Contoh Makalah Pengaruh Pergaulan Remaja Terhadap Kepribadian II

10 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

Contoh Makalah Pengaruh Pergaulan Remaja Terhadap Kepribadian Contoh Makalah Pengaruh Pergaulan Remaja Terhadap Kepribadian

BAB 1 BAB 1 PENDAH!AN PENDAH!AN !ATAR BE!AKAN" !ATAR BE!AKAN"

Masa remaja merupakan masa yang paling menentukan dalam kehidupan Masa remaja merupakan masa yang paling menentukan dalam kehidupan seseorang. Saat seseorang memasuki masa remaja

seseorang. Saat seseorang memasuki masa remaja maka ia akan menjadi lebihmaka ia akan menjadi lebih labil. Karena pada masa remaja seseorang akan mulai

labil. Karena pada masa remaja seseorang akan mulai membentuk karakter sertamembentuk karakter serta kepribadiannya. Karakter dan kepribadian seseorang dapat terbentuk dari

kepribadiannya. Karakter dan kepribadian seseorang dapat terbentuk dari apa yangapa yang dilakukan remaja dalam kesehariannya. Dapat juga

dilakukan remaja dalam kesehariannya. Dapat juga terbentuk dari keluarga,terbentuk dari keluarga, lingkungan, pen

lingkungan, pendidikan, dan didikan, dan pergaulannya. Dalam pergaulannya. Dalam makalah ini akan dijelmakalah ini akan dijelaskanaskan tentang pengaruh pergaulan remaja terhadap pembentukan kepribadian.

tentang pengaruh pergaulan remaja terhadap pembentukan kepribadian. Masa

Masa remaja remaja dapat dapat dikatakan dikatakan sebagai sebagai masa masa pencarian pencarian jati jati diri. diri. Dalam Dalam masamasa ini seseorang akan mulai mencari jati dirinya. Namun dalam masa

ini seseorang akan mulai mencari jati dirinya. Namun dalam masa pencarian jatipencarian jati diri ini, remaja sering salah memilih teman dalam

diri ini, remaja sering salah memilih teman dalam pergaulan. Akibatnya, banyakpergaulan. Akibatnya, banyak remaja yang terjerumus dalam hal-hal negatif dan bersifat merusak.

remaja yang terjerumus dalam hal-hal negatif dan bersifat merusak. idak hanyaidak hanya merusak dirinya sendiri, namun juga merusak masa depannya serta

merusak dirinya sendiri, namun juga merusak masa depannya serta mencorengmencoreng nama baik keluarga serta sekolahnya. !ntuk itu kita harus berhati-hati dalam nama baik keluarga serta sekolahnya. !ntuk itu kita harus berhati-hati dalam memilih teman.

memilih teman. T#AN

T#AN

Adapun tujuan dibuatnya makalah ini antara lain,

Adapun tujuan dibuatnya makalah ini antara lain, yaitu"yaitu" #.

#. Agar Agar remaja remaja berhati-hati berhati-hati memilih memilih teman teman bergaul bergaul yang yang baik baik  $.

$. Supaya Supaya remaja remaja tidak tidak memiliki memiliki kepribadian kepribadian yang yang negatif negatif  %.

%. Agar Agar remaja remaja bisa bisa menjaga menjaga dan dan memelihara memelihara pergaulan pergaulan yang yang baik baik  RM$AN MA$A!AH

RM$AN MA$A!AH

&erdasarkan referensi yang telah dikumpulkan maka dapat dibuat rumusan &erdasarkan referensi yang telah dikumpulkan maka dapat dibuat rumusan masalah seperti berikut"

masalah seperti berikut" #.

#. 'engertian 'engertian &erteman &erteman dan dan &ergaul&ergaul $.

$. &erhati-hati &erhati-hati dalam dalam Memilih Memilih emaneman %.

%. 'ergaulan 'ergaulan dan dan KepribadianKepribadian (.

(2)

BAB %

PEMBAHA$AN

Pengertian Berteman dan Bergaul

&erteman menurut Kamus &esar &ahasa )ndonesia artinya berka*an, bersahabat, tidak seorang diri+ ada temannya, berbagi dan beriring. Sedangkan pertemanan  berarti perihal berteman. Sedangkan bergaul menurut Kamus &esar &ahasa

)ndonesia artinya hidup berteman atau bersahabat. Sedangkan pergaulan berarti  perihal bergaul+ kehidupan bermasyarakat.

Berhati&hati Dalam Memilih Teman

Sebuah pertemanan atau pergaulan merupakan sebuah karunia. Akan tetapi dalam bergaul atau bersahabat kita harus berhati-hati karena ada sahabat yang

 berteman karena harta, kedudukan, tendensi dunia, sekedar mengobrol saja, dan ada juga yang bersahabat karena kepentingan agama yang ingin mengambil faidah dari ilmu dan amalnya, bersahabat karena memiliki hobi yang sama atau hanya karena butuh pertolongannya saja, tapi ada juga sahabat yang selalu menyusahkan kita saja sehingga mendera ji*a dan kehidupan kita.

Mencari teman itu tidak terlalu sulit. &egitu juga dengan bergaul dan  bersahabat dengan orang lain. Akan tetapi mencari sahabat sejati, sahabat yang  bersedia ada dalam suka dan duka tidaklah mudah. Karena pertemanan yang indah

saat diri kita menjadi pilihan kebutuhan ji*a teman kita. Sejatinya pergaulan itu akan mendatangkan sikap saling memberi, menerima, menutupi sehingga terbuka lebar bagi setiap sahabat untuk saling tolong-menolong, saling menasehati dan tidak memaksa. Karena bila kita memaksa sesuatu kepada teman kita maka sesungguhnya kita telah berlaku halim atas diri teman kita.

)katan pergaulan hakiki tidak akan ter*ujud kecuali dari ketulusan dan keluhuran iman yang tertanam di lubuk hati orang-orang yang bebas berkehendak dan mempunyai persepsi yang benar, serta dibarengi aplikasi yang sempurna dan menyeluruh terhadap perintah Allah s*t, karena mengharapkan rahmat dan pahala dariNya.

)katan itu juga tidak akan muncul kecuali dari ji*a yang diliputi iman yang mendarah daging di dalamnya+ ji*a yang tidak mengenal uhan selain Allah, tidak  bersandar kepada kekuatan selain kekuatanNya, serta tidak mengenal rasa kha*atir

kecuali saat ia melakukan maksiat kepadaNya. i*a seperti itu berjalan menuju superioritas iman di antara manusia, tidak mengakui semua apa yang bertentangan dengan kehendak Allah maupun ia dijauhi oleh semua orang di muka bumi ini.

(3)

)nilah yang kita sebut dengan pergaulan dalam ketak*aan di mana ada pertautan nilai-nilai spiritual yang dianugerahkan Allah kepada hati-hati setiap manusia. )nilah sebenarnya yang terbaik buat kita. Sebab kedekatan pergaulan itu tidak hanya ada di dunia tapi juga di akhirat. Sehingga pergaulan kita mendapat rahmat dariNya dan mendatangkan naunganNya di padang mahsyar yang panas.

leh sebab itu kita harus berhati-hati dalam berteman dan bergaul. )bnu /udama Al Ma0dsi mengingatkan, “Ketahuilah tidak dibenarkan seseorang mengambil setiap orang jadi sahabatnya, tetapi dia harus mampu memilih

kriteria-kriteria orang yang dijadikan teman, baik dari segi sifatnya, perangainya atau lainya, yang bisa menimbulkan gairah berteman, dan sesuai pula dengan manfaat yang bisa diperoleh dari persahabatan tersebut”.

Pergaulan dan Kepribadian

Setiap interaksi pergaulan yang intens kepada seorang teman akan memba*a pengaruh. Karena sifat, sikap, tingkah laku jika bersentuhan dengan  pribadi seseorang maka akan memberikan dampak bagi orang tersebut. 'erilaku

yang buruk biasanya akan lebih cepat menular kepada pembentukan kepribadian seseorang. )barat penyakit menular yang akan menjangkiti siapapun yang berada didekatnya. Sebagai contoh, bila kita bergaul dengan anak-anak punk maka kita  bisa ikut-ikutan menjadi anak punk, bila kita bergaul dengan para moti1ator maka

hidup kita akan berubah menjadi semangat moti1asi, jika kita bergaul dengan orang shalih maka kita bisa menjadi anak yang shalih, jika kita bergaul dengan  para penulis maka kemungkinan besar kita pun bisa menjadi seorang penulis, jika

kita bergaul dengan orang yang suka mencuri maka perilaku kita bisa menjadi seperti seorang pencuri, dan lain-lain.

2al tersebut juga sesuai dengan hadits 3asulullah, 4Sesungguhnya  perumpamaan teman yang baik (shalih) dan teman yang jahat adalah seeprti  pembawa minyak wangi dan peniup api pandai besi. embawa minyak wangi

mungkin akan men!ipratkan minyak wanginya itu atau engkau membeli darinya, atau engkau akan men!ium aroma harumnya itu. Sedangkan peniup api tukang besi mungkin akan membakar bajumu, atau engkau akan men!ium bau darinya  yang tidak sedap.5623. &ukhari7

leh karena itu, kita harus berhati-hati dalam bergaul. erutama pada masa remaja, di mana kondisi masa remaja ada peningkatan rasa ingin tahu terhadap sesuatu hal. 3emaja sangat mudah tertarik pada 4bagaimana sesuatu bekerja5. &ila kurangnya informasi, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman, maka akan menimbulkan banyak masalah. Di sinilah seorang yang kreatif diperlukan. Karena seorang yang kreatif mempunyai rasa ingin tahu tahu yang besar. Kita semua

 berpotensi untuk menjadi orang yang kreatif. ika kita yakin pada diri sendiri

(4)

untuk mengatasi setiap masalah yang kita hadapi. Sehingga kita menjadi manusia yang bijak dalam menyikapinya. Kreatif kita dalam bergaul juga harus kita

 perhatikan sehingga kita bisa memilih-milih teman yang layak menjadi teman kita. Akan tetapi bila kreati1itas kita yang tinggi digunakan untuk hal-hal yang tidak baik maka akan terjadi suatu tindakan keburukan. leh karena itu setiap orang perlu dibekali pembelajaran agama, pembinaan dari orangtua di rumah agar mendekatkan anak-anaknya dalam kebaikan, dalam mengingat kepada Allah dan setiap remaja harus berperilaku akhlak yang mulia dan terpuji. Sehingga selalu memilih pikiran yang positif, kreatif dan bijak agar menghasilkan sesuatu yang  bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. )ngatlah bah*a setiap apa yang kita  perbuat, Allah selalu melihat perbuatan kita itu. leh karena itu berhati-hatilah

dalam bergaul. ika teman kita mempunyai sifat atau kebiasaan yang umumnya tidak disukai orang lain dan bisa menghambat pergaulannya maka menjadi

ke*ajiban kita untuk segera mengingatinya. Namun dalam memberi nasehat juga harus pake etika dengan memilih situasi dan *aktu yang tepat. Sehingga teman kita tidak salah paham terhadap kita.

Menjaga dan Memelihara Pergaulan

Dalam berteman juga kita harus mampu menahan diri dari segala jenis rahasia sahabat kita. Semakin dekat diri kita maka semakin banyak rahasia tentang  pribadi dirinya yang kita ketahui, segala jenis informasi tentang kepribadian,

*atak, karakter, kebaikan bahkan sampai aib dan celanya pun di ketahui. Sebab orang terdekat biasanya tidak segan-segan membicarakan tentang hal dirinya kepada sahabatnya. &egitu juga dalam hal memuji sahabat kita. Kadang pujian itu  bernilai kebaikan untuk memoti1asinya tapi kadang pujian itu akan berdampak

negatif yang menjerumuskannya ke dalam perbuatan tercela, sombong dan angkuh. leh sebab itu, ketika memuji sahabat kita jangan berlebihan dan usahakan tidak memujinya di depan orang banyak. 3asulullah melarang kita melakukan hal itu. Ada sebuah hadist mengatakan memuji seseorang di depan orang banyak sama halnya kita telah memenggal lehernya. Kita harus menghargai sahabat kita sendiri. Karena di sinilah akan timbul pertemanan yang hakiki. Akan tetapi, menceritakan kebaikan seorang sahabat kepada orang lain itu meruapkan sebuah hal yang sangat  bagus karena itu ibarat sebuah rekomendasi agar orang lain mau berteman dengan

sahabat kita. Maka jagalah dan peliharalah pergaulan kita, sehingga tidak meruntuhkan arti sebuah kepercayaan dari pergaulan antar sahabat itu.

(5)

BAB ' PENTP $aran

3emaja adalah generasi penerus bangsa. Apabila moral remaja buruk maka nasib bangsa mungkin juga akan kacau kedepannya. !ntuk itu kita harus

membentuk moral dan kepribadian remaja dengan akhlak kharimah. Membentuk kepribadian yang baik dapat dilakukan sejak dini, antara lain selalu mendekatkan diri pada uhan agar tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal yang bersifat

negati1e serta merusak. Dan juga kita harus pandai memilih teman dalam

 pergaulan. angan sampai teman kita tersebut menjerumuskan kita pada hal-hal yang dapat merusak diri kita sendiri. Ada baiknya jika kita dapat memberikan  pengaruh positif terhadap teman kita.

Ke(impulan

Kita sebagai manusia harus saling tolong-menolong dalam hal kebaikan. Kita harus pandai memilih mana yang baik dan mana yang buruk. eman adalah seseorang yang sangat kita butuhkan. Namun teman juga bisa menjerumuskan kita  pada hal-hal yang kurang bermanfaat bahkan merusak diri kita serta masa depan

kita. !ntuk itu kita harus hati-hati dalam berteman. Karena teman bisa memberikan efek negatif pada kepribadian kita. Namun jangan sampai juga kita membuat

kepribadian teman kita menjadi buruk. Kita harus saling menjaga dan memelihara ikatan pertemanan kita. angan sampai ikatan ukhu*ah8persahabatan yang sudah terjalin secara positif dapat rusak karena ego kita.

(6)

Saatnya menutup segala sesuatu yang menganggap bah*a pacaran adalah gudangnya penyakit, kejadian yang tidak senonoh seperti Se9 mungkin sudah marak. Karena enaknya gaya pacaran sekarang membuat para anak muda lupa ingatan kali apa lagi orang tua yang tidak mmeberi aturan-aturan terkesan free, tentunya mesti lebih baik juga menghindari yang sepi-sepi biar setan tak

menghampiri, Apakah semua itu bisa di lakukan:ya5ja*abnya tergantung,jika para  pasangan mencintai sang pacar mustinya gak berani lakuin hal itu, tapi kalau dah

terlanjur gitu-gituin, ya namanya gelora cinta dan nafsu jadi satu,tak tertahan rasanya apa boeh buat; Saatnya menyelidiki gimana sich, cara berpacaran yang  baik dan gak nyusain atau merugikan salah satu pihak. Mungkin sebagian dari kita  pernah menanyakan hal tersebut ke teman, media-media elektronik, sahabat atau  bahkan ke orang tua bahkan sampai ada juga yang konsultasi pada psikiater. Nah,

Apa arti 'acaran sehat, mari kita semua cermati pacaran sehat adalah pacaran yang nggak 4macem-macem.5istilah ja*a ora neko-neko5 Atau boleh dibilang gaya  pacaran yang sehat sehat yaitu pacaran yang bermanfaat dan bertanggung ja*ab

tidak melanggar batas ke*ajaran masih menjunjung nilai yang tinggi agama

sebagaii pondasinya. karena tidak dipungkiri mustahil semua bisa dijalani dengan mulus,karena Semua hal di dunia ini pasti ada sisi positif dan negatifnya, termasuk  juga pacaran. 'acaran sih boleh saja dan sah-sah saja , tapi harus mengerti

 batasannya, gak boleh terlalu o1er nanti bisa-bisa gak ada rem kebablasan. )ya kalau pacaran itu menuju ke jenjang ke yang lebih baik. <anita pentingnya harus hati-hati =jangan make fun aja5apa yang boleh dan gak boleh dilakukan dibatasi agar doi mengerti . Singkatnya, pacaran 4sehat5 harus jadi pilihan kita kalau

enggak mau kena akibatnya dan Menjaga resiko yang terbesar>seperti hamil diluar nikah5,kejadian M? yang tidak di inginkan akan membuahkan buah hati yang tidaj di inginkan,kasus banyak anak yang di kandung akan di aborsi,atau di buang;

(7)

 padahal dia 6bayi7 gak bersalah sungguh teganya semua itu dilakukan, my @od gak ada naluri ibu sama sekali.

Maka dari itu @allery Danbo ada ips 'acaran yang Sehat dan &aik 

#. auh-jauh hari menerapkan hal yang tidak membiasakan kekerasan dalam mengatasi masalah. idak adanya kekerasan dalam berpacaran.

 berarti tidak dibenarkan berbuat seenaknya terhadap kaum ce*ek. Kalau boleh dibilang memang benar *anita adalah kaum lemah, tapi mereka masih punya hati dan perasaan.

$. Sehat mosional &ila kita menjalin hubungan dengan seseorang, harus di

*ahidkan juga pastinya kita ingin mempunyai rasa nyaman, saling pengertian, dan  juga keterbukaan agar hubungan yang terjalin memiliki karakter yang matang tidak

sekedar basa basi semata.

Maksudnya adalah agar terjalin hubungan yang baik dan harmonis, *alau pacaran sebaiknya itu semua harus di pegang. Bang paling penting adalah bagaimana kita mengungkapkan dan mengendalikan emosi dengan baik agar setiap kejadian dalam dalam hubungan bisa terkontrol.

%. 'acaran sebaiknya bersifat tidak mengikat, artinya hubungan sosial dengan yang lain tetap harus dijaga dan kita tidak selalu fokus hanya pada pacar saja.

Setiap kali ketemu yang dibahas jangan masalah kasih sayang, gunakan untuk sharing, misalnya soal gaya hidup, pendidikan, curhat dengan mengacu pada sesama dan keagamaan.

(. Kedekatan secara fisik dapat mendorong keinginan untuk melakukan kontak fisik yang lebih jauh. ika hal itu diteruskan dan tidak terkontrol, maka dapat menimbulkan hal-hal yang sangat berisiko.

Sebaiknya hindari hal hal yang berbau de*asa.

angan mengambil keputusan bodoh yang sebenarnya tidak perlu dilakukan untuk tips pacaran yang baik. Memang banyak sekali yang harus dipertimbangkan untuk menjalin hubungan yang sehat dalam berpacaran. Cara berpacaran yang sehat,

(8)

coba kita kaji dan instropeksi diri bagaimana gaya pacaran sehat kalian. Apakah sudah sehat, setengah setengah sehat atau bahkan tidak sehat sama sekali

8 Tips Pacaran Sehat Anak Sekolah

Pacaran di sekolah? Kenapa tidak! Masa SMA, adalah masa yang indah! Di masa remaja kita kenal yang namanya persahabatan dan cinta. Anak-anak remaja jaman sekarang, kebanyakan menghabiskan akt di sekolah daripada di rmah. Pacaran memang hal-hal yang la"im di sekolah. #api banyaknya beban sekolah, pacaran dijadikan pelampiasan dan bikin pacaran jadi tidak sehat ata melenceng. Sekolah sering dignakan

sebagai tempat pacaran, karena akt yang pelajar habiskan lebih banyak disana.

#ahkah anda kala pacaran it seharsnya pada saat masa deasa, sdah kam lakin di sekolah. $adi, kebiasaan pacaran yang dilakkan oleh orang deasa banyak yang dilakkan sama pelajar. %t bisa

berdampak brk anda bat perkembangan psikologis kam. &kan berarti kam tidak boleh pacaran hars dibatasi sama 'ngsi kam.

&erikt () #ips pacaran sehat di sekolah yang bisa bikin sekolah kam  jalan dan pacaran tetap oke*

(. Mendekatkan diri kepada #han +ang Maha sa.

Agama adalah pantan kita dalam hidp. #anpa agama hidp bakal gak berarah. ah, biar pas pacaran kam tidak melakkan hal yang aneh-aneh. %ngatlah norma-norma agama kam. &iar pacaran yang kam lakkan masih dalam batas ajar.

. Sibkkan diri dengan kegiatan kstrakrikler di sekolah.

&kan cma anda, tapi bat pasangan anda jga. Denga sibknya kalian berda, akt yang kalian pakai bat pacaran bakal e'ekti' dan yang

(9)

dibicarakan pas ketem bakal bergna bat hbngan kalian. $adi tidak bakal mikir bat ngelakin hal yang aneh-aneh.

/. Sebagai penyemangat dan moti0asi diri.

Anda dan pacar sama-sama pelajar, otomatis kalian pnya sasaran yang hars dicapai dalam tiap pelajar. 1oba deh kalian main tinggi-tinggian pencapaian sasaran ata target. Dan kasih imbalan bat yang nilainya lebih tinggi. Dengan begini, pacaran dan belajar jadi lebih ser kan? 2. &elajar Kelompok.

&elajar tidak hanya di sekolah. Di rmah jga bisa. Dari pada pacaran di lar sekolah dengan nongkrong dan habiskan ang. Mendingankalian berda sambil belajar kelompok. Dengan tkar pikiran dan pengetahan tentang ilm yang dikasain, kalian berda bisa saling mengisi dalam pelajaran sekolah.

3. Kenalin pacar ke orang ta.

Kenalin pacar ke orang ta tidak berarti kam berhbngan seris banget dan bakal langsng menikah. %ni biar bat kam jaga-jaga dalam bertindak. Dengan kam tah orang ta si dia, kam bakal mikirin perasaan mereka kala kam macam-macam dalam pacaran.

4. $angan berpacaran pada saat jam pelajaran.

+ang sat ini tidak boleh alias pantangan!!! Kalian pnya akt istirahat kan bat ketem, apa tidak bosan bertem ters pas di sekolah. Kam kan bth akt bat konsen ke pelajaran biar materi yang diterangkan gr mask ke otak kam.

5. $angan nonton 'ilm porno.

6ilm porno mdah menyebar sekarang ini. Padahal banyak berdampak brk yang ditimblkan dengan nonton 'ilm porno disamping pikiran kam dipenhi dengan adegan yang bkan konsmsi kam. Kerja otak jga bakal tergangg. Dengan nonton 'ilm porno secara tidak langsng kam mengrangi kemampan otak kam dalam menyerap dan memahami pelajaran.

(10)

Pacar yang baik adalah pacar yang menghormati dan menjaga harga diri pasangan. Ada yang tidak mengerti dengan kalimat tersebt? Kala

memang kam sayang sama pacar kam ata sebaliknya. Salah sat dari kalian tidak bakal ngelakin sesat yang bakal mergikan masa depan kalian berda. Pacaran memang proses menj pernikahan, tapi belm tent pacar kam yang sekarang bakal jadi sami kam kan?

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :