REGISTER PEDAGANPURWODADI : SEBUAH TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK Register Pedagang Sapi Di Pasar Hewan Kalongan, Purwodadi : Sebuah Tinjauan Sosiolinguistik.

Teks penuh

(1)

REGISTER PE

EDAGANG SAPI DI PASAR HEWAN KAL ADI : SEBUAH TINJAUAN SOSIOLINGU

SKRIPSI

Untuk memenuhi sebagian persyaratan Guna mencapai derajat Sarjana S-1

n Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daer

Disusun oleh : ENI KUSRINI

A310080026

(2)
(3)
(4)

PERNYATAAN

Dengan ini, saya menyatakan bahwa dalam skripsi ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu Perguruan Tinggi dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah dan disebutkan dalam daftar pustaka.

Apabila ternyata kelak/di kemudian hari terbukti ada ketidakbenaran dalam pernyataan saya di atas, maka saya bertanggung jawab sepenuhnya.

Surakarta, Mei 2012

Peneliti

(5)

“Jadikan sabar da

r dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya

orang-orang yang sabar” (QS. Al Baqoroh : 45)

hnya, di samping kesulitan itu ada kemudahan. dari semua pekerjaan atau tugas, kerjakanlah ya

guh. Dan kepada Tuhanmulah hendaknya kamu

(QS. Al-Insyirah : 6-8)

elum dikerjakan, seringkali tampak mustahil ; ki u kita telah berhasil melakukannya dengan baik

(Evelyn Underhill )

, tenang, yakin, dan doa adalah kunci keberhasi

(6)

PERSEMBAHAN

Sebuah karya kecil terindah ini kupersembahkan teruntuk :

Ibu dan Bapak yang tak lelah memberi doa, dukungan dan semangat bagi anak-anaknya.

Kakak tercintaku, mas Agung. Terima kasih untuk saran, motivasi, serta nasihat bagi adiknya ini.

Untuk keluarga besarku, pak dhe, bu dhe, om Jasmin, tante Susi, dan saudara-saudara yang lain. Terima kasih untuk kasih sayang dan dukungannya. My only one, Mas Ruhin terima kasih untuk semuanya, untuk sayang, perhatian,

dukungan, semangat, dan motivasi yang diberikan selama ini.

Sahabat terbaikku, mbak Yani dan Duwik. Terima kasih telah membuat hidupku berwarna.

Kost Bestari tercinta, mbak Diaz, Ayu endut, Dewi (si brow), Santi, dan teman-teman lainnya terima kasih telah menemani hari-hariku.

Teman-teman seperjuangan PBSID 2008 terutama kelas A Rini, Uut, Septi, Ani dan teman-teman yang lain, terima kasih untuk pertemanan ini.

(7)

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum wr. wb.

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya serta memberikan kekuatan, ketabahan, kemudahan, dan kedamaian berpikir dalam menyelesaikan skripsi yang berjudul “Register Pedagang Sapi di Pasar Hewan Kalongan, Purwodadi : Sebuah Tinjauan Sosiolinguistik”. Skripsi ini disusun untuk memenuhi sebagian prasyarat memperoleh gelar Sarjana Strata 1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Penulis banyak mendapatkan bimbingan, dukungan dan bantuan dari berbagai pihak sehingga penyusunan skripsi ini dapat terselesaikan. Pada kesempatan ini, dengan segala kerendahan hati, penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu.

1. Prof. Dr. H. Bambang Setiaji selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta, yang telah memberikan waktu untuk mengadakan suatu penelitian.

2. Drs. H. Sofyan Anif, M.Si., selaku dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

3. Drs. Agus Budi Wahyudi M. Hum, selaku Ketua Program Studi PBSID FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta sekaligus pembimbing II, yang telah memberikan bimbingan dan arahan dalam penyusunan skripsi mulai dari awal hingga akhir.

(8)

4. Prof. Dr. H. Abdul Ngalim, M.M., M. Hum, selaku pembimbing I yang telah memberikan bimbingan, motivasi, dan arahan dalam penyusunan skripsi ini.

5. Drs. H. Yakub Nasucha, M. Hum, selaku Pembimbing Akademik. 6. Dosen-dosen PBSID yang telah bersedia memberikan ilmunya.

7. Bapak Eko Ary Kristanto, SIP, selaku kepala UPTD Pasar Hewan Kalongan yang telah memberikan ijin untuk melakukan penelitian.

8. Semua pihak yang telah membantu dalam proses penyusunan skripsi ini.

Semoga semua bantuan dan amal kebaikan yang telah diberikan kepada penulis mendapat balasan pahala dari Allah SWT. Penulis menyadari skripsi ini jauh dari sempurna dan banyak kekurangan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan demi sempurnanya skripsi ini. Harapan dari penulis semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi pembaca umumnya dan bagi penulis khususnya.

Wassalamualaikum wr. wr.

Surakarta, Mei 2012

Penulis

(9)
(10)

BABIII. METODE PENELITIAN ... 24

A. Waktu dan Tempat Penelitian ... 24

B. Jenis Penelitian ... 24

C. Objek Penelitian ... 24

D. Data dan Sumber Data ... 24

E. Teknik Pengumpulan Data ... 25

F. Teknik Analisis Data ... 25

G. Penyajian Data ... 26

H. Sistematika Penulisan ... 27

BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ... 28

A. Hasil Penelitian ... 28

B. Pembahasan ... 58

BAB V. PENUTUP ... 61

A. Simpulan ... 61

B. Saran ... 64

(11)

DAFTAR DIAGRAM

1. Diagram Kerangka Berpikir

2. Diagram Bentuk Pengungkapan Register Pedagang Sapi 3. Diagram Fungsi Pengungkapan Register Pedagang Sapi

(12)

DAFTAR LAMPIRAN

(13)

ABSTRAK

REGISTER PEDAGANG SAPI DI PASAR HEWAN KALONGAN, PURWODADI : SEBUAH TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK

Eni Kusrini, A310080026, Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah

Surakarta, 2012, 52 halaman.

Penelitian ini mengangkat masalah mengenai register pedagang sapi di pasar hewan Kalongan, Purwodadi. Penelitian ini berkaitan dengan bidang kajian sosiolinguistik yang merupakan kajian tentang hubungan bahasa dengan masyarakat. Ada dua tujuan dalam penelitian ini. (1) untuk mendeskripsikan bentuk pengungkapan register pedagang sapi di pasar hewan Kalongan. (2) untuk mendeskripsikan fungsi sosial register pedagang sapi di pasar hewan Kalongan. Objek dalam penelitian ini adalah bahasa yang digunakan pedagang sapi di pasar hewan Kalongan, Purwodadi dalam proses jual-beli. Data dalam penelitian ini adalah kata, ungkapan, kalimat, wacana yang terdapat dalam register pedagang sapi di pasar hewan Kalongan.

Simpulan penelitian ini adalah bentuk dan fungsi dalam register pedagang sapi, menunjukkan karakteristik tuturan pedagang sapi di Pasar Hewan Kalongan, Purwodadi. Bentuk nominal digunakan pada saat pengungkapan fungsi menawarkan sapi. Bentuk frase verbal digunakan pada saat pengungkapan fungsi mengungkapkan perasaan atau sikap.

Kata Kunci : sosiolinguistik, register, pedagang sapi

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...