POLA KOMUNIKASI ORANG TUA TUNGGAL DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK (Kasus di Kota Yogyakarta) YUNI RETNOWATI

10 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

POLA KOMUNIKASI ORANG TUA TUNGGAL

DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK

(Kasus di Kota Yogyakarta)

YUNI RETNOWATI

SEKOLAH PASCA SARJANA

INSTITUT PERTANIAN BOGOR

BOGOR

2007

(2)

PERNYATAAN MENGENAI TESIS DAN SUMBER INFORMASI

Dengan ini saya menyatakan bahwa tesis Pola Komunikasi Orang Tua Tunggal dalam Membentuk Kemandirian Anak (Kasus di Kota Yogyakarta) adalah karya saya sendiri dan belum diajukan dalam bentuk apa pun kepada perguruan tinggi mana pun. Sumber informasi yang berasal atau dikutip dari karya yang diterbit kan maupun tidak diterbitkan dari penulis lain telah disebutkan dalam teks dan dicantumkan dalam Daftar Pustaka di bagian akhir tesis ini.

Bogor, Maret 2007

Yuni Retnowati NRP. P054040051

(3)

ABSTRAK

YUNI RETNOWATI. Pola Komunikasi Orang Tua Tunggal dalam Membentuk Kemandirian Anak (Kasus di Kota Yogyakarta). Dibimbing oleh AIDA VITAYALA S. HUBEIS dan HADIYANTO

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengkaji pola komunikasi orang tua tunggal dalam membentuk kemandirian anak; (2) Menganalisis hubungan antara lingkungan dan karakteristik orang tua tunggal dengan pola komunikasi; (3) Menganalisis hubungan antara lingkungan dan karakteristik orang tua tunggal dengan kemandirian anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data menggunakan metode survey dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 25 orang tua tunggal yang ditentukan berdasarkan dokumen Pengadilan Agama Yogyakarta, dan wawancara mendalam dengan 10 orang tua tunggal. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pola komunikasi interaksi dan transaksi berperan dominan dalam membentuk kemandirian anak melalui penanaman kesadaran untuk mandiri kepada anak dan melatih anak mandiri; (2) Faktor lingkungan tidak ada hubungannya dengan pola komunikasi tetapi karakteristik orang tua tunggal ada hubungannya dengan pola komunikasi; (3) Faktor lingkungan dan karakteristik orang tua tunggal ada hubungannya dengan kemandirian anak.

(4)

ABSTRACT

YUNI RETNOWATI. The Communication Pattern of Single Parents in Transforming Children’s Independency (Case in Yogyakarta City). Advised by AIDA VITAYALA S. HUBEIS and HADIYANTO

The aims of this research are: (1) examining communication pattern of single parents in transforming children’s independency; (2) analyzing the correlation between surroundings and the characteristic of single parents to communication pattern; (3) analyzing the correlation between surroundings and the characteristic of single parents to children’s independency. This research employed qualitative approach and survey method by collecting data through questionnaire with 25 single parents who are determined by having legal documents issuing by Yogyakarta Religious Court, in-depth interviewed with 10 single parents. Then, data is analyzed descriptively. The results of this research showed that: (1) the interaction and transaction communication pattern played a dominant role in transforming children’s independency by internalizing consciousness to be independent and giving children some training; (2) there is no correlation between surroundings factor and communication pattern but there is correlation between the characteristic of single parents and communication pattern; (3) there is correlation between surroundings factor and the characteristic of single parents to children’s independency.

(5)

POLA KOMUNIKASI ORANG TUA TUNGGAL DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK

(Kasus di Kota Yogyakarta)

YUNI RETNOWATI

Tesis

sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister Sains pada

Program Studi Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan

SEKOLAH PASCASARJANA INSTITUT PERTANIAN BOGOR

BOGOR 2007

(6)

Judul Tesis : Pola Komunikasi Orang Tua Tunggal dalam Membentuk Kemandirian Anak (Kasus di Kota Yogyakarta)

Nama Mahasiswa : Yuni Retnowati NRP : P054040051

Program Studi : Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan

Disetujui Komisi Pembimbing

Dr. Ir. Hj. Aida Vitayala S. Hubeis Ir. Hadiyanto, MS Ketua Anggota

Diketahui

Ketua Program Studi Dekan Sekolah Pascasarjana Komunikasi Pembangunan

Pertanian dan Pedesaan

Dr. Ir. Sumardjo, MS Prof. Dr. Ir. Khairil A. Notodiputro, MS

(7)

RIWAYAT HIDUP

Penulis dilahirkan di Pati Jawa Tengah pada tanggal 18 Juni 1967 dari pasangan H. Sutijono dan Hj. Siti Tjahjani. Penulis yang merupakan anak ke dua dari dua bersaudara, pernah menikah dan dikaruniai satu orang anak bernama Dara Giswa Adinipuspa yang lahir pada tanggal 6 Juli 1994, namun sejak Juli 2002 berstatus sebagai orang tua tunggal.

Pendidikan dasar hingga SMP ditempuh di Kabupaten Jepara, SMA ditempuh di Kota Yogyakarta, lulus tahun 1986. Ta hun yang sama lulus seleksi masuk IPB melalui Penelusuran Minat dan Ketrampilan (PMDK) tetapi setelah setahun menempuh TPB (Tingkat Persiapan Bersama) ditinggalkan, kemudian mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN) dan diterima pada Program Studi Ilmu Komunikasi (S-1) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada, lulus tahun 1993. Tahun 2004, penulis diterima pada Program Studi Komunikasi Pembanguna n Pertanian dan Pedesaan untuk Strata-2 (S-2) sekolah Pasca Sarjana IPB dengan biaya kuliah dari Beasiswa Program Pasca Sarjana (BPPS Dikti) Departemen Pendidikan Nasional.

Penulis bekerja sebagai staf pengajar pada Program Studi Advertising (Periklanan) Akademi Komunikasi Indonesia Yogyakarta sejak tahun 1994 sebagai dosen tidak tetap, kemudian menjadi dosen tetap sejak tahun 1997. Dari tahun 1994 – 2000 menjadi dosen luar biasa pada Jurusan Advertising Program D-3 Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada. Dari tahun 2000 – 2002 menjadi dosen luar biasa untuk mata kuliah Penulisan Naskah Iklan pada Jurusan Advertising, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Dari tahun 1999 – 2004 dipercaya menjadi Ketua Program Studi Advertising Akademi Komunikasi Indonesia. Sejak tahun 2005 berstatus sebagai Dosen Negeri Kopertis Wilayah V Yogyakarta yang Dipekerjakan pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS ). Penulis juga pernah bekerja sebagai Copy Writer (penulis naskah iklan) di Artek Advertising Jakarta pada tahun 1992, dan menjadi pengajar bahasa Indonesia untuk penutur asing di Yogyakarta Indonesian Language Center - Wisma Bahasa Yogyakarta dari tahun 1993-2004.

(8)

PRAKATA

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT atas segala karunia-Nya sehingga dapat menyelesaikan tesis ini. Penulisan tesis ini merupakan salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister Sains (M.Si) dari Program Studi Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (KMP) Institut Pertanian Bogor.

Penelitian ini berjudul “Pola Komunikasi Orang Tua Tunggal dalam Membentuk Kemandirian Anak (Kasus di Kota Yogyakarta).” Melalui penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi keluarga orang tua tunggal agar bisa mengembangkan pola komunikasi yang tepat untuk membentuk kemandirian anak sehingga menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

Pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ibu Dr. Ir. Hj. Aida Vitayala S. Hubeis (Ketua Komisi Pembimbing) dan Bapak Ir. Hadiyanto, MS (Anggota Komisi Pembimbing) yang dengan penuh kesabaran telah banyak memberikan arahan, bimbingan dan masukan dalam penulisan tesis ini. Terima kasih juga kepada Bapak Dr. Ir. Basita Ginting Sugihen, MA selaku penguji luar komisi yang telah memberikan masukan dan saran untuk perbaikan tesis.

Penghargaan tulus dan terima kasih penulis sampaikan kepada kedua orang tuaku, Bapak H. Sutijono dan Ibu Hj. Siti Tjahjani, Keluarga Pak Lik Abi Kusno, serta anakku tercinta Dara Giswa Adinipuspa atas doa, dukungan dan pengorbanannya selama ini. Tak lupa terima kasih juga penulis sampaikan kepada semua responden penelitian ini, yaitu ibu tunggal yang telah bersedia memberikan banyak informasi untuk kelengkapan data penelitian. Mbak Lia sekretaris KMP atas semua bantuannya selama ini. Teman-teman KMP 2004, terutama Mince, Tata, Ica, Dini, Pak Narso, Pak Bagyo, Mama Farah, dan Milki atas canda tawa, bantuan, diskusi dan kebersamaan selama perkuliahan. Teman-teman TPB IPB Angkatan 23, Iga, Ester, Dwi-Komti, Zainal, Kade, Nining dan Ufi, terima kasih atas persahabatan, dukungan dan perhatian kalian. Rosa dan keluarga atas bantuan, dan perhatian yang begitu besar terhadap kondisi kesehatan penulis. Teman-teman di Pondok Alyesha, Eva, Susan, Dian, Pipit, Nita, dan Lily, atas persaudaraan selama ini. Teman-teman di kampus AKINDO terutama Alm. Vivi dan keluarga, Rofiq, Rama, Pipit dan Pak Muntaha atas motivasi, bantuan dan dukungan moril hingga akhir masa studi di IPB. Ian, Agam, Andi, Ichan, Pak Akrab, Heni, Pak Ponti dan Abi Jufri, atas kebaikan kalian di saat-saat sulit, hanya Allah SWT yang bisa membalasnya.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan dan kelemahan dari tesis ini yang memerlukan banyak perbaikan. Semoga hasil penelitian ini bermanfaat bagi pengembangan ilmu komunikasi khususnya komunikasi keluarga.

Bogor, April 2007

(9)

© Hak Cipta milik Institut Pertanian Bogor, tahun 2007

Hak cipta dilindungi

Dilarang mengutip dan memperbanyak tanpa ijin tertulis dari Institut Pertanian Bogor, sebagian atau seluruhnya dalam bentuk apa pun, baik cetak, fotokopi, mikrofilm, dan sebagainya.

(10)

DAFTAR ISI

Halaman

DAFTAR TABEL………... xii

DAFTAR GAMBAR……… xiii

DAFTAR LAMPIRAN………. xiv

PENDAHULUAN Latar Belakang………... 1 Rumusan Masalah……… 5 Tujuan Penelitian………... 5 Kegunaan Penelitian………. 6 TINJAUAN PUSTAKA Komunikasi dan Perubahan Perilaku………... 7

Keluarga………... 8

Keluarga Orang Tua Tunggal………... 13

Komunikasi dalam Keluarga Orang Tua Tunggal………... 19

Pola Komunikasi Orang Tua Tunggal... 22

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pola Komunikasi... 32

Kemandirian Anak... 36

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Anak... 39

Pola Komunikasi dalam Membentuk Kemandirian Anak... 41

KERANGKA PEMIKIRAN... 43

METODE PENELITIAN Lokasi dan Waktu Penelitian... 45

Desain Penelitian... 45

Unit Penelitian... 45

Pengumpulan Data... 46

Instrumentasi... 47

Analisis Data... 47

Validitas dan Reliabilitas... 48

Definisi Operasio nal... 50

GAMBARAN UMUM LOKASI PENELITIAN Letak Geografis... 53

Penduduk... 53

Tingkat Pendidikan... 54

Mata Pencaharia n... 55

Perceraian di Kota Yogyakarta... 55

Alasan Perceraian... 56

Karakteristik Laki- laki dan Perempuan yang Bercerai... 57

Jumlah Anak dari Keluarga Bercerai... 58

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :