Evaluasi Pelaksanaan Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Sektor Perkotaan di Kecamatan Medan Selayang

Loading.... (view fulltext now)

Teks penuh

(1)

ABSTRAK

Evaluasi Pelaksanaan Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Sektor Perkotaan di Kecamatan Medan Selayang

Nama : Yudita Kristina Barus

Nim : 110903044

Departemen : Ilmu Administrasi Negara Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dosen Pembimbing : Dadang Darmawan, M.Si

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan pemungutan pajak bumi dan bangunan di sektor perkotaan di Kecamatan Medan Selayang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Evaluasi pelaksanaan pemungutan PBB ini menggunakan teori Edward III yakni komunikasi, sumberdaya,disposisi dan struktur birokasi serta teori dari Van Meter Van Horn yakni standar dan tujuan kebijakan.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa evaluasi pelaksanaaan pemungutan di kecamatan Medan Selayang kurang baik, dilihat dari hasil pemngutan yang tidak sesuai dengan target. Adapun hambatan-hambatan yang terjadi ialah PBB ganda, kurangnya komunikasi antar petugas pemungut, kurangnya komitmen para petugas, rendahnya tingkat kesadaran masyarakat, masih kurangnya petugas yang khusus menangani PBB dan PBB masih kurang tepat sasaran.

Dengan melihat hambatan tersebut peneliti menyarankan untuk melakukan pendataan ulang secara keseluruhan agar PBB tepat sasaran, komitmen dan komunikasi para petugas lebih di tingkatkan lagi karena upaya untuk meningkatkan penerimaan PBB caranya cukup baik dengan cara melalui opsir , pekan panutan dan menjadikan PBB menjadi salah satu syarat administratif untuk mengurus dokumen ke kantor camat maupun kantor lurah.

Kata Kunci : Evaluasi, pelaksanaan pemungutan, PBB.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...