Survei Pengukuran Tingkat Kepuasan Pemangku Kepentingan ITS

Teks penuh

(1)

Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program

Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi

Edisi 21/Mei 2015

GALERI

Survei Pengukuran Tingkat Kepuasan

Pemangku Kepentingan ITS

Mars Internasionalisasi untuk ITS

Peraturan Penebangan,

Pemangkasan dan

(2)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya terus mengupayakan adanya perbaikan mutu untuk terus mempertahankan akreditasi ITS yang sudah sangat baik selama ini. Karena itu, sehubungan dengan kelengkapan proses akreditasi ITS nantinya maka setiap tahun dilakukan survei mengenai Indeks Kepuasan Pemangku Kepentingan ITS.

Untuk itu, diharapkan adanya kesediaan sejumlah dosen dan karyawan di lingkungan ITS untuk mengisi kuesioner secara online melalui url:

www.integra.its.ac.id (login dengan akun integra melalui SIM Kepegawaian). Selanjutnya memilih submenu Data Aktivitas Pegawai pada menu Penilaian Kinerja Karyawan.

Kemudian akan muncul halaman pengisian biodata pegawai survei CSSS Online. Isilah biodata tersebut sesuai dengan data diri masing-masing pegawai. Setelah biodata diisi, maka akan muncul halaman survei berupa kuesioner tentang penilaian

Kepuasan dn Kepentingan dari skala 1 sampai dengan 5. Jika pengisian nilai sudah selesai, klik tombol Submit.

Perlu untuk diperhatikan, apabila pengguna tidak memberikan penilaian terhadap dua kategori tersebut, maka aplikasi ini akan secara otomatis memberikan nilai 5 pada setiap poinnya. Untuk itu, diharapkan pengguna dapat memberikan nilai sesuai dengan penilaian masing-masing individu.

Oleh karena itu, dimohon adanya kerjasama dari masing-masing pimpinan unit (dekan fakultas, ketua jurusan, kepala badan/biro dan UPT) untuk menginformasikan hal tersebut ke seluruh dosen atau karyawan atau mahasiswa yang berada dalam unit kerja masing-masing atas pelaksanaan survei tersebut.

Diharapkan pengisian survei tersebut bisa selesai dilakukan paling lambat untuk dosen disesuaikan dengan batas pengisian Beban Kerja Dosen (BKD), untuk mahasiswa disesuaikan dengan batas pengisian survei Indeks Prestasi Dosen (IPD) pada 5 Juni 2015, dan untuk karyawan dilakukan sebelum entri log harian dengan batas pengisian survei pada tanggal 5 Juni 2015. (*)

Survei Pengukuran

Tingkat Kepuasan

(3)

Upaya untuk terus mewujudkan atmosfer internasionalisasi di lingkungan kampus ITS Surabaya terus dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis Kerjasama dan Hubungan Internasional (UPT KHI) ITS atau yang lebih dikenal dengan sebutan ITS International Office (IO). Upaya yang dilakukan kali ini dengan mengeluarkan sebuah lagu mars berjudul Mars Internasionalisasi ITS.

Pembuatan lagu mars itu pun mulai dikerjakan

bersama kelompok Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITS sejak 12 Mei 2015 lalu. Menariknya, mars ini dikarang sendiri oleh Ketua ITS IO, Maria Anityasari ST ME PhD dengan dibantu oleh

Mikhael Vidi Santoso Siallagan, mahasiswa Jurusan Teknik Elektro ITS sebagai komposer.

Pada bagian liriknya, Maria menyebutkan bahwa sudah saatnya ITS berjaya dan memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat dunia. Seluruh sivitas akademika ITS, lanjutnya, termasuk dosen, karyawan, dan mahasiswa di dalamnya harus bisa berdiri serentak tanpa ragu demi mengharumkan nama bangsa di seluruh dunia. Dalam proses rekaman lagu dan video, ia

menyatakan telah bekerjasama dengan berbagai elemen seperti PSM ITS, ITS TV, ITS Online, dan

Volunteer ITS IO. Selain itu, juga melibatkan

sejumlah mahasiswa dan tenaga kependidikan (tendik) yang pernah memenangkan program

kompetisi yang diadakan oleh ITS IO sebelumnya. Nantinya juga mendorong PSM ITS untuk turut membantu menyanyikan mars ini di beberapa kegiatan di ITS, termasuk dalam rangka

penyambutan mahasiswa baru ketika diperlukan. Lirik lagu mars ini pun telah mulai dibagikan melalui mailing list seluruh dosen di ITS dan akan segera diserahkan ke Lembaga Pengembangan Teknologi Sistem Informasi (LPTSI) ITS. Nantinya, unit ini yang akan bertugas untuk

membagikannya kepada seluruh sivitas akademika ITS melalui jejaring yang dimiliki.

Penggunaan mars ini nantinya akan berbeda dengan penggunaan Hymne ITS yang telah

menjadi jiwa bagi kampus perjuangan ini. Mars ini menjadi refleksi pernyataan sikap

internasionalisasi di kampus ITS. Lagu ini mencoba mengantisipasi perkembangan dan tuntutan jaman. Terlebih, berusaha menyatukan semangat perjuangan bersama sivitas akademika ITS untuk menghadapi globalisasi.

Diharapkan mars ini akan memberi dampak internasionalisasi ITS yang lebih besar dalam jangka waktu yang lama. Sehingga diharapkan melalui lagu ini, proses internasionalisasi ITS akan terus berjalan di kampus ini. (*)

Mars Internasionalisasi

untuk ITS

(4)

Guna menjaga pelestarian lingkungan hijau di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, diterbitkanlah peraturan tentang

mekanisme pemangkasan, penebangan dan

pemindahan pohon di sekitar kampus ITS. Sehingga jumlah pohon atau pun tanaman yang ada di kampus ITS tidak berkurang, malah diharapkan terus bertambah untuk menambah keasrian dan penghijauan kampus sebagai salah satu paru-paru kota Surabaya.

Untuk melakukan pemangkasan, penebangan ataupun pemindahan pohon di lingkungan ITS, pemohon dari masing-masing unit yang

berkepentingan harus mengajukan surat izin terlebih dahulu ke Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program (BKPKP) ITS. Dalam hal ini, pejabat yang ditunjuk adalah Kepala Pusat Akselerasi dan Program Prioritas atau pimpinan institusi lain yang mempunyai kewenangan di bidang Eco Campus.

Dalam surat pengajuan izin tersebut, harus

dijelaskan lokasi areal pohon, jenis pohon, jumlah pohon pohon yang bersangkutan, dan keterangan penanganan pohon yang bersangkutan (ditebang, dipangkas, atau dipindahkan). Selain itu, pemohon izin juga harus memberikan alasan yang signifikan yang melatari dilakukannya penebangan,

pemangkasan atau pemindahan pohon tersebut. Tujuan dari pengaturan tentang izin pemangkasan, penebangan dan pemindahan pohon adalah untuk melindungi dan melestarikan keberadaan pohon dan tanaman yang berada di lingkungan kampus ITS yang berfungsi untuk menjamin keseimbangan ekosistem kota, serta sekaligus dapat

meningkatkan nilai estetika kampus.

Perlu diperhatikan bahwa izin hanya digunakan untuk satu kali penebangan, pemangkasan dan pemindahan pohon dengan lokasi dan jumlah yang telah ditetapkan dalam surat izin.

Melaksanakan penggantian atas pohon yang ditebang dengan pohon yang sejenis dengan keliling pangkal batangnya minimal 30 sentimeter, jumlah penggantian sebanyak dua kali jumlah pohon yang ditebang.

Dalam melakukan kegiatan penebangan pohon juga harus mempertahankan keserasian atau keindahan pohon. Pemohon harus melakukan penebangan dan atau pemindahan pohon di bawah petunjuk dan pengawasan pejabat yang ditunjuk. Selanjutnya pemohon harus

menyerahkan hasil penebangan pohon sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam surat izin. (*)

Peraturan Penebangan,

Pemangkasan dan

Pemindahan Pohon di ITS

Peraturan Penebangan,

Pemangkasan dan

(5)

Prosedur Operasional Standar

Pemindahan Pohon

1. Menentukan lokasi/area penanaman yang sesuai dengan kebutuhan pohon. 2. Menyiapkan lubang di area pemindahan sebelum penanaman.

3. Sebelum diangkat, pohon harus diberi nutrisi terlebih dahulu.

4. Potong akar pohon hingga setengahnya saja, supaya akar dapat beradaptasi untuk mengeluarkan akar – akar muda, beberapa hari atau minggu kemudian, baru digali secara keseluruhan. Diameter tanah yang digali minimal 2 x keliling batang pohon 5. Dan sesegera mungkin langsung ditanam ke area yang sudah dipersiapkan.

Yang perlu diperhatikan :

1. Saat memindahkan, bola akar (root ball) atau tanah yang “terikat” disekitar akar. jangan sampai tanah itu pecah. Caranya, segera bungkus root ball dengan karung.

2. Batang pohon tidak dalam keadaan “terluka”.

3. Saat pemotongan akar, yakni pagi atau sore hari untuk menghindari terhambatnya jam makan dedaunan pohon yang biasanya terjadi di siang hari.

4. Hindari penggunaan pupuk kompos yang tidak matang. Sangat dianjurkan menggunakan pupuk kimia, karena tidak menyimpan bakteri.

5. Kurangi daun hingga 90% untuk mengurangi dehidrasi dan penguapan yang terlalu tinggi. (*)

(6)

Puskominfo BKPKP ITS, Humas : Indah Tri Sukmawati, HP. 081231157772

Office : 031-5927012, Email : humas@its.ac.id, itshumas@gmail.com, Website: www.its.ac.id/beranda/en

GALERI ITS

Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MScES PhD dan Kepala Staf Kepresidenan RI Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan menyanyikan lagu Indonesia Raya pada acara Dialog Kebangsaan yang diadakan ITS dan mengundang para pejabat daerah, universitas lain dan mahasiswa ITS.

Heri Budiarso, Vice Presiden Health, Safety, Security, Environment (HSSE) PT Pertamina memberikan kuliah tamu dalam HSE for Oil and Gas Industry, yang diadakan Jurusan Teknik Geofisika, tentang sistem keamanan kerja, khususnya di industri minyak dan gas.

Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MScES PhD menerima cinderamata dari Rektor Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Dr Ir Edi Noersasangko MKom setelah menyempatkan berkunjung di kampus ITS dalam rangka kerjasama di bidang pendidikan antar kedua perguruan tinggi.

(7)

Puskominfo BKPKP ITS, Humas : Indah Tri Sukmawati, HP. 081231157772

Office : 031-5927012, Email : humas@its.ac.id, itshumas@gmail.com, Website: www.its.ac.id/beranda/en

Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) ITS Drs Mukayat dan Kabag Humas ITS Drs Hadi Siswanto memberikan semangat kepada para peserta pertandingan

Voli Putri di ajang BIRO CUP 2015 ITS.

PEMBUKAAN BIRO CUP 2015

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :