PENYESUAIAN SEKSUAL PADA WANITA YANG MENIKAH MELALUI PROSES TA ARUF SKRIPSI

Teks penuh

(1)

PENYESUAIAN SEKSUAL PADA WANITA YANG

MENIKAH MELALUI PROSES TA’ARUF

SKRIPSI

Diajukan untuk Memenuhi Persyaratan Ujian Sarjana Psikologi

Oleh :

ZUKHRINI KHALISH NASUTION

1 0 1 3 0 1 0 5 3

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

(2)

SKRIPSI

PENYESUAIAN SEKSUAL PADA WANITA YANG MENIKAH MELALUI PROSES TA’ARUF

Dipersiapkan dan disusun oleh:

ZUKHRINI KHALISH NASUTION 101301053

Telah dipertahankan di depan Dewan Penguji Pada tanggal 24 Juli 2014

Mengesahkan Dekan Fakultas Psikologi

Prof. Dr. Irmawati, psikolog

NIP. 195301311980032001

Dewan Penguji

1. Rodiatul Hasanah Siregar, M.Si., psikolog Penguji I/Pembimbing _____________ NIP: 197812192003122004

2. Arliza Juairiani Lubis, M.Si., psikolog Penguji II _____________ NIP: 197803252003122002

3. Juliana I. Saragih, M.Psi, psikolog Penguji III _____________

(3)

LEMBAR PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan dengan sesungguhnya bahwa skripsi saya yang berjudul:

PENYESUAIAN SEKSUAL PADA WANITA YANG MENIKAH MELALUI PROSES TA’ARUF

adalah hasil karya sendiri dan belum pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu perguruan tinggi manapun.

Adapun bagian-bagian tertentu dalan penulisan skripsi ini saya kutip dari hasil karya orang lain yang telah dituliskan sumbernya secara jelas sesuai dengan norma, kaidah, dan etika penulisan ilmiah.

Apabila di kemudian hari ditemukan adanya kecurangan di dalam skripsi ini, saya bersedia menerima sanksi dari Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Medan, 24 Juli 2014

Zukhrini Khalish Nasution NIM. 101301053

(4)

PENYESUAIAN SEKSUAL PADA WANITA YANG MENIKAH MELALUI PROSES TA’ARUF

Zukhrini Khalish Nasution dan Rodiatul Hasanah Siregar

ABSTRAK

Menikah dan membina kehidupan rumah tangga merupakan salah satu tugas dewasa awal yang akan dilewati oleh kebanyakan orang. Pasangan yang menikah akan melewati masa penyesuaian, salah satunya adalah penyesuaian seksual. Hal ini juga dialami oleh wanita yang menikah melalui proses ta‟aruf. Penelitian ini mengkaji bagaimana gambaran penyesuaian seksual pada wanita yang menikah melalui proses ta‟aruf dilihat dari aspek-aspek penyesuaian seksualnya dan faktor-faktor yang mempengaruhi penyesuaian seksual. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis kualitatif dengan tiga orang responden yang didapatkan melalui teknik sampling snowball. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyesuaian seksual pada responden berjalan dengan baik, terlihat dari kemampuan responden yang sudah lebih cair menyikapi aktivitas seksual, mulai terbuka mengkomunikasikan keinginan masing-masing terkait seksual, menerima dan memahami perannya sebagai istri dan menjadikan hubungan seksual sebagai sarana untuk lebih mengenal sang suami. Faktor pengetahuan tentang seks memiliki peranan besar pada penyesuaian seksual, pemahaman yang sama dengan suami tentang aktivitas seksual sesuai syariat Islam membantu responden melewati masa penyesuaian seksual dengan baik. Kata kunci: Ta‟aruf, Penyesuaian Seksual

(5)

SEXUAL ADJUSTMENT OF MARRIED WOMEN THROUGH TA’ARUF PROCESS

Zukhrini Khalish Nasution dan Rodiatul Hasanah Siregar

ABSTRACT

Married is one of the tasks in early adulthood that do many people. The couple going through a period of adjustment after marriage, one of which is sexual adjustment. It is also experienced by women who were married through the ta'aruf process. This study aims to describe the sexual adjustment of women who were married through the ta'aruf process. Examined by looking at aspects of sexual and adjustment factors. The methodology in this study used a qualitative phenomenological approach to the three respondents. Selection of respondents using snowball sampling. This study use in-depth interview to get data. Result from this research indicate that sexual adjustment on the respondent goes well. Respondents have started openly communicate about sexual interest. Accept and understand their role as wife, and make sexual activity as a way to know her husband. Factors knowledge of the sex has a major role in their sexual adjustment as a guide to the appropriate conjugal related Islamic law. The same perception about syar‘i sexual activity help them to perform sexual adjustment.

(6)

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirabbil‟alamin. Syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat-Nya kepada saya berupa kesehatan, kesempatan serta nikmat Islam yang sangat membantu saya dalam menyelesaikan penelitian ini. Tidak lupa shalawat serta salam tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad Shallallahu ‗alaihi wa sallam, juga kepada keluarga, sahabat serta umatnya yang semoga bisa istiqamah sampai akhir hayat nanti.

Terimakasih kepada kedua orang tua saya yang selalu mendukung dan mendoakan saya dalam setiap kegiatan baik akademis maupun non-akademis. Kedua orang yang selalu memperhatikan saya saat saya sendiripun tidak memperhatikan diri saya. Kepada abang dan adik-adik saya yang sangat saya cintai Bang Khemy, Imad, Reza, dan Afifah. Merasa sangat bersyukur memiliki kalian yang begitu istimewa.

Selayaknya makhluk sosial, semua yang saya lakukan dalam penelitian ini berkaitan dan dibantu oleh banyak orang di sekeliling saya. Mulai dari peletakan kata pertama hingga titik di akhir skripsi ini. Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan terimakasih kepada:

a. Prof. Dr. Irmawati, psikolog, selaku Dekan Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.

b. Dosen pembimbing akademik saya, kak Juliana Irmayanti Saragih, M.Psi. Psikolog yang telah membimbing saya selama ini untuk menentukan strategi perkuliahan sekaligus menguji skripsi ini.

(7)

c. Dosen pembimbing seminar saya, Ibu Rodiatul Hasanah, M.Si, Psikolog. yang dengan sabar membimbing saya menyelesaikan proposal ini.

d. Kak Arliza Juairiani Lubis, M.Si, Psikolog selaku dosen penguji yang telah membuka wawasan saya mengenai materi yang saya angkat.

e. Para responden yang sudah merelakan waktu dan dapat sangat membantu penyelesaian skripsi ini.

f. Penuntun ruhiyah, yang Allah jalinkan hati kita dengan iman. Merangkap ibu, kakak, teman dan kenselor untuk saya. uhibbuki fillah

g. Kepada PAP yang selalu ada untuk mendukung saya, Kak Nisa, Shaila, Lili, Fitri, Nurul, Desi. Juga sahabat yang rela berdiskusi menghabiskan waktu di kampus untuk membicarakan penelitian ini Arief, Febri, Fauji.

h. Saudara-saudara di FORMASI Al-Qalb Psikologi dan UKMI Ad-Dakwah USU yang selalu setia mendoakan dan mendukung saya. Kelak saat-saat syuro dengan keadaan dikejar deadline pasti akan sangat saya rindukan.

i. Rekan-rekan Dakwah Trainining Center Fikri, Ichsan, Vicky, Rudi, Putri, Tya, dan Siti serta seluruh instruktur yang menyertai dan selalu mengerti saya selama mengemban amanah sambil menyelesaikan penelitian.

j. Para senior yang luar biasa perhatian, Kak Ratna, Kak Miftah, Kak Jeje, Kak Rahmi, Kak Yuni, Kak Hijri.

k. Adik-adik kesayangan penyengat semangat ‗Ainun, Nabila, Dessy, Nana, Ilmy, Safira, Dedek, , Vika, Indah, Muthia, Dara, Uun, Upa, Wana, Riska, Hamidah, Dian, Aini, Dina, Mia, Dika, Pida, Tasya, Enyo.

(8)

l. Dan untuk semua orang yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Semoga Allah membalas kebaikan kalian dengan kebaikan yang berlipat ganda.

Penelitian ini masih jauh dari kesempurnaan, sehingga peneliti berharap memperoleh saran dan kritikan yang membangun untuk perbaikan proposal ini. Semoga penelitian ini juga bermanfaat bagi orang banyak.

Medan, 24 Juli 2014 Penulis

(9)

DAFTAR ISI Sampul Dalam...i Lembar Pengesahan...ii Lembar Pernyataan...iii Abstrak ... iv Abstract...v Kata Pengantar ... vi Daftar Isi... ix

Daftar Tabel ... .xii

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang ...1 B. Perumusan Masalah ...8 C. Tujuan Penelitian ...8 D. Manfaat Penelitian...9 E. Sistematika Penulisan ... 10

BAB II LANDASAN TEORI A. Penyesuaian Seksual ... 12

1. Definisi Penyesuaian Seksual ... 12

2. Aspek-Aspek Penyesuaian Seksual... 14

3. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyesuaian Seksual ... 18

4. Sikap Wanita terhadap Seks ... 19

5. Hambatan dalam Penyesuaian Seksual... 21

6. Penyesuaian Seksual yang Baik dalam Pernikahan ... 23

B. Memilih Pasangan ... 24

C. Ta‟aruf ... 29

1. Definisi Ta‟aruf ... 29

2. Proses Ta‟aruf ... 30

3. Perbedaan Ta‟aruf dan Pacaran ... 32

4. Wanita yang Melakukan Ta‟aruf ... 33

D. Dinamika Penyesuaian Seksual pada Wanita yang Menikah melalui Psose Ta‟aruf ... 34

E. Paradigma Penelitian ... 37

BAB III METODE PENELITIAN A. Pendekatan Kualitatif ... 38

B. Responden Penelitian ... 39

1. Karakteristik Responden Penelitian ... 39

2. Jumlah Responden Penelitian ... 39

3. Prosedur Pengambilan Responden ... 40

(10)

1. Alat Perekam (tape recorder) ... 42

2. Pedoman Wawancara ... 43

3. Alat Tulis dan Kertas untuk Mencatat ... 43

E. Kredibilitas Penelitian ... 43

F. Prosedur Penelitian ... 46

1. Tahap Persiapan ... 46

2. Tahap Pelaksanaan ... 48

3. Tahap Pencatatan Data ... 49

4. Prosedur Analisa Data ... 50

BAB IV ANALISA DATA DAN PEMBAHASAN A. Analisa Data ... 54 1. Analisa Responden I ... 54 a. Identitas Responden ... 54 b. Jadwal Wawancara ... 54 c. Data Observasi ... 55 d. Data Wawancara ... 56

1) Deskripsi Ta‟aruf Responden ... 56

2) Penyesuaian seksual ... 60

i. Aspek penyesuaian seksual ... 60

1. Komunikasi ... 60

2. Ketakutan ... 65

3. Peran Suami ... 66

4. Frekuensi ... 68

5. Cara Menyikapi Seks ... 69

ii. Faktor Penyesuaian Seksual ... 71

1. Pengetahuan tentang seks ... 71

2. Fisiologis ... 74 2. Analisa Responden II ... 79 a. Identitas Responden ... 79 b. Jadwal Wawancara ... 79 c. Data Observasi ... 79 d. Data Wawancara ... 80

1) Deskripsi Ta‟aruf Responden ... 80

2) Penyesuaian seksual ... 84

i. Aspek penyesuaian seksual ... 84

1. Komunikasi ... 84

2. Ketakutan ... 89

3. Peran Suami ... 90

4. Frekuensi ... 92

5. Cara Menyikapi Seks ... 93

ii. Faktor Penyesuaian Seksual ... 94

1. Pengetahuan tentang seks ... 94

(11)

c. Data Observasi ... 102

d. Data Wawancara ... 103

1) Deskripsi Ta‟aruf Responden ... 103

2) Penyesuaian seksual ... 108

i. Aspek penyesuaian seksual ... 108

1. Komunikasi ... 108

2. Ketakutan ... 112

3. Peran Suami ... 113

4. Frekuensi ... 115

5. Cara Menyikapi Seks ... 116

ii. Faktor Penyesuaian Seksual ... 117

1. Pengetahuan tentang seks ... 117

2. Fisiologis ... 119

B. Pembahasan ... 126

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan ... 138 B. Saran... ... 139 1. Saran Praktis ... 139 2. Saran Penelitian ... 140 DAFTAR PUSTAKA ... 141 LAMPIRAN Pedoman Wawancara Lembar Observasi Informed Consent

(12)

DAFTAR TABEL

Tabel 2.1 Perbedaan Ta‟aruf dan Pacaran... 32 Tabel 4.1 Jadwal serta tempat pelaksanaan wawancara Responden I... 54 Tabel 4.2 Gambaran Penyesuaian Seksual Responden I (Alia)... 77 Tabel 4.3 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyesuaian

Seksual Responden I (Alia) ... 78

Tabel 4.4 Jadwal serta tempat pelaksanaan wawancara Responden II... 79 Tabel 4.5 Gambaran Penyesuaian Seksual Responden II (Nia) ... 100 Tabel 4.6 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyesuaian Seksual

Responden II (Nia) ... 101

Tabel 4.7 Jadwal serta tempat pelaksanaan wawancara Responden III ... 102 Tabel 4.8 Gambaran Penyesuaian Seksual Responden III (Tari) ... 124 Tabel 4.9 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyesuaian Seksual

Responden III (Tari) ...125

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :