BAB I PENDAHULUAN. Komunikasi merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam segala aspek

Teks penuh

(1)

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Komunikasi merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam segala aspek kehidupan manusia. Berawal dari kehidupan manusia, komunikasi berkembang menjadi kebutuhan bisnis terutama dalam menjalin kerja sama antara perusahaan dengan perusahaan lain ataupun dengan konsumen. Dalam hubungannya dengan konsumen, perusahaan perlu memiliki stimulus-stimulus untuk dapat memancing respon dari masyarakat. Beberapa respon yang menjadi target perusahaan adalah minat pasar untuk datang, membeli atau menikmati produk yang disediakan oleh sebuah perusahaan.

Melihat dari kebutuhan perusahaan untuk dapat menciptakan stimulus yang diharapkan mendapatkan feedback dari konsumen, Public relations menjadi sebuah hal yang penting untuk dapat mendukung tujuan tersebut. Tugas public relations tentu tidak mudah dikarenakan selain harus dapat membuat suatu hal yang menarik perhatian pasar, citra perusahaan dan citra brand juga menjadi tanggung jawab public relations. Walaupun pada dasarnya brand merupakan cakupan dalam ilmu pemasaran, namun menurut Lattimore et al. (2010:288), dijelaskan bahwa public relations memang memiliki keterkaitan dengan pemasaran terutama dalam memperkokoh posisi sebuah merek dagang dan menghidupkan kembali merek lama. Melihat dari teori di atas, maka dapat disimpulkan bahwa dalam meningkat

Seluruh perusahaan membutuhkan strategi public relations yang tepat karena menurut Carla Cross (2012, P.R. Strategies To Increase Your Brand Awareness), dengan adanya strategi public relations yang tepat, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat

(2)

akan sebuah merek dagang. Apabila strategi public relations yang diterapkan sudah tepat, bukan hal yang tidak mungkin apabila seluruh merek dagang yang dinaungi oleh sebuah perusahaan akan mudah dikenal oleh masyarakat dan membuat merek dagang tersebut mendapatkan posisi di benak masyarakat. Apabila pasar sudah memiliki persepsi tentang sebuah merek, maka kesadaran akan sebuah merek (brand awareness) pun pasti akan meningkat. Brand awareness itu sendiri menurut Aaker dalam Handayani, dkk (2010:62), mendefinisikan kesadaran merek adalah kemampuan dari konsumen potensial untuk mengenali atau mengingat bahwa suatu merek termasuk ke dalam kategori produk tertentu.

Beberapa perusahaan di Indonesia berhasil menjalankan strategi Public Relations dengan tepat dan membuat pasar memiliki kesadaran tinggi atas produk mereka. PT Cahaya elang mas ingin menerapkan produk selang air mereka untuk menciptakan brand awareness kepada masyarakat diwilayah tangerang tetapi masih banyak perusahaan produk selang air diindonesia tidak memiliki produk selang air yang mampu membuat masyarakatnya menyadari produk selang airnya, oleh karena itu dibutuhkan unit pr yang membuat strategi public relation untuk menciptakan brand awareness dari produk selang air perusahaan.

Selang air merupakan produk umum yang dibutuhkan oleh masyarakat yang umumnya membutuhkan selang air untuk kebutuhan personal atau kebutuhan yang lainnya. Biasanya kebutuhan personal lebih kepada kebutuhan rumah tangga seperti untuk menyiram tanaman atau mobil, biasanya selang juga dibutuhkan untuk usaha-usaha seperti perkebunan atau bisnis cuci mobil yang pasti membutuhkan selang air untuk menjalankan usahanya. Oleh karena itu selang air merupakan produk yang sangat

(3)

dibutuhkan oleh masyarakat terlebih disaat musim kemarau yang supply air menipis masyarakat juga membutuhkan selang air.

Selang air yang diproduksi oleh PT Cahaya Elang Mas adalah selang cem yang cem itu sendiri singkatakn dari nama perusahaan yaitu cahaya elang mas logo perusahaan yang bergambar elang juga ada dialam produk selang air dari PT Cahaya Elang Mas.

PT Cahaya elang mas mempunyai target audience yaitu masyarakat tangerang yang memerlukan selang air untuk kebutuhan personal atau kebutuhan yang lain, seiring perkembangan jaman selang air PT Cahaya elang mas sudah melebarkan sayapnya sampai sumatera dan Kalimantan jadi target audience perusahaan lebih lebar yaitu masyarakat sumatera dan Kalimantan tetapi perusahaan tetap menargetkan masyarakat tangerang sebagai target utama perusahaan karena PT Cahaya elang mas bertempat di tangerang.

Keterkaitan saya memilih PT Cahaya Elang Mas adalah peneliti ingin tahu tentang strategi yang digunakan oleh perusahaan ini untuk menciptakan brand awareness produk selang air diwilayah Tangerang. PT Cahaya Elang Mas juga meningkatkan kinerja tim public relation untuk menjalankan strategi agar produknya mampu dikenal oleh masyarakat di Tangerang dengan berbagai macam strategi.

Dengan pentingnya strategi public relation dalam menciptakan brand awareness produk selangair PT CEM ke masyarakatTangerang maka penulis tertarik untuk meneliti lebih dalam untuk mengetahui strategi yang dilakukan perusahaan untuk mcnciptakan brand awareness melalui unit public relationnya karena itu penelitian akan dilanjutkan dengan judul Strategi Public Relation dalam menciptakan brand awareness produk

(4)

selang air PT Cahaya Elang Mas diwilayah Tangerang(studi kasus divisi public relation PT Cahaya Elang Mas).

1.2 Fokus penelitian

Berdasarkan konteks penelitian yang telah dikemukakan diatas, maka penelitian ini akan memfokuskan bagaimana strategi public relation dalam menciptakan brand awareness produk selang air di PT Cahaya Elang Mas ke masyarakat Tangerang.

1.3 Pertanyaan Penelitian

1. Strategi apa yang digunakan oleh public relation PT CEM untuk menciptakan brand awareness produk selang air diwilayah Tangerang?

2. Bagaimana cara dalam menciptakan brand awareness produk selang air diwilayah Tangerang?

1.4 Tujuan dan Manfaat penelitian

1.4.1 Tujuan Penelitian

1. Untuk mengetahui strategi Public Relation dalam menciptakan brand awareness produk selang air diwilayah Tangerang.

2. Untuk mengetahuiapasaja hambatan–hambatan yang di hadapi oleh seorang Public Relation dalam membuat strategi untuk menciptakan brand awareness produk selang air diwilayah Tangerang.

3. Untukmengetahui aktivitas yang dilakukan oleh public relationdalam menciptakan brand awareness produk selang air diwilayah Tangerang.

(5)

Penelitian ini dapat bermanfaat bagi seluruh pihak yang terkait diantaranya sebagai berikut:

1. Manfaat Akademis:

A. Penelitian ini diharapkan mampu menambah pengetahuan bagi program studi ilmu komunikasi khususnya dalam dunia public relations.

B. Penelitian ini akanmenambah wawasan dan pengetahuan mengenai strategi Public Relation dalam meciptakan brand awareness produk selangair ke masyarakat Tangerang secara akademis.

c.Penelitian ini diharapkan dapat membantu public relation dalam menciptakan brand awareness suatu perusahaan.

2. Manfaat Praktis:

A. Hasil dari penelitian diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi Divisi Public Relation di dalam PT. Cahaya Elang Mas.

B. Mengevaluasi strategi yang telah dilakukan oleh divisi Public Relation untuk pengkajian dan pembaruan.

C. Hasil dari penelitian ini digunakan penulis sendiri untuk mampu mengetahui secara baik tentang strategi public relation dalam menciptakan brand awareness produk selang air di wilayah Tangerang.

3. Manfaat Publik:

A. Memberikan gambaran dan informasi kepada para pembaca tentang strategi public relation dalam menciptakan brand awareness produk selang air ke masyarakat Tangerang yang di lakukan oleh divisi Public Relation di PT. Cahaya Elang Mas.

(6)

B.Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk pengembangan ilmu komunikasi khususnya mengenai strategi Public Relation dalam menciptakan brand awareness produk selang air di PT. Cahaya Elang Mas. C. Membuat para pembaca mengetahui cara menciptakan brand awareness produk selang air ke masyarakat Tangerang dalam sudut pandang masyarakat.

1.5 SISTEMATIKA PENULISAN BAB 1 PENDAHULUAN

Bab ini berisi gambaran umum penulisan skripsi yaitu latar belakang, fokus penelitian, pertanyaan penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan sistematika penulisan. Dimana latar belakang masalah diambil yaitu strategi Public Relation dalam menciptakan brand awareness produk selang air ke masyarakat Tangerang dan dilakukan oleh divisi Public Relation di PT.Cahaya Elang Mas.

BAB 2 KAJIAN PUSTAKA

Bab ini berisi uraian tentang teori umum yang dapat dijadikan pedoman serta acuan bagi penelitian ini yang berasal dari berbagai sumber yang sesuai dengan pokok pembahasan mengenai strategi public relation dalam menciptakan brand awareness produk selang airke masyarakat Tangerang dengan teori – teori antara lain: komunikasi, arus komunikasi, branding, public relation, strategi public relation, brand, dan brand awareness.

BAB 3 METODE PENELITIAN

Bab ini berisi penjelasan mengenai metode yang digunakan dalam penelitian. Adapun metode yang digunakan antara lain: pendekatan penelitian kualitatif, metode yang digunakan yaitu study kasus. Teknik pengumpulan datanya melalui data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder diperoleh melalui data perusahaan, studi pustaka, dan data perusahaan.

(7)

Bab ini berisi tentang gambaran umum mengenai PT. Cahaya Elang Mas,dan memaparkan data – data dari hasil penelitian yang di lakukan divisi Public Relation. Pada bab ini juga akan dibahas mengenai pembahasan dari hasil penelitian,dimana ditemukan bahwa Divisi Public Relation telah menjalankan perannya yang sesuai dengan teori komunikasi yang digunakan dalam penelitian ini. Selain itu, ditemukan juga adanya kegiatan lainnya yang dilakukan oleh divisi Public Relation dalam menciptakan brand awareness produk selang air ke masyarakatTangerang.

BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN

Pada bab ini berisi kesimpulan dari hasil penelitian dan pembahasan, dimana dapat disimpulkan bahwa divisi Public Relation di PT. Cahaya Elang Mas dalam melakukan strategi public relation dalam menciptakan brand awareness produk selang air ke masyarakatTangerang dan terus meningkatkan kinerjanya untuk kemajuan perusahaan.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :