IDENTIFIKASI PLANKTON DI SUNGAI PEPE BENGAWAN SOLO JAWA TENGAH YANG TERKENA DAMPAK LIMBAH DOMESTIK. Oleh: Yulia Dwi Safitri A

15 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

ii

IDENTIFIKASI PLANKTON DI SUNGAI PEPE BENGAWAN SOLO JAWA TENGAH YANG TERKENA DAMPAK LIMBAH DOMESTIK

Skripsi Diajukan untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan pada Program Studi Pendidikan Biologi

Oleh: Yulia Dwi Safitri

A420120098

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA JULI, 2016

(2)

iii

PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : Yulia Dwi Safitri

NIM : A420120098

Program Studi : Pendidikan Biologi

Judul Skripsi : Identifikasi Plankton Di Wilayah Perairan Yang Terkena Dampak Limbah Domestik Di Sungai Pepe Bengawan Solo Jawa Tengah

Menyatakan dengan sebenarnya bahwa skripsi yang saya serahkan ini benar-benar hasil karya saya sendiri dan bebas plagiat karya orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu/dikutip dalam naskah dan disebutkan pada daftar pustaka. Apabila dikemudian hari terbukti skripsi ini hasil plagiat, saya bertanggung jawab sepenuhnya dan bersedia menerima sanksi sesuai peraturan yang berlaku.

Surakarta, 26 Juli 2016

Yulia Dwi Safitri A420120098

IDENTIFIKASI PLANKTON DI SUNGAI PEPE BENGAWAN SOLO JAWA TENGAH YANG TERKENA DAMPAK LIMBAH DOMESTIK

(3)

iv Diajukan oleh: Yulia Dwi Safitri

A420120098

Skripsi telah disetujui oleh pembimbing skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk dipertahankan dihadapan

tim penguji skripsi.

Surakarta, 26 Juli 2016

Efri Roziaty, S.Si., M.Si. NIP. 197904242005012004

HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI

(4)

v

IDENTIFIKASI PLANKTON DI SUNGAI PEPE BENGAWAN SOLO JAWA TENGAH YANG TERKENA DAMPAK LIMBAH DOMESTIK

Yang dipersiapan dan disusun oleh: Yulia Dwi Safitri

A420120098

Telah dipertahankan di depan dewan penguji Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Surakarta Pada hari Rabu, 2016

dan dinyatakan telah memenuhi syarat Susunan dewan penguji

1. Efri Roziaty, S.Si., M.Si. (...) (Ketua Dewan Penguji)

2. Dra. Aminah Asngad, M. Si. (...) (Anggota I Dewan Penguji)

3. Triastuti Rahayu,M. Si. (...) (Anggota II Dewan Penguji)

Dekan,

Prof. Dr. Harun Joko Prayitno NIP. 196504281993031001

(5)

vi

Hai orang – orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalatmu sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang –orang yang sabar

(Q.S. Al-Baqarah: 153)

Barang siapa yang menghendaki kebaikan di dunia maka dengan ilmu. Barang siapa yang menghendaki kebaikan di khirat maka dengan ilmu. Barang siapa yang

menghendaki keduanya maka dengan ilmu (H.R.Bukhori dan Muslim)

Bersyukur tak hanya bermakna untuk Tuhan semata, tapi juga sebagai salah satu bentuk penghargaan atas hidup yang kita jalani

(6)

vii

HALAMAN PERSEMBAHAN

Dengan segala kerendahan hati dan penuh rasa syukur skripsi ini penulis persembahkan kepada mereka yang senantiasa membuat kehidupan saya lebih bermakna.

1. Ayahanda Salim yang telah berpulang ke Rahmatullah dan Ibunda Sri Rejeki Nurwahyuni yang tidak pernah berhenti mencurahkan kasih sayang, dukungan baik moril maupun materiil dan tidak pernah bosan mendoakan yang terbaik untuk penulis

2. Kakakku Ricco Agusvivan Kolmann dan Putri Febrina W, adik-adikku Febrianta Fajri R. S. dan Yuniar Wahyu Saputri yang selalu memberikan dukungan dan semangat untuk segera menyelesaikan pendidikanku

3. Teman - teman terkasih yang senantiasa memberi dorongan untuk tetap ikhlas dan sabar dalam menjalani kehidupan

(7)

viii

IDENTIFIKASI PLANKTON DI SUNGAI PEPE BENGAWAN SOLO JAWA TENGAH YANG TERKENA DAMPAK LIMBAH DOMESTIK

Yulia Dwi Safitri/ A420120098. Identifikasi Plankton Di Sungai Pepe Bengawan Solo Jawa Tengah Yang Terkena Dampak Limbah Domestik. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Juli, 2016.

Email: yulia_67_94@yahoo.co.id

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis plankton di Sungai Pepe Bengawan Solo Jawa Tengah yang terkena dampak limbah domestik. Penelitian ini menggunakan metode purpose sampling dengan 2 stasiun yaitu inlet dan outlet, setiap stasiun terdapat 3 sub stasiun. Sampling dilakukan dengan 3 kali ulangan dengan selang waktu 1 minggu. Faktor fisika kimia yang diukur meliputi suhu air dan udara, pH, dan kelembaban. Analisis data yang digunakan meliputi indeks kelimpahan (N), indeks keanekaragaman (H’), indeks kemerataan (E) dan indeks dominansi (C). Indeks kelimpahan plankton inlet (1825 ind/l), outlet (2575 ind/l). Indeks keanekaragaman plankton inlet (2.2), outlet (1.4), pencemaran Sungai Pepe berada di tingkat sedang. Indeks kelimpahan plankton inlet (1), outlet ( 0.7), dan indeks dominansi plankton inlet (0.3), outlet (0.7), terdapat genus plankton yang mendominasi perairan karena terdapat pencemaran. Plankton yang ditemukan di inlet adalah 14 jenis plankton, 3 zooplankton meliputi Euglena, Cyclops (Egg), Vorticella dan 11 fitoplankton meliputi Halosphaera, Noctiluca, ,Oscilatoria, Epigloeosphaera, Chlorella, Bacullaria, Lyngbia, Meridion, Nitzschia, Synura dan Mycrocytis. Di outlet di temukan 17 jenis plankton, 3 zooplankton meliputi Euglena, Paramaecium dan Amoeba, 14 fitoplankton meliputi Oscilatoria, Chlorella, Bacullaria, Lyngbia, Nitzschia, Skeletonema, Volvox, Anabaena, Rhyzosolenia, Gonatozygon, Spirogyra, Meridion, Planktoniella dan Merismopedia. Chlorella adalah genus plankton yang paling banyak ditemukan.

(8)

ix

PLANKTON IDENTIFICATION AT PEPE RIVER BENGAWAN SOLO CENTRAL JAVA THAT WAS EFFECTED BY DOMESTIC WASTE

Yulia Dwi Safitri/ A420120098. Plankton Identification At Pepe River Bengawan Solo Central Java That Was Effected By Domestic Waste. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Juli, 2016.

Email: yulia_67_94@yahoo.co.id

ABSTRACT

This research was conducted to identify kind of plankton at Pepe river Bengawan Solo Central Java that was effected by domestic waste. This research used purpose sampling method with 2 stations there are inlet and outlet, at each station there are 3 sub station. Sampling was done 3 times with interval 1 week. The physic-chemical factors were measured included water and air temperature, pH, and humidity. The data analysis ware used included abundance index (N), diversity index (H’), evenness index (e) and dominance index (C). abundance index of plankton in inlet (1825 ind/l), outlet (2575 ind/l). Diversity index of plankton in inlet (2.2), outlet (1.4), it was mean there was low level waste at Pepe river. Evenness index of plankton inlet (1), outlet (0.7), and dominance index of plankton in inlet (0.3), outlet (0.7), it was mean there was genus of plankton that was dominant in the river because of the waste. The plankton that was found at inlet were 14 kind of plankton, 3 from Zooplankton included Euglena, Cyclops (Egg), Vorticella and 11 Phytoplankton included Epigloeosphaera, Noctiluca, Oscilatoria, Epigloeosphaera, Chlorella, Bacillaria, Lyngbia, Meridion, Nitzschia, Synura and Mycrocytis. At outlet was found 17 kind of plankton 3 from Zooplankton included Euglena, Paramaecium, Amoeba and 14 from phytoplankton included Oscilatoria, Chlorella, Bacullaria, Lyngbia, Nitzschia, Skeletonema, Volvox, Anabaena, Rhyzosolenia, Gonatozygon, Spirogyra, Meridion, Planktoniella and Merismopedia. Chlorella was genus of plankton who most were found.

(9)

x

KATA PENGANTAR

Puji Syukur bagi Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat dan hidayah-Nya yang tiada putus dan henti-hentinya sehingga setelah melalui proses yang cukup panjang dapat menyelesaikan penyusunan skripsi dengan judul “Pengaruh Strategi Reading Questioning and Answering Dipadukan dengan Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu pada Materi IPA Tahun Pelajaran 2015/2016”. Shalawat dan salam semoga selalu teriringkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai teladan terbaik bagi segenap manusia, juga kepada keluarga dan sahabat yang selalu istiqomah dalam menjalankan sunnah-nya. Skripsi ini disusun untuk memenuhi syarat mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan pada Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih banyak kekurangan dan kelemahan, sehingga masih jauh dari sempurna. Hal ini disebabkan dengan keterbatasan penulis, baik itu dalam kemampuan maupun pengetahuan serta pengalaman yang penulis miliki. Penulisan skripsi ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada:

1. Efri Roziaty, S.Si. M.Si selaku Dosen Pembimbing yang dengan sabar memberikan bimbingan, pengarahan, masukan dan dukungan sehingga penyusunan skripsi ini dapat terselesaikan.

2. Ibu Dra. Aminah Asngad, M. Si. dan Ibu Triastuti Rahayu, M. Si. selaku Dosen penguji yang telah memberikan saran dan arahan.

3. Segenap Dosen Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta yang dengan arif dan bijak telah mengajar, mendidik dan memberikan bekal ilmu kepada penulis.

4. Ayahanda Salim S. Ag. Almarhum dan Ibunda Sri Rejeki Nurwahyuni yang telah memberikan bantuan moril, materil, yang sabar mendidik, membina dan mendoakan penulis. Kakak dan Adik ku yang selalu memberikan dukungan dan motivasi.

(10)

xi

5. Rekan-rekan mahasiswa biologi angkatan 2012 atas segala bantuan dan dukungannya

6. Semua pihak yang telah membantu sampai terselesaikannya skripsi ini.

Semoga semua pihak tersebut mendapatkan limpahan rahmat dan balasan yang lebih baik dari Allah SWT atas amal kebaikannya.

Walaupun disadari dalam skripsi ini masih ada kekurangan, namun diharapkan skripsi ini dapat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan, bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.

Surakarta, 26 Juli 2016 Penulis

Yulia Dwi Safitri

(11)

xii DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL ... i

HALAMAN JUDUL ... ii

HALAMAN PERNYATAAN ... iii

HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING ... iv

HALAMAN PENGESAHAN PENGUJI ... v

HALAMAN MOTTO ... vi

HALAMAN PERSEMBAHAN ... vii

ABSTRAK ... viii

KATA PENGANTAR ... x

DAFTAR ISI ... xii

DAFTAR TABEL ... xiv

DAFTAR GAMBAR ... xv

DAFTAR LAMPIRAN ... xvi

BAB I :PENDAINLETAN A. Latar Belakang Masalah ... 1

B. Pembatasan Masalah ... 4

C. Rumusan Masalah ... 4

D. Tujuan Penelitian ... 4

E. Manfaat Penelitian ... 4

BAB II :TINJAUAN PUSTAKA A. Landasan Teori ... 6

B. Penelitian Terdahulu yang Relevan ... 10

C. Kerangka Berpikir ... 11

BAB III :METODE PENELITIAN A. Tempat dan Waktu Penelitian ... 12

B. Alat dan Bahan ... 12

C. Pelaksanaan Penelitian ... 12

(12)

xiii

E. Analisis Data ... 16

BAB IV :HASIL DAN PEMBAHASAN A. Deskripsi Data ... 19

B. Hasil Analisis Data ... 22

C. Hasil Identifikasi Plankton ... 24

D. Pembahasan ... 35 E. Keterbatasan Penelitian ... 39 BAB V :PENUTUP A. Simpulan ... 40 B. Implikasi ... 40 C. Saran ... 40 DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN

(13)

xiv

DAFTAR TABEL

Tabel :

3.1 Data Stasiun ... 16

4.1 Indikator Keadaan Fisik Kimiawi Sungai Pepe ... 19

4.2 Hasil Penelitian Identifikasi Plankton di Sungai Pepe ... 19

(14)

xv

DAFTAR GAMBAR

Gambar :

2.1 Kerangka Berpikir ... 11

3.1 Lokasi Stasiun ... 13

4.1 Grafik Jumlah Spesies Plankton di Sungai Pepe ... 21

(15)

xvi

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran:

1 Tabel Perhitungan ... 44

2 Agenda Penelitian ... 47

2 Gambar Lokasi Penelitian ... 48

3 Gambar Cara Kerja Penelitian ... 49

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :