PESAN MORAL DAN MOTIVASI DALAM NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA : TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA

10  Download (1)

Full text

(1)

PESAN MORAL DAN MOTIVASI DALAM NOVEL

SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA :

TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA

SKRIPSI

OLEH :

REYZA FATHUR RAHMI

090701008

DEPARTEMEN SASTRA INDONESIA

FAKULTAS ILMU BUDAYA

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

MEDAN

(2)

PESAN MORAL DAN MOTIVASI DALAM NOVEL SEPATU

DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA: TINJAUAN

SOSIOLOGI SASTRA

SKRIPSI OLEH:

REYZA FATHUR RAHMI 090701008

Skripsi ini diajukan untuk melengkapi persyaratan memperoleh gelar sarjana sastra dan telah disetujui oleh:

Pembimbing I, Pembimbing II,

Prof. Dr. Ikhwanuddin Nasution, M.Si Dra. Yulizar Yunas, M.Hum. NIP: 19620925 198903 1 017 NIP: 19500411 198102 2 001

Departemen Sastra Indonesia Ketua,

Prof. Dr. Ikhwanuddin Nasution, M.Si NIP 19620925 198903 1 017

(3)

PERNYATAAN

Dengan ini saya menyatakan bahwa dalam skripsi ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan pada suatu perguruan tinggi dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka. Apabila pernyataan saya tidak benar saya bersedia menerima sanksi berupa pembatalan gelar kesarjanaan yang saya peroleh.

Medan, September 2013 Hormat Saya,

(4)

Pesan Moral dan Motivasi dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara: Tinjauan Sosiologi Sastra

Reyza Fathur Rahmi Fakultas Ilmu Budaya

Abstrak

Karya sastra merupakan proses kreatif dari seorang pengarang dalam menggambarkan realitas sosial. Karya sastra tidak hanya berfungsi sebagai hiburan tetapi juga sebagai media penyampai pesan pengajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pesan moral dan motivasi yang terkandung dalam novel Sepatu Dahlan. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti mempergunakan teori sosiologi sastra dalam menganalisis data. Masalah di dalam skripsi ini dibatasi menjadi pesan moral yang terbagi atas: kejujuran, ketaatan dalam beribadah, ketaatan pada orang tua, loyalitas dalam berteman, dan motivasi yang terbagi atas: pepatah yang memotivasi, motivasi dari teman, motivasi dari keluarga. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan kontribusi positif terhadap ilmu pengetahuan di bidang sastra, khususnya pada interdisiplin ilmu sosiologi sastra dalam hal menggali pesan moral serta motivasi yang terkandung dalam sebuah novel, membantu para pembaca untuk memahami isi dari Sepatu Dahlan khususnya dalam hal pesan moral dan motivasi yang tidak semua tertulis secara eksplisit, melainkan memerlukan pemahaman dalam menganalisis isi ceritanya. Teknik pengumpulan data dilakuan dengan cara

Library Research (penelitian kepustakaan). Teknik pengkajian untuk menganalisis

data mempergunakan metode kualitatif dengan interdisiplin sosiologi sastra sebagai landasan teori, sehingga dapat ditemukan pesan moral dan motivasi yang terbagi atas empat jenis pesan moral yaitu: kejujuran, ketaatan dalam beribadah, ketaatan pada orang tua, loyalitas dalam berteman dan motivasinya terbagi atas: pepatah yang memotivasi, motivasi dari teman, dan motivasi dari keluarga. Selain itu analisis ini juga mendapatkan hasil bagaimana proses penyampaian dari pesan moral dan motivasi dalam novel Sepatu Dahlan.

(5)

PRAKATA

Bismillahirrohmanirrohim

Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan semesta alam yang telah memberikan begitu banyak berkah kepada penulis sehingga akhirnya dapat menyelesaikan skripsi ini. segala anugerah dari Yang Maha Kuasa telah menuntun dan menguatkan penulis dalam menghadapi segala kendala dalam menyelesaikan studi di Universitas Sumatera Utara.

Skripsi ini ditulis sebagai syarat untuk memperoleh gelar sarjana di Departemen Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya USU. Adapun judul skripsi ini adalah “Pesan Moral dan Motivasi dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara: Tinjauan Sosiologi Sastra”.

Saat melewati proses penyelesaian skripsi ini, penulis banyak menemukan kesulitan tetapi penulis juga banyak mendapat bantuan berupa dukungan, nasihat, perhatian, bimbingan dan juga doa. Untuk itu dengan segala kerendahan hati penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada:

1. Dr. Syahron Lubis, M.A. sebagai Dekan Fakultas Ilmu Budaya USU. 2. Prof. Dr. Ikhwanuddin Nasution, M.Si., sebagai ketua Departemen

Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya USU yang telah memberikan dukungan kepada penulis dalam mengikuti perkuliahan di Departemen Sastra Indonesia dan juga sebagai dosen pembimbing I yang banyak memberikan masukan kepada penulis serta selalu sabar membimbing

(6)

3. Drs. Haris Sutan Lubis, M.SP., sebagai sekretaris Departemen Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya USU sekaligus dosen penulis yang telah memberikan banyak masukan selama menjadi mahasiswa di Departemen Sastra Indonesia.

