t mat 0907752 chapter5

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

BUDI SETIAWAN, 2011

Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu

BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan

Berdasarkan hasil temuan selama penelitian dan analisis data hasil penelitian, mengenai kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematik siswa melalui pembelajaran kooperatif model CIRC dan pembelajaran konvensional (biasa), peneliti memperoleh kesimpulan sebagai berikut:

1. Peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran model CIRC lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional (biasa).

2. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan model CIRC menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional (biasa).

3. Terdapat kaitan yang signifikan antara kemampuan koneksi dan kemampuan pemecahan masalah matematik di kelas eksperimen.

4. Pembelajaran kooperatif memunculkan sikap aktif dan kreatif siswa, terutama mencoba menyelesaikan soal-soal yang diberikan, berdiskusi dengan temannya sesama kelompok, dan siswa berani mengemukakan atau mengajukan pertanyaaan kepada guru.

(2)

BUDI SETIAWAN, 2011

Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu

88

Pembelajaran ini juga membuat siswa merasa senang, tertarik, tertantang, terbantu dan dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dalam belajar oleh kegiatan kelompok. Selain itu, selama proses pembelajaran siswa juga terlihat tidak bosan belajar. Hal ini terlihat dari antusias dan semangat belajarnya meningkat, tumbuhnya sikap saling menghargai dan keberanian dalam menyampaikan suatu pertanyaan atau tanggapan.

B. Saran

Berdasarkan kesimpulan di atas penulis mengemukakan saran sebagai berikut:

1. Bagi pihak sekolah, hendaknya pendekatan pembelajaran kooperatif model CIRC disajikan sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran, karena

dari hasil penelitian yang telah dilakukan, model CIRC ternyata dapat meningkatkan kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematik. 2. Perlu dilakukan penelitian tentang pengaruh pembelajaran matematika dengan

menggunakan pendekatan CIRC terhadap peningkatan kemampuan matematik lainnya, misalnya kemampuan penalaran, kemampuan komunikasi, kemampuan pemahaman dan kemampuan representasi dengan mengambil pokok bahasan lainnya.

(3)

BUDI SETIAWAN, 2011

Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu

89

memuat aspek-aspek yang berkaitan dengan mata pelajaran lain dan kehidupan sehari-hari pada pembelajaran.

4. Sebaiknya guru membiasakan soal-soal yang memuat aspek-aspek pemecahan masalah pada pembelajaran, karena siswa selalu kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang dianggapnya baru.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...