ANALISIS POTENSI OBYEK WISATA MATA AIR (UMBUL) DALAM RANGKA PENGEMBANGAN PARIWISATA Analisis Potensi Obyek Wisata Mata Air (Umbul) dalam Rangka Pengembangan Pariwisata di Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten.

Teks penuh

(1)

ANALISIS POTENSI OBYEK WISATA MATA AIR (UMBUL)

DALAM RANGKA PENGEMBANGAN PARIWISATA

DI KECAMATAN TULUNG KABUPATEN KLATEN

SKRIPSI

Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Mencapai Derajat S-1 Fakultas Geografi

Disusun Oleh:

RINA WULANSARI

NIRM : E 100080050

Kepada

FAKULTAS GEOGRAFI

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

(2)

HALAMAN PENGESAHAN

SKRIPSI

ANALISIS POTENSI OBYEK WISATA MATA AIR (UMBUL) DALAM

RANGKA PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KECAMATAN TULUNG

KABUPATEN KLATEN

Rina Wulansari

NIRM: E100080050

Telah dipertahankan di depan Team Penguji pada Hari, Tanggal : Jum’at, 13 Juli 2012

Dan telah dinyatakan memenuhi syarat

Team Penguji Tanda Tangan Ketua : Drs. H. Yuli Priyana, M.Si (...) Sekretaris : Dra. Hj. Retno Woro Kaeksi (...) Anggota : Drs. H. Dahroni, M.Si (...) Pembimbing I : Drs. H. Yuli Priyana, M.Si (...) Pembimbing II : Dra. Hj. Retno Woro Kaeksi (...)

Surakarta, 31 Juli 2012

Dekan Fakultas Geografi UMS

(3)

PERNYATAAN

Dengan ini saya menyatakan bahwa dalam skripsi ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu Perguruan Tinggi, sepanjang pengetahuan saya tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbikan oleh orang lain, kecuali dalam naskah ini disebutkan dalam pustaka.

Surakarta, 13 Juli 2012 Penulis

(4)

MOTTO

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang Sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan

Apabila kamu telah selesai dari suatu urusan Kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lain.”

QS. Asy-Syarh ayat 6 – 7

“Hai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong agama Allah, Niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.”

QS. Muhammad ayat 7

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira

kepada orang-orang yang sabar.” QS. Al Baqarah ayat 155

Barang siapa yang bersungguh-sungguh Maka dapatlah ia

(Mahfudhat)

(5)

HALAMAN PERSEMBAHAN

Bapak. Ibu. Saya persembahkan Karya ini untuk mu. Atas setiap hembus nafas mu,

Ridhoi ku masuk dunia baru “Universitas” Atas setiap doa yang Kau ucap,

Sandari ku dalam study

Atas setiap tetes keringat mu, Semangati ku mengenyam ilmu Atas setiap langkah kaki mu,

Bukakan jalan untuk ku dapati gelar sarjana Jazakumullahu khoiron katsiran

Semoga Ridho Allah muliakan Engkau, Bapak Ibu ku, untuk dunia akhiratmu.

Aamiin Ya Rabb!! “Sungkem kula kagem Bapak soho Ibu”

(6)

ANALISIS POTENSI OBYEK WISATA MATA AIR (UMBUL)

Penelitian ini didasarkan pada kesenjangan perkembangan obyek wisata umbul yang ada di Kecamatan Tulung, dimana ada 4 obyek wisata umbul namun hanya ada satu umbul yang telah dikembangkan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa klasifikasi potensi obyek wisata umbul, menganalisa pengaruh OMAC terhadap perkembangan obyek wisata umbul yang berada di sekitarnya, dan menganalisa prioritas pengembangan obyek wisata umbul berdasarkan tingkat potensinya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis data sekunder yang dilengkapi dengan observasi lapangan. Analisis dilakukan dengan metode skoring dan didukung dengan analisis SWOT untuk menentukan arah pengembangan obyek wisata umbul. Hasil penelitian ini adalah: 1) Obyek wisata Umbul Ingas / OMAC merupakan obyek wisata dengan klasifikasi potensi internal, eksternal dan gabungan tinggi, total skor 51. Obyek wisata umbul yang mempunyai potensi internal, eksternal dan gabungan sedang adalah Umbul Nilo (total skor 35) dan Umbul Manten Pelem (total skor 34). Disusul dengan Umbul Doyo yang masuk dalam klasifikasi potensi internal, eksternal dan gabungan rendah, total skor 31. 2) Berdasarkan kesamaan jenis dan karakter obyek, kesamaan arah dan pencapaian, serta kedekatan obyek (kreteria Leading Industry) dan didukung dengan menejemen organisasi yang baik dalam hal pengelolaan, promosi di segala media dan kerjasama antar obyek wisata umbul, maka obyek wisata Umbul Ingas / OMAC sebagai obyek wisata unggulan dan titik pusat pengembangan dapat memacu perkembangan obyek wisata umbul disekitarnya (Umbul Nilo, Manten Pelem dan Doyo) sebagai obyek wisata pendukung, dengan cara pembuatan satu paket pengembangan kawasan wisata umbul yang melingkupi semua obyek wisata umbul di Kecamatan Tulung. 3) Obyek wisata umbul yang mendapat prioritas pengembangan utama adalah Umbul Ingas, walaupun secara keseluruhan obyek ini telah berpotensi tinggi yaitu dengan pembuatan wahana OMAC, namun disisi lain obyek ini masih mempunyai potensi untuk dikembangkan lagi, seperti hilir Sungai Pusur yang dapat dikembangkan menjadi area outbond dan area wisata kuliner, sehingga dapat meningkatkan kualitas obyek. Obyek wisata yang mendapat urutan pengembangan kedua dan ketiga adalah Umbul Nilo dan Umbul Manten Pelem karena potensi internal, eksternal dan gabungannya masuk dalam klasifikasi sedang. Umbul Nilo dengan debit, sungai dan tersedianya lahan dapat dikembangkan ke arah penambahan atraksi baru seperti arum jeram, taman terbuka dan air mancur, sedangkan Umbul Pelem dapat dikembangkan menjadi taman air dan

area outbond. Urutan pengembangan terakhir adalah Umbul Doyo yang dapat

dikembangkan menjadi kolam renang dewasa yang dilengkapi dengan wahana

(7)

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Syukur Allahamdulillah atas limpahan rahmat, hidayah, dan kemudahan yang Allah SWT berikan kepada hambaNya. Termasuk kepada Penulis atas nikmat dan kemudahan dalam menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Geografi UMS dan dalam penulisan sebuah karya skripsi, yang berjudul “ANALISIS POTENSI OBYEK WISATA MATA AIR (UMBUL) DALAM RANGKA PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KECAMATAN TULUNG KABUPATEN KLATEN. Skripsi ini disusun untuk memperoleh gelar sarjana dari Falultas Geografi UMS.

Dalam penulisan karya skripsi ini Penulis banyak mendapat bimbingan, dukungan, bantuan dan partisipasi dari berbagai pihak. Maka dengan ini Penulis menyampaikan rasa terima kasih kepada :

1. Drs. Priyono, M.Si selaku Dekan Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta yang telah menularkan ilmu dan memberi nasehat selama penulis belajar di Fakultas Geografi ini.

2. Drs. H. Yuli Priyana, M.Si selaku Pembimbing I yang senantiasa sabar dalam memberi bimbingan dan koreksi terhadap karya ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Dra. Hj. Retno Woro Kaeksi selaku Pembimbing II yang telah memberikan banyak arahan, masukan dan bimbingan dalam penyusunan karya ini. 4. Drs. H. Dahroni, M.Si selaku penguji yang telah menyempatkan waktu

untuk memberikan masukan dan koreksi untuk perbaikan karya ini.

5. Dra. Hj. Umrotun, M.Si dan Jumadi, S.Si M.Sc selaku tim pembahas dalam seminar proposal yang telah memberi masukan untuk perbaikan karya ini. 6. Segenap pimpinan dan staff Badan Perencanaan Pembangunan Daerah,

(8)

7. Karyawan tata usaha dan referensi Fakultas Geografi yang telah membantu kelancaran proses penyusunan karya ini.

8. Suwun untuk Bapak Prapto Prayitno dan Ibu Suprapti yang luar biasa

tangguh, senantiasa mendukung, mendoakan dan berkorban untuk keberhasilan anaknya sampai mencapai tingkat ini.

9. Terima kasih untuk Muhammadiyah atas kesempatannya untuk Penulis mengenyam pendidikan di Fakultas Geografi UMS.

10.Mas Sis, mas Har, mbak Tiwik dan Bayu. Mas, mbak dan adik sekandung yang banyak memberi contoh tentang dinamika hidup dan terima kasih atas motifasinya untuk segera menyelesaikan penyusunan karya ini.

11.Empat krucil yang amat Penulis sayangi, krucil Zahra, krucil Salsa, krucil Nouval, dan krucil Haidar, terima kasih telah sering mengganggu mbak Ndu yang lagi asyik ngetik. Esok kalian akan menjadi generasi yang tangguh dan hebat, Amin ya Rabb!

12.Te’ Family: Mbok Te, Emi, Uha, Duna, Pira, Neni, Nuntul, Arman, dan Jacko. Terima kasih atas kebersamaan, kerjasama, dan motifasinya selama studi. Suka, duka, tawa, dan tangis telah kita lalui bersama, beribu kisah telah kita ukir, dan beribu foto narsis telah kita cetak (heheheee). Kalian tak kan terlupa dan akan selalu ku rindu. Teman terbaik, semoga ukhuwah ini abadi hingga ke surga nanti.

13.Teman-teman angkatan 2008 (ayudi, islah, siti at all), mbak dan mas angkatan duwur (mb lik, mb pik, mb ma, mas bariel, mas rijz, dan mas swari) serta adik tingkat angkatan 2009, 2010 dan 2011 Fakultas Geografi ( dex al, dex dil, dex nis at all), terima kasih atas kebersamaan dan perhatiannya terhadap perkembangan karya ini.

14.Organisasi tempat ku bernaung menimba ilmu dan berkarya, IMM, IPM, GLOBE, Mentoring, dan Co Imam. Mengantarkanku sampai di titik ini, dan ajariku banyak pengalaman berharga selama studi. Abadi Perjuangan! 15.Untuk Master usil yang selalu bilang “Gak usah belajar dhek, tahun depan

(9)

16.Untuk Mas San terima kasih atas motifasi dan dukungannya untuk Penulis memecah dinding kemalasan selama penyusunan karya ini.

Dalam karya ini, masih terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna, untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan. Namun demikian besar pula harapan penulis, untuk karya ini dapat bermanfaat untuk semua pihak, baik sebagai sumber pengetahuan, bahan referensi maupun untuk kepentingan lain.

Akhir kata, syukur Alhamdulillah tetap kami curahkan kepada Rabb semesta alam dan semoga limpahan nikmat iman, Islam dan sehat senantiasa tercurahkan untuk hambaNya, aamiin ya Rabb.

Wassalamalaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Surakarta, 13 Juli 2012 Penulis

(10)

DAFTAR ISI

1.5.Telaah Pustaka dan Penelitian Sebalumnya ... 6

(11)

2.3.2 Pertumbuhan Penduduk ... 36

2.3.3 Komposisi Penduduk Menurut Umur dan Jenis Kelamin 38 2.3.4 Komposisi Penduduk Menurut Tingkat Pendidikan ... 40

2.3.5 Komposisi Penduduk Menurut Mata Pencaharian ... 40

2.4 Ekonomi ... 41

2.5 Sarana Prasarana Transportasi dan Telekomunikasi ... 43

BAB III KEPARIWISATAAN KABUPATEN KLATEN ... 44

3.1 Konsep Dasar Pengembangan Kepariwisataan Kabupaten Klaten .... 44

3.2 Visi Misi Kepariwisataan Kabupaten Klaten ... 46

3.3 Arah Kebijakan Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Klaten ... 47

3.4 Rencana Pengembangan Tata Ruang Pariwisata Kabupaten Klaten . 48 3.4.1 Kawasan Pengembangan Pariwisata ... 48

3.4.2 Wilayah Pengembangan Pariwisata ... 50

3.5 Karakteristik dan Sejarah Umbul di Kecamatan Tulung ... 51

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN ... 57

4.1 Potensi Obyek Wisata Umbul di Kecamatan Tulung ... 57

4.1.1 Klasifikasi Potensi Internal ... 57

4.1.2 Klasifikasi Potensi Eksternal ... 64

4.1.3 Klasifikasi Potensi Gabungan ... 73

4.2 Analisis SWOT ... 75

4.3 Konsep Leading Industry dan Spread Effect ... 79

4.4 Prioritas dan Arah Pengembangan Pariwisata Umbul ... 81

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN ... 85

5.1 Kesimpulan ... 85

5.2 Saran ... 86

(12)

DAFTAR TABEL

Tabel Judul Tabel Hal

1.1 Macam dan Jumlah Obyek Wisata di Kabupaten Klaten ... 2

1.2 Obyek dan Daya Tarik Wisata Unggulan di Kabupaten Klaten ... 2

1.3 Persebaran dan Fungsi Umbul di Kecamatan Tulung ... 3

1.4 Tabel Perbandingan Penelitian Sebelumnya ... 11

1.5 Jenis dan Sumber Data Penelitian ... 16

1.6 Variabel Penelitian dan Skoring Obyek Wisata (Potensi Internal) .... 17

1.7 Variabel Penelitian dan Skoring Obyek Wisata (Potensi Eksternal) . 18 2.1 Rata-rata Curah Hujan di kecamatan Tulung Tahun 2001-2011 ... 30

2.2 Tipe Iklim Menurut Schimdt dan Fergusson ... 31

2.3 Kepadatan Penduduk Kecamatan Tulung Tahun 2011 ... 35

2.4 Laju Pertumbuhan Penduduk Kecamatan Tulung Tahun 2009-2010 37 2.5 Komposisi Penduduk Menurut Jenis Kelamin ... 38

2.6 Komposisi Penduduk Menurut Tingkat Pendidikan ... 40

2.7 Komposisi Penduduk Menurut Mata Pencaharian ... 41

2.8 PDRB Atas Dasar Harga Berlaku Tahun 2009 – 2010 ... 42

2.9 Macam Prasarana Transportasi dan Telekomunikasi ... 43

4.1 Penilaian Potensi Internal ... 61

4.2 Penilaian Potensi Eksternal ... 70

4.3 Penilaian Potensi Gabungan ... 73

4.4 Matrik SWOT Umbul Ingas / OMAC ... 75

4.5 Matrik SWOT Umbul Nilo ... 76

4.6 Matrik SWOT Umbul Manten Pelem ... 77

4.7 Matrik SWOT Umbul Doyo ... 78

(13)

DAFTAR GAMBAR

Gambar Judul Gambar Hal

1.1 Diagram Alir Penelitian ... 14

1.2 Konsep Leading Industry dan Spraed Effect ... 24

2.1 Diagram Luas Kecamatan Menurut Luas Desa Tahun 2011 ... 27

2.2 Peta Administrasi Kecamatan Tulung Tahun 2012 ... 28

2.3 Nilai Q (%) Berdasarkan Iklim Schimdt dan Fergusson ... 31

2.4 Diagram Luas Penggunaan Lahan di Kecamatan Tulung ... 34

2.5 Piramida Penduduk Kecamatan Tulung Tahun 2011 ... 39

4.1 Obyek Wisata Umbul Ingas/OMAC ... 58

4.2 Obyek Wisata Umbul Nilo ... 59

4.3 Kebersihan Lingkungan di Umbul Nilo ... 59

4.4 Obyek Wisata Umbul Manten Pelem ... 60

4.5 Obyek Wisata Umbul Doyo ... 61

4.6 Peta Potensi Internal Obyek Wisata Umbul Kecamatan Tulung ... 63

4.7 Kamar Ganti dan Warung di Umbul Ingas/OMAC ... 65

4.8 Warung dan Kondisi Kamar Mandi di Umbul Nilo ... 67

4.9 Kondisi Tempat Parkir dan Kamar Mandi di Umbul Maten Pelem .. 68

4.10 Kondisi Tempat Parkir dan Kamar Mandi di Umbul Doyo ... 70

4.11 Peta Potensi Eksternal Obyek Wisata Umbul Kecamatan Tulung ... 72

Figur

Tabel                                                Judul Tabel                                              Hal

Tabel Judul

Tabel Hal p.12

Referensi

Memperbarui...