• Tidak ada hasil yang ditemukan

EVALUASI PEMOTONGAN PAJAK PENGHASILAN (PPh) PASAL 21PADA PT. TASPEN (PERSERO) CABANG SURAKARTA EVALUASI PEMOTONGAN PAJAK PENGHASILAN (PPh) PASAL 21 PADA PT. TASPEN (PERSERO) CABANG SURAKARTA.

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "EVALUASI PEMOTONGAN PAJAK PENGHASILAN (PPh) PASAL 21PADA PT. TASPEN (PERSERO) CABANG SURAKARTA EVALUASI PEMOTONGAN PAJAK PENGHASILAN (PPh) PASAL 21 PADA PT. TASPEN (PERSERO) CABANG SURAKARTA."

Copied!
13
0
0

Teks penuh

(1)

EVALUASI PEMOTONGAN PAJAK PENGHASILAN (PPh) PASAL 21

PADA PT. TASPEN (PERSERO) CABANG SURAKARTA

SKRIPSI

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas dan Syarat-Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi Jurusan Akuntansi Pada Fakultas Ekonomi

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Disusun Oleh :

SEAN ERSIKAPUTRI

B 200 070 067

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

(2)
(3)
(4)

MOTTO

Sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan, maka apabila kamu telah selesai (dari satu urusan) kerjakanlah dengan sesungguh sungguhnya (urusan) yang lain dan

hanya kepada tuhanlah hendaknya kamu berharap (QS. Al-Insyirah: 6-8)

Kita tidak akan dipaksa menerima kelemahan hidup di masa depan, jika hari ini kita tidak menolak mempelajari cara berpikir, cara bersikap, dan cara bertindak yang baik.

Masa tua yang lemah adalah hasil dari keengganan masa muda untuk belajar menjadikan diri lebih tahu cara memenangkan kebaikan hidup, dan menjadikan diri

mampu melakukan yang harus dilakukan. Mulailah keberhasilan Anda semuda mungkin.

(5)

PERSEMBAHAN

P

ertama terimakasihku kepada allah SWT yang telah memberikan kekuatan, ketabahan serta

kesabaran selama ini. Terimakasih juga atas segala nikmat yang telah kau curahkan dan ampuni

segala rasa ketidakpuasan sehingga seringkali kurasakan ketidakadilan.

Alm. Ayah makasih y yah.. karena walaupun ayah uda enggak ada tapi cece ngerasa ayah selalu

ada buat cece. Pesan ayah yang selalu cece inget supaya cece bisa menjadi orang sukses.

Papa, Mama dan Adek makasih banyak tanpa kalian mungkin cece gak akan seperti ini.

Omelan mama yang gak ada tandingannya, ledekan papa yang selalu bikin cece ketawa dan

adek yang kadang menyebalkan. Maafin cece yang selalu ngeselin dan keras kepala tapi apapun

yang cece lakukan selalu punya alasan.

Wiwi dan Om uam makasih karena adanya kalian Alhamdulillah cece bisa menyelesaikan

kuliah. Wiwi dan Om uam uda menjadi orang tua kedua bagi cece.

Tante-tante dan Om-om (Om sondi, tante nuning, pipap, om aday, pipi, om putra, kiki, om

putut, nana, om epi, dan ucu) serta adek-adekku tersayang (dissa, tari, oi, abin, ata, rifky, davin,

jane, ayu dan ginar) makasi ya..cece bersyukur punya keluarga yang selalu kompak.

Buat iib makasi banyak atas bantuannya saking banyaknya jadi gak bisa disebutin satu-satu.

Makasi juga karena iib selalu bisa menyemangatin aku, selalu bisa mendengar keluhanku dan

memberikan solusi atas semua permasalahanku..seringkali aku omelin kalo aku lagi

badmood..hehe..sekali lagi makasi

Buat falon, rahma, eva dan ida makasi selama kurang lebih 4 tahun ini kita selalu bareng walau

kadang satu sama lain sering nyebelin hehehe gak terasa ya? padahal baru kemarin ospek

bareng oh iya buat gamon yang dulu sering belajar bareng dan gokil-gokilan bareng

Buat anak-anak kelas C (retno, rambat, tita, ifa, mona, lutfi, diana, yanti, novita, ana, dian,

mega, denis, jumadi, bom2, robi, tata, riki, ananto, yunus, anggita, rahmat, odi, wahyudi)

makasi juga hampir 4 tahun kita sekelas kadang menunggu dosen lama banget sampai

akhirnya pulang duluan. Kapan nih buka puasa bareng lagi? Hehehe harapanku semoga

(6)

Buat anak-anak FoSEI (iben,wili, rici, espan, angga, dibyo, puji, gusti, dila, viki, tia, septi, joko,

islam, salbi, mahda, fahmi, vina, rahma, anggi, fahmi 09, pak lek yeyen, arif, lia, bayu, rahma,

cuplis, team bawel lisa, santin dan uffun serta yang lain) makasi ya..canda tawa, susah senang

bareng kalian pasti sangat ngangenin titip FoSEI ya

Buat mba widia makasi ya uda bantu dan juga kasih masukan dalam pembuatan skripsiku dan

buat bang ipul makasi uda bantuin benerin komputerku Alhamdulillah aku jadi bisa buat

skripsi dan 1 lagi makasi uda minjemin buku-bukunya ke aku hehehe

Buat kakak-kakak tingkatku mas mumtaz, mas dana, mas mukhlis, mb bekti, mb wiwin, mb

ana, mas yasin,dll

(7)

ABSTRAKSI

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengevaluasi pelaksanakan pemotongan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 pada PT. Taspen (Persero) Cabang Surakarta sesuai dengan Undang-Undang Perpajakan yang berlaku. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi yang penting bagi perusahaan tentang pengetahuan perpajakan sehingga akan lebih memahami sesuatu yang menjadi kewajibannya selaku subyek pajak.

Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah deskriptif karena memberikan fakta dari prosedur atau kejadian yang terjadi dengan tujuan untuk membuat gambaran secara sistematis dan akurat. Data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat kesalahan dalam penghitungan Pajak Penghasilan (PPh) pasal 21 pensiunan yaitu tidak ada kesesuaian penghitungan yang dilakukan oleh Perusahaan dengan Peraturan Perpajakan. Penghitungan PPh pasal 21 yang diterapkan perusahaan dalam pemotongan pajak dimana perusahaan memberikan tunjangan pajak yang jumlahnya sama besar dengan jumlah pajak yang akan dipotong dari pensiunan dengan menggunakan net method. Padahal seharusnya menurut Peraturan Perpajakan dimana perusahaan memberikan tunjangan pajak yang jumlahnya sama besar dengan jumlah pajak yang akan dipotong dari pensiunan dalam penghitungan PPh pasal 21 menggunakan metode gross-up. Total penghitungan PPh pasal 21 Tahunan perusahaan yang telah dipotong sebesar Rp. 13.715.050 sedangkan penghitungan PPh pasal 21 Tahunan yang sesuai dengan Peraturan Perpajakan adalah sebesar Rp. 14.436.897. Dengan demikian terdapat selisih antara PPh pasal 21 berdasarkan ketentuan perpajakan yang berlaku dengan PPh pasal 21 setahun berdasarkan perusahaan sebesar Rp. 721.847 yang merupakan kurang bayar perusahaan sehingga perusahaan mendapat sanksi administrasi berupa bunga 2% setiap bulannya yang dihitung mulai dari jatuh tempo pembayaran.

(8)

Assalamu’alaikum W 3. Ibu Dra. Mujiyati, telah memberikan penulisan demi kem

KATA PENGANTAR

Wr. Wb

h. Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Alla at dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat me “EVALUASI PENGHITUNGAN PAJAK

21 PADA PT. TASPEN (PERSERO) CABANG S

susun dengan maksud untuk memenuhi salah ikan program pendidikan strata 1 pada

madiyah Surakarta.

usunan skripsi ini, penulis banyak menerim agai pihak baik secara langsung maupun tidak l n ini, penulis mengucapkan terimakasih yang tulus ke

ono, SE, M.Si., selaku Dekan Fakultas Ekonom h Surakarta

han Achyani, M.Si., selaku Ketua Jurusan A rsitas Muhammadiyah Surakarta

ti, M.Si., selaku Pembimbing Skripsi yang den kan banyak masukan, arahan, bimbingan kepa kemajuan skripsi penulis. Fakultas Ekonomi

ima pemikiran serta k langsung. Untuk itu ulus kepada:

Ekonomi Universitas

n Akuntansi Fakultas

(9)

4. Bapak Zulfikar, SE, M.Si., selaku Pembimbing Akademik yang telah memberikan bimbingan dan saran selama penulis menempuh pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

5. Bapak dan Ibu Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta yang telah memberi bekal ilmu pengetahuan kepada penulis selama masa studi 6. PT. Taspen (Persero) Cabang Surakarta terutama Om Bangun dan Om Heru 7. Mama & Papa, Wiwi & Om Uam serta Iib yang telah banyak memberikan bantuan

baik materiil dan moril sehingga penulis dapat menyelesaikan pendidikan dan penulisan skripsi ini. Terimakasih atas segala doa, cinta, dan kasih sayang yang tak pernah berhenti mengalir.

8. Semua pihak yang membantu dan yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu. Penulis menyadari bahwa penyusunan ini masih jauh dari sempurna, maka penulis sangat berterimakasih apabila diantara pembaca ada yang memberikan saran atau kritik yang mebangun guna memperluas wawasan penulis sebagai proses pembelajaran diri.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Surakarta, 1 Februari 2011 Penulis

(10)

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL ... i

HALAMAN PENGESAHAN ... ii

HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN ... iii

HALAMAN MOTTO ... iv

HALAMAN PERSEMBAHAN ... v

ABSTRAKSI ... vii

KATA PENGANTAR ... viii

DAFTAR ISI ... x

DAFTAR TABEL ... xiii

BAB 1 PENDAHULUAN ... 1

A. Latar Belakang Masalah ... 1

B. Perumusan Masalah ... 6

C. Batasan Masalah ... 6

D. Tujuan Penelitian ... 6

E. Manfaat Penelitian ... 7

F. Sistematika Penulisan Skripsi ... 8

BAB II TINJAUAN PUSTAKA ... 9

(11)

D. Sistem Pemungutan Pajak ... 12

E. Definisi Pajak Penghasilan ... 13

F. Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 ... 14

G. Pemotongan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 ... 14

H. Penerima Penghasilan Yang Dipotong PPh Pasal 21 ... 15

I. Penerima Penghasilan Yang Tidak Dipotong PPh Pasal 21 ... 15

J. Penghasilan Yang Merupakan Objek PPh Pasal 21 ... 16

K. Tidak Termasuk Penghasilan Yang Dipotong PPh Pasal 21 ... 19

L. Pengurangan Penghasilan Bruto Yang Diperbolehkan ... 19

M. Tarif Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 ... 21

N. Penghitungan PPh Pasal 21 Atas Penghasilan Teratur Bagi Penerima Pensiun ... 22

O. Penghitungan PPh Pasal 21 Atas Pemberian Tunjangan Pajak (Metode Gross-up) ... 24

P. Contoh Penghitungan PPh Pasal 21 Dengan Metode Groos-up ... 25

Q. Surat Pemberitahuan (SPT) ... 26

R. Jenis–Jenis Surat Pemberitahuan (SPT) ... 26

S. Batas Waktu Pembayaran dan Pelaporan ... 27

T. Sanksi Administrasi ... 29

BAB III METODA PENELITIAN ... 31

(12)

C. Metode Pengumpulan Data ... 32

D. Populasi dan Sampel ... 32

E. Teknik Analisis Data ... 33

BAB IV PEMBAHASAN ... 35

A. Gambaran Umum Perusahaan ... 35

B. Hasil Penelitian ... 43

C. Interpretasi Hasil Penelitian ... 49

BAB V PENUTUP ... 53

A. Simpulan ... 53

B. Saran ... 54 DAFTAR KEPUSTAKAAN

(13)

DAFTAR TABEL

Tabel 1 Tarif Pajak PPh Pasal 21 ... 21

Tabel 2 Daftar Gaji Pensiunan Bulanan ... 43

Tabel 3 Penghitungan PPh Pasal 21 Menurut Perusahaan ... 44

Tabel 4 Penghitungan PPh Pasal 21 Menurut Peraturan Perpajakan ... 46

Referensi

Dokumen terkait

Bagian tengah cabang memiliki proporsi polip karang yang berkaitan dengan lo- kasi energi untuk pertumbuhan yang lebih reproduktif (100%) dengan kandungan rataan jumlah telur yang

Berdasarkan Penetapan Pemenang e-Lelang Sederhana Nomor : 08-PM/DISBUN-APBA/2013 tanggal 01 Mei 2013, dengan ini diumumkan kepada para peserta bahwa Pemenang

• Energi keamanan: bioenergi dapat berkontribusi untuk diversifikasi energi bauran, ada berbagai bahan baku untuk bioenergi dan semua negara dapat bergantung pada beberapa

Peningkatan Kemahiran Menulis Teks Berita Dengan Menggunakan Teknik JIGSAW Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Miftahul’Ulum Tanjungpinang Tahun Pelajaran

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Faktor-faktor yang menjadi alasan orang tua memilih kursus piano

Pada tahap awal produksi gas sangat dipengaruhi oleh proudksi air yang berada di cleats di dalam reservoir yang juga mengontrol aliran fluida ke dalam sumur.Air di dalam

Pengertian satwa langka diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya yaitu : menurut Pasal 1 angka

Pembimbing penulisan skripsi Saudara Indra angguleta, NIM: 10400107007, Mahasiswa Jurusan Perbandingan Mazhab dan Hukum pada Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin