PENGARUH PENYULUHAN OBAT TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU PENGOBATAN SENDIRI DI KABUPATEN BANYUMAS

Teks penuh

(1)

PENGARUH PENYULUHAN OBAT TERHADAP

PENINGKATAN PERILAKU PENGOBATAN SENDIRI

DI KABUPATEN BANYUMAS

SUGESTI HAYUNING TYAS 0808010085

FAKULTAS FARMASI

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

PURWOKERTO

(2)

PENGARUH PENYULUHAN OBAT TERHADAP

PENINGKATAN PERILAKU PENGOBATAN SENDIRI

DI KABUPATEN BANYUMAS

Skripsi

Sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Farmasi pada Program Studi Farmasi

SUGESTI HAYUNING TYAS 0808010085

FAKULTAS FARMASI

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

PURWOKERTO

(3)

HALAMAN PERSETUJUAN

PENGARUH PENYULUHAN OBAT TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU PENGOBATAN SENDIRI

DI KABUPATEN BANYUMAS

SUGESTI HAYUNING TYAS 0808010085

Diperiksa dan di setujui oleh : Mengetahui,

Pembimbing I Pembimbing II

Didik Setiawan, M.Sc, Apt Drs. Moeslich Hasanmihardja, Apt

(4)

HALAMAN PENGESAHAN

PENGARUH PENYULUHAN OBAT TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU PENGOBATAN SENDIRI

DI KABUPATEN BANYUMAS

SUGESTI HAYUNING TYAS 0808010085

Telah dipertahankan di depan Panitia Ujian Skripsi pada hari Kamis tanggal 16 Agustus 2012

SUSUNAN PANITIA

Didik Setiawan, M.Sc., Apt Drs. Moeslich Hasanmihardja, Apt

(5)

INTISARI

Sugesti Hayuning Tyas. Pengaruh Penyuluhan Obat Terhadap Peningkatan Perilaku Pengobatan Sendiri Di Kabupaten Banyumas.

Dibawah bimbingan Didik Setiawan, M.Sc, Apt dan Drs. Moeslich Hasanmihardja, Apt.

Latar Belakang : Mengonsumsi obat saat menderita sakit sudah menjadi aktivitas yang rutin masyarakat dalam melakukan pengobatan sendiri, sehingga untuk mengurangi paparan masyarakat terhadap obat yang dikonsumsi yang tidak sesuai dengan keluhan diperlukan sosialisasi keamanan dalam mengkonsumsi obat saat melakukan pengobatan sendiri pada masyarakat. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu penyuluhan dengan metode dan media yang menarik bagi masyarakat, seperti metode ceramah dan diskusi kelompok menggunakan media

lefleat.

Tujuan Penelitian : Penelitian ini dilakuan untuk Untuk menganalisis pengaruh penyuluhan obat terhadap peningkatan perilaku pengobatan sendiri di Kabupaten Banyumas. Selain itu juga untuk melihat keefektifan metode yang digunakan dalam penyuluhan obat dalam melakukan pengobatan sendiri.

Bahan dan Metode : Sampel diambil dari 192 kuesioner yang disebar di Kabupaten Banyumas, kuesioner tersebut ditujukan kepada responden yaitu ibu rumah tangga yang pernah melakukan pengobatan sendiri dengan menggunakan obat bebas dan obat bebas terbatas. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan racangan pretest dan postes dengan dua kelompok yaitu kelompok diskusi kelompok dan ceramah. Pengaruh penyuluhan terhadap perilaku pengobatan sendiri dianalisis menggunakan uji Independent-sampel t testdengan α = 0,05.

Hasil : Penyuluhan dengan metode diskusi kelompok dan ceramah dengan media

leaflet berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan masyarakat dengan perbedaan rata-rata=1,94 dan taraf sigifikan=0,000 untuk metode diskusi kelompok, sedangkan perbedaan rata-rata=1,70 dan taraf signifikan=0,000 untuk metode ceramah. Sikap masyarakat dengan perbedaan rata-rata=8,04 dan taraf signifikan 0,000 untuk metode diskusi kelompok, sedangkan perbedaan rata-rata=6,73 dan taraf signifikan 0,000 untuk metode ceramah.

Kesimpulan : Penyuluhan dengan metode diskusi kelompok dan ceramah dengan media leaflet keduanya memiliki keefektifan yang sama dalam meningkatkan perilaku yang berupa peningkatan pengetahuan dan sikap pengobatan sendiri.

(6)

ABSTRACT

Sugesti Hayuning Tyas. The Effect of Drug Counseling To The Improvement Of Self Medication In Banyumas.

Supervised by Didik Setiawan, M.Sc, Apt and Drs. Moeslich Hasanmihardja, Apt.

Background: Drug Consumption had been part of self medication when people suffered or illness, therefore to minimize the unsuitable combination between drugs and its complaint, it needed socialization to the people about the safety in consuming sort of drug in doing self medication. Counseling is one of metods and as an interesting media, such as giving speech and group discussion through leaflet media.

Purpose of the research : This research was aimed to analyze the effect of drugs counseling to the improvement of self medication in Banyumas. In addition, it tried to observe the effectiveness of method that was used in giving counseling in self medication.

Materials and Methods: The sample was taken from 192 questionnaires distributed in Banyumas, those questionnaire adderessed to housewive that usually did self medication through OTC drugs and limited OTC drugs. This research used quasi experiment with pretest and posttest design in tow groups, group disccusion and speech. The effect of counseling to the self medication was analyzed through independent t-test design in α=0,05.

Research Results: The counseling through group discussion and speech with leaflet showed influential to the improvment of people’s knowledge with the difference approximately= 18.77 and significantly degree= 0.000 for group discussion, while approximate difference = 18,81 and significant degree = 0.000 for speech method. People’s attitude with approximate difference= 73.97 and significantly degree= 0.000 for group discussion, while approximate difference = 72.15 and significant degree 0,000.

Conclusion: Counseling through discussion and speech method with leaflet, both gave same effectiveness in improving people’s attitude which was in the from of knowladge and self medication attitude.

Keywords: Self Medication attitude, counseling Methods, Housewife in Banyumas.

(7)

HALAMAN PERSEMBAHAN

Yang Utama Dari Segalanya

Sembah sujud serta syukur kepada Allah SWT. Taburan cinta dan kasih sayang-Mu telah memberikanku kekuatan, membekaliku dengan ilmu serta memperkenalkanku dengan cinta.

Atas karunia serta kemudahan yang Engkau berikan akhirnya skripsi yang sederhana ini dapat terselesaikan.

Kupersembahkan karya sederhana ini kepada orang yang sangat kukasihi dan kusayangi.

Ibunda dan Ayahanda Tercinta

(Sugeng Saroso dan Sutinah)

Terima kasih atas semua kasih sayang, dukungan moril serta do’a-doanya yang senantiasa selalu dipanjatkan demi keberhasilan dan kesuksesanku

(tanpa beliau aku bukan apa-apa)

Terima Kasih Ibu.... Terima Kasih Ayah...

Adik”ku

(Indwi Sekar Nagrini)

Yang senantiasa membantu dengan do’a dan memberi tawa setiap hari padaku.

My Sweet Heart

(Taofik Hidayanto)

Terima kasih atas kasih sayang, perhatian, dan kesabaranmu yang telah memberikanku semangat dan inspirasi dalam menyelesaikan tugas akhir ini, semoga engkau pilihan yang

terbaik buatku dan masa depanku. Terima kasih “yank”....

My Best friend’s

Teman seperjuanganku “Aryanti Nur R “ yang selalu senantiasa mendengarkan ocehanku, dan selalu kurepotkan terima kasih atas bantuan, doa, nasehat, hiburan, dan semangat yang

kau berikan selama penyusunan skripsi dan kuliah.

Ada saja tingkah dan polah kalian yang memberi rasa asin, asem, pedas, hambar juga manis di nikmatnya berteman “Dinar, Dwi, Riska, Novi, Ika, Siska, Lisna, Zoel, mba Nurul” terima kasih atas bantuan kalian, semangat kalian dan candaan kalian, aku tak akan melupakan

(8)

Teman-teman angkatan 2008 :

Buat teman-teman angkatan 2008 khususnya kelas A (yang tidak bisa kusebutkan satu persatu) yang turut membantu selama ini, terima kasih atas bantuan kalian, semoga

keakraban di antara pharmacy 2008 selalu terjaga.

Serta semua pihak yg sudah membantu selama penyelesaian Tugas Akhir ini...

(9)

MOTTO

Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita

adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba

(10)

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT atas rahmat, hidayah dan segala petunjuk yang telah diberikan dalam penyusunan skripsi yang berjudul ”Pengaruh Penyuluhan Obat Terhadap Peningkatan Perilaku Pengobatan Sendiri Di Kabupaten Banyumas”. Skripi ini disusun sebagai salah satu syarat untuk mencapai gelar Sarjana Farmasi di Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Penulis sepenuhnya menyadari bahwasannya terselesaikannya skripsi ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu penulis ingin mengucapkan rasa terimakasih kepada:

1. Bapak Dr. Syamsuhadi irsyad, S.H.,M.H. selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

2. Bapak Drs. Moeslich Hasanmihardja Apt., selaku Dekan Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto serta pembimbing II atas semua bimbingan dan arahan.

3. Bapak Didik Setiawan. M. Sc,Apt selaku pembimbing I atas semua bimbingan dan arahan

4. Seluruh Dosen dan Staf Karyawan Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah purwokerto.

5. Semua pihak yang telah membantu selama penulis melaksanakan penelitian dan penulisan skripsi ini hingga selesai yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Besar harapan penulis, agar penulisa skripsi ini dapat bermanfaat, penulis sadar bahwa dalam penulisan skripsi ini masih terdapat kesalahan, untuk itu di perlukan saran dan kritik dari semua pihak untuk kesempurnaan skripsi ini, semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi orang yang membacanya.

Purwokerto,27 Agustus 2012

(11)

RIWAYAT HIDUP

Nama : Sugesti Hayuning Tyas

Tempat/Tanggal lahir : Banyumas, 20 Desember 1991

Alamat : Jalan Raden Patah No. 348 Dukuhwaluh Purwokerto. Riwayat Pendidikan : - TK Pertiwi Dukuhwaluh selesai tahun 1996

- SD Negeri 2 Dukuhwaluh selesai tahun 2002 - MTS Negeri Purwokerto selesai tahun 2005 - MA Negeri 1 purwokerto selesai tahun 2008 - Universitas Muhammadiyah Purwokerto

(12)
(13)

F. Uji Validitas dan Reliabilitas……….. 20

G. Analisis Hasil………... 21

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN... 22

A. Uji Validitas dan Reabilitas……… 22

B. Karakteristik Responden... 23

C. Perbandingan Rerata Nilai Pengetahuan Responden Sebelum dan Sesudah Penyuluhan antara Metode Diskusi Kelompok dengan dan Ceramah dengan media Leaflet Di Kabupaten Banyumas... 26

D. Perbandingan Rerata Nilai Sikap Responden Sebelum dan Sesudah Penyuluhan antara Metode Diskusi Kelompok dengan dan Ceramah dengan Leaflet di Kabupaten Banyumas... 27

E. Perbandingan Keefektifan Metode Diskusi Kelompok dan Ceramah dengan media Leaflet Terhadap Peningkatan Perilaku Pengobatan Sendiri di Kabupaten Banyumas... 30

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN... 32

A. Kesimpulan... 32

B. Saran ... 32

DAFTAR PUSTAKA... 33

(14)

DAFTAR TABEL

Tabel 4.1. Perbandingan antara Responden Diskusi Kelompok dengan media Leaflet dan Ceramah dengan media Leaflet,

Banyumas 2012... 24 Tabel 4.2. Perbandingan Rerata Nilai Pengetahuan Responden

Sebelum dan Sesudah Penyuluhan antara

Metode Diskusi Kelompok dan Ceramah dengan

Media Leaflet di Kabupaten Banyumas... 26 Tabel 4.3. Perbandingan Rerata Nilai Sikap Responden Sebelum

dan Sesudah Penyuluhan antara Metode Diskusi dan Ceramah dan Media leaflet di Kabupaten

Banyumas... 28 Tabel 4.4. Perbandingan Keefektifan Metode Diskusi Kelompok

(15)

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran I. Kuesioner... 36

Lampiran II. Data Induk Validitas ... 43

Lampiran III. Hasil Validitas dan Reliabilitas Kuesioner ke-1... 45

Lampiran IV. Hasil Validitas dan Reabilitas Kuesioner ke-2………. 52

Lampiran V. Data Identitas Responden... 53

Lampiran VI. Data Induk Kuesioner... 54

Lampiran VII. Foto Kegiatan Penyuluhan... 72

Lampiran VIII. Lampiran Leaflet Swamedikasi………. 83

Figur

Tabel 4.1. Perbandingan antara Responden Diskusi Kelompok dengan

Tabel 4.1.

Perbandingan antara Responden Diskusi Kelompok dengan p.14

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :