus.”

(8)

commit to user

viii

PERSEMBAHAN

Sebuah karya sederhana ini, Penulis persembahkan kepada :

1. Allah SWT yang senantiasa memberikan rahmat dan hidayahNya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan Penulisan Hukum ini.

2. Rasulullah Muhammad SAW sebagai suritauladan, sehingga penulis dapat melanjutkan semua ajaran yang diajarkan dan mengikuti semua petunjuk-petunjuknya.

3. Bapak Totok Sunardi dan Ibu Wahrini yang telah memberikan perhatian, kasih sayang, cinta kasih, motivasi, doa serta dukungan, sehingga penulis dapat menyelesaikan Penelitian Hukum ini.

4. Kakakku tersayang, Diego Elfa Perdana yang memberikan kasih sayang, doa serta dukungannya.

5. Keluarga besar Ce’mara (Lala, Yuni, Novia, Siska, Ucik, Grandys, Welly, Kisty, Novita, Triana, Diah) yang telah menjadi rumah kedua yang selalu mengundang rindu, terimakasih untuk setiap pelukan, pengertian, kasih sayang, doa, dukungannya.

6. Sahabatku Margareta Siska, Wahyuning Tirta, Mega Amanda, Retno Bunga, Anna Riyana, Estin Febriana, Fibriliana, Febriana, terimakasih untuk kebersamaannya, kasih sayang dan dukungannya,serta Murih Ardi Nugroho yang memberikan dukungan, terimakasih untuk setiap waktunya dan dukungannya

7. Keluarga besar Universitas Sebelas Maret Surakarta khususnya angkatan 2010, terimakasih untuk setiap kebersamaannya.

(9)

commit to user

ix

KATA PENGANTAR

Segala puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah

melimpahkan berkah, rahmat, hidayah serta innayahNya sehingga penulis dapat

menyelesaikan penulisan hukum (skripsi) yang berjudul “TINJAUAN

KESALAHAN PENERAPAN HUKUM PEMBUKTIAN OLEH HAKIM

PENGADILAN NEGERI SEMARAPURA KLUNGKUNG SEBAGAI

ALASAN PENGAJUAN KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP

PUTUSAN PERKARA NARKOTIKA (Studi Kasus dalam Putusan Mahkama Agung Nomor : 641K/Pid.Sus/2012).”

Penulisan hukum ini disusun dengan tujuan untuk memenuhi syarat

memperoleh gelar sarjana (S1) pada Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret

Surakarta. Penulisan hukum ini membahas tentang kesalahan hukum pembuktian

oleh hakim Pengadilan Negeri Semarapura Klungkung sebagai alasan pengajyuan

kasasi oleh penuntut umum terhadap putusan perkara narkotika di dalam stui

kasus putusan Mahkamah Agung Nomor : 641K/Pid.Sus/2012 dan pertimbangan

Mahkamah Agung dalam mengabulkan Permohonan Kasasi di dalam studi kasus

putusabn Mahkama Agung Nomor : 641K/Pid.Sus/2012.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan hukum ini terdapat banyak

kekurangan, oleh karena itu penulis dengan besar hati akan menerima masukan

yang dapat memperkaya pengetahuan penulias di kemudian hari.

Dengan selesainya penulisan hukum ini, maka dengan segala kerendahan

hati penulis ingin mengucapkan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada

semua pihak yang telah memberikan bantuannya dalam penulisan hukum ini :

1. Ibu Prof. Dr. Hartiwiningsih, S.H., M.,Hum selaku Dekan Fakultas

Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

2. Bapak Edy Herdyanto, S.H., M.Hum selaku Kepala Bagian Hukum Acara

yang telah memberikan ijin terhadap penulisan hukum ini.

3. Bapak Kristiyadi, S.H., M.Hum selaku pembimbing Skripsi yang telah

(10)

commit to user

x

4. Bapak Dr. Moh. Jamin, S.H., M.Hum selaku Pembimbing Akademik yang

telah memberikan saran dan nasihat kepada penulis.

5. Allah SWT yang senantiasa memberikan rahmat dan hidayahNya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan Penulisan Hukum ini.

6. Rasulullah Muhammad SAW sebagai suritauladan, sehingga penulis dapat melanjutkan semua ajaran yang diajarkan dan mengikuti semua petunjuk-petunjuknya.

7. Bapak Totok Sunardi dan Ibu Wahrini yang telah memberikan perhatian, kasih sayang, cinta kasih, motivasi, doa serta dukungan, sehingga penulis dapat menyelesaikan Penelitian Hukum ini.

8. Kakakku tersayang, Diego Elfa Perdana yang memberikan kasih sayang, doa serta dukungannya.

9. Keluarga besar Ce’mara (Lala, Yuni, Novia, Siska, Ucik, Grandys, Welly, Kisty, Novita, Triana, Diah) yang telah menjadi rumah kedua yang selalu mengundang rindu, terimakasih untuk setiap pelukan, pengertian, kasih sayang, doa, dukungannya.

10.Sahabatku Margareta Siska, Wahyuning Tirta, Mega Amanda, Retno Bunga, Anna Riyana, Estin Febriana, Fibriliana, Febriana, terimakasih untuk kebersamaannya, kasih sayang dan dukungannya,serta Murih Ardi Nugroho yang memberikan dukungan, terimakasih untuk setiap waktunya dan dukungannya

11.Keluarga besar Universitas Sebelas Maret Surakarta khususnya angkatan 2010, terimakasih untuk setiap kebersamaannya.

12.Semua pihak yang telah membantu terselesaikannya penulisan hukum ini yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.

Surakarta, 03 Juli 2014 Penulis

(11)
(12)

commit to user

xii

BAB. II TINJAUAN PUSTAKA ... 10

A. Kerangka Teori ... 10

1. Tinjauan Umum Tentang Hukum Pembuktian ... 10

2. Tinjauan Umum Tentang Upaya Hukum Kasasi ... 19

3. Tinjauan Umum Tentang Jaksa dan Penuntut Umum ... 23

4. Tinjauan Umum Tentang Putusan ... 26

5. Tinjauan Umum Tentang Hakim ... 30

6. Tinjauan Umum Tentang Tindak Pidana Narkotika ... 31

BAB. III HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ... 37

A. Hasil Penelitian ... 37

1. Identitas Terdakwa ... 37

2. Kasus Posisi ... 37

3. Dakwaan Penuntut Umum ... 38

4. Pertimbangan Hakim Pengadilan Negeri ... 42

5. Putusan Pengadilan Negeri ... 46

6. Putusan Pengadilan Tinggi ... 47

7. Alasan Pengajuan Kasasi ... 48

8. Pertimbangan Hakim Mahkamah Agung ... 51

9. Putusan Mahkamah Agung ... 52

(13)

commit to user

xiii

BAB. IV PENUTUP ... 66

A. Simpulan ... 66

B. Saran ... 67

DAFTAR PUSTAKA

(14)

commit to user

xiv

DAFTAR GAMBAR

Figur

Gambar. 1   Gb. Kerangka Berfikir  ..............................................................
Gambar 1 Gb Kerangka Berfikir . View in document p.14

Referensi

Memperbarui...