Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Hubungan Kepuasan Kerja, Kemampuan Menyusun RPP dengan Kinerja Mengajar Guru SD Bersertifikasi di UPT Dindikbud Petungkriyono T2 942011088 BAB V

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

89

BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN

5.1 Kesimpulan

Kesimpulan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut:

1. Ada hubungan yang signifikan dengan arah positif antara variabel kepuasan kerja dengan kinerja mengajar guru SD Bersertifikasi di UPT Dindikbud Petungkriyono, artinya bila skor variabel kepuasan kerja meningkat maka skor kinerja mengajar guru juga meningkat dan/atau sebaliknya;

2. Ada hubungan yang signifikan dengan arah positif antara kemampuan menyusun RPP dengan kinerja mengajar guru SD Bersertifikasi di UPT Dindikbud Petungkriyono, artinya bila skor variabel kemampu-an menyusun RPP meningkat maka skor kinerja mengajar guru juga meningkat dan/atau sebalik-nya.

5.2 Saran

5.2.1 Bagi Sekolah

(2)

90

menjadi Sangat Tinggi. Untuk meningkatkan skor kepuasan kerja guru dengan meningkatkan supervisi, hubungan antar pribadi, kondisi kerja yang aman, gaji, keamanan, dan memberi pengakuan. Untuk meningkatkan kinerja mengajar guru, sekolah perlu meningkatkan kemampuan menyusun RPP. Tabel 4.4 kemampuan menyusun RPP berada pada kategori Cukup = 39,7% sehingga masih bisa ditingkatkan menjadi Baik atau Sangat Baik. Untuk meningkatkan skor kemampuan menyusun RPP dengan melakukan pembinaan, pembimbingan, training atau pelatihan.

5.2.2 Dinas Pendidikan

Untuk meningkatkan kinerja mengajar guru, terutama dalam hal kemampuan menyusun RPP perlu dilakukan training, diklat, seminar, lokarya, ataupun workshop.

5.2.3 Peneliti Berikutnya

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...