bahasa berarti doa. Adapun secara istilah, shalat adalah ibadah yang terdiri dari beberapa perkataan dan perbuatan yang dilakukan dengan syarat terten

Teks penuh

(1)

PEMBUATAN APLIKASI SHALAT BERBASIS ANDROID

Fiet Romdhani Jurusan Sistem Informasi

Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma Jalan Margonda Raya no. 100 Depok

Email : proklamasi01@gmail.com

ABSTRAK

Pembuatan aplikasi shalat berbasis Android ini untuk membantu siapa saja yang masih belajar dan masih sering lupa atau tertukar dalam bacaan shalat. Perancangan aplikasi dimulai dari perancangan struktur navigasi, perancangan aplikasi, algoritma pembuatan aplikasi, dan diteruskan dengan pembuatan aplikasi serta uji coba aplikasi. Pembuatan aplikasi shalat berbasis Android menggunakan bahasa pemrograman Java.

Kata Kunci : Aplikasi, Shalat, Android.

1. Pendahuluan

1.1. Latar Belakang Masalah

Seiring dengan kemajuan teknologi, kita dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini. Belakangan ini dalam dunia teknologi telepon seluler, kita dihebohkan oleh bermunculannya SmartPhone / telepon seluler pintar. SmartPhone adalah telepon seluler yang memiliki kemampuan komputasi yang lebih baik dari telepon seluler yang belakangan ada, serta memiliki fitur-fitur yang lebih canggih, seperti Internet, MP3 Player, jejaring

sosial, permainan, dan fasilitas surat elektronik.

Salah satu sistem operasi yang saat ini sedang diminati oleh para pengembang adalah Android. Android merupakan sistem operasi berbasis Linux. Salah satu alasan Android sangat diminati oleh para pengembang, karena Android merupakan sistem operasi yang menyediakan platform yang terbuka bagi para pengembang untuk membuat aplikasinya sendiri atau biasa kita sebut OpenSource.

Salah satu tema yang dapat diangkat untuk dijadikan sebuah aplikasi Android, yaitu Belajar Shalat. Kata shalat secara

(2)

bahasa berarti doa. Adapun secara istilah, shalat adalah ibadah yang terdiri dari beberapa perkataan dan perbuatan yang dilakukan dengan syarat tertentu, mulai dari takbir dan diakhiri dengan salam. Shalat merupakan tiangnya agama, agama tidak dapat tegak jika tidak shalat.

Shalat merupakan salah satu ibadah wajib bagi setiap muslim. Mulai dari anak-anak sampai dewasa, diwajibkan untuk bisa shalat fardhu dengan baik dan benar mulai dari Subuh sampai Isya’. Oleh karena itu penulis mencoba membuat aplikasi yang diberi judul “Pembuatan Aplikasi Shalat Berbasis Android” dengan harapan dapat membantu siapa saja yang masih belajar shalat dengan memanfaatkan telepon seluler dengan sistem operasi Android.

1.2. Batasan Masalah

Aplikasi yang akan dibahas, yaitu sebuah aplikasi belajar shalat lima waktu disertai dengan gambar posisi shalat, bacaan shalat, arti bacaan shalat dan suara bacaan shalat yang dibuat menggunakan Eclipse dengan bahasa pemrograman Java. 1.3. Tujuan Penulisan

Tujuan dari penulisan ini adalah memberikan kemudahan bagi siapa saja yang masih belajar shalat dan masih sering lupa atau tertukar dalam bacaan shalat.

2. Tinjauan Pustaka 2.1. Shalat

Shalat secara bahasa berarti doa. Adapun secara istilah, shalat adalah ibadah yang terdiri dari beberapa perkataan dan perbuatan yang dilakukan dengan syarat tertentu, dimulai dari takbir dan diakhiri dengan salam.

Hukum melakukan shalat lima waktu adalah fardhu ‘ain, yaitu sesuatu yang diharuskan dan mengikat kepada setiap individu seorang muslim yang telah dewasa, berakal sehat, dan balig (mukallaf). Apabila shalat wajib ditinggalkan, maka orang yang meninggalkan mendapatkan dosa dari Allah SWT.

Sebagaimana firman Allah dalam surat An-Nisa ayat 103 yang artinya: “Maka dirikanlah shalat, sesungguhnya shalat itu adalah fardhu (kewajiban) yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman”.

2.2. Android

Android adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile berbasis linux yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak.

(3)

2.3. Eclipse

Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform-independent). Berikut ini adalah sifat dari Eclipse:

a. Multi-platform: Target sistem operasi Eclipse adalah Microsoft Windows, Linux, Solaris, AIX, HP-UX dan Mac OS X.

b. Multi-language: Eclipse dikembangkan dengan bahasa

pemrograman Java, akan tetapi Eclipse mendukung pengembangan aplikasi berbasis bahasa pemrograman lainnya, seperti C/C++, Cobol, Python, Perl, PHP, dan lain sebagainya.

c. Multi-role: Selain sebagai IDE untuk pengembangan aplikasi, Eclipse pun bisa digunakan untuk aktivitas dalam siklus pengembangan perangkat lunak, seperti dokumentasi, test perangkat lunak, pengembangan web, dan lain sebagainya.

3. Perancangan dan Pembuatan Aplikasi

3.1. Konsep Aplikasi

Konsep dari aplikasi yang akan penulis bangun adalah pertama, akan ditampilkannya tampilan pembuka. Kedua, akan ditampilkannya tampilan menu utama

yang terdiri dari bacaan shalat, bantuan, tentang, dan keluar. Ketiga, apabila user memilih bacaan shalat, maka akan ditampilkan menu bacaan shalat yang terdiri dari niat shalat sampai dengan salam. Keempat, apabila salah satu dari menu bacaan shalat dipilih, maka akan ditampilkan gambar posisi shalat, bacaan shalat, arti bacaan, dan tombol pemutar suara yang akan membaca bacaan shalat dalam bahasa arab. Kelima, apabila bantuan dalam menu utama dipilih, maka akan ditampilkan cara penggunaan aplikasi ini. Keenam, apabila tentang dalam menu utama dipilih, maka akan ditampilkan mengenai pembuat aplikasi dan yang membantunya. Ketujuh, apabila keluar dalam menu utama dipilih, maka aplikasi akan ditutup.

3.2. Perancangan Struktur Navigasi Struktur Navigasi yang digunakan untuk merancang aplikasi ini adalah struktur navigasi campuran. Rancangan struktur navigasinya adalah sebagai berikut:

(4)

3.3. Algorima Pembuatan Aplikasi

Pada pembuatan aplikasi ini, terdapat 2 menu yang akan dibuat diantaranya satu, menu aplikasi dan kedua, menu bacaan shalat yang terdapat dimenu aplikasi. Algoritmanya akan tampak, seperti gambar 3.2, gambar 3.3, dan gambar 3.4.

Gambar 3.2 Flowchart Menu Aplikasi

Gambar 3.3 Flowchart Menu Bacaan Shalat

Gambar 3.4 Flowchart Menu Bacaan Shalat (Lanjutan)

3.4. Pembuatan Aplikasi

Untuk membuat mobile learning sejarah kolonial ini, terlebih dahulu harus disiapkan Environmentnya, terutama Android SDK, ADT (Android Development Tools ) dan Eclipse.

a. Untuk menginstall Eclipse diperlukan instalasi Java JDK (java development kit) versi 6 atau diatasnya.

b. Install dan setting Android SDK.

c. Kemudian install & mengkonfigurasi Eclipse (Eclipse Helios), juga menginstall ADT. 3.4.1. Penyimpanan Gambar

Didalam android terdapat tiga buah folder penyimpanan gambar yang di namai dengan drawable-hdpi, drawable-mdpi, drawable-ldpi dengan ketentuan pixel yang berbeda-beda setiap folder. Namun pada kesempatan ini penulis tidak menggunakan

(5)

ketiga folder yang ada, sehingga penulis membuat folder baru yang diberi nama drawable. Proses penyimpanan gambar tersebut sangat mudah yakni hanya perlu mengcopy gambar ke dalam folder workspace Prayer/res/drawable dan setiap gambar yang di masukkan kedalam folder tidak boleh memiliki nama yang sama karena nama tersebut mewakili ID dari gambar tersebut saat pemanggilan di class program. Dan syarat penulisan nama gambar harus menggunakan huruf kecil dan tidak boleh ada spasi dan symbol. 3.4.2. Penyimpanan Suara

Android menyiapkan tempat khusus untuk database suara yakni di folder raw yang bisa di panggil oleh class, folder ini bisa menampung suara jenis wav, oog, midi, dan mp3.

3.5. Penerapan Aplikasi

Setelah kita selesai membuat rancangan serta membuat programnya hingga selesai, maka tiba saatnya penerapan aplikasi ini pada perangkat mobile yang bersistem operasi Android. Selain melakukan uji coba pada perangkat, implementasi dilakukan setelah menguji coba. Uji coba aplikasi menggunakan handphone android tipe froyo 2.2. proses uji cobanya adalah sebagai berikut:

a. Copy file prayer.apk ke handphone dengan cara memindahkan file melalui kabel data atau bluetooth

b. Copy file video kedalam Memori handphone (tanpa folder)

c. Instal aplikasi prayer.apk dengan cara mengklik dan secara otomatis akan merunning dan terinstal di handphone

3.6. Pengujian Aplikasi

Implementasi program dilakukan pada smart phone dengan sistem operasi Android yaitu Samsung Galaxy Young & ZTE Blade. Sebelum mengimplementasikan program ke dalam Samsung Galaxy Young dan ZTE Blade tersebut, terlebih dahulu harus mengirim file .apk dari projek yang telah dibuat. File .apk terdapat di dalam folder projek yang dibuat yang berada di dalam workspace. Misalnya projek yang dibuat bernama Prayer maka file .apk

dapat diambil di D:\kerja\Prayer\bin\prayer,apk. file .apk

tersebut dapat dikirim melalui Bluetooth, setelah itu dapat langsung di install pada Samsung Galaxy Young dan ZTE Blade tersebut, hasilnya akan sama persis dengan emulatornya. Berikut adalah gambaran pada pengujian di ZTE Blade.

4. Penutup 4.1. Kesimpulan

Berdasarkan hasil perancangan dan pembuatan aplikasi, serta melalui implementasi dan evaluasi aplikasi, penulis memperoleh kesimpulan bahwa Aplikasi Belajar Shalat dapat

(6)

diimplementasikan pada telepon seluler dengan sistem operasi Android 2.2 (Froyo).

Sedangkan Script Editor aplikasi Belajar Shalat dapat dijalankan pada sistem operasi Windows yang telah mendukung Android SDK. Dan Aplikasi Belajar Shalat dengan sistem operasi Android mudah untuk digunakan.

4.2. Saran

Penulis menyadari bahwa masih terdapat banyak peluang dalam mengembangkan aplikasi ini untuk membuatnya lebih menarik dan bermanfaat. Berikut ini saran yang dapat penulis berikan untuk pengembangkan aplikasi Belajar Shalat lebih lanjut, yaitu:

a. Tampilan judul yang masih kurang menarik, pengembangan yang dapat dilakukan adalah dengan cara menambahkan animasi dan suara. b. Tampilan menu utama dan menu

bacaan shalat masih kurang menarik, pengembangan yang dapat dilakukan adalah dengan cara menambahkan gambar.

c. Gambar pada posisi shalat masih statis, pengembangan yang dapat dilakukan adalah dengan cara mengganti gambar pada posisi shalat dengan gambar bergerak atau animasi.

d. Masih terdengar suara yang tidak diperlukan, pengembangan yang

dapat dilakukan adalah dengan cara merekam suara menggunakan alat perekam yang lebih baik lagi daripada yang penulis gunakan dan mengkolaborasikannya dengan gambar bergerak atau animasi.

Daftar Pustaka

1. Elvrilla, Septri, Jurnal Augmented Reality Panduan Belajar Sholat Berdasarkan Buku Teks Belajar Sholat Menggunakan Android, Universitas Gunadarma, Depok, 2011

2. Hasan, Moh, Panduan Sholat Lengkap (Wajib dan Sunah), Mutiara Media, Yogyakarta, 2012

3. Mistari, Rengga Asmara, Rizky Yuniar Hakkun, Jurnal Aplikasi Belajar Membaca dan Mengucapkan Huruf Hijaiyah dengan Tajwid berbasis Android, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2010

4. Nur, Fatahuddin, Abdul Rokhim B.A, Tuntunan Shalat Lengkap, Penerbit Indah Surabaya, Surabaya, 1988

5. Rouf, Muh, Panduan Mudah Belajar Shalat untuk Anak, PT TransMedia, Jakarta, 2012

6. Safaat H, Nazruddin, Pemrograman Aplikasi Mobile Smart Phone dan Tablet PC Berbasis Android, Informatika, Bandung, 2011

7. Safaat H, Nazruddin, Pemrograman Aplikasi Mobile Smart Phone dan

(7)

Tablet PC Berbasis Android Edisi Revisi, Informatika, Bandung, 2012

8. http://belajar.kemdiknas.go.id/BahanB elajar/MateriPokok/SMP/ (11 Agustus 2012) 9. http://febriani.staff.gunadarma.ac.id/D ownloads/folder/0.1 (11 Agustus 2012) 10. http://fivi_syukriah.staff.gunadarma.ac. id/Downloads/folder/0.12 (11 Agustus 2012) 11. http://gegaris.blogspot.com/2011/07/str uktur-navigasi-untuk-merancang.html (11 Agustus 2012) 12. http://id.wikipedia.org/wiki/Eclipse_(p erangkat_lunak) (11 Agustus 2012) 13. http://zte.co.id/category/products/smart phone (11 Agustus 2012) 14. http://www.samsung.com/id/consumer/ mobile-devices/smartphone/ galaxy/GT-S5360MAAXSE-spec (11 Agustus 2012) 15. http://id.wikipedia.org/wiki/Salat_lima _waktu (11 Agustus 2012) 16. http://niaumsida.blogspot.com/2009/04 /pengertian-shalat_21.html (11 Agustus 2012) 17. http://id.wikipedia.org/wiki/Skala_Lik ert (11 Agustus 2012) 18. http://digilib.unimus.ac.id/download.p hp (11 Agustus 2012)

Figur

Gambar 3.1 Struktur Navigasi

Gambar 3.1

Struktur Navigasi p.3
Gambar 3.2 Flowchart Menu Aplikasi

Gambar 3.2

Flowchart Menu Aplikasi p.4

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :