KATA PENGANTAR. segala kenikmatan dan karunia-nya sehingga penyusun dapat menyelesaikan

Teks penuh

(1)
(2)
(3)

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami haturkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan segala kenikmatan dan karunia-Nya sehingga penyusun dapat menyelesaikan Laporan Hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) Tahun 2020 pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wonogiri.

Laporan ini disusun sebagai pertanggungjawaban Tim Penyusunan SKM pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wonogiri dalam rangka pelaksanaan SKM yang telah dilakukan pada Tahun 2020. Banyak pihak yang telah membantu terlaksananya penyusunan Laporan Hasil Survey SKM Tahun 2020 ini mulai dari pelaksanaan survey sampai dengan penyusunan laporan ini. Untuk itu, penyusun mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya. Laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, kritik dan saran yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan dan peningkatan kualitas laporan.

Akhir kata semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, terutama bermanfaat dalam peningkatan kinerja dan mutu pelayanan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wonogiri pada khususnya dan Pemerintah Kabupaten Wonogiri pada umumnya.

Wonogiri, Nopember 2020

KEPALA SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN WONOGIRI

WALUYO, S.Sos, MM

Pembina Utama Muda NIP. 19670220 198803 1 006

(4)

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL... i

KATA PENGANTAR... ii

DAFTAR ISI... iii

BAB I PENDAHULUAN ... 1

1.1 Latar Belakang ... 1

1.2 Dasar Hukum ... 2

1.3 Maksud dan Tujuan ... 2

1.4 Manfaat... 3

1.5 Ruang Lingkup ... 3

BAB II METODOLOGI SKM... 5

2.1 Metode dan Unsur Survei ... 5

2.2 Tim SKM ... 6

2.3 Jadwal SKM... 6

2.4 Langkah-Langkah Pengolahan Data ... 7

BAB III HASIL PENGOLAHAN DATA ... 9

3.1 Indeks setiap Unsur Pelayanan ... 9

3.2 Analisis Karakteristik Responden... 11

3.3 Analisis Karakteristik Jawaban Responden per Unsur Pelayanan... 12

3.4 Analisis Survei Kepuasan Masyarakat... 14

3.5 Rencana Tindak Lanjut ... 14

BAB IV PENUTUP ... ... 16

4.1 Kesimpulan... 16

4.2 Saran ... 16 Lampiran………. ...

(5)

LAMPIRAN

PELAKSANAAN SURVEI

KEPUASAN MASYARAKAT (SKM)

SATPOL PP KABUPATEN WONOGIRI

(6)

BAB I PENDAHULUAN 1. Latar Belakang

Pelayanan publik oleh aparatur pemerintah dewasa ini masih banyak dijumpai kelemahan sehingga belum dapat memenuhi kualitas yang diharapkan masyarakat yang ditandai dengan berbagai keluhan masyarakat sehingga dapat menimbulkan citra yang kurang baik terhadap aparatur pemerintah. Mengingat fungsi utama pemerintah adalah melayani masyarakat maka pemerintah perlu terus berupaya meningkatkan kualitas layanan.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-undang No. 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik Pasal 38 ayat 1 dimana penyelenggara berkewajiban melakukan penilaian kinerja penyelenggaraan pelayanan publik secara berkala., perlu disusun indeks kepuasan masyarakat sebagai tolak ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan. Salah satu indikator yang dapat dijadikan sebagai ukuran bahwa paradigma pelayanan publik telah berubah adalah adanya keberanian Pemerintah Daerah untuk melakukan evaluasi terhadap dirinya sendiri maupun terhadap kepuasan masyarakat yang dilayaninya, diantaranya dengan melakukan riset atau penelitian tentang kinerja layanan publik di lingkungannya.

Riset tentang kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik pada umumnya masih jarang dilakukan oleh pemerintah daerah, sehingga takaran untuk mengetahui sejauh mana efektivitas berbagai pelayanan publik khususnya dilihat dari kepuasan masyarakat pengguna juga belum diketahui. Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya.

Pengukuran kepuasan merupakan elemen penting dalam proses evaluasi kinerja dimana tujuan akhir yang hendak dicapai adalah menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien, dan lebih efektif berbasis dari kebutuhan masyarakat. Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna layanan. Kepuasan masyarakat dapat juga

(7)

dijadikan acuan bagi berhasil atau tidaknya pelaksanaan program yang dilaksanakan pada suatu lembaga layanan publik.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan survei terkait dengan kepuasan masyarakat. Pemilihan sampel yang tepat. dianggap dapat mewakili pendapat umum yang berkembang di masyarakat, Diharapkan dengan semakin meningkatnya Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) atas suatu pelayanan berarti semakin baik pula kualitas pelayanan yang diberikan.

2. Dasar Hukum

a. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

b. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

c. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor

25/KEP/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.

d. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor

26/KEP/M.PAN/2/2004 tentang Petunjuk Teknis Transparansi dan Akuntabilitas Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

e. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik;

f. Peraturan Daerah Kabupaten Wonogiri Nomor 7 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Lembaran Daerah Kabupaten Wonogiri Tahun 2014 Nomor 7, Tambahan Lembaran Daerah Kabupaten Wonogiri Nomor 133);

g. Peraturan Bupati Wonogiri Nomor 41 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonogiri.

3. Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan dari kegiatan Pengukuran Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) adalah :

a. Untuk mengetahui dan mempelajari tingkat kinerja Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonogiri selama tahun 2020 sebagai bahan untuk

(8)

menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya.

b. Untuk mengetahui harapan dan kebutuhan dengan pelayanan melalui data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur peyelenggara pelayanan publik.

c. Untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan melalui hasil pendapat dan penilaian masyarakat terhadap kinerja pelayanan yang diberikan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonogiri.

d. Untuk mengetahui kelemahan atau kekurangan dari pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonogiri sebagai salah satu unit penyelenggara pelayanan publik.

e. Sebagai sarana pengawasan bagi masyarakat terhadap kinerja pelayanan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonogiri.

f. Untuk mengetahui dan mempelajari segala kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonogiri sebagai upaya pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan, maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan.

4. Manfaat

Manfaat dari Survei Kepuasan Masyarakat adalah dapat dipergunakan sebagai acuan perencanaan kegiatan pada waktu yang akan datang guna perbaikan kualitas pelayanan di Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wonogiri.

5. Ruang Lingkup

Sesuai Pedoman Umum Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) terdapat beberapa pengertian yang perlu dijelaskan, yaitu :

a. Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonogiri sebagai bagian aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya.

(9)

b. Penyelenggara pelayanan publik adalah instansi pemerintah.

c. Instansi Pemerintah adalah Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonogiri.

d. Pelayanan publik adalah segala kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan, maupun dalam rangka pelaksanaan peraturan perundang-undangan. e. Kedisiplinan petugas pelayanan, yaitu kesungguhan petugas dalam memberikan

pelayanan terutama terhadap konsistensi waktu kerja sesuai ketentuan yang berlaku;

f. Tanggungjawab petugas pelayanan, yaitu kejelasan wewenang dan tanggung jawab petugas dalam penyelenggaraan dan penyelesaian pelayanan;

g. Kemampuan petugas pelayanan, yaitu tingkat keahlian dan keterampilan yang dimiliki petugas dalam memberikan/menyelesaikan pelayanan kepada mayarakat;

h. Kecepatan pelayanan, yaitu target waktu pelayanan dapat diselesaikan dalam waktu yang telah ditentukan oleh unit penyelenggara pelayanan;

i. Keadilan mendapatkan pelayanan, yaitu pelaksanaan pelayanan dengan tidak membedakan golongan/status masyarakat yang dilayani;

j. Kesopanan dan keramahan petugas, yaitu sikap dan perilaku petugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara sopan dan ramah serta saling menghargai dan menghormati;

k. Kewajaran biaya pelayanan, yaitu keterjangkauan masyarakat terhadap besarnya biaya yang ditetapkan oleh unit pelayanan;

l. Kepastian biaya pelayanan, yaitu kesesuaian antara biaya yang dibayarkan dengan biaya yang telah ditetapkan;

m. Kepastian jadwal pelayanan, yaitu pelaksanaan waktu pelayanan, sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan;

n. Kenyamanan lingkungan, yaitu kondisi sarana dan prasarana pelayanan yang bersih, rapi, dan teratur sehingga dapat memberikan rasa nyaman kepada penerima pelayanan;

o. Keamanan pelayanan, yaitu terjaminnya tingkat keamanan lingkungan unit penyelenggara pelayanan ataupun sarana yang digunakan, sehingga masyarakat merasa tenang untuk mendapatkan pelayanan terhadap resiko-resiko yang diakibatkan dari pelaksanaan pelayanan.

(10)

BAB II

METODOLOGI SKM 1. Metode dan Unsur Survei

Metode yang digunakan untuk menyusun Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) adalah dengan metode survei. Responden diberikan kuesioner untuk mengisi dan memilih jawaban yang tersedia. Responden yang diharapkan sebanyak 100 orang dengan cara mengirim kuesioner dengan “Google Form” yang disebar melalui media social (Whatsapp) kepada stkeholders di Wonogiri. Responden disuruh mengisi secara mandiri, kemudian dikirim balik melalui media sosial lagi.

Berdasarkan tugas pokok fungsi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) maka dapat ditetapkan 14 (empat belas) unsur pelayanan untuk Survey Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) adalah :

1) Persyaratan adalah syarat yang harus dipenuhi dalam pengurusan suatu jenis pelayanan, baik persyaratan teknis maupun administratif.

2) Prosedur adalah tata cara pelayanan yang dibakukan bagi pemberi dan penerima pelayanan, termasuk pengaduan.

3) Kedisiplinan petugas pelayanan, yaitu kesungguhan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dalam memberikan pelayanan terutama terhadap konsistensi waktu kerja sesuai ketentuan yang berlaku;

4) Tanggungjawab petugas pelayanan, yaitu kejelasan wewenang dan tanggung jawab petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dalam penyelenggaraan dan penyelesaian pelayanan;

5) Kemampuan petugas pelayanan, yaitu tingkat keahlian dan keterampilan yang dimiliki petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dalam memberikan/menyelesaikan pelayanan kepada mayarakat;

6) Kecepatan pelayanan, yaitu target waktu pelayanan dapat diselesaikan dalam waktu yang telah ditentukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP);

7) Keadilan mendapatkan pelayanan, yaitu pelaksanaan pelayanan dengan tidak membedakan golongan/status masyarakat yang dilayani;

8) Kesopanan dan keramahan petugas, yaitu sikap dan perilaku petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara sopan dan ramah serta saling menghargai dan menghormati;

(11)

9) Biaya/Tarif adalah ongkos yang dikenakan kepada penerima layanan dalam mengurus dan/atau memperoleh pelayanan dari penyelenggara yang besarnya ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara penyelenggara dan masyarakat.

10) Penanganan pengaduan, saran dan masukan, adalah tata cara pelaksanaan penanganan pengaduan dan tindak lanjut.

11) Kepastian jadwal pelayanan, yaitu pelaksanaan waktu pelayanan, sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP);

12) Maklumat Pelayanan adalah merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan.

13) Kenyamanan lingkungan, yaitu kondisi sarana dan prasarana pelayanan yang bersih, rapi, dan teratur sehingga dapat memberikan rasa nyaman kepada penerima pelayanan;

14) Keamanan pelayanan, yaitu terjaminnya tingkat keamanan lingkungan unit penyelenggara pelayanan ataupun sarana yang digunakan, sehingga masyarakat merasa tenang untuk mendapatkan pelayanan terhadap resiko-resiko yang diakibatkan dari pelaksanaan pelayanan.

Dari masing-masing unsur pelayanan memiliki bobot yang sama.

2. Tim SKM

Guna memperlancar kegiatan survei kepuasan masyarakat maka dibentuk Tim Pelaksana yang melibatakan beberapa pejabat Struktural dan fungsional umum pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wonogiri. Adapun susunan lengkap Tim Pelaksana sebagaimana terlampir.

3. Jadwal SKM

Jadwal survei sampai dengan penyusunan laporan sebagaimana berikut ini.

No Kegiatan Oktober Nopember

1 Pembentukan Tim

2 Penyusunan Kuesioner

3 Pengumpulan Data

4 Pengolahan dan Analisa Data

(12)

4. Langkah-langkah Pengolahan Data

Persiapan Pengumpulan Data Pengolahan dan Analisa Data

Penyusunan Laporan a. Persiapan

Kegiatan yang dilakukan adalah menyiapkan kuesioner untuk responden. Kuesioner dibagi atas 3 (tiga) bagian, meliputi :

Bagian I : Identitas responden meliputi nama (optinal), usia, jenis kelamin, pendidikan dan pekerjaan, bertujuan untuk menganalisis profil responden dalam penilaian terhadap Satpol PP;

Bagian II : Mutu pelayanan publik adalah pendapat penerima pelayanan yang memuat kesimpulan / pendapat responden terhadap unsur-unsur pelayanan yang dinilai.

Bentuk jawaban pertanyaan dari setiap unsur pelayanan secara umum mencerminkan tingkat kualitas pelayanan, yaitu dari yang sangat baik sampai dengan tidak baik. Untuk katagori tdak baik diberi nilai persepsi 1, Kurang baik diberi nilai persepsi 2, baik diberi nilai persepsi 3, sangat baik diberi nilai persepsi 4.

b. Pengumpulan Data

Data yang dikumpulkan dalam kegiatan ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari responden dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Pengumpulan data dengan melakukan survei kepada masyarakat melalui media social (whatsapp) dengan Google form kepada responden secara acak. Responden langsung mengisi dan dikirim kembali melalui media social Whatsapp.

c. Pengolahan dan Analisis Data

Kuesioner yang telah terisi kemudian dikumpulkan dan diolah secara kuantitatif dengan menggunakan aplikasi exel. Proses dan analisis data sesuai dengan petunjuk dalam Peraturan Bupati Wonogiri Nomor 41 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonogiri.

(13)

d. Penyusunan laporan

Hasil survey disusun dalam bentuk laporan yang akan menadi dokumen penting Satuan Polisi pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonogiri yang menyajikan informasi dari olahan analisis data yang dapat digunakan sebagai dasar penentuan kebijakan strategis berdasarkan ketentuan yang berlaku.

(14)

BAB III

PEMBAHASAN HASIL SKM 1. Indeks Setiap Unsur Pelayanan

Hasil survey dari jawaban responden setiap unsur pelayanan setelah dijumlah nilainya sebagaimana tabel berikut.

Tabel III. 01

Nilai Setiap Unsur Pelayanan

No. Unsur Pelayanan Indeks

1 Persyaratan pelayanan 79.5

2 Prosedur pelayanan 79.3

3 Kedisiplinan petugas pelayanan 79.5

4 Tanggung jawab petugas pelayanan 77.1

5 Kemampuan petugas pelayanan 77.6

6 Kecepatan pelayanan 77.4

7 Keadilan mendapatkan pelayanan 75.5

8 Kesopanan dan keramahan petugas 76.0

9 Biaya pelayanan 99.5

10 Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan 76.0

11 Kepastian jadwal pelayanan 75.7

12 Maklumat pelayanan 76.4

13 Kenyamanan lingkungan 75.5

14 Keamanan pelayanan 76.9

Selanjutnya nilai rata-rata dari setiap unsur pelayanan diperoleh total nilai setiap unsur dibagi dengan jumlah responden, yang hasilnya sebagai berikut.

(15)

Tabel III. 02

Nilai Rata-rata (NRR) dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)

No. Unsur Pelayanan NRR

1. Persyaratan pelayanan 3.190

2. Prosedur pelayanan 3.181

3. Kedisiplinan petugas pelayanan 3.181

4. Tanggung jawab petugas pelayanan 3.114

5. Kemampuan petugas pelayanan 3.124

6. Kecepatan pelayanan 3.095

7. Keadilan mendapatkan pelayanan 3.038

8. Kesopanan dan keramahan petugas 3.057

9. Biaya pelayanan 4.000

10. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan 3.048

11. Kepastian jadwal pelayanan 3.057

12. Maklumat pelayanan 3.076

13. Kenyamanan lingkungan 2.990

14. Keamanan pelayanan 3.105

Sedangkan nilai indeks komposit (gabungan) untuk setiap unit pelayanan, merupakan jumlah nilai rata-rata dari setiap unsur pelayanan dikalikan dengan penimbang yang sama, yaitu 0,71 (untuk 14 unsur). Hasil penghitungan tersebut sebagaimana tabel di bawah ini.

Tabel III. 03

Nilai Indeks Komposit Setiap Unsur Pelayanan

No. Unsur Pelayanan NRR

1. Persyaratan pelayanan 0.227

2. Prosedur pelayanan 0.226

(16)

4. Tanggung jawab petugas pelayanan 0.221

5. Kemampuan petugas pelayanan 0.222

6. Kecepatan pelayanan 0.222

7. Keadilan mendapatkan pelayanan 0.222

8. Kesopanan dan keramahan petugas 0.216

9. Biaya pelayanan 0.217

10. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan 0.284

11. Kepastian jadwal pelayanan 0.216

12. Maklumat pelayanan 0.217

13. Kenyamanan lingkungan 0.212

14. Keamanan pelayanan 0.215

Jumlah 3.142

Nilai indeks unit pelayanan dapat diperoleh dari penjumlahan nilai indeks komposit pada seluruh unsur pelayanan (14 unsur pelayanan) yaitu 3.142 dikalikan dengan nilai dasar (25) maka = 3.142 x 25 = 78,56

2. Analisis Karakteristik Responden

Pada periode pengukuran Tahun 2020 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonogiri telah melaksanakan pengukuran kepuasan masyarakat melalui Survei Kepuasan Masyarakat dengan keseluruhan responden yang mengisi dan dikembalikan ke Tim sebanyak 105 (seratus lima) responden, terdiri dari 54 laki-laki dan 51 perempuan. Karakteristik responden yang dibedakan jenis pekerjaaan atau profesinya, adalah PNS/TNI/Polri sebanyak 21 orang (20 %) dan Swasta/BUMN/BUMD sebanyak 84 orang (80%). Sedangkan berdasarkan tingkat pendidikan yang ditamatkan adalah terdiri dari SD 8 orang (9,3%), SMP sebanyak 28 orang (26,6%), SLTA sebanyak 60 orang (57,1%) dan Sarjana Muda/Sarjana sebanyak 9 orang (6,9%).

(17)

3. Analisis Karakteristik Jawaban Responden Per Unsur Pelayanan

Berdasarkan jawaban responden dapat dianalisis per unsur pelayanan sebagai berikut :

1. Persyaratan

Menurut responden persyaratan yang harus dipenuhi untuk memperoleh pelayanan di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kab. Wonogiri adalah sebagian besar menjawab sangat mudah (20 %), mudah ( 78,1 %), cukup mudah (1,9 %) dan tidak ada yang menjawab sulit ( 0 %).

2. Prosedur

Menurut responden prosedur atau tata cara pelayanan, termasuk pengaduan di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kab. Wonogiri adalah sebagian besar menjawab sangat baik (19 %), baik (79 %), cukup baik ( 2 %) dan tiada yang menjawab tidak baik ( 0%).

3. Kedisiplinan Petugas

Menurut responden kedisiplinan para pegawai/petugas di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kab. Wonogiri adalah sangat disiplin (21,9 %), disiplin (74,3%), kurang disiplin ( 3,8%) dan tak ada yang menjawab tidak disiplin (0%).

4. Tanggungjawab Petugas

Menurut responden tanggungjawab para pegawai/petugas di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kab. Wonogiri dalam melaksanakan tugasnya sudah sesuai dengan kewenangan yang dimiliki adalah Sangat Bertanggungjawab (13,3%), Bertanggungjawab (81,9 %), Kurang Bertanggungjawab (4,8 %) dan Tidak Bertanggungjawab (0%).

5. Kemampuan Petugas

Menurut jawaban responden kemampuan (pengetahuan, keahlian,

keterampilan, dan Pengalaman) para pegawai/petugas di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kab. Wonogiri adalah sangat mampu (14,3%), mampu (81,9%), kurang mampu (3,8%) dan tidak mampu (0%).

6. Kecepatan Pelayanan

Menurut jawaban responden jangka waktu pelayanan yang diperlukan untuk menyelesaikan seluruh proses pelayanan di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kab. Wonogiri adalah sangat cepat (12,4 %), cepat (84,8%), cukup cepat (2,9%) dan lambat/lama (0%).

(18)

7. Keadilan Mendapatkan Pelayanan

Menurut jawaban responden pelayanan yang diberikan, apakah sudah adil dan tidak membeda-bedakan yang dilayani adalah sangat adil (7,6%), adil (85,7%), kurang adil (6,7%) dan tidak adil (0 %).

8. Kesopanan dan Keramahan Petugas

Menurut jawaban responden kesopanan dan keramahan para pegawai/petugas di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kab. Wonogiri adalah sangat sopan (15,2 %), sopan (84,8%), kurang sopan (0 %) dan tidak sopan (0 %).

9. Biaya/Tarif

Menurut jawaban responden biaya yang dikenakan kepada penerima layanan di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kab. Wonogiri adalah gratis (100 %), murah (0 %), cukup murah (0 %) dan mahal (0%).

10.Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

Menurut jawaban responden penanganan pegaduan, saran dan masukan, serta tindak lanjutnya di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kab. Wonogiri adalah sangat baik (10,5%), baik (82,9%), cukup baik (6,7%) dan tidak baik (0 %). 11.Kepastian Jadwal Pelayanan

Menurut responden waktu pelayanan, apakah sudah sesuai dengan jadwal yang ditetapkan jawabannya adalah sangat sesuai (9,5%), sesuai (83,8%), kurang sesuai (6,7%) dan tidak sesuai (0 %).

12.Maklumat Pelayanan

Menurut jawaban responden pernyataan kesanggupan dan kewajiban dari para petugas/pegawai di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kab. Wonogiri dalam memberikan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan adalah sangat memuaskan (11,4%), memuaskan (83,8%), kurang memuaskan (4,8%) dan tidak memuaskan (0%).

13.Kenyamanan Lingkungan

Menurut jawaban responden kenyamanan lingkungan di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kab. Wonogiri? (Ruang Tunggu, Ruang Sidang, Ruang Rapat, Kamar Mandi/WC) adalah sangat nyaman (8,6 %), nyaman (85,7 %), cukup nyaman (5,7 %) dan tidak nyaman (0 %).

(19)

14.Keamanan Pelayanan

Menurut jawaban responden hasil pelayanan berupa keamanan, ketentraman dan ketertiban yang dilaksanakan sesuai dengan harapan adalah sangat memuaskan (12,4%), memuaskan (82,9%), kurang memuaskan (4,8 %) dan tidak memuaskan (0%).

4. Analisis SKM

Sebagaimana diketahui bahwa kategorisasi indeks mutu pelayanan adalah sebagai berikut :

Tabel III. 04

Kategorisasi Mutu Pelayanan Nilai Interval

SKM Konversi SKMNilai Interval PelayananMutu Kinerja UnitPelayanan

1,00 – 1,75 25,00 – 43,75 D TIDAK BAIK

1,76 – 2,50 43,75 – 62,50 C KURANG BAIK

2,51 – 3,25 62,51 – 81,25 B BAIK

3,26 – 4,00 81,26 - 100 A SANGAT BAIK

Berdasarkan hasil pengolahan data dan selanjutnya dianalisis dengan tabel kategorisasi mutu pelayanan di atas maka dapat disimpulkan bahwa mutu pelayanan pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wonogiri tahun 2020 adalah sebagai berikut :

a. Jumlah responden : 105 responden

b. Nilai interval IKM : 3,142 (2,51 – 3,25)

c. Kategorisasi Mutu Pelayanan : B

d. Kategori Pelayanan : BAIK

5. Rencana Tindak Lanjut

Hasil pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wonogiri tahun 2020 adalah sebagai berikut :

Unsur penilaian yang dapat nilai tertinggi adalah biaya pelayanan dengan nilai rata-rata 4,000 dan Persyaratan pelayanan dengan nilai rata-rata 3,190.

(20)

Hal itu menggambarkan bahwa biaya untuk mendapatkan pelayanan gratis (tanpa biaya), serta persyaratan pelayanan yang sangat mudah.

Unsur penilaian yang dapat nilai terendah adalah kenyamanan lingkungan dengan nilai rata-rata 3,012. Hal tersebut berkaitan denggan kondisi sarana dan parasarana fisik kantor yang perlu perbaikan dan penataan lebih baik lagi.

Selanjutnya rencana tindak lanjut perbaikan mutu pelayanan pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wonogiri tahun 2021 sebagai berikut.

Tabel III. 05

Rencana Tindak Lanjut Perbaikan Mutu Pelayanan

No Unsur Kegiatan Waktu Triwulan Penanggungjawab

1 2 3 4

1. Kenyamanan

Lingkungan PemeliharaanGedung dan Kantor

Kasubag Umum dan Kepegawaian

(21)

BAB IV PENUTUP 1. Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis data hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonogiri yang dilaksanakan pada tahun 2020 dengan responden sebanyak 105 responden dapat disimpulkan bahwa maka diperoleh nilai Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) 78,56 (tujuh

puluh delapan koma lima puluh enam), termasuk dalam Kategori Pelayanan

BAIK.

2. Saran

Walaupun Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonogiri dalam Kategori Pelayanan BAIK tetap memerlukan perbaikan-perbaikan baik kuantitas dan kualitas SDM maupun terutama sarana dan prasarana penunjang (gedung dan prasarana kantor) serta perlengkapan penunjang lannya dalam upaya memberikan pelayanan prima.

Wonogiri, 10 Nopember 2020 KEPALA SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

KABUPATEN WONOGIRI

WALUYO, S.Sos, MM

Pembina Utama Muda NIP. 19670220 198803 1 006

(22)

PEMERINTAH KABUPATEN WONOGIRI

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

Jl. Ir. Soekarno Nomor 10 Wonogiri 57612 Telepon (0273) 321021

Email : satpolppwng@gmail.com

KEPUTUSAN KEPALA SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN WONOGIRI

NOMOR 22 TAHUN 2020 TENTANG

PEMBENTUKAN TIM PELAKSANA PENYUSUNAN SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (SKM)

PADA SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2020

KEPALA SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN WONOGIRI,

Menimbang : a. Bahwa guna kelancaran dalam Pelaksanaan Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wonogiri Tahun 2020, dipandang perlu membentuk Tim Pelaksana;

b. Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud huruf a, perlu menetapkan Keputusan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja tentang Pembentukan Tim Pelaksana Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wonogiri Tahun 2020;

Mengingat : 1. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 244), sebagaimana telah diubah beberapakali terakhir dengan Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 58, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5679);

2. Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2005 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 65, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4593);

3. Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 114 Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5887);

4. Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2010 tentang Satuan Polisi Pamong Praja (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 9, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5094);

5. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyaraakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik;

6. Peraturan Daerah Kabupaten Wonogiri Nomor 41 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasana Masyarakat Terhadap Penyelenggara Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonogiri.

(23)

MEMUTUSKAN

Menetapkan :

KESATU : Membentuk Tim Pelaksana Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wonogiri Tahun 2020, sebagaimana tercantum dalam Lampiran Keputusan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja ini.

KEDUA : Tugas Tim Pelaksana tersebut Diktum KESATU adalah:

1. Menyusun rencana kegiatan survei dan penyusunan laporan;

2. Melaksanakan kegiatan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi dalam mencari bahan/materi penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM); 3. Melaksanakan teknis kegiatan survei dan penyusunan Survei Kepuasan

Masyarakat (SKM) sesuai pedoman yang berlaku ; 4. Melaksanakan evaluasi kegiatan;

5. Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan survei dan penyusunan SKM kepada Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wonogiri.

KETIGA : Dalam melaksanakan tugasnya, Tim Pelaksana tersebut Diktum KESATU bertanggungjawab kepada Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wonogiri.

KEEMPAT : Segala biaya yang timbul akibat dikeluarkannya Keputusan ini dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Wonogiri Tahun Anggaran 2020.

KELIMA : Keputusan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

Ditetapkan di Wonogiri

Pada tanggal 03 November 2020

KEPALA SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN WONOGIRI

(24)

LAMPIRAN

KEPUTUSAN KEPALA SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN WONOGIRI

NOMOR : 22 TAHUN 2020 TENTANG :

PEMBENTUKAN TIM PELAKSANA PENYUSUNAN SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (SKM)

PADA SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2020

SUSUNAN TIM PELAKSANA PENYUSUNAN SURVEI KEPUASAN MASYARAAKAT (SKM)

PADA SATUAN POLISI PAMONG PRAJAKABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2020

NO

NAMA JABATAN KEDUDUKAN DALAM PANITIA

1. WALUYO, S.Sos, M.M. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wonogiri

Penanggungjawab

2. Drs. PONTJO MARDIJONO, M.Si Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Wonogiri

Ketua

3. SUYOKO,S.Sos. MM. Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan

Sekretaris

4. PAIMAN, S.E. Bendahara Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan

Anggota

5. SRI SUPATMI,SH, MM Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Anggota

6. TRI SAKTI PURWADI, SE Analis Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Sub Bagian

Perencanaan dan Keuangan

Anggota

KEPALA SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN WONOGIRI

(25)

UNIT PELAYANAN : SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

TAHUN : 2020

NO.

RESP USIA JK PKR PENDIDIKAN

U1 U2 U3 U4 U5 U6 U7 U8 U9 U10 U11 U12 U13 U14

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 1 32 L SWASTA S1 4 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 2 30 P PNS SLTP 3 3 3 3 3 3 3 3 4 2 3 4 2 4 3 29 L SWASTA SLTP 3 3 3 3 3 3 3 4 4 3 3 3 3 3 4 49 L PNS SLTP 4 3 4 4 3 3 3 4 4 3 3 3 3 3 5 60 L PNS SLTA 3 3 3 3 3 2 3 3 4 3 3 3 3 3 6 40 P SWASTA SD 4 4 4 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 7 32 L PNS SLTP 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 8 20 P TNI SLTA 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 9 35 L SWASTA SD 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 2 3 2 3 10 31 P SWASTA SLTP 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 2 3 11 28 L SWASTA SD 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 12 26 P SWASTA SLTP 3 3 4 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 4 13 20 SWASTA SD 3 3 4 3 3 3 3 3 4 3 4 4 3 4 14 35 L SWASTA SLTP 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 15 31 L PNS SLTA 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 16 21 P SWASTA SD 3 3 4 4 4 4 4 3 4 4 4 4 4 4 17 22 L SWASTA 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 18 31 P SWASTA SLTP 4 4 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 19 31 P PNS S1 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 20 22 L SWASTA SLTA 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 21 41 P PNS SLTA 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 22 20 P SWASTA SD 3 3 4 4 4 4 3 3 4 4 4 4 2 4 23 22 P SWASTA 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 2 2 3 24 41 L SWASTA SD 4 4 4 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 25 24 L SWASTA SLTP 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 26 32 P SWASTA SLTP 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 27 21 L PNS D.I 2 2 2 2 2 2 2 3 4 3 3 2 3 2 28 24 L PNS D.III 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 29 30 L SWASTA 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 30 42 L PNS SD S2 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 31 47 P PNS SLTP 3 3 2 2 3 3 2 2 4 2 2 2 3 2 32 35 P PNS S2 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 33 25 P PNS D.III 3 3 3 3 3 3 3 4 4 3 3 3 3 3 34 54 P PNS SLTP 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 35 51 P PNS SLTA 3 3 4 4 4 4 4 4 4 4 3 3 3 3 36 47 P PNS SLTA 3 3 4 4 4 4 3 3 4 4 4 4 4 4 37 29 L SWASTA 3 3 4 4 4 4 4 4 4 4 3 4 4 4 38 SWASTA 3 3 3 4 3 4 4 4 4 4 4 4 4 4 39 40 P SWASTA 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 40 25 L SWASTA 3 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 3 2 41 27 L PNS S1 3 3 4 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 42 58 L SWASTA SD 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 43 41 P SWASTA SLTP 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 44 48 L SWASTA SD 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 45 39 L SWASTA SLTP 4 4 3 3 3 3 3 3 4 3 3 4 4 4 46 35 P SWASTA SLTP 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 47 34 P SWASTA SLTP 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 48 45 L SWASTA SD 4 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 49 25 L SWASTA SLTP 4 4 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 50 31 L SWASTA SLTP 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 51 59 SWASTA SD 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 52 33 P SWASTA SLTP 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 53 L SWASTA SLTP 4 4 4 4 4 3 3 3 4 3 3 3 3 3 54 35 L SWASTA SLTP 4 4 4 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 55 44 L SWASTA SD 4 3 4 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 56 34 L PNS SLTP 3 4 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 57 29 P SWASTA SLTP 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 58 21 P SWASTA SD 3 3 3 3 3 3 3 3 4 2 2 3 3 3 59 39 P SWASTA SLTA 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 60 29 L SWASTA SD 3 4 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 61 32 P PNS SLTP 4 4 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 62 50 P SWASTA SLTP 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 4 63 21 L SWASTA D.III 3 3 3 3 3 3 2 2 4 3 3 3 3 3 64 42 P BUMN SD 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 65 SWASTA 4 4 4 3 4 4 4 3 4 4 4 4 4 4 66 23 P SWASTA SD 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 67 21 L SWASTA SD 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 68 20 L SWASTA 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 69 20 P SWASTA SD 3 3 3 3 3 3 2 3 4 2 3 3 2 3 70 21 P SWASTA SLTA 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 71 63 P SWASTA SD 4 4 3 3 4 3 3 3 4 3 3 3 3 3 72 59 L SWASTA SD 4 4 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 73 26 L BUMN S1 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 74 44 P PNS S2 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 75 55 L SWASTA S2 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 76 36 P SWASTA SLTP 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3

PENGOLAHAN SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT PER RESPONDEN DAN PER UNSUR PELAYANAN

(26)

78 51 P SWASTA 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 79 21 L SWASTA 3 3 2 3 2 2 2 2 4 3 3 2 3 3 80 25 P BUMN SLTA 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 81 29 L PNS SLTA 3 3 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 3 4 82 32 L PNS SLTA 3 3 2 3 3 3 3 3 4 2 2 3 2 3 83 25 P PNS SLTA 4 4 4 4 4 4 4 3 4 3 3 3 3 4 84 35 P SWASTA SLTP 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 85 42 L SWASTA SD 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 86 31 P BUMN SLTP 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 87 33 L SWASTA SD 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 88 SWASTA SLTP 3 3 3 3 3 3 3 2 4 2 3 3 3 3 89 40 P SWASTA SD 4 4 4 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 90 35 P SWASTA 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 91 21 P PNS S2 3 3 4 4 4 4 3 3 4 3 3 3 3 3 92 21 P SWASTA S1 3 3 4 4 4 4 3 3 4 3 3 3 3 3 93 25 P SWASTA S1 3 3 4 3 3 3 3 4 4 4 4 3 3 3 94 46 L SWASTA SD 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 95 40 P SWASTA SLTP 3 4 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 96 28 L SWASTA SLTP 4 4 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 97 32 P SWASTA SLTP 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 98 356 P SWASTA SD 4 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 99 35 P PNS SLTA 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 100 31 P BUMN SLTP 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 101 39 P SWASTA SLTP 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 102 42 P SWASTA 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 103 32 L PNS D.III 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 104 24 P PNS S1 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 3 105 24 L PNS S1 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 3 4 106 107 108 109 110 SNilai /Unsur NRR / Unsur NRR *) tertbg/ unsur 3,142 **) 78,556

Keterangan : No. NILAI RATA-RATA

- U1 s.d. U14 = Unsur-Unsur pelayanan U1 Persyaratan pelayanan 3,190

- NRR = Nilai rata-rata U2 Prosedur pelayanan 3,181

- IKM = Indeks Kepuasan Masyarakat U3 Kedisiplinan petugas pelayanan 3,181

- *) = Jumlah NRR IKM tertimbang U4 Tanggung jawab petugas pelayanan 3,114

-**) = Jumlah NRR Tertimbang x 25 U5 Kemampuan petugas pelayanan 3,124

NRR Per Unsur = Jumlah nilai per unsur dibagi U6 Kecepatan pelayanan 3,095

Jumlah kuesioner yang terisi U7 Keadilan mendapatkan pelayanan 3,038 NRR tertimbang = NRR per unsur x 0,071 U8 Kesopanan dan keramahan petugas 3,057

per unsur U9 Biaya pelayanan 4,000

U10 Penanganan Pengaduan, masukan 3,048

Mutu Pelayanan : U11 Kepastian jadwal pelayanan 3,057

A (Sangat Baik) : 81,26 - 100,00 U12 Maklumat pelayanan 3,076

B (Baik) : 62,51 - 81,25 U13 Kenyamanan lingkungan 2,990

C (Kurang Baik) : 43,76 - 62,50 U14 3,105

D (Tidak Baik) : 25,00 - 43,75

Keamanan pelayanan

0,218 0,212 3,076 2,990 3,057

IKM Unit pelayanan

UNSUR PELAYANAN

IKM UNIT PELAYANAN : 78,56

3,105 0,227 0,226 0,226 0,221 0,217 3,048 4,000 0,220 0,216 0,216 0,220 3,038 3,057 321 0,222 0,217 0,284 320 321 334 327 328 325 3,190 3,181 3,181 3,114 3,124 3,095 319 420 323 314 335 334 326

(27)

HASIL SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (SKM)

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN WONOGIRI

TAHUN 2020

No.

Unsur Pelayanan

NRR

1

Persyaratan pelayanan

3,190

2

Prosedur pelayanan

3,181

3

Kedisiplinan petugas pelayanan

3,181

4

Tanggung jawab petugas pelayanan

3,114

5

Kemampuan petugas pelayanan

3,124

6

Kecepatan pelayanan

3,095

7

Keadilan mendapatkan pelayanan

3,038

8

Kesopanan dan keramahan petugas

3,057

9

Biaya pelayanan

4,000

10

Penanganan Pengaduan dan Saran

3,048

11

Kepastian jadwal pelayanan

3,048

12

Maklumat pelayanan

3,057

13

Kenyamanan lingkungan

2,990

14

Keamanan pelayanan

3,105

Berdasarkan hasil pengolahan data adalah sebagai berikut:

a. Jumlah responden

: 105 responden

b. Nilai interval IKM

: 2,51 – 3,25

c. Kategorisasi Mutu Pelayanan

: 78,56

d. Kategori Pelayanan

: BAIK

KEPALA SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

KABUPATEN WONOGIRI

W A L U Y O, S.Sos., MM.

Pembina Utama Muda

NIP. 19670220 198803 1 006

PEMERINTAH KABUPATEN WONOGIRI

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

Jalan Ir. Soekarno Nomor 10 Wonogiri 57612 Telepon (0273) 321021

Figur

Tabel III. 01

Tabel III.

01 p.14
Tabel III. 02

Tabel III.

02 p.15
Tabel III. 03

Tabel III.

03 p.15
Tabel III. 04

Tabel III.

04 p.19
Tabel III. 05

Tabel III.

05 p.20

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :