Ketahanan Varietas Padi Lokal terhadap Hawar Daun Bakteri.

Teks penuh

(1)

i SKRIPSI

KETAHANAN VARIETAS PADI LOKAL TERHADAP HAWAR DAUN BAKTERI

Oleh

Cahyo Katon Nugroho H0712047

PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

(2)

KETAHANAN VARIETAS PADI LOKAL TERHADAP HAWAR DAUN BAKTERI

SKRIPSI

untuk memenuhi sebagian persyaratan guna memperoleh derajat Sarjana Pertanian

di Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret

Oleh

Cahyo Katon Nugroho H0712047

PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

(3)
(4)
(5)

v

PERNYATAAN

Dengan ini saya Nama: Cahyo Katon Nugroho NIM: H0712047 Program Studi: Agroteknologi menyatakan bahwa dalam skripsi saya yang berjudul “KETAHANAN

VARIETAS PADI LOKAL TERHADAP HAWAR DAUN BAKTERI” ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar akademik dan sepanjang pengetahuan penulis juga tidak ada unsur plagiarisme, falsifikasi, fabrikasi karya, data, atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh penulis lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka.

Surakarta, Juni 2016 Yang menyatakan

(6)

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan limpahan karunia, hidayah, nikmat dan kasih sayang-Nya beserta Rasulullah Muhammad SAW yang telah menjadi suri tauladan bagi penulis sehingga dapat menyelesaikan skripsi berjudul “Ketahanan Varietas Padi Lokal terhadap Hawar Daun Bakteri”. Skripsi disusun dan

diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pertanian di Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Penyusunan skripsi tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada :

1. Prof. Dr. Ir. Bambang Pujiasmanto, M.S selaku Dekan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang telah memberikan motivasi dalam belajar dan perkuliahan.

2. Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono, M.Si selaku Pembimbing Akademik, Pembimbing Utama dan Ketua Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang telah memberikan masukan serta motivasi dalam perkuliahan dan penyusunan skripsi.

3. Ir. Susilo Hambeg Poromarto, M.S. selaku Dosen Pembimbing Pendamping atas semangat, dorongan, bimbingan, dan arahan dalam penelitian maupun penyusunan skripsi.

4. Salim Widono, S.P., M.P. selaku Dosen Pembahas yang telah memberikan bantuan, masukan dan saran dalam penyusunan skripsi.

5. Keluarga tercinta orang tua (Ibnu Hajar dan Suparni), kakak (Yuliyan Widi Prasetyo), dan adik (Aulia Yuslinu Saputri) yang selalu memberikan doa, semangat, nasehat, dan dukungan.

6. Bapak Lilik selaku petani pemilik lahan penelitian dan teman-teman seperjuangan di lahan penelitian Desa Karanglo (Latif, Dyah, Fitriana) yang telah membantu, memberikan saran dan masukan kepada penulis.

(7)

vii

8. Teman-teman kos Winata Putra Mipitan (Bagus, Hestu, Angga, Guntur, Josua, Wulan, Yahya, Trio, Andreas dan Eska) dan teman-teman lainnya yang senantiasa memberi dukungan dan saran kepada penulis.

9. Teman-teman Agroteknologi minat HPT dan TUNAS (Keluarga Agroteknologi 2012) dan semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu yang senantiasa memberikan bantuan, semangat, kritik dan saran kepada penulis.

Menyadari bahwa dalam skripsi masih banyak kekurangan dan kesalahan, karena itu penulis mengharapkan saran dan kritik demi kesempurnaan karya. Semoga skripsi ini bermanfaat bagi banyak pihak.

Surakarta, Juni 2016

(8)

DAFTAR ISI

A. Latar Belakang ... 1

B. Rumusan Masalah ... 2

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian ... 2

II. TINJAUAN PUSTAKA... 3

A. Padi ... 3

B. Hawar Daun Bakteri ... 4

C. Ketahanan Padi terhadap Hawar Daun Bakteri ... 6

III. METODE PENELITIAN ... 9

A. Waktu dan Tempat Penelitian... 9

B. Alat dan Bahan Penelitian... 9

C. Rancangan Penelitian... 9

D. Pelaksanaan Penelitian... 9

E. Analisis Data ... 12

IV. HASIL PENGAMATAN DAN PEMBAHASAN ... 13

A. Kondisi Umum Penelitian... 13

B. Hasil dan Pembahasan ... 14

V. KESIMPULAN DAN SARAN ... 24

DAFTAR PUSTAKA……….. 25

(9)

ix

DAFTAR TABEL

No. Dalam teks Halaman

1. Hasil pengamatan penyakit hawar daun bakteri pada berbagai macam

varietas padi lokal………... 17

2. Kategori ketahanan berbagai macam varietas padi lokal terhadap penyakit hawar daun bakteri…... 17

Dalam Lampiran

3. Analisis varians insidens penyakit HDB pada berbagai macam varietas

padi lokal………... 34

4. Analisis varians keparahan penyakit HDB pada berbagai macam varietas

padi lokal………... 34

5. Analisis varians laju infeksi penyakit HDB pada berbagai macam varietas

padi lokal………... 34

(10)

DAFTAR GAMBAR

No. Dalam Teks Halaman

1. Grafik perkembangan insidens penyakit HDB pada berbagai varietas padi

lokal………... 15

2. Grafik perkembangan keparahan penyakit HDB pada berbagai varietas padi lokal... 16

Dalam Lampiran 3. Lahan penelitian... 37

4. Gejala HDB... 37

5. Varietas yang tahan HDB... 37

(11)

xi

DAFTAR LAMPIRAN

Nomor Halaman

1. Petak lahan penelitian... 30

2. Denah lahan penelitian ... 31

3. Deskripsi varietas padi unggul (kontrol) ... 32

4. Analisis varians ... 34

5. Data curah hujan Polanharjo bulan November 2015-Februari 2016... 36

(12)

RINGKASAN

KETAHANAN VARIETAS PADI LOKAL TERHADAP HAWAR DAUN BAKTERI. Skripsi: Cahyo Katon Nugroho (H0712047). Pembimbing: Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono, M.Si, dan Ir. Susilo Hambeg Poromarto, M.Sc, PhD. Program Studi: Agroteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Hawar daun bakteri (HDB) merupakan salah satu penyakit penting pada tanaman padi yang disebabkan oleh bakteri Xanthomonas oryzae pv. oryzae (Xoo). Penyakit HDB pada padi dapat menyebabkan kehilangan hasil yang tinggi sehingga dapat menyebabkan kerugian secara ekonomi. Penggunaan varietas padi yang memiliki ketahanan terhadap HDB merupakan salah satu upaya pengendalian yang efektif dan efisien. Varietas padi lokal diketahui memiliki latar belakang genetik yang luas sehingga perlu dilakukan penelitan untuk mengetahui ketahanannya terhadap hama dan penyakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketahanan varietas padi lokal terhadap penyakit HDB.

(13)

xiii SUMMARY

RESISTANCE OF LOCAL RICE VARIETY TO BACTERIAL LEAF BLIGHT. Thesis-S1: Cahyo Katon Nugroho (H0712047). Advisers: Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono, M.Si, and Ir. Susilo Hambeg Poromarto, M.Sc, PhD. Study Program: Agrotechnology, Faculty of Agriculture, University of Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Bacterial Leaf Blight (BLB) is one of the most important rice disease caused by Xanthomonas oryzae pv. oryzae (Xoo). BLB in rice can cause high yield loss, it is causing economic losses. Speed of deployment and change of bacterial strains become an obstacle on efforts to control the BLB attack. Planting resistant varieties is effective and efficient control technique of BLB. Local rice varieties are known to have a broad genetic background until the necessary research to determine their resistance to pests and diseases. This study was aimed to find out the resistance of local rice varieties to BLB.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...