Laporan PKM dan pengabdian masyarakat

25 

Teks penuh

(1)

i PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

JUDUL PROGRAM

ALAT VENTURIMETER DISERTAI DENGAN MANOMETER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRAKTIKUM FISIKA

BIDANG KEGIATAN:

PKM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Disusun oleh:

Luluk Il Mukarromah 130210102078 Siti Rossidatul Munawaroh 130210102085

Rosita Sari 130210102104

Alfido Fauzi Zakaria 130210102110

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA JURUSAN PENDIDIKAN MIPA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER

(2)

i PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

JUDUL PROGRAM

ALAT VENTURIMETER DISERTAI DENGAN MANOMETER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRAKTIKUM FISIKA

BIDANG KEGIATAN:

PKM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Disusun oleh:

Luluk Il Mukarromah 130210102078 Siti Rossidatul Munawaroh 130210102085

Rosita Sari 130210102104

Alfido Fauzi Zakaria 130210102110

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA JURUSAN PENDIDIKAN MIPA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER

(3)
(4)

iii DAFTAR ISI

Halaman Sampul ... i

Halaman Pengesahan ... ii

Daftar Isi... iii

Ringkasan ... iv

Bab 1. Pendahuluan 1.1 Latar Belakang ... 1

1.2 Rumusan Masalah ... 2

1.3 Tujuan ... 2

1.4 Luaran Yang Diharapkan ... 2

1.5 Manfaat ... 2

Bab 2.Gambaran Umum Masyarakat Sasaran ... 3

Bab 3. Metode Pelaksanaan 3.1 Tahap Prapengiriman Proposal ... 4

3.2 Tahap Pascapengiriman Proposal ... 4

Bab 4. Biaya dan Jadwal Kegiatan 4.1 Anggaran Biaya ... 5

4.2 Jadwal Kegiatan ... 6

Lampiran 1 ... 7

Lampiran 2 ... 14

Lampiran 3 ... 17

Lampiran 4 ... 18

Lampiran 5 ... 19

(5)

iv RINGKASAN

Penggunaan media pembelajaran sangat berperan penting dalam proses pembelajaran. Karena dengan media pembelajaran siswa dapat melihat secara langsung fenomena yang dijelaskan sehingga pembelajaran yang disampaikan tidak hanya bersifat abstrak melainkan juga memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa. Pembelajaran fisika berkaitan dengan fenomena-fenomena alam yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu pembelajaran fisika sangat menuntut siswa untuk memahami konsep dengan baik. Sehingga media dalam pembelajaran fisika memiliki peranan yang sangat penting.

Permasalahan yang sering terjadi di lapangan adalah, pembelajaran fisika hanya dilakukan pembelajaran secara lisan atau metode ceramah, dan tidak diimbangi dengan kegiatan praktikum. Adanya laboratorium tidak didukung dengan alat dan bahan yang memadai untuk melakukan praktikum. Menjadi kendala utama dalam hal ini. Oleh karena itu dibutuhkan bantuan dari segenap pihak untuk membantu sekolah dalam memenuhi kebutuhan praktikum siswa guna mendukung kelancaran pembelajaran fisika di sekolah. Dengan adanya permasalahn ini kami membuat satu set alat praktikum materi fluida yaitu venturimeter disertai dengan manometer untuk mengetahui penerapan hukum bernouli pada tabung venturi.

(6)

1 BAB 1. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran karena dapat membantu proses keberhasilan seorang guru dalam menyampaikan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan minat, motivasi, dan penguasaan konsep terhadap suatu bahasan (materi) yang bersifat abstrak, dan sulit untuk dipahami oleh siswa. Media pembelajaran yang digunakan selama proses pembelajaran sangat beragam. Sebaiknya pemilihan media pembelajaran disesuaikan dengan materi pembelajaran dan metode pembelajaran yang akan disampaikan.

Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang memerlukan media pembelajaran khusus seperti alat peraga untuk menunjukan fenomena dan konsep-konsep yang abstrak, sehingga sulit dipahami bila hanya dijelaskan secara verbal atau melalui gambar visualnya. Siswa dapat dengan mudah memahami materi dengan melihat langsung fenomena yang terjadi. Sehingga dalam pembelajaran fisika diperlukan adanya alat peraga yang dapat memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa melalui kegiatan praktikum ataupun kegiatan demonstrasi yang dilakukan oleh guru untuk memperjelas konsep supaya pembelajran yang diberikan lebih bermakna yang tidak hanya menyajikan pengalaman abstrak yang sulit dipahami.

Mengingat pentingnya penguasaan konsep dalam pembelajaran fisika, maka sudah selayaknya sekolah menengah mengoptimalkan pemanfaatan alat peraga di sekolah dalam proses pembelajaran fisika. Permasalahan yang ada ialah pemanfaatan alat peraga di sekolah masih belum optimal. Berdasarkan survei di SMA Negeri 1 Pujer, dalam proses belajar mengajar fisika berlangsung siswa lebih sering diberikan penjelasan secara verbal daripada menggunakan alat peraga dan jarang melakukan praktikum di laboratorium. Kendalanya adalah karena kurangnya ketersediaan alat-alat di laboratorium. Sebagai contohnya pada materi pokok fluida, sekolah tidak memilki alat venturimeter untuk melakukan praktikum yang berkaitan dengan materi ini.

Oleh karena itu, sebagai mahasiswa di jurusan pendidikan yang memperhatikan kepedulian terhadap proses pembelajaran khususnya fisika kami membuat suatu alat peraga sederhana yang dapat menvisualisasikan konsep pembelajaran fisika dalam materi fluida pada sub pokok bahasan penerapan

hukum bernouli pada pipa venturi. Sehingga dengan adanya alat peraga “Tabung Venturimeter disertai dengan Manometer” yang kami buat ini, diharapkan mampu membantu siswa untuk lebih mudah memahami konsep fluida dengan baik.

(7)

2 1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang, maka rumusan masalahnya adalah bagaimana pengaruh penggunaan alat Venturimeter disertai dengan Manometer dalam praktikum fisika terhadap penguasaan konsep fisika SMA materi fluida? 1.3 Tujuan

Berdasarkan penjelasan dari latar belakang di atas, maka tujuan dari penulisan karya tulis ini adalah sebagai berikut :

1. Menghasilkan beberapa set alat peraga venturimeter disertai dengan manometer lengkap dengan buku pedoman pembuatan alat dan modul panduan praktikum untuk mengetahui penerapan hukum bernouli pada tabung venturi.

2. Untuk meningkatkan hubungan kerjasama prodi Pendidikan Fisika FKIP UNEJ dengan SMA di Jember dan sekitarnya.

1.4 Luaran yang Diharapkan

Luaran yang diharapkan dari pembuatan alat ini dan penyusunan proposal PKM-M ialah:

1. Siswa dan siswi di SMA khususnya SMAN 1 Pujer dapat melakukan praktikum fisika tentang penerapan hukum Bernouli pada tabung venturi. 2. Satu set alat praktikum venturimeter disertai dengan manometer yang kami

buat dapat digunakan di beberapa sekolah menengah lainnya, selain di SMAN 1 Pujer.

1.5 Manfaat

Penulisan karya tulis ini bermanfaat untuk beberapa kalangan diantaranya ialah :

1. Bagi penulis: sebagai pemenuhan tugas mata kuliah Teknik Laboratorium 2, meningkatkan kepedulian kepada masyarakat melalui kegiatan yang diselenggarakan LPM, dan untuk menambah wawasan tentang pembelajaran fisika di SMA.

2. Bagi sekolah mitra: dapat membantu kelancaran proses pembelajaran dengan bantuan satu set alat peraga untuk praktikum fisika pada materi fluida.

3. Bagi universitas: untuk meningkatkan relasi dengan masyarakat di sekitar, khususnya sekolah-sekolah di daerah Jember dan sekitarnya.

(8)

3 BAB 2. GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN

Kabupaten Bondowoso memiliki 23 kecamatan, salah satunya adalah Kecamatan Pujer. Kecamatan Pujer memiliki lembaga-lembaga pendidikan baik sekolah negeri maupun swasta. Tercatat di tahun 2014 untuk jumlah sekolah setingkat SD sebanyak 26 lembaga dengan jumlah murid sebanyak 3.785 siswa dengan guru sebanyak 323 orang. Untuk tingkat SMP jumlah lembaga sebanyak 12, jumlah siswanya 1385 siswa dan guru sebanyak 195 orang. Di tingkat SMU/SMK terdapat 8 sekolah dengan jumlah siswa 867 orang dan guru sebanyak 133 orang, 8 SMU/SMK tersebut terdiridari 1 SMU dengan status negeri, 1 Swasta, 4 Sekolah Aliyah swasta serta lembaga SMK dengan rincian 1 SMK Negeri dan 1 lainnya swasta. Data ini kami peroleh berdasarkan Statistik Daerah Kecamatan Pujer 2015 diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Bondowoso.

Salah satu pendidikan formal di Kecamatan Pujer adalah SMA Negeri 1 Pujer. SMA Negeri 1 Pujer tepatnya berada di Jl. Raya Bondowoso No. 01, Kecamatan Pujer Bondowoso. Sekolah yang bestatus negeri ini memiliki dua jurusan yaitu jurusan IPA dan IPS. Di setiap jurusan memilki laboratorium tersendiri, seperti pada jurusan IPA terdapat laboratorium fisika, laboratorium kimia, dan laboratorium biologi. Meskipun terlihat ada banyak fasilitas yang memadai di SMAN 1 Pujer, namun dalam pelaksanaannya masih belum digunakan secara optimal.

Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru fisika di SMAN 1 Pujer, diketahui bahwa untuk mata pelajaran fisika, guru lebih cenderung memberikan pembelajaran yang sifatnya penyampaian materi atau konsep daripada melakukan kegiatan praktikum. Kegiatan praktikum di laboratorium dilakukan hanya pada materi-materi tertentu. Alasannya ialah selain untuk menghemat waktu pembelajaran juga karena alat dan bahan yang terdapat di laboratorium kurang memadai. Khusus pada materi pelajaran fluida guru belum pernah mengajak siswa untuk melakukan praktikum yang berkaitan dengan fluida. Siswa hanya dijelaskan berdasarkan konsep saja, dan tidak pernah melakukan praktikum yang berkaitan dengan fluida. Hal ini karena untuk alat praktikum fluida tidak dimiliki oleh sekolah.

Sehingga berdasarkan bahasan di atas, dapat ditarik beberapa pertimbangan mengapa memilih SMAN 1 Pujer sebagai masyarakat sasaran:

1. Karena daerah Pujer merupakan salah satu daerah binaan LPM UNEJ. 2. Karena daerah pujer merupakan daerah yang cukup dekat dengan kota

Jember. Hal ini untuk efisiensi penulis sebagai mahasiswa UNEJ.

(9)

4 BAB 3. METODE PELAKSANAAN

Berikut ini adalah bagan dari langkah-langkah kegiatan yang telah dan akan dilakukan oleh penulis:

Adapun langkah-langkah penyusunan karya tulis ini kami bagi dua tahap yaitu tahap pra-pengiriman proposal dan tahap pasca-pengiriman proposal sebagai berikut:

3.1 Tahap Pra-Pengiriman Proposal

Pada tahap pra-pengiriman proposal dilakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:

1. Pada langkah awal ini semua anggota kelompok berkumpul untuk mendiskusikan permasalahan yang ada di lapangan tentang proses pembelajaran fisika di SMA. Setelah ditemukan suatu permasalahan, maka penulis merumuskan rumusan masalah yang akan dikaji.

2. Langkah selanjutnya ialah menetapkan masyarakat sasaran, dan pengumpulan informasi tentang gambaran umum masyarakat sasaran yang PENGUMPULAN ALAT YANG AKAN

DIBUAT

(10)

5 akan menjadi tujuan pengabdian. Pengumpulan informasi ini melalui cara survei dan wawancara.

3. Selanjutnya informasi yang terkumpul dirangkum untuk menentukan ide atau alternatif solusi dari permasalahan yang ada. Dilanjutkan dengan kegiatan konsultasi judul pembuatan alat, dan penyusunan proposal alat peraga.

4. Penulis selanjutnya melakukan persyaratan perijinan keterlaksananya program yang dibuat.

5. Langkah terakhir dari pra-pengiriman ini ialah melakukan revisi proposal alat peraga.

3.2 Tahap Pasca-Pengiriman Proposal

Pada tahap pasca-pengiriman proposal dilakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:

1. Setelah proposal yang dikirim dinyatakan lolos, maka langkah selanjutnya ialah persiapan pembuatan alat, dengan membeli alat dan bahan yang dibutuhkan.

2. Kemudian merangkai alat dan bahan, sekalaligus menyusun buku pedoman pembuatan alat dan modul praktikum sebagai pedoman praktikum siswa.

3. Memberikan pelayanan kepada mitra sampai program selesai 4. Penyusunan laporan akhir

BAB 4. BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN 4.1 ANGGARAN BIAYA

Adapun anggaran dana dari program ini secara garis besar dijelaskan sebagai berikut, dan untuk lebih lengkapnya dapat dilihat pada lampiran 2:

No. Jenis Pengeluaran Biaya (Rp)

1. Peralatan penunjang 600.000,-

2. Bahan habis pakai 6.195.000,-

3. Perjalanan 160.000,-

4. Lain-lain 545.000,-

(11)

6 4.2 JADWAL KEGIATAN

Berikut ini jadwal kegiatan yang telah dan akan dilakukan: No menentukan alat

yang akan

dibuat

2. Melakukan konsultasi judul dan revisi ide

3. Menyelesaikan syarat perijinan pelaksanaan

pembuatan alat, uji coba, dan revisi

(12)

7 LAMPIRAN

Lampiran 1. Biodata Ketua, Anggota dan Dosen Pembimbing 1. Biodata Ketua

A. Identitas Diri

1 Nama Lengkap Alfido Fauzy Zakaria

2 Jenis Kelamin L

3 Program Studi Pendidikan Fisika

4 NIM 130210102110

5 Tempat dan Tanggal Lahir Probolinggo, 6 Mei 1994

6 E-mail kingbagimorf@gmail.com

7 Nomor Telepon/HP 081559837707 B. Riwayat Pendidikan

SD SMP SMA

Nama Institusi SDN

Wiroborang III

Tahun Masuk-Lulus 2001-2007 2007-2010 2010-2013 C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Seminar)

No Nama Pertemuan Ilmiah / Seminar

Judul artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

- - - -

D. Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir

No Jenis Penghargaan Institusi Pemberi

Penghargaan sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat.

Jember, 15 April 2016 Pengusul

(13)

8 2. Anggota 1

A. Identitas Diri

1 Nama Lengkap Rosita Sari

2 Jenis Kelamin P

3 Program Studi Pendidikan Fisika

4 NIM 130210102104

5 Tempat dan Tanggal Lahir Situbondo, 29 Juli 1995

6 E-mail rositasirasio@ymail.com

7 Nomor Telepon/HP 087757853817 B. Riwayat Pendidikan

SD SMP SMA

2001-2007 2007-2010 2010-2013 C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Seminar)

No Nama Pertemuan Ilmiah / Seminar

Judul artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

- - - -

D. Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir

No Jenis Penghargaan Institusi Pemberi

Penghargaan sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat.

Jember, 15 April 2016 Pengusul

Rosita Sari

(14)

9 3. Anggota 2

E. Identitas Diri

1 Nama Lengkap Siti Rossidatul Munawaroh

2 Jenis Kelamin P

3 Program Studi Pendidikan Fisika

4 NIM 130210102085

5 Tempat dan Tanggal Lahir Bondowoso, 25 Oktober 1994

6 E-mail rossidatulmunawaroh@gmail.com

7 Nomor Telepon/HP 08985123689 F. Riwayat Pendidikan

SD SMP SMA

Nama Institusi SDN

Curahpoh 01

2001-2007 2007-2010 2010-2013 G. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Seminar)

No Nama Pertemuan Ilmiah / Seminar

Judul artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

- - - -

H. Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir

No Jenis Penghargaan Institusi Pemberi

Penghargaan sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat.

Jember, 15 April 2016 Pengusul

(15)

10 4. Anggota 3

I. Identitas Diri

1 Nama Lengkap Luluk Il Mukarromah

2 Jenis Kelamin P

3 Program Studi Pendidikan Fisika

4 NIM 130210102078

5 Tempat dan Tanggal Lahir Bondowoso, 05 Oktober 1994

6 E-mail Lulukilmukarromah88@gmail.com

7 Nomor Telepon/HP 085230507631 J. Riwayat Pendidikan

SD SMP SMA

Nama Institusi SDN Kasemek 3

2001-2007 2007-2010 2010-2013 K. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Seminar)

No Nama Pertemuan Ilmiah / Seminar

Judul artikel Ilmiah Waktu dan Tempat

- - - -

L. Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir

No Jenis Penghargaan Institusi Pemberi

Penghargaan sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat.

Jember, 15 April 2016 Pengusul

(16)

11 5. Dosen Pembimbing

A. Identitas Diri

1. Nama Lengkap Rayendra Wahyu Bachtiar, S.Pd, M.Pd

2. NIP 19890119 201212 1 001

3. NIDN 0019018901

4. Tempat dan Tanggal Lahir Banyuwangi,19 Januari 1989 5. Jabatan Fungsional

Akademik

Asisten Ahli

6. Alamat Kantor Jl. Kalimantan No. 37- Universitas Jember

7. Telp./Faks. 085646764071/-

8. Alamat Email rayendra_fkip@unej.ac.id B. Riwayat Pendidikan

S-1 S-2 S-3

Nama PT Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri

Malang -

Bidang Ilmu Pendidikan Fisika Pendidikan Fisika - Judul

Skripsi/ Tesis/ Disertasi

Pengembangan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme

dengan Tema

Peredaran Darah untuk Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 20 Malang

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau dari Kemampuan

Penalaran Ilmiah Siswa SMAN 5

1.Drs. Supriyono Koes H., M.Pd., M.A 2. Drs. Triastono

Imam P., M.Pd

1. Dr. Muhardjito, M.S 2. Dr. Markus

Diantoro, M.Si

-

C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Seminar)

No. Nama Pertemuan

Ilmiah/ Seminar Judul Artikel Ilmiah

Waktu dan Tempat 1 Seminar Nasional

MIPA dan

Pengaruh model pembelajaran berbasis

(17)

12 Pembelajaran MIPA

“Peningkatan

Kreatifitas Bangsa melalui MIPA dan Pembelajaran

MIPA”

masalah terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kemampuan penalaran ilmiah siswa SMAN 5 Malang

2 Seminar Nasional Lesson Study 2013

Peran Lesson Study dalam Peningkatan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa pada Perkuliahan Astronomi

Jember, 16

The Effectiveness of Learning Cycle Model Assisted by Mind Mapping Technique to Physics Conceptual Achievement According to Science Process Skills Students

Semarang, 21 D. Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir

No. Nama Pertemuan Ilmiah/ Seminar Peranan Tahun

1

Kegiatan “Pelatihan Penyusunan Proposal

Penelitian Desentralisasi dan Proposal Penelitian BOPTN Sumberdana DIPA

Universitas Jember”

Peserta 2013

2

International Seminar of ”The Readiness

of 2013 Indonesian Curriculum to

Welcome Asean Plus Eight Community”

Peserta 2013

3

Kegiatan “Pelatihan Penulisan Artikel

Ilmiah Nasional Untuk Kegiatan Penelitian dan Publikasi Ilmiah Bagi Dosen

Universitas Jember dan Dosen Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Universitas Jember dan Sekitarnya”

Peserta 2013

4 Seminar Nasional Lesson Study di

selenggarakan oleh Universitas Jember Pemakalah 2013 5 Workshop Penggunaan Program Latex Peserta 2014 6 General Lecturer of Lesson Study bersama

(18)

13 Lewis)

7

Seminar Nasional Pendidikan Sains 2015 diselenggarakan oleh Universitas Negeri

Surabaya: “Pembelajaran dan Penilaian Sains Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013”

Pemakalah 2015

8

Workshop Training of Trainer (TOT)

“Pelatih untuk Pelatih Pendataan dan

Pemetaan Kelaurga Indonesia Tingkat

Nasional” Program Kerjasama LPPM UIN

Maliki Malang dengan Yayasan Dana Sejahtera Damandiri Jakarta

Peserta 2015

9

Workshop Pembuatan Wensite dengan Wordpress untuk Dosen:

“Mengembangkan Media Informasi Online

Profil Dosen dan Program Studi”

Peserta 2015

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidak-sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat.

Jember, 15 April 2016 Pembimbing,

(19)

14 Lampiran 2. Justifikasi Anggaran Kegiatan

1. Peralatan penunjang Material Justifikasi

Pemakaian Kuantitas

Harga Satuan Material Justifikasi

Pemakaian Kuantitas

Harga Satuan

Selang bening Pembelian

selang 6 m 3.000,- 18.000,- Lem Kayu Pembelian

lem 1 bungkus 12.000,- 12.000,-

Plastisin Pembelian

(20)

15

Paku Pembelian

paku 1 Kg 15.000,- 15.000,-

Penggaris / meteran

Pembelian

penggaris 12 buah 5.000,- 60.000,- Toples bening Pembelian

toples 6 buah 50.000,- 300.000,-

Ampelas Pembelian

ampelas 10 buah 5.000,- 50.000,-

Cat kayu Pembelian cat

kayu 3 kaleng 20.000,- 60.000,-

Kuas cat Pembelian

kuas cat 6 buah 20.000,- 120.000,-

SUB TOTAL (Rp) 6.195.000,-

3. Perjalanan

Material Justifikasi

Pemakaian Kuantitas

Harga Satuan

Material Justifikasi

Pemakaian Kuantitas

(21)

16 pedoman alat buku

pedoman Cetak laporan Pencetakan

laporan 3 eks 20.000,- 60.000,-

Jilid laporan Penjilidan

laporan 3 eks 3.000,- 9.000,-

Cetak dokumentasi foto

Pencetakan dokumentasi foto

1 pkt 200.000,- 200.000,-

(22)

17 Lampiran 3. Susunan Organisasi Tim Kegiatan dan Pembagian Tugas

No Nama Program

(23)
(24)
(25)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...