Tinjauan Tentang Kesalahan Penerapan Hukum Oleh Pengadilan Tinggi Yogyakarta Sebagai Alasan Kasasi Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Sleman Dalam Perkara Narkotika (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NO.592 K/Pid.Sus/2014).

16 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

i

TINJAUAN TENTANG KESALAHAN PENERAPAN HUKUM OLEH PENGADILAN TINGGI YOGYAKARTA SEBAGAI ALASAN KASASI PENUNTUT UMUM KEJAKSAAN NEGERI SLEMAN DALAM PERKARA

NARKOTIKA (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NO. 592 K/Pid.Sus/2014)

Penulisan Hukum (Skripsi)

Disusun dan Diajukan untuk

Melengkapi Persyaratan Guna Meraih Derajat Sarjana S1 Dalam Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret

Surakarta Oleh: Belagar Fathony

NIM. E0011054

FAKULTAS HUKUM

UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

(2)

PERSETUJUAN PEMBIMBING

Penulisan Hukum (Skripsi)

TINJAUAN TENTANG KESALAHAN PENERAPAN HUKUM OLEH PENGADILAN TINGGI YOGYAKARTA SEBAGAI ALASAN KASASI PENUNTUT UMUM KEJAKSAAN NEGERI SLEMAN DALAM PERKARA

NARKOTIKA (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NO. 592 K/Pid.Sus/2014)

Oleh :

BELAGAR FATHONY NIM. E0011054

Disetujui untuk dipertahankan dihadapan Dewan Penguji Penulisan Hukum (Skripsi) Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta

Dosen Pembimbing Skripsi

(3)

iii

PENGESAHAN PENGUJI Penulisan Hukum (Skripsi)

TINJAUAN TENTANG KESALAHAN PENERAPAN HUKUM OLEH PENGADILAN TINGGI YOGYAKARTA SEBAGAI ALASAN KASASI PENUNTUT UMUM KEJAKSAAN NEGERI SLEMAN DALAM PERKARA

NARKOTIKA (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NO. 592 K/Pid.Sus/2014)

BELAGAR FATHONY NIM. E0011054

Telah diterima dan dipertahankan dihadapan Dewan Penguji Penulisan Hukum (Skripsi) Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta

Pada :

(4)

PERNYATAAN

Nama : BELAGAR FATHONY NIM : E0011054

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa penulisan hukum (skripsi) berjudul: TINJAUAN TENTANG KESALAHAN PENERAPAN HUKUM OLEH PENGADILAN TINGGI YOGYAKARTA SEBAGAI ALASAN KASASI PENUNTUT UMUM KEJAKSAAN NEGERI SLEMAN DALAM PERKARA NARKOTIKA (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NO. 592 K/Pid.Sus/2014) adalah betul-betul karya sendiri. Hal-hal yang bukan karya saya dalam penulisan hukum (skripsi) ini diberi tanda citasi dan ditunjukan dalam daftar pustaka. Apabila di kemudian hari terbukti pernyataan saya tidak benar, maka saya bersedia menerima sanksi akademik berupa pencabutan penulisan hukum (skripsi) dan gelar yang saya peroleh dari penulisan hukum (skrispi) ini.

Surakarta, 22 September 2015 Yang membuat pernyataan

(5)

v ABSTRAK

Belagar Fathony, E0011054, 2015, TINJAUAN TENTANG KESALAHAN PENERAPAN HUKUM OLEH PENGADILAN TINGGI YOGYAKARTA SEBAGAI ALASAN KASASI PENUNTUT UMUM KEJAKSAAN NEGERI SLEMAN DALAM PERKARA NARKOTIKA (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NO. 592 K/Pid.Sus/2014), Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian hukum ini bertujuan untuk mengetahui apakah kesalahan penerapan hukum oleh Pengadilan Tinggi Yogyakarta sebagai alasan kasasi penuntut umum Kejaksaan Negeri Sleman dalam perkara narkotika sudah sesuai dengan KUHAP dan untuk mengetahui apakah pertimbangan Hakim Mahkamah Agung dalam memutus perkara narkotika sudah sesuai dengan ketentuan KUHAP dalam Putusan Mahkamah Agung No. 592 K/Pid.Sus/2014)

Jenis penelitian hukum ini adalah penelitian hukum normative yang bersifat preskriptif dan terapan. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kasus. Jenis dan sumber bahan hukum dalam penelitian ini yaitu berupa bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan atau studi dokumen. Teknik analisis yang penulis gunakan yaitu teknik analisis deduksi silogisme.

Hasil yang di peroleh dari penelitian ini yaitu alasan kasasi penuntut umum dalam Putusan Mahkamah Agung No. 592 K/Pid.Sus/2014 sudah sesuai dengan ketentuan KUHAP Pasal 253 ayat (1) KUHAP. Pertimbangan Hakim Mahkamah Agung dalam memutus kasasi penuntut umum terhadap putusan Pengadilan Tinggi Yogyakarta dalam perkara narkotika sudah sesuai dengan Pasal 255 KUHAP.

(6)

ABSTRACT

Belagar F athony, E0011054, 2015, REVIE OF THE MISAPPLICATION OF THE LAW BY THE HIGH COURT OF YOGYAKARTA AS THE REASON F OR THE STATE PROSECUTOR’S APPEAL SLEMAN PUBLIC PROSECUTOR IN CASE OF NARCOTICS (Study Of The Supreme Court Decision 592 K/Pid.Sus/2014), F aculty of Law of Surakarta Sebelas Maret University.

Legal research aims to find out whether the error application oh the law by the High Court of Yogyakarta as a reason of Cassation Prosecutor Sleman State Prosecutor in the case of narcotics is in compliance with the code of criminal procedure and to determine whether the consideration of Supreme Court justices in disconnected things of narcotics is in compliance with the provisions of the code of criminal procedure in the Supreme Court’s verdict No. 592 K/Pid.Sus/2014.

This type of legal research is research that is both prescriptive normative law and applied. The authors of the research approach used in this resear ch is a case approach. Types and sources of legal materials in the research is to be the primary legal materials collection techniques in this research is the study of librarianship or study document. Analysis techniques that writers use syllogism deduction analysis techniques.

The results in the research gained from the reason of Cassation the public prosecutor in the Supreme Court’s verdict No. 592 K/Pid.Sus/2014 is in compliance with the provisions of the code of criminal procedure Article 252 paragraph (1) of the code of criminal procedure. Consideration of Supreme Court justice in the severing of Cassation the public prosecutor against the ruling of the High Court of Yogyakarta in the case of narcotics is in compliance with article 253 code of criminal procedure.

(7)

vii MOTTO

Pendidikan merupakan perlengkapan paling baik untuk hari tua (Aristoteles)

“Hai orang-orang yang beriman, Jadikanlah sabar dan shalatmu Sebagai Penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar”

(Al-Baqarah: 153)

Tiada keyakinanlah yang membuat orang takut menghadapi tantangan dan saya percaya pada diri saya sendiri

(Muhammad Ali)

Kamu sekalian adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggung jawabannya mengenai orang yang dipimpinnya

(H.R. Bukhari Muslim)

(8)

PERSEMBAHAN

Dengan segala kerendahan dan ketulusan hati, karya sedernaha (skripsi) ini penulis persembahkan sebagai wujud syukur, cinta dan terimakasih kepada:

1. Allah SWT atas segala kenikmatan dan karunia-Nya yang telah memberikan yang terbaik bagi penulis

2. Keluarga saya tercinta Bapak Yusran Mainin, Ibu P. Sriningsih, Abang saya Ali Hamzah dan Adik saya Thariq Ashary yang selama ini telah mencurahkan segala pemikirannya serta senantiasa mengirimkan doa serta dukungannya.

3. Keluarga besar Kos Untung bapak Untung Bagiya, Ibu Untung Bagiya, Erwin Herlian, Aulia Fahriza, Afrizal, Akbar, Satya, Gendy Bayu, Devan Filia, Yusuf, Wikan, Aghi, dan Rafin.

4. Keluar besar Bogor Squad Haidar, Tegar, Siddik, Bayu, Vico, dan Jati.

5. Keluarga besar Wisma Becak Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Fakultas Hukum UNS.

6. Teman-teman Angkatan 2011 dan sahabat-sahabat seperjuangan di Fakultas Hukum UNS.

(9)

ix

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat- Nya sehingga penulis dapat menyusun dan menyelesaikan Penulisan Hukum (Skripsi) yang berjudul “TINJAUAN TENTANG KESALAHAN PENERAPAN HUKUM OLEH PENGADILAN TINGGI YOGYAKARTA SEBAGAI ALASAN KASASI PENUNTUT UMUM KEJAKSAAN NEGERI SLEMAN DALAM PERKARA NARKOTIKA (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NO. 592 K/Pid.Sus/2014)”. Penulisan Hukum (Skripsi) ini merupakan tugas wajib yang harus diselesaikan oleh setiap mahasiswa untuk melengkapi syarat memperoleh derajat sarjana (S1) dalam Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penulis sadar bahwa Penulisan Hukum (Skripsi) ini jauh dari sempurna, sehingga adanya saran dan masukan dari berbagai pihak sangat penulis harapkan. Penulis tetap berharap semoga Penulisan Hukum (Skripsi) ini dapat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan yang ada di masyarakat.

Dalam penyusunan Penulisan Hukum ini, penulis menyadari bahwa untuk terselesaikannya Penulisan Hukum ini, banyak pihak-pihak yang telah memberikan bantuan yang berupa bimbingan, saran-saran, nasihat-nasihat, fasilitas, serta dukungan moril maupun materiil. Oleh karena itu dalam kesempatan yang baik ini dengan segala kerendahan hati, penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak sebagai berikut :

1. Bapak Prof. Dr. Supanto, S.H., M.Hum., selaku Dekan Fakultas Hukum UNS, yang telah memberikan ijin dan kesempatan kepada penulis untuk mengembangkan ilmu hukum dalam menyelesaikan penulisan hukum ini.

(10)

memberikan penulis dorongan baik secara moral maupun materiil sejak awal masuk fakultas hukum sampai dengan akhir penlisan hukum skripsi.

3. Bapak Dr. Soehartono, S.H.,M.H., selaku Ketua Bagian Hukum Acara. 4. Bapak dan Ibu Dosen Fakultas Hukum UNS yang telah memberikan

ilmu pengetahuannya kepada penulis sehingga dapat dijadikan bekal dalam Penulisan Hukum (Skripsi) ini.

5. Bapak dan Ibu staf karyawan kampus Fakultas Hukum UNS yang telah membantu dan berperan dalam kelancaran kegiatan proses belajar mengajar dan segala kegiatan mahasiswa di Fakultas Hukum UNS. 6. Bapak dan Ibu terkasih Bapak Yusran Mainin dan Ibu P. Sriningsih

yang tak henti-hentinya memberikan kasih sayang, semangat dan mendoakan penulis, hingga akhirnya dapat menyelesaikan penulisan hukum ini. Tiada kata selain ucapan terima kasih dan semoga saya dapat memenuhi harapan kalian untuk dapat mengejar cita-cita demi masa depan.

7. Abang dan Adik, Ali Hamzah dan Thariq Ashary yang selalu memberi semangat, dukungan, demi kelancaran penulisan hukum ini.

8. Sahabat-sahabat Aulia Fahriza, Devan Filia Pratama, Gendy Bayu Setiawan, yang selalu menemani hari-hari penulis dalam menjalani kehidupan di FH UNS.

9. Keluarga besar Kos Untung Erwin Herlian, Satya, Wikan, Akbar, Yusuf, Aghi, dan Rafin.

(11)

xi

11. Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat FH UNS yang telah memberikan pengetahuan baru yang tidak di dapatkan selama di bangku perkuliahan

12. Semua pihak yang ikut serta membantu dalam penyelesaian Penulisan Hukum (Skripsi) ini.

Penulis berharap Penulisan Hukum (Skripsi) ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak baik untuk penulis akademisi maupun masyarakat umum. Akhirnya Penulis berharap semoga hasil Penulisan Hukum (Skripsi) ini dapat memberikan manfaat pada pihak-pihak yang berkepentingan.

Surakarta, 22 September 2015 Penulis

(12)

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL ... i

HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING ... ii

HALAMAN PENGESAHAN PENGUJI ... iii

HALAMAN PERNYATAAN ... iv

HALAMAN ABSTRAK ... v

HALAMAN MOTTO ... vii

HALAMAN PERSEMBAHAN ... viii

KATA PENGANTAR ... ix

DAFTAR ISI ... xii

DAFTAR SKEMA ... xv

BAB I. PENDAHULUAN ... 1

A. Latar Belakang Masalah ... 1

B. Rumusan Masalah ... 4

C. Tujuan Penelitian ... 4

D. Manfaat Penelitian ... 5

E. Metode Penelitian... 6

F. Sistematika Penulisan Hukum ... 11

(13)

xiii

1. Tinjauan Umum tentang Hakim ... 13

2. Tinjauan Umum tentang Pertimbangan Hakim ... 14

3. Tinjauan Umum tentang Upaya Hukum Kasasi ... 19

4. Tinjauan Umum tentang Penuntut Umum ... 26

5. Tinjauan Umum tentang Tindak Pidana Narkotika ... 28

6. Tinjauan Umum tentang Putusan ... 40

7. Alasan Pengajuan Kasasi Oleh Penuntut Umum ... 57

8. Pertimbangan Hakim Mahkamah Agung ... 59

9. Putusan Mahkamah Agung ... 60

B. Pembahasan 1. Kesalahan Penerapan Hukum Oleh Pengadilan Tinggi Yogyakarta Sebagai Alasan Kasasi Penuntut Umum Dalam Perkara Narkotika Sesuai Dengan Ketentuan Pasal 253 ayat (1) KUHAP ... 61

(14)

BAB IV. PENUTUP ... 73 A. Simpulan ... 73 B. Saran ... 74

DAFTAR PUSTAKA

(15)

xv

DAFTAR GAMBAR

(16)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...