4. Dra. Yulizar Yunas, M.Hum., sebagai dosen pembimbing II penulis yang senantiasa membimbing dan memberikan masukan kepada penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.

5. Drs. Parlaungan Ritonga, M.Hum., sebagai dosen pembimbing akademik penulis yang telah memberikan masukan kepada penulis selama perkuliahan.

6. Bapak dan Ibu pengajar di Departemen Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya USU yang senantiasa dengan tulus memberikan bimbingan dan pengajaran selama penulis mengikuti perkuliahan.

7. Orang tua paling sempurna dalam hidup penulis sekaligus motivator terbesar dalam hidup penulis yaitu ibu terkasih Almh. Azizah Hanum Lubis terimakasih untuk perjuangan yang tidak pernah putus untuk penulis dan ayahanda H. A. Basyid Nst. SH, MH.

8. Terima kasih Tuhan telah memberikan penulis keluarga pilihan yang dengan hati lapang mencurahkan segenap kasih sayang pada penulis opung tersayang Dra. Hj. Siti Alchiar Nst terimakasih untuk jiwa Kartinimu, mamak dan nantulang: Amril Mukmin Lubis, Yetti Nasir SH, Abdul Haris Lubis, Seri, Amir Syarifuddin, Siti Kodiyah. Etek Syafridah Hanum tersayang dan udak Sofyan Anshari. Terima kasih

(7)

untuk petuah, semangat, cinta kasih, doa dan harapan yang tidak pernah berkurang. Kalian semua berarti dan akan selalu demikian. 9. Untuk abangku tersayang Bayhaqi Benni Nasution, terimakasih atas

doa dan dukungan yang tidak pernah berhenti. Buat adik-adikku tersayang Ipong, Dani Afif, Fandi, Hanif, Syifa, Sarah, dan Fathi terima kasih doanya. Kalian semua berarti dan akan selalu demikian. 10. Terimakasih buat sahabat-sahabat seperjuangan stambuk 09 yang telah

memberikan dukungan kepada penulis, khususnya Nur Hasanah Hsb, Irma Sari, Rama Wati, Safiriyani, Siti Aminah, Alwi, Dwi, Tiwi, dll. Terimakasih sudah menjadi sahabat bagi penulis.

Akhir kata, penulis menyadari skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang sifatnya membangun agar lebih baik lagi pada masa yang akan datang. Semoga skripsi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca tentang “Pesan Moral dan Motivasi dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara: Tinjauan Sosiologi Sastra”.

Hormat saya,

(8)

DAFTAR ISI

PERNYATAAN ... i

ABSTRAK ... ii

PRAKATA ... iii

DAFTAR ISI ... vii

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang ... .1

1.2 Rumusan Masalah ... 5

1.3 Batasan Masalah ... .5

1.4 Tujuan dan Manfaat Penelitian ... 6

1.4.1 Tujuan Penelitian ... 6

1.4.2 Manfaat Penelitian ... 6

1.4.2.1 Manfaat Teoretis ... 6

1.4.2.2 Manfaat Praktis ... 7

BAB II KONSEP, LANDASAN TEORI, DAN TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Konsep ... 8

2.1.1 Pesan Moral ... 8

2.1.2 Motivasi ... 12

(9)

2.2 Landasan Teori ... 16

2.3 Tinjauan Pustaka ... 18

BAB III METODE PENELITIAN 3.1 Teknik Pengumpulan Data ... 22

3.2 Sumber Data ... 23

3.3 Teknik Analisis Data ... 24

BAB IV PESAN MORAL DAN MOTIVASI DALAM NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA 4.1 Pesan Moral dalam Novel Sepatu Dahlan ... 28

4.1.1 Kejujuran dalam Novel Sepatu Dahlan ... 29

4.1.2 Ketaatan Beribadah dalam Novel Sepatu Dahlan ... 35

4.1.3 Ketaatan pada Orang Tua dalam Novel Sepatu Dahlan ... 38

4.1.4 Loyalitas Berteman dalam Novel Sepatu Dahlan ... 43

4.2 Proses Penyampaian Pesan Moral dalam Novel Sepatu Dahlan ... 47

4.3 Motivasi dalam Novel Sepatu Dahlan ... 48

(10)

4.3.3 Motivasi dari Keluarga dalam Novel Sepatu Dahlan ... 52

4.4 Proses Penyampaian Motivasi dalam Novel Sepatu Dahlan... 55

BAB V SIMPULAN DAN SARAN

5.1 Simpulan ... 57

5.2 Saran ... 58

DAFTAR PUSTAKA ... 59

Figure

Updating...

References

Scan QR code by 1PDF app
for download now

Install 1PDF app in