Analisis Materi Pelajaran AMP

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

Analisis Materi Pelajaran (AMP)

Ismi Nurfadilah (1500883)

Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Fakultas Ilmu Pendidikan Isminurfadilah02@gmail.com

Buku teks atau textbook merupakan sekumpulan tulisan secara sistematis yang dibuat oleh para ahli di bidang masing-masing yang berisi materi pelajaran tertentu yang telah memenuhi indikator sesuai dengan kurikulum yang telah ditentukan. Buku teks ini digunakan sebagai pegangan dan alat bantu peserta didik dalam memeahami materi belajar dalam proses pembelajaran (UNY, tanpa tahun). Bahan atau materi pembelajaran pada dasarnya adalah “isi” dari kurikulum, yakni berupa mata pelajaran atau bidang studi dengan topik/subtopik dan rinciannya (Ruhimat, 2011 dalam UNILA, tanpa tahun). Materi pelajaran merupakan suatu pengetahaun, sikap, dan keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam proses pembelajaran.

Materi pembelajaran dapat dibedakan menjadi empat jenis, diantaranya jenis materi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Materi aspek kognitif meliputi fakta, konsep, prinsip dan prosedur (Reigeluth, 1987 dalam Haryanto, tanpa tahun). Materi aspek afektif meliputi pemberian respon, penerimaan (apresiasi), internalisasi dan penilaian. Materi aspek psikomotik meliputi gerakan awal, semi rutin, dan rutin (Haryanto, tanpa tahun).

Selain jenis, di dalam pembelajaran juga terdapat beberapa prinsip, diantaranya prinsip perhatian dan motivasi, prinsip keaktifan, prinsip keterlibatan langsung, prinsip pengulangan, prinsip balikan dan penguatan, serta prinsip perbedaan individual (Alinawati, tanpa tahun). Prinsip-prinsip pengembangan materi pembelajaran yaitu relevansi, konsistensi, dan adequacy. Adapun dalam pengembangan materi pembelajaran guru harus mampu mengidentifikasi materi pembelajaran dengan mempertimbangkan hal-hal seperti potensi pserta didik; relevansi dengan karateristik daerah; tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial dan spiritual peserta didik; kebermanfaatan bagi peserta didik; struktur keilmuan; aktualisasi, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran; relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan; dan alokasi waktu (Arifin, tanpa tahun).

Daftar Pustaka :

Alinawati, M. (Tanpa Tahun). Prinsip-Prinsip Pembelajaran. [Online]. Diakses dari http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIK

AN/195806191986012-MUTHIA_ALINAWATI/Prinsip-prinsip_Pembelajaran.pdf.

Arifin, M. S. (Tanpa Tahun). Pengembangan Materi Pembelajaran. [Online]. Diakses

(2)

http://muhsyamsularifin.blogs.uny.ac.id/wp- content/uploads/sites/1979/2015/12/PENGEMBANGAN-MATERI-PEMBELAJARAN.pdf.

Haryanto, F. D. (Tanpa Tahun). Materi Pembelajaran. [Online]. Diakses dari

http://feri.blogs.uny.ac.id/wp-content/uploads/sites/2043/2015/12/materi-pembelajaran.pdf.

Universita Negeri Lampung. (Tanpa Tahun). Bab II Landasan Teori. [Online]. Diakses dari http://digilib.unila.ac.id/5503/18/BAB%20II.pdf.

Universitas Negeri Yogyakarta. (Tanpa Tahun). Bab II Kajian Teori. [Online]. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/9231/3/bab%202-07205241007.pdf.

Redjeki, S. dan Mimin, N. (Tanpa Tahun). Analisis Materi Pelajaran. [Online].

Diakses dari

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...