KATA PENGANTAR. Puji dan syukur Alhamdulillah penulis panjatkan atas kehadirat Allah. SWT atas segala rahmat dan karunia-nya, kesabaran, kemudahan dan

Teks penuh

(1)

KATA PENGANTAR

Bismillahirahmanirrahin

Puji dan syukur Alhamdulillah penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya, kesabaran, kemudahan dan kelancaran bagi penulis sehingga dapat menyelesaikan skripsi ini dan mampu bertahan pada setiap kendala dan cobaan yang dihadapi selama menyelesaikan skripsi ini sampai dengan selesai.

Penulis menyadari bahwa keberhasilan dalam menyelesaikan skripsi ini tidak terlepas dari bimbingan, bantuan dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak. Olehk arenaitu, sudah sepantasnya dengan segala kerendahan hati penulis mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada:

1. Yayasan Haji Agus Salim Universitas Medan Area, terimakasih telah memberikan banyak fasilitas kepada penulis sehingga penulis dapat kuliah dengan baik.

2. Bapak Prof. Dr. H. Ali Yakub Matondang, M.A selaku rector Universitas Medan Area, terimakasih atas perhatian Bapak Rektor yang telah memberikan perhatian penuh kepada semua Fakultas yang ada di lingkungan Universitas Medan Area.

3. Bapak Prof. Dr. H. Abdul Munir, M.Pd selaku dekan fakultas psikologi Universitas Medan Area.

4. Bapak Zuhdi Budiman, S.Psi, M.Psi selaku wakil dekan I Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.

(2)

5. Ibu Ummu Khuzaimah, S.Psi, M.Psi selaku dosen pembimbing I penulis. Terimakasih atas ilmu yang bermanfaat yang ibu berikan. Merelakan jam makan siang ibu dalam membimbing penulis, dan juga permohonan maaf saya telah merepotkan ibu setahun belakangan dalam penulis menyelesaikan skripsi.

6. Bapak Zuhdi Budiman, S.Psi, M.Psi selaku dosen pembimbing II penulis. Terimakasih atas ilmu yang bermanfaat yang bapak berikan. Merelakan jam makan siang bapak dalam membimbing penulis, dan juga permohonan maaf saya telah merepotkan bapak setahun belakangan dalam penulis menyelesaikan skripsi.

7. Ibu Dra. Mustika Tarigan, M.Psi selaku ketua siding penulis, terimakasih atas kesediaan ibu untuk menghadiri sidang meja hijau penulis dan memberikan saran yang bermanfaat agar hasil skripsi penulis menjadi semakin baik.

8. Ibu Hj. Annawati Dwi Purba, S.Psi. M.Psi selaku sekretaris sidang meja hijau penulis, terimakasih ibu telah menyempatkan hadir dan terimakasih atas saran dan kritik yang sangat bermanfaat untuk penulis. Sekaligus dosen wali yang telah membimbingn penulis selama kuliah di Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.

9. Bapak Syafrizaldi, S.Psi, M.Psi selaku kepala bagian Psikologi Industri dan Organisasi yang banyak membantu dan memberikan masukan yang bermanfaat. 10. Seluruh dosen fakultas psikologi Universitas Medan Area yang telah membantu dan memberikan bekal ilmu kepada penulis demi kelancaran hingga selesainya skripsi ini.

(3)

11.Seluruh Staf bagian tatausaha Fakultas Psikologi Medan Area yang juga telah banyak membantu penulis dalam urusan administrasi. Terimakasih kepada bapak Helmi (mimi), kak Lily dan bapak Janer telah memberikan informasi yang sangat bermanfaat.

12. Karyawan Perpustakaan Universitas Medan Area yang telah memberkan izin dalam peminjaman bahan untuk penyelesaian skripsi.

13. Kepada Kepala PT. Raga Perkasa Eka Guna ORF yang telah memberikan penulis kesempatan untuk melakukan penelitian di PT. Raga Perkasa Eka Guna ORF.

14. Untuk pimpinan Lapangan PT. Raga Perkasa Eka Guna ORF yang telah meluangkan waktunya dan mendampingi saat proses penelitian berlangsung. 15. Buat semua karyawan PT. Raga Perkasa Eka Guna ORF yang telah meluangkan waktunya dalam membantu pengisian skala penelitian.

16. Kepada kedua orang tuaku papa Ir. Muhammad Ridho, terimakasih telah mengajarkanku rasa syukur, cintakasih dan mengalah. Kepada Mami tercinta,Ibu Asveriyanty, tak seorang pun didunia ini pernah memberiku kasih saying dan dukungan tanpa syarat sebesar yang kau berikan padaku. Terimakasih telah menjadi pendengar setiaku di setiap waktu, terlebih di waktu aku menjalani masa sulitku. Dan maaf selama ini hanya kesulitanku yang kucurahkan kepada kalian. Aku juga mencintai Papa dan Mami.

17. Kepada kakak Shahila Putri Ridhyanti, S.TP. Terimakasih telah memberikan pengalaman, keceriaann, duka dan cinta kepadaku, dan terimakasih telah

(4)

menjadi ibu kedua setelah mami selama masa kuliah yang jauh dari papa dan mami.

18. Untuk yang terkasih Alm. Cheppy Iqbal Perceka dan Muhammad Andre Lubis. Terimakasih yang telah meluangkan waktu untuk membantu, menasehati dan menyemangati semasa hidup kak Cheppy. Walaupun semangat kalian berikan dari kejauhan itu sangat berarti buatku.

19. Kepada sahabat yang telah berlaku seperti keluargaku yang telah membantuku sampai terselesaikan skripsi ini. Terkhusus kepada Ari Pranata Taringan, S.psi, Laura Puspita Tarigan, S.psi, Fakhrul, Pertiwi Handayani, Mutiah pahriana Pasaribu, S. psi, Adzanni Mastura Lubis, S.Psi, Andinie Eka Putri, S.psi, Wulan Shari, S.Psi, Zeze, Qintari, Pipi yang telah membantu dan rela meminjam kan rumahnya selama aku di Medan, yang telah memberiku semangat dan cinta, sehingga aku merasa kita lebih dari berteman, kita keluarga,. Dan yang terpenting dengan semangat kalian aku mampu menyelesaikan skripsi ini.

20. Tak lengkap terimakasihku bila tak menyebutkan sahabat terbaikku yang kukenal sejak kami dibangku SMA, Rika Gusmaya Sari, Roby Syamsudin, Angga Rahmadi, yohanis, S.Pd, Rabyah, Wildan Angga Rahman, Wawan Ramadhan. Terimakasih telah memberi semangat walaupun dari kejauhan. Menyayangi dan melindungiku dari hal yang tidak baik. Aku menyayangi kalian juga.

(5)

21. Dan yang terakhir kepada semua pihak-pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu-persatu, yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu penulis mengharapkan saran dan kritikan yang sehat dan pandangan yang bersifat membangun dari semua pihak sebagai masukan bagi penulis. Akhir kata penulis mengucapkan banyak terimakasih bagi setiap pembaca dan berharap agar kiranya skripsi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Medan, Januari 2016

(6)

DAFTAR ISI HALAMAN PERSETUJUAN ... i HALAMAN PENGESAHAN ... ii PERSEMBAHAN ... iii MOTTO ... iv KATA PENGANTAR . ... v ABSTRAK ... ix DAFTAR ISI . ... x

DAFTAR TABEL ... xiv

DAFTAR LAMPIRAN ... xv BAB I PENDAHULUAN ... 1 A. LatarBelakang ... 1 B. Identifikasi Masalah...7 C. BatasanMasalah ... 8 D. RumusanMasalah ... 8 E. TujuanPenelitian ... 8 F. ManfaatPenelitian ... 8

BAB IILANDASAN TEORI ... 10

A. Karyawan ... 10

1. PengertianKaryawan ... 10

2. Karakterristik Karyawan ... 11

(7)

1. PengertianMotivasi Kerja ... 15

2. Aspek-aspek Motivasi Kerja ... 16

3. Teori Motivasi Kerja ... 17

4. Faktor-faktor Motivasi Kerja ... 19

C. Kerangka Konseptual ... 23

BAB III METODE PENELITIAN ... 24

A. Tipe Penelitian...24

B. IdentifikasiVariabel Penelitian ... 24

C. DefinisiOperasional Variabel Penelitian ... 24

D. PopulasiSampel dan Teknik Pengambilan Sampel ... 25

1. Populasi dan Sampel ... 25

2. Teknik Pengambilan Sampel ... 25

E. TeknikPengumpulan Data ... 26

F. Analisis Data ... 27

BAB IV PERSIAN PENELITIAN, HASIL PENELITIAN DAN PERSEMBAHAN ... 29

A. OrientasiKancahdanPersiapanPenelitian ... 29

1.OrientasiKancah Penelitian ... 29

2.PersiapanPenelitian ... 30

B. PelaksanaanPenelitian ... 32

C. Analisis Data danHasilPenelitian ... 33

(8)

BAB V PENUTUP ... 48

A. Simpulan ... 48

B. Saran ... 49

(9)

DAFTAR TABEL

Tabel 1 ... 31 Distribusi Penyebaran Skala Motivasi Kerja sebelum Uji Coba

Tabel 2 ... 32 Distribusi Penyebaran butiran Skala Motivasi Kerja setelah Uji Coba

Tabel 3 ... 34 Katagori, jumlah dan persentase faktor Gaji

Tabel 4 ... 35 Kategori, jumlah dan persentase faktor administrasi dan kebijakan perusahaan Tabel 5 ... 36 Kategori, jumlah dan persentase faktor pengakuan

Tabel 6 ... 37 Kategori, jumlah dan persentase faktor kemajuan

Tabel 7 ... 38 Kategori, jumlah dan persentase faktor capaian

Table 8 ... 39 Kategori, jumlah dan persentase faktor tanggung jawab

Table 9 ...40 Kategori, jumlah dan persentase faktor pekerjaan itu sendiri

Table 10 ...41 Kategoti, jumlah dan persentase faktor hubungan antar pribadi

(10)

Table 11...42 Kategori, jumlah dan persentase faktor kondisi kerja

Table 12 ...43 Kategori, jumlah dan persentase faktor penyeliaan

(11)

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran ... 52

LampiranA ... 52

LampiranSkala Penelitian ... 53

Lampiran B ... 54

LampiranData Mentah Penelitian ... 55

Lampiran C ... 58

LampiranAnalisis Faktor ... 59

Lampiran D ... 63

Lampiran Frekuensi ... 64

Lampiran E ... 71

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :