• Tidak ada hasil yang ditemukan

Sistem Pengadaan Barang Dan Bahan Untuk Kelancaran Operasional Dapur di Grand Swiss-belHotel Medan

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "Sistem Pengadaan Barang Dan Bahan Untuk Kelancaran Operasional Dapur di Grand Swiss-belHotel Medan"

Copied!
6
0
0

Teks penuh

(1)

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Penulisan

Di Indonesia pariwisata sangat berkembang pesat, sehingga menjadi salah satu pendapatan yang sangat besar bagi Negara. Banyak model atau macam bentuk pariwisata di Indonesia, dengan begitu banyak pula mendatangkan turis-turis mancanegara maupun lokal. Salah satu bentuk pariwisata yang berkembang pesat adalah hotel, dan di jasa pelayanan yang ditawarkan hotel bagi orang yang datang dan menginginkan tempat menginap (akomodasi), makan dan minum serta jasa lainnya yang terdapat di dalam hotel.

Industri perhotelan telah berdiri dan berkembang di Negara ini. Industri perhotelan di Negara ini banyak juga memperoleh keuntungan terutama membantu pemerintah dalam hal mengatasi pengangguran, karena banyak tenaga kerja yang dibutuhkan oleh hotel. Memenuhi kebutuhan tamu yang menginap, hotel memerlukan banyak bahan maupun barang untuk kelancaran operasional hotel. Proses operasional itu harus dilakukan oleh pihak hotel untuk memenuhi setiap barang dan bahan yang diperlukan.

(2)

mengolah makanan untuk tamu disebabkan jumlah barang dan bahan makanan mencapai tingkat akhir (habis).

Berkaitan dengan barang dan bahan yang sangat diperlukan hotel untuk kelancaran operasional, maka pihak Grand Swiss-belhotel Medan membuat suatu manajemen yang berada di bawah naungan accounting, bagian pembelian (purchasing) dan pergudangan (storing). Grand Swiss-belhotel Medan harus melakukan pembelanjaan secara periodik bagi departemen, dimana departemen tersebut harus mengisi setiap formulir pembelian yang akan dibelanjakan.

Pengadaan barang dan bahan berawal dari perencanaan, pembelian, penerimaan dan penyimpanan. Perencanaan barang dan bahan di mulai dengan membuat daftar pembelian sesuai dengan permintaan dari setiap departemen yang ada di Grand Swiss-belhotel Medan. Daftar belanja ditulis nama bahan, jumlah bahan, prakiraan harga dan spesifikasi bahan tersebut. Daftar belanja yang telah disusun, perbelanjaan mudah dilakukan, dan kecil kemungkinan terjadi masalah. Setelah mendapat semua yang dibutuhkan, dilakukan pengecekan kembali. Kemudian dilakukan penyimpanan bila tidak langsung digunakan.

Terjadinya pengadaan barang di Grand Swiss-belhotel Medan dikarenakan tingkat hunian kamar (occupancy) atau adanya acara besar (event forecast) yang cukup ramai. Sehingga pihak Kitchen tidak mampu mengolah makanan dengan baik karena bahan makanan yang ingin diolah telah mencapai tingkat minimum (habis).

(3)

Dan Bahan Untuk Kelancaran Operasional Dapur di Grand Swiss-belhotel

Medan”.

1.2 Batasan Masalah

Penyusun kertas karya ini penulis membatasi permasalahan yang dibahas, agar tidak terlalu meluas dan menyimpang, maka penulis memfokuskan pembahasan tentang : Bagaimana sistem pengadaan barang dan bahan untuk department kitchen di Grand Swiss-belhotel Medan.

1.3 Tujuan Penulisan

Adapun tujuan dalam penelitian kertas karya ini adalah : untuk mengetahui sistem pengadaan barang dan bahan makanan di dapur Grand Swiss-belhotel Medan.

1.4 Manfaat Penulisan

Di dalam penyusunan kertas karya ini penulis mempunyai tujuan sebagai berikut 1. Untuk melengkapi salah satu syarat akademis dalam menyelesaikan

Perkuliahan Diploma III Program Studi Pariwisata Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara.

2. Membantu mahasiswa untuk mengetahui dan memahami sistem pembelian barang dan bahan yang dilakukan hotel.

(4)

berguna bagi perguruan tinggi maupun sebagai seorang profesionalis didunia pekerjaan yang digeluti.

4. Memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan suatu gagasan dalam bentuk karangan ilmiah.

1.5 Metode Penelitian

Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penulisan kertas karya ini, digunakan dua metode penelitian, antara lain :

1. Penelitian Kepustakaan ( Library Research )

Penelitian yang dilakukan melalui kepustakaan dengan cara membaca dan mempelajari buku-buku ilmiah serta menghimpun data dari bahan-bahan tertulis lainnya yang ada hubungannya dengan permasalahan yang akan dibahas.

2. Penelitian Lapangan ( Field Research )

(5)

1.6 Sistematika Penulisan

Dalam sistematika penulisan ini digambarkan secara garis besar hal-hal yang akan dijabarkan pada bab-bab berikutnya terdiri dari lima bab yang pada tiap bab mencakup hal-hal sebagai berikut :

BAB I : Pendahuluan

Bab pendahuluan ini berisikan uraian tentang alasan pemilihan judul, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penelitian, serta sistematika penulisan.

BAB II : Uraian Teoritis

Berisikan uraian teoritis tentang pengertian kitchen department, seksi-seksi yang terdapat pada kitchen, perencanaan pengadaan barang dan bahan keperluan hotel, prosedur pembelian barang dan bahan, prosedur penerimaan barang dan bahan, prosedur keluar barang dari gudang, hubungan kerjasama antara departemen storing dengan departemen lainnya.

BAB III : Gambaran Umum Perusahaan

Berisikan tinjauan umum tentang Grand Swiss-belHotel Medan meliputi sejarah berdirinya hotel, fasilitas-fasilitas yang dimiliki, stuktur organisasi dan klasifikasi hotel.

BAB IV : Sistem Pengadaan Barang dan Bahan Untuk Kelancaran Operasional Dapur Grand Swiss-belHotel Medan.

(6)

pengambilan barang dan bahan dari kitchen ke General Store, serta masalah yang dapat timbul dibagian tersebut dan cara mengatasi.

Referensi

Dokumen terkait

[r]

Disini penulis mencoba membuat suatu program aplikasi pembuatan surat ijin yang memanfaatkan fasilitas yang tersedia pada Microsoft Visual Basic 6.0. Untuk memberikan hasil

LAPORAN REALISASI KOMULATIF KREDIT USAHA RAKYAT SUMBAR. SUMBER DATA BANK PELAKSANA POSISI : DESEMBER

Pesisir Selatan Dinas Koperasi UMKM Perindustrian, Perdagangan dan Pasar Jl.. Agus Salim

Dengan program tes kepribadian ini, seseorang dapat mengetahui bagaimana profil kepribadian yang dimilikinya untuk melihat kemampuan kepemimpinan, mengukur imajinasi, keyakinan

[r]

[r]

J2ME merupakan turunan dari Java 2 Standard Edition (J2SE) yang ditujukan untuk implementasi pada peralatan dengan jumlah memori dan kapasitas penyimpanan yang terbatas. Selain itu