GERAKAN PRAIVIURA KWARTIR DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Kompleks Bumi Perkemahan "Taman Tunas Wguna" Babarsari, Caturtunggal, Depok, Sleman

19  Download (0)

Full text

(1)

GERAKAN PRAIVIURA KWARTIR DAERAH

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

• Kompleks Bumi Perkemahan "Taman Tunas Wguna" Babarsari, Caturtunggal, Depok, Sleman 55281 .

__ _ . (0274) 485753. surel: kwarda_diy@yahoo.com. https://pramukadiy.or.id.

Nomor : 107 / 1200-C Klasifikasi : Penting/Segera

Perthal -. Pengaifuan Tanda penghargaan Gerakan pramuka

Kepada Yth.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka selDaerah lstimewa Yogyakarta

28 Maret 2021

Salam Pramuka,

Berdasarkan surat edaran Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 0206-00-a tanggal 22 Maret 2022 tentang Pengajuan Tanda Penghargaan dan program kerja Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah lstimewa Yogyakarta Tahun 2022 tentang Penganugerahan Tanda Penghargaan bagi Anggota Gerakan Pramuka sesuai darmabaktinya, bersama ini Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah lstimewa Yogyakarta bermaksud melaksanakan penjaringan usulan calon penerima tanda penghargaan, sebagaimana diatur dalam Petunjuk Penyelenggaraan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka (Skep Kwamas Nomor 175 Tahun

2012).

Sehubungan dengan hal tersebut, ada beberapa hal yang periu kami sampaikan, diantaranya:

1. Mohon bantuan Kakak Ketua Kwartir Cabang dan/atau Dewan Kehormatan Kwartir Cabang untuk mengkoordinir, melakukan pendataan, dan mengajukan usulan calon penerima tanda penghangaan tahun 2022 yang telah diverifikasi oleh Dewan Kehormatan Kwartir Cabang dengan mengacu persyaratan yang ada di dalam Petunjuk Penyelenggaraan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka.

2. Permohonan pengajuan tanda penghangaan Gerakan Pramuka disampaikan dengan:

a. Mengisi isian tanda penghargaan melalui link: https://bit.Iy/lsianTP2022, dan

b. Mengisi lengkap formulir disertai` fotokopi bukti-bukti pendukungnya seperti: sertifikat, piagam, dan surat-surat keterangan kepramukaan lainnya yang dimiliki, sebagai bukti fisi k/portofolio syarat ad ministrasi.

3. Persyaratan administrasi tersebut paling lambat tanggal 20 Mei 2022 (selain Pancawarsa I-lx) dan tanggal 1 Juli 2022 (Pancawarsa I-lx) sudah diterima Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah lstimewa Yogyakarta. Apabila pengumpulan berkas melebihi batas waktu yang telah ditentukan, pengajuan akan disertakan pada tahun berikutnya.

4. Pada saat pengumpulan berkas, dimohon dapat melampirkan Formulir Berita Acara Verifikasi Usulan Tanda Penghargaan yang ditandatangani oleh Dewan Kehormatan Cabang dan Surat Pengantar dari Kwartir Cabang.

(2)

5. Berkas-berkas yang meliputi sampul pengajuan, formulir anggcta muda/peserta didik, formulir anggota dewasa, dan berita acara dapat diunduh melalui https://bit.IyITandapenghangaan2022

6. Untuk keseragaman berkas, mohon dapat mengirimkan berkas sesuai jumlah dan wama sampul pengajuan seperti berikut ini:

a. Lencana Melati bemuama merah sejumlah 2 (dua) bendel.

b. Lencana Darmabakti berwama hijau muda/hijau telur asin sejum[ah 2 (dLia) bendel.

c. Lencana Pancawarsa Utama berwama biru sejumlah 2 {dua) bendel.

d. Lencana Pancawarsa berwarna biru sejumlah 1 (satw) bendel.

e. Lencana lainnya berwama kuning sejumlah 2 (dua) bendel.

serta dijilid buku (lem) ukuran A4 untuk masing-masing personal yang akan diusulkan dan tidak dijadikan satu.

Atas perhatian dan keriasamanya diucapkan terima kasih.

wartir Dae aerah lstim ekretaris,

ri i r ' 3 KA KWART!F. iL, ,,``, :r ,y` u: i

ELffi|{35,Art,r";H

Gerakan Pramuka a Yogyakarta

Tembusan disampaikan kepada Yth.:

1. Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah lstimewa Yogyakarta sebagai laporan.

2. Pare Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah lstimewa Yogyakarta.

3. Ketua Dewan Kehormatan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah lstimewa Yogyakarta.

(3)

Lampiran 1

PETUNJUK PENGUSULAN TANDA PENGHARGAAN GERAKAN PRAMUKA TAHUN 2022

I. PENDAHULUAN

Petunjuk ini dimaksudkan untuk memberi pedoman bagi kwartir dan satuan pramuka dalam mengusulkan, meneliti dan mempertimbangkan seseorang anggota Gerakan Pramuka dan orang di luar Gerakan Pramuka untuk memperoleh penghargaan, sehingga diharapkan tepat sasaran dan tepat orang sesuai dengan prestasi, pengabdian dan jasa-jasa yang bersangkutan.

II. DASAR

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka;

2. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka;

3. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 220 Tahun 2007 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pokok-pokok Organisasi Gerakan Pramuka;

4. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 204 Tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kwartir Nasional Gerakan Pramuka;

5. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 222 Tahun 2007 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kwartir Daerah; dan

6. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 175 Tahun 2012 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka.

III. PENGERTIAN

1. Tanda Penghargaan adalah tanda yang diberikan kepada seseorang di dalam dan di luar Gerakan Pramuka, sebagai penghargaan atas:1) perilaku yang luhur, kesetiaan, keaktifan; 2) jasa, karya, dan darma baktinya; 3) keberanian yang luar biasa. yang dianggap cukup berguna bagi kepentingan dan perkembangan kepramukaan.

2. Lencana Pancawarsa adalah tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota dewasa Gerakan Pramuka, sebagai penghargaan atas kesetiaannya kepada organisasi dan keaktifannya melakukan kegiatan orang dewasa Gerakan Pramuka selama lima tahun atau kelipatannya secara terus menerus.

3. Lencana Wiratama adalah tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota Gerakan Pramuka, yang telah: 1) memperlihatkan keberanian, kesungguhan kerja, dan keuletannya, sehingga berhasil dalam usaha menyelamatkan orang lain secara spontan meskipun usaha itu membahayakan dirinya sendiri, atau 2) memperlihatkan keberanian, kesungguhan kerja, kesabaran, dan ketekunannya dalam mempertahankan kebaikan dan kebenaran, sehingga berhasil dan bermanfaat bagi kepramukaan.

4. Lencana Karya Bakti adalah tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota Gerakan Pramuka yang dengan keikhlasan, pengorbanan, disiplin, dan keberaniannya telah terlibat langsung dan aktif dalam upaya penanggulangan bencana yang merupakan bencana nasional, sehingga bermanfaat bagi kepramukaan, masyarakat, bangsa, dan negara.

5. Lencana Teladan adalah tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota muda Gerakan Pramuka yang telah memperlihatkan sikap laku yang utama, yang tampak dari usaha, tanggungjawab, keuletan, kesabaran, ketabahan, kesopanan,

(4)

keramahtamahan serta akhlak yang luhur, sehingga dirinya dapat menjadi teladan bagi anggota Gerakan Pramuka, keluarga, dan anggota masyarakat lainnya.

6. Lencana Satyawira adalah tanda penghargaan yang diberikan kepada pimpinan, pengurus, dan penggiat (aktifis) organisasi kepramukaan nasional (National Scout Organisation/NSO) negara sahabat dan organisasi kepramukaan regional maupun internasional serta organisasi/institusi nasional Indonesia atas dasar penghormatan dan persahabatan yang bermakna bagi pengembangan kepramukaan.

7. Lencana Jasa adalah tanda penghargaan yang diberikan kepada orang dewasa di dalam dan di luar Gerakan Pramuka, yang dianggap telah berjasa bagi pengembangan kepramukaan.

8. Lencana Darma Bakti adalah tanda penghargaan yang diberikan kepada seseorang yang telah menyumbangkan tenaga, pikiran, milik, dana dan fasilitas yang cukup besar, dan sangat membantu kelancaran kegiatan pembinaan dan pengembangan kepramukaan.

9. Lencana Melati adalah tanda penghargaan yang diberikan kepada seorang yang dianggap telah memberikan jasa dan pengabdian yang lebih besar bagi kepentingan kepramukaan.

10. Lencana Tunas Kencana adalah tanda penghargaan tertinggi dalam Gerakan Pramuka, yang diberikan kepada seorang yang dianggap telah memberikan jasanya yang sangat besar bagi kepentingan kepramukaan.

11. Anggota Muda adalah peserta didik Gerakan Pramuka yang berusia 7 sampai dengan 25 tahun dan belum menikah yang tergabung dalam golongan Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega.

12. Anggota Dewasa adalah anggota Gerakan Pramuka yang berusia di atas 26 tahun yang terdiri dari Pembina Pramuka, Pembantu Pembina Satuan Pramuka, Pelatih Pembina Pramuka, Pamong Satuan Karya Pramuka, Instruktur, andalan, asisten andalan, pimpinan satuan karya Pramuka, Pimpinan satuan komunitas Pramuka, anggota gugus darma Pramuka, majelis pembimbing Pramuka dan staf kwartir.

13. Majelis Pembimbing (Mabi) adalah majelis yang beranggotakan para pejabat pemerintah/ pemerintah daerah, pimpinan instansi/lembaga, tokoh masyarakat dan orang tua peserta didik yang bertugas memberikan bimbingan, dukungan dan memfasilitasi penyelenggaraan pendidikan kepramukaan secara berkelanjutan dan berkesinambungan disetiap jenjang kwartir dan satuan Pramuka.

14. Pembina Pramuka adalah anggota dewasa Gerakan Pramuka yang bertugas membina peserta didik di gugus depan, sekurang-kurangnya lulusan Kursus Mahir Dasar (KMD).

15. Pelatih Pembina Pramuka adalah anggota dewasa Gerakan Pramuka yang bertugas melatih pembina pramuka, sekurang-kurangnya lulusan Kursus Pelatih Dasar (KPD).

16. Pembantu Pembina Satuan adalah anggota dewasa Pramuka yang diangkat sebagai Pembantu Pembina di Perindukan Siaga, Pasukan Penggalang, Ambalan Penegak dan Racana Pandega di gugus depan.

17. Pamong Satuan Karya Pramuka adalah anggota dewasa Gerakan Pramuka yang bertugas membina peserta didik pada satuan karya pramuka, sekurang-kurangnya lulusan KMD dan kursus pamong saka.

18. Instruktur adalah seseorang yang memiliki keahlian tertentu yang bertugas membantu gugus depan dan atau satuan karya pramuka.

19. Instruktur Muda atau Pembina Muda adalah anggota muda Pramuka dari golongan penegak dan pandega yang memenuhi persyaratan tertentu ditugaskan membantu membina golongan Siaga, Penggalang dan Penegak.

(5)

20. Andalan adalah anggota dewasa yang menjadi pengurus kwartir Gerakan Pramuka.

21. Asisten Andalan adalah anggota dewasa Pramuka yang diangkat oleh ketua kwartir untuk melaksanakan hal-hal yang memerlukan keahlian khusus

22. Staf Kwartir adalah anggota dewasa Gerakan Pramuka yang diangkat sebagai karyawan dengan diberi imbalan (gaji) dan merupakan badan pendukung teknis yang mempunyai tugas dan tanggungjawab membantu, menyiapkan serta memberikan pelayanan administratif maupun teknis kepada pengurus kwartir.

23. Dokumen Pendukung Usulan adalah fotokopi atas dokumen yang sah berupa ijazah, sertifikat, piagam, surat keputusan, berita acara, surat keterangan, kartu identitas diri, kartu lisensi, surat nikah, foto maupun naskah-naskah lain yang dibutuhkan & terdapat korelasinya untuk mendukung usulan tanda penghargaan yang diajukan. Keterangan: Kartu identitas diri antara lain (KTP & KTA), Kartu lisensi antara lain (SHB & SHL).

(6)

IV. JENIS PENGHARGAAN, PERSYARATAN, DAN DOKUMEN PENDUKUNG No. Jenis Penghargaan dan

Pengertian Inti

Diberikan Kepada

Persyaratan Pengusulan Dokumen Pendukung

a b c d e

1. Lencana Teladan

Diberikan berdasarkan sikap laku yang utama, tampak dari:

• Usaha,

• Tanggung jawab

• Keuletan,

• Kesabaran,

• Ketabahan,

• Kesopanan,

• Keramahtamahan, dan

• Akhlak luhur

sehingga dapat menjadi teladan bagi anggota Gerakan Pramuka, keluarga & anggota masyarakat lainnya.

Anggota Muda

a. Sudah dilantik sebagai Pramuka dan telah mencapai tingkat kecakapan Pramuka Garuda sesuai golongannya.

b. Telah memperlihatkan sikap laku yang utama.

c. Menunjukkan prestasi pendidikan formal yang baik.

d. Diusulkan oleh kwartir atas rekomendasi Dewan Kehormatan.

Dokumen, antara lain:

• Fotokopi SK/Piagam

Penetapan Pramuka Garuda

• Piagam/Surat Keterangan Prestasi di sekolah/kuliah (baik kurikuler maupun ekstrakurikuler)

• Fotokopi Rapor/Kartu Hasil Studi dengan predikat “amat baik”

• Fotokopi KTA

2. Lencana Pancawarsa Diberikan berdasarkan:

• Kesetiaan kepada organisasi dan

• Keaktifannya melakukan kegiatan orang dewasa Gerakan Pramuka selama lima tahun atau

kelipatannya secara terus menerus.

Anggota Dewasa

a. Sudah dikukuhkan memegang suatu jabatan tertentu dalam Gerakan Pramuka.

b. Bekerja dengan tekun, rajin dan bertanggung jawab atas tugas kewajiban yang diberikan kepadanya.

c. Selalu memperlihatkan usaha untuk meningkatkan peserta didiknya atau mengembangkan Gerakan Pramuka pada umumnya.

d. Selalu menunjukkan usaha meningkatkan pengetahuan, kecakapan kepemimpinan dan pengalamannya dalam bidang tugas kewajibannya dan juga dalam bidang kepramukaan lainnya.

e. Selalu menunjukkan usaha bersikap dan

• Fotokopi SK-SK Jabatan dalam Gerakan Pramuka

• Fotokopi Sertifikat diklat Pramuka .

• Dokumen-dokumen pendukung dari Gerakan Pramuka (piagam, sertifikat, SK Panitia, surat keterangan, dll) yang menunjukkan keaktifan di Pramuka selama 5, 10, 15 tahun dan

seterusnya sesuai

Pancawarsa yang diusulkan.

• Data tentang perilaku, usaha atau jasa dari yang

(7)

No. Jenis Penghargaan dan Pengertian Inti

Diberikan Kepada

Persyaratan Pengusulan Dokumen Pendukung

a b c d e

bertindak sesuai Tri Satya dan Dasa Darma, Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, dan Sistem Among.

f. Diusulkan oleh kwartir atas rekomendasi Dewan Kehormatan.

bersangkutan dalam bentuk pernyataan saksi, keterangan, foto, rekaman, dll.

• Fotokopi Piagam/SK Tanda Penghargaan Pancawarsa terakhir bagi yang pernah menerima.

• Fotokopi KTA.

3. Lencana Karya Bakti Diberikan berdasarkan:

Telah terlibat aktif dan langsung dalam penanggulangan bencana yang merupakan “bencana nasional”

Pramuka Penegak, Pramuka Pandega, dan Anggota Dewasa

a. Telah melaksanakan karya bakti ikut dalam penanggulangan musibah/bencana yang terjadi pada suatu lokasi dengan memberikan pertolongan/bantuan bagi para korban, baik manusia maupun sarana/prasarana, sehingga memberi kesan berharga serta dapat meningkatkan citra sebagai anggota Gerakan Pramuka dan bermanfaat bagi keselamatan masyarakat, bangsa & negara.

b. Telah melaksanakan karya bakti sedikitnya selama 14 (empat belas) hari berturut-turut dalam wilayah bencana/musibah.

c. Kegiatan karya bakti di koordinir oleh Kwarnas, Kwarda, dan Kwarcab.

d. Diusulkan oleh kwartir atas rekomendasi Dewan Kehormatan.

Dokumen, antara lain:

• Surat Tugas/Surat

Keterangan/Piagam bahwa yang bersangkutan telah melakukan karya bakti pada bencana nasional yang dikeluarkan oleh

Kwarnas/Kwarda/ Kwarcab, atau

• Surat Keterangan dari

Pemerintah Daerah setempat dimana Bencana Nasional terjadi.

• Fotokopi KTA

4. Lencana Wiratama Diberikan berdasarkan:

Telah memperlihatkan keberanian, kesanggupan kerja, keuletan, kesabaran dan ketekunannya dalam usaha menyelamatkan sesuatu atau seseorang atau mempertahankan

Pramuka Penegak, Pramuka Pandega, dan Anggota Dewasa

a. Telah memperlihatkan keberanian, kesungguhan kerja, dan keuletannya sehingga berhasil dalam usaha menyelamatkan orang lain secara spontan meskipun usaha itu membahayakan dirinya sendiri, atau

b. Telah memperlihatkan keberanian, kesungguhan kerja, kesabaran dan

Dokumen, antara lain:

• Testimoni para saksi atau korban

• Dokumentasi foto dan pemberitaan

• Surat Keterangan dari pihak terkait.

• Fotokopi KTA

(8)

No. Jenis Penghargaan dan Pengertian Inti

Diberikan Kepada

Persyaratan Pengusulan Dokumen Pendukung

a b c d e

kebaikan dan kebenaran, sehingga berhasil & bermanfaat bagi Gerakan Pramuka, masyarakat, bangsa dan negara.

ketekunannya dalam mempertahankan kebaikan dan kebenaran, sehingga berhasil

& bermanfaat bagi Gerakan Pramuka atau Gerakan Kepramukaan di dunia.

c. Diusulkan oleh kwartir atas rekomendasi Dewan Kehormatan.

5. Lencana Satyawira

Merupakan Lencana Jasa, yang diberikan bagi pemimpin/pengurus organisasi kepramukaan negara sahabat, pemimpin/pengurus organisasi nasional, Tokoh negara sahabat, dan Pegiat organisasi nasional. Diberikan berdasarkan sumbangan jasa dalam bentuk:

• tenaga,

• pikiran,

• milik,

• dana & fasilitas

yang cukup besar, dan sangat membantu kelancaran kegiatan pembinaan dan pengembangan kepramukaan.

Orang Dewasa di luar Gerakan Pramuka

a. Telah menyumbangkan tenaga, pikiran, milik, dana, dan fasilitas yang sangat membantu kelancaran kegiatan pembinaan dan pengembangan kepramukaan.

b. Tolok ukur pemberian Lencana Satyawira kepada seseorang tergantung pada:

• Dukungan moril dan materiil (dana, sarana dan fasilitas) yang telah diberikan

• Pengabdian/pengorbanan tenaga, pikiran, waktu dan karyanya (mencipta/mengarang lagu, tulisan & naskah, permainan, perlengkapan, kegiatan, penelitian) atau c. Diusulkan oleh kwartir atas rekomendasi

Dewan Kehormatan.

Dokumen, antara lain:

• Bukti-bukti dukungan materiil

• Bukti-bukti hasil karya Adanya surat pernyataan/

keterangan dari Pemerintah dan /atau Kwartir setempat.

6. Lencana Darma Bakti

Merupakan Lencana Jasa, diberikan untuk menggairahkan dan

memotivasi seseorang untuk dengan sadar dan penuh keikhlasan

bersedia menyumbangkan tenaga, pikiran, dana, milik dan fasilitasnya

Anggota Dewasa dan Orang Dewasa di luar Gerakan Pramuka

a. Bagi Anggota Dewasa Pramuka sudah dikukuhkan sebagai anggota dewasa

Gerakan Pramuka yang telah

memperlihatkan prestasi kerja yang membanggakan dan bermanfaat bagi

pembinaan dan perkembangan

kepramukaan.

b. Bagi orang dewasa di luar Gerakan Pramuka

Dokumen, antara lain:

• Bukti-bukti dukungan materiil

• Bukti-bukti hasil karya

• Dokumen-dokumen

pendukung (piagam, sertifikat, SK Panitia, surat keterangan, dll) yang menunjukkan pengabdian di Pramuka

(9)

No. Jenis Penghargaan dan Pengertian Inti

Diberikan Kepada

Persyaratan Pengusulan Dokumen Pendukung

a b c d e

untuk kepentingan dan

perkembangan kepramukaan.

Lencana Darma Bakti dapat juga diberikan kepada anggota dewasa Gerakan Pramuka yang telah meninggal dunia. Diberikan berdasarkan sumbangan dalam bentuk:

• tenaga,

• pikiran,

• milik,

• dana & fasilitas

yang cukup besar, dan sangat membantu kelancaran kegiatan pembinaan dan pengembangan kepramukaan.

telah menyumbangkan tenaga, pikiran, milik, dana, dan fasilitas yang sangat membantu kelancaran kegiatan pembinaan dan pengembangan kepramukaan.

c. Tolok ukur pemberian Lencana Darma Bakti kepada seseorang tergantung pada:

• Dukungan moril dan materiil (dana, sarana dan fasilitas) yang telah diberikan

• Pengabdian/pengorbanan tenaga, pikiran, waktu dan karyanya (mencipta/mengarang lagu, tulisan & naskah, permainan, perlengkapan, kegiatan, penelitian) atau

• Masa bakti sebagai anggota dewasa Pramuka minimal 15 tahun dan telah mendapat Lencana Pancawarsa III.

d. Diusulkan oleh kwartir atas rekomendasi Dewan Kehormatan.

selama 15 tahun)

• Bagi orang dewasa di luar Gerakan Pramuka adanya surat pernyataan/ keterangan dari Pemerintah dan /atau kwartir setempat.

• Bagi anggota dewasa : Fotokopi Piagam Penghargaan minimal Pancawarsa III dan Fotokopi KTA

7. Lencana Melati

Diberikan berdasarkan:

Telah memberikan jasa dan pengabdian yang lebih besar bagi kepentingan kepramukaan.

Anggota Dewasa dan Orang Dewasa di luar Gerakan Pramuka

a. Bagi Anggota Dewasa Pramuka sudah dikukuhkan untuk menduduki suatu jabatan atau tugas tertentu dan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

b. Bagi orang dewasa di luar Gerakan Pramuka telah memberikan jasa dan pengabdiannya yang lebih besar bagi perkembangan kepramukaan.

c. Tolok ukur pemberian Lencana Melati kepada seseorang tergantung pada:

• Dukungan moril dan materiil (dana, sarana dan fasilitas) yang telah diberikan

• Pengabdian/pengorbanan tenaga, pikiran, waktu dan karyanya (mencipta/mengarang lagu, tulisan & naskah, permainan,

Dokumen, antara Lain:

• Bukti-bukti dukungan materiil,

• Bukti-bukti hasil karya,

• Dokumen-dokumen

pendukung (seperti piagam, sertifikat, SK Panitia, surat keterangan, dll) yang

menunjukkan pengabdian di Pramuka selama 20 tahun)

• Bagi orang dewasa di luar Gerakan Pramuka adanya surat pernyataan/ keterangan dari Pemerintah dan/atau Kwartir setempat serta sudah mendapatkan Darma Bakti.

(10)

No. Jenis Penghargaan dan Pengertian Inti

Diberikan Kepada

Persyaratan Pengusulan Dokumen Pendukung

a b c d e

perlengkapan, kegiatan, penelitian) atau

• Masa bakti sebagai anggota dewasa minimal 20 tahun dan telah mendapat tanda penghargaan Lencana Darma Bakti.

d. Diusulkan oleh kwartir atas rekomendasi Dewan Kehormatan.

• Fotokopi Piagam Penghargaan minimal

Pancawarsa IV dan Lencana Darma Bakti.

• Fotokopi KTA 8. Lencana Tunas Kencana

Diberikan berdasarkan:

Telah memberikan jasa dan pengabdian yang sangat besar bagi perkembangan kepramukaan.

Anggota Dewasa dan Orang Dewasa di luar Gerakan Pramuka

a. Bagi Anggota Dewasa Pramuka sudah dikukuhkan untuk menduduki suatu jabatan atau tugas tertentu dan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan luar biasa baiknya.

b. Bagi orang dewasa di luar Gerakan Pramuka telah memberikan jasa dan pengabdiannya yang sangat besar bagi perkembangan kepramukaan.

c. Tolok ukur pemberian Lencana Tunas Kencana kepada seseorang tergantung pada:

• Pernah dikukuhkan untuk menduduki suatu jabatan atau tugasnya dengan luar biasa baiknya

• Dukungan moril dan materiil (dana, sarana dan fasilitas) yang telah diberikan

• Pengabdian/pengorbanan tenaga, pikiran, waktu dan jasa yang luar biasa, atau

• Masa bakti sebagai anggota dewasa minimal 10 tahun dan telah mendapat Lencana Darma Bakti dan Lencana Melati.

• Diusulkan oleh kwartir atas rekomendasi Dewan Kehormatan dan disahkan oleh Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka.

Dokumen, antara Lain:

• Bukti-bukti dukungan materiil,

• Bukti-bukti hasil karya,

• Dokumen-dokumen

pendukung (seperti piagam, sertifikat, SK Panitia, surat keterangan, dll) yang

menunjukkan pengabdian di Pramuka selama 20 tahun)

• Bagi orang dewasa di luar Gerakan Pramuka adanya surat pernyataan/ keterangan dari Pemerintah dan/atau Kwartir setempat serta sudah mendapatkan Darma Bakti.

• Fotokopi Piagam Penghargaan minimal Lencana Darma Bakti dan Lencana Melati.

• Fotokopi KTA

(11)

V. TATA CARA DAN KELENGKAPAN PENGUSULAN TANDA PENGHARGAAN

1. Pengusul (yang bersangkutan/pembina/gugusdepan/kwartir) membuat permintaan tertulis kepada pemegang wewenang pemberian tanda penghargaan melalui Dewan Kehormatan dan dengan persetujuan Ketua Kwartir yang bersangkutan disertai lampiran:

a) Form usulan tanda penghargaan Gerakan Pramuka bagi anggota muda Pramuka (Model 03/MIN.6/TPPR) dan form usulan tanda penghargaan Gerakan Pramuka bagi anggota dewasa Pramuka (Model 03/MIN.5/TPOD) ada pada lampiran lain dalam surat ini atau dapat diunduh di: https://bit.ly/TandaPenghargaan2022.

Pada form usulan tanda penghargaan Gerakan Pramuka bagi orang dewasa Pramuka (Model 03/MIN.5/TPOD) harus diisi secara lengkap dan jelas tentang:

• Daftar riwayat pendidikan umum;

• Daftar riwayat pendidikan kepramukaan; dan

• Daftar jabatan kepramukaan yang pernah dipegang.

b) Kumpulan dokumen pendukung sebagaimana tersebut di atas c) Berita acara pertimbangan dewan kehormatan

d) Surat pernyataan persetujuan dari kwartir yang bersangkutan.

2. Untuk keseragaman berkas, form usulan dan kumpulan dokumen pendukung sebagaimana tersebut di atas dijilid buku (lem) menjadi satu bendel (per orang per buku), dengan sampul berwarna:

a) Lencana Tunas Kencana berwarna kuning sejumlah 2 (dua) bendel.

b) Lencana Melati berwarna merah sejumlah 2 (dua) bendel.

c) Lencana Darma Bakti berwarna hijau sejumlah 2 (dua) bendel.

d) Lencana Satyawira berwarna kuning sejumlah 2 (dua) bendel.

e) Lencana Pancawarsa I s.d. IX berwarna biru sejumlah 1 (satu) bendel.

f) Lencana Pancawarsa Utama berwarna biru sejumlah 2 (dua) bendel.

g) Lencana Teladan berwarna putih sejumlah 2 (dua) bendel.

h) Lencana Wiratama berwarna kuning sejumlah 2 (dua) bendel.

i) Lencana Karya Bakti berwarna kuning sejumlah 2 (dua) bendel.

Catatan: Untuk berkas 2 (dua) bendel, 1 (satu) bendel untuk arsip kwarda dan 1 (satu) bendel untuk diusulkan ke kwarnas.

VI. PENELITIAN DAN PERTIMBANGAN

1. Dewan Kehormatan (gudep maupun kwartir) mengadakan penelitian secara obyektif dan independen terhadap setiap usulan dan memberi pertimbangan kepada pemegang wewenang untuk memutuskan menerima/menolak/menunda pemberian tanda penghargaan berdasarkan permintaan pengusul.

2. Hasil penelitian dan pertimbangan tersebut merupakan dasar pengajuan surat pengusulan Kwartir Cabang kepada Kwartir Daerah.

3. Format surat Pertimbangan Dewan Kehormatan kepada pemegang wewenang dalam bentuk Berita Acara.

4. Bilamana gugusdepan atau kwartir belum memiliki alat kelengkapan organisasi berupa Dewan Kehormatan, Ketua Gugusdepan atau Ketua Kwartir yang bersangkutan membentuk tim yang bertugas mengadakan penelitian dan memberikan pertimbangan.

VII. HAL-HAL LAIN YANG PERLU DIPERHATIKAN No. Jenis Lencana /

Penghargaan

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan

a b c

1. Karya Bakti a) Lokasi karya baktinya pada bencana yang oleh Pemerintah dinyatakan sebagai “bencana nasional”

b) Kegiatan karya baktinya dikoordinasikan oleh Kwarnas, Kwarda, dan Kwarcab, bukan oleh institusi/organisasi lain.

c) Masa karya baktinya sedikitnya selama 14 (empat belas) hari berturut-turut.

(12)

No. Jenis Lencana / Penghargaan

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan

a b c

2. Teladan Dalam mencermati usulan perlu dipertimbangkan bahwa proses usulan hingga saat penganugerahan, peserta didik masih dalam usia golongan yang diusulkan.

3. Pancawarsa a) Pengertian “sudah dikukuhkan memegang suatu jabatan”

ditunjukkan dengan surat keputusan /surat keterangan yang menunjukkan sejak kapan yang bersangkutan menduduki jabatan sebagai Pembina /Pelatih /Andalan /Pamong /Instruktur /Pinsaka /Pinsako. Hal ini penting untuk menghitung awal masa bakti yang bersangkutan.

b) Sertifikat lulus KMD belum bisa dijadikan patokan tanggal seseorang mengawali jabatan sebagai Pembina Pramuka, karena pada beberapa lembaga pendidikan keguruan (seperti SPG, D3, S1 kependidikan) mensyaratkan siswa/mahasiswanya wajib ikut KMD ketika masih menempuh jenjang pendidikan. Saat lulus KMD belum tentu yang bersangkutan otomatis sebagai Pembina Pramuka.

c) Batasan anggota dewasa adalah berusia 26 tahun atau belum berusia 26 tahun tetapi sudah menikah.

d) Ketua dan Wakil Ketua Dewan Kerja meskipun sebagai ex- officio Andalan Kwartir, masa jabatannya selaku Dewan Kerja tidak bisa diperhitungkan sebagai masa bakti anggota dewasa. Bilamana yang bersangkutan melanjutkan sebagai anggota dewasa, perhitungan masa baktinya dilakukan sejak berakhirnya jabatan Ketua dan Wakil Ketua Dewan Kerja atau setelah berusia 26 tahun.

e) Anggota Muda meskipun menduduki jabatan sebagai Pembina/Pb. Pembina tidak bisa diperhitungkan sebagai masa bakti anggota dewasa, karena batasan anggota dewasa adalah berusia 26 tahun atau belum berusia 26 tahun tetapi sudah menikah.

f) Dalam menghitung masa bakti perlu diperhatikan persyaratan “secara terus menerus”.

g) Dewan Kehormatan dapat memberikan rekomendasi untuk memperoleh tanda penghargaan yang lebih tinggi dari usulan bilamana ternyata berdasarkan riwayat kepramukaan dan bukti-bukti yang ada yang bersangkutan sudah berhak. Contoh: Usulan Pancawarsa I, namun berdasarkan riwayat kepramukaan dan bukti-bukti yang ada ternyata pengabdiannya sudah 15 tahun, maka Dewan Kehormatan dapat merekomendasikan langsung mendapat Pancawarsa III.

h) Dewan Kehormatan dapat memberikan rekomendasi untuk memperoleh tanda penghargaan yang lebih rendah dari usulan/ditunda bilamana ternyata berdasarkan riwayat kepramukaan dan bukti-bukti yang ada yang bersangkutan belum memenuhi syarat untuk itu. Contoh:

• Usulan Pancawarsa III, namun berdasarkan riwayat kepramukaan dan bukti-bukti yang ada ternyata pengabdiannya masih 10 tahun, maka Dewan Kehormatan dapat merekomendasikan untuk mendapat Pancawarsa II.

• Usulan Pancawarsa III, namun berdasarkan riwayat kepramukaan dan bukti-bukti yang ada ternyata

(13)

No. Jenis Lencana / Penghargaan

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan

a b c

pengabdiannya masih 13 tahun, maka Dewan Kehormatan dapat merekomendasikan untuk mendapat Pancawarsa II apabila yang bersangkutan belum menerima Pancawarsa II, namun apabila sudah menerima Pancawarsa II, maka Dewan Kehormatan dapat merekomendasikan penundaan pemberian tanda penghargaan sampai dengan riwayat kepramukaannya sesuai dengan yang diusulkan. Hal ini juga berlaku untuk Pancawarsa lainnya.

4. Satyawira Hanya untuk orang/orang dewasa di luar Gerakan Pramuka yang dianggap berjasa bagi perkembangan Gerakan Pramuka

5. Darma Bakti a) Bilamana masa bakti anggota dewasa Pramuka telah mencapai 15 tahun maka harus diajukan terlebih dahulu usulan penganugerahan Pancawarsa III, setelah itu satu tahun berikutnya diusulkan penghargaan Darma Bakti.

b) Batasan kewajaran dukungan materiil dinilai secara kualitatif oleh Dewan Kehormatan berdasarkan data dari pihak gugus depan atau kwartir penerima. Dukungan materiil tersebut bisa dari pribadi maupun atas nama jabatan. Bilamana dilakukan atas nama jabatan maka pemberian penghargaan Darma Bakti tetap ditujukan atas nama pribadi yang bersangkutan.

c) Batasan kewajaran dukungan moril berupa karya (mencipta/mengarang lagu, tulisan & naskah, permainan, perlengkapan, kegiatan, penelitian) dinilai kemanfaatan bagi pengembangan Gerakan Pramuka minimal di tingkat kwarcab.

6. Lencana Melati a) Bagi orang dewasa di luar Gerakan Pramuka, maka setelah dua tahun memperoleh Lencana Darma Bakti dapat diusulkan tanda penghargaan Lencana Melati.

b) Bagi anggota dewasa Pramuka yang telah memiliki minimal Pancawarsa IV dan Darma Bakti dapat diusulkan tanda penghargaan Lencana Melati.

(14)

Lampiran 2

Nomor urut yang diusulkan : ...

Lampiran surat usul nomor : ...

USULAN PEMBERIAN TANDA PENGHARGAAN GERAKAN PRAMUKA BAGI ANGGOTA MUDA GERAKAN PRAMUKA

1. Tanda Penghargaan berupa : ...

2. Nama Lengkap : ...L / P 3. Tempat dan Tanggal Lahir : ...

4. Golongan Keanggotaan : ...

5. Tanggal Dilantik : ...

6. Agama : ...

7. Golongan darah : ...

8. Nama Ayah : ...

9. Nama Ibu : ...

10. Alamat : ...

...

Telepon...

11. Pendidikan :

a. Umum

1) ...

2) ...

3) ...

4) ...

b. Kepramukaan untuk S / G / T / D

1) ...

2) ...

3) ...

4) ...

12. Uraian kenaikan tingkat (SKU) dan golongan serta jabatan dalam Kepramukaan:

Golongan Dari tgl/bulan/tahun s.d.

tgl/bulan/tahun Tempat a.

b.

c.

13. Tanda Kecakapan Khusus (TKK) yang dimiliki:

Jenis Tingkat Tanggal Diterima Keterangan a.

b.

c.

d.

e.

14. Syarat–syarat yang telah dipenuhi untuk menerima tanda penghargaan yang diusulkan:

a. ...

b. ...

c. ...

d. ...

(15)

15. Uraian perbuatan, perilaku dan tindakan yang menonjol yang patut menjadi keteladanan (dapat di isi di kertas lain):

...

...

...

...

16. Tanda Penghargaan / Kehormatan dari Gerakan Pramuka dan di luar Gerakan Pramuka yang telah dimiliki :

Jenis/Macam Dari Tanggal Penerimaan Keterangan a.

b.

c.

d.

e.

17. Keterangan lain yang perlu diberikan :

...

...

...

...

*) coret yang tidak perlu

..., ... 20...

Dewan Kehormatan

...

Pengusul

Yang bersangkutan/Pembina/Kwartir

... ...

(16)

Lampiran 3

Nomor urut yang diusulkan : ...

Lampiran surat usul nomor : ...

USULAN PEMBERIAN TANDA PENGHARGAAN GERAKAN PRAMUKA BAGI ANGGOTA DEWASA GERAKAN PRAMUKA DAN

ORANG DEWASA DI LUAR GERAKAN PRAMUKA

1. Tanda Penghargaan berupa : ...

2. Nama Lengkap : ...L / P 3. Tempat dan Tanggal Lahir : ...

4. Jabatan dalam Kepramukaan : ...

5. Jabatan Pokok di Luar Pramuka : ...

6. Tanggal Diangkat/Dikukuhkan Sebagai

Anggota Dewasa Gerakan Pramuka : ...

7. Kebangsaan : ...

8. Agama : ...

9. Golongan Darah : ...

10. Nama Suami/Istri : ...

11. Tanggal Menikah : ...

12. Alamat : ...

...

Telepon...

13. Pendidikan :

a. Umum

1) ...

2) ...

3) ...

4) ...

5) ...

6) ...

7) ...

8) ...

b. Kepramukaan

1) ...

2) ...

3) ...

4) ...

5) ...

6) ...

7) ...

8) ...

14. Syarat–syarat yang telah dipenuhi untuk menerima tanda penghargaan yang diusulkan:

a. ...

b. ...

c. ...

d. ...

e. ...

f. ...

g. ...

h. ...

(17)

15. Riwayat jabatan dalam Kepramukaan:

Jabatan Dari tgl/bulan/tahun

s.d. tgl/bulan/tahun Tempat Keterangan a.

b.

c.

d.

e.

f.

g.

h.

16. Uraian perbuatan, perilaku dan tindakan yang menonjol yang patut menjadi keteladanan (dapat di isi di kertas lain):

...

...

...

...

...

17. Tanda Penghargaan / Kehormatan dari Gerakan Pramuka dan di luar Gerakan Pramuka yang telah dimiliki :

Jenis/Macam Dari Tanggal Penerimaan Keterangan a.

b.

c.

d.

e.

f.

g.

h.

18. Keterangan lain yang perlu diberikan :

...

...

...

...

...

*) coret yang tidak perlu

..., ... 20...

Dewan Kehormatan

...

Pengusul

Yang bersangkutan/Pembina/Kwartir

... ...

(18)

Lampiran 4

BERITA ACARA

VERIFIKASI USULAN TANDA PENGHARGAAN GERAKAN PRAMUKA

Pada hari ini………tanggal………..bulan………..

tahun………..Dewan Kehormatan Kwartir ………melakukan Rapat Verifikasi usulan pemberian Tanda Penghargaan terhadap………

(………) orang.

Dengan ini Dewan Kehormatan……….memberikan pertimbangan kepada Ketua Kwartir………sebagai berikut:

No Nama Lengkap Usulan Jenis Tanda Penghargaan

Pertimbangan/ Rekomendasi Dewan Kehormatan

a b c d

1 a. tempat dan tanggal lahir calon

penerima

b. keterangan lama mengabdi sebagai anggota dewasa/anggota muda

c. tanda penghargaan dan tahun terakhir menerima

d. aktivitas selama dan atau setelah menerima tanda penghargaan terakhir

e. data pendukung lainnya

2 a.

b.

c.

d.

dst

Demikian verifikasi ini dilakukan secara obyektif dan independen sesuai ketentuan yang berlaku untuk dapat digunakan oleh Ketua Kwartir dalam mengajukan usulan pemberian Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka kepada Pejabat berwenang.

Yogyakarta,………..

Dewan Kehormatan Kwartir ……….

I. ………. ………

II. ………. ………

III. ……….………… ………

IV. ………. ………

V. ………. ………

(19)

Lampiran 5

LINIMASA PENGAJUAN USULAN TANDA PENGHARGAAN GERAKAN PRAMUKA TAHUN 2022

No. Keterangan Mar Apr Mei Jun Jul Agu

IV I II III IV I II III IV I II III IV I II III IV I II III IV 1. Edaran ke Cabang

Tanda Penghargaan Melati, Darma Bakti, Teladan, Karya Bakti, Wiratama, Satyawira, Pancawarsa Utama 1. Verifikasi dan Usulan di Tingkat Cabang, 13 Mei 2022

2. Pengiriman Usulan ke Kwartir Daerah, 20 Mei 2022 3. Verifikasi di Tingkat Daerah, 10 Juni 2022

4. Pengiriman Usulan ke Kwartir Nasional, 17 Juni 2022 5. Verifikasi di Tingkat Nasional

6. Penerbitan Surat Keputusan Kwartir Nasional 7. Penganugerahan

Tanda Penghargaan Pancawarsa I-IX

1. Verifikasi dan Usulan di Tingkat Cabang, 1 Juli 2022 2. Pengiriman Usulan ke Kwartir Daerah, 1 Juli 2022 3. Verifikasi di Tingkat Daerah, 22 Juli 2022

4. Penerbitan Surat Keputusan Kwartir Daerah 5. Penganugerahan

Catatan:

a. Pada saat verifikasi di tingkat daerah, dapat dilakukan pengembalian dan penambahan berkas yang disesuaikan dengan persyaratan.

b. Penganugerahan Tanda Penghargaan, biasanya dilakukan pada saat acara Malam Renungan/Ulang Janji, khusus untuk Tanda Penghargaan Pancawarsa I-IX dan pada saat Upacara HUT Pramuka untuk Tanda Penghargaan lainnya.

Figure

Updating...

References

Related subjects :

Scan QR code by 1PDF app
for download now

Install 1PDF app in