KETERKAITAN ANTARA KINERJA GURU DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 KLATEN

15 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

i

KETERKAITAN ANTARA KINERJA GURU DENGAN AKTIVITAS

BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR

BANGUNAN SMK NEGERI 2 KLATEN

TUGAS AKHIR SKRIPSI

Diajukan kepada Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan

Oleh : Ofti Nurhayati NIM. 11505241009

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2015

(2)

ii

KETERKAITAN ANTARA KINERJA GURU DENGAN AKTIVITAS

BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR

BANGUNAN di SMK NEGERI 2 KLATEN

Oleh

OFTI NURHAYATI

11505241009

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (1) Profil kinerja guru kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten, (2) Profil aktivitas belajar siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten, (3) Korelasi antara kinerja guru dan aktivitas belajar siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten, (4) Besarnya sumbangan kinerja guru terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel X (kinerja guru) dan variabel Y (aktivitas belajar siswa). Teknik pengambilan sampelnya menggunakan simple random sampling, sampel diambil secara acak, jumlah sampel yang diambil sejumlah 53 siswa. Uji validitas menggunakan Expert Judgement dan dianalisis dengan korelasi product moment, uji reabilitas menggunakan cronbach a, uji normalitas menggunkan chi kuadrat, uji linearitas menggunakan uji F, uji hipotesis menggunakan korelasi tunggal.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata indikator kinerja guru adalah 52,717% (cukup), indikator aktivitas belajar siswa adalah 28,377% (cukup). Dari hasil penelitian menunjukkan rhitung=0,028, hal tersebut menunjukkan bahwa keterkaitan kinerja guru dengan aktivitas belajar siswa sangat rendah.

(3)

iii

HALAMAN PENGESAHAN Tugas Akhir Skripsi

KETERKAITAN ANTARA KINERJA GURU DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN di

SMK NEGERI 2 KLATEN

Disusun oleh: Ofti Nurhayati NIM 11505241009

Telah dipertahankan di depan Tim Penguji Tugas Akhir Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri

Yogyakarta pada tanggal Maret 2015

TIM PENGUJI

Nama/Jabatan TandaTangan Tanggal

Prof. H. Slamet PH, MA, M.Ed, MA, MLHR, Ph.D

Ketua Penguji/Pembimbing ………….. ………… Drs. Sutarto, M.Sc., Ph.D. Penguji I ………….. ………… Drs. Suparman, M.Pd. Penguji II ………….. ………… Yogyakarta, Maret 2015

(4)

iv

LEMBAR PERSETUJUAN

Tugas Akhir Skripsi dengan Judul

KETERKAITAN ANTARA KINERJA GURU DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN di

SMK NEGERI 2 KLATEN

Disusun oleh: Ofti Nurhayati NIM 11505241009

Telah memenuhi syarat dan telah disetujui oleh Dosen Pembimbing untuk dilaksanakan Ujian Akhir Tugas Skripsi bagi yang bersangkutan.

Yogyakarta, 16 Maret 2015 Mengetahui,

Ketua Program Studi PTSP,

Dr. Amat Jaedun, M.Pd. NIP. 19610808 19861 1 001

Disetujui, Dosen Pembimbing,

Prof. H. Slamet PH, MA, M.Ed, MA, MLHR, Ph.D NIP. 19481112 197703 1 001

(5)

v

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini: Nama NIM Program Studi Judul TAS : Ofti Nurhayati : 11505241009

: Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan

: Keterkaitan Antara Kinerja Guru dengan Aktivitas Belajar Siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten

menyatakan bahwa skripsi ini benar-benar karya saya sendiri. Sepanjang pengetahuan saya tidak terdapat karya atau pendapat yang ditulis atau diterbitkan orang lain kecuali sebagai acuan atau kutipan dengan mengikuti penulisan karya ilmiah yang telah lazim.

Yogyakarta, Maret 2015 Yang menyatakan,

Ofti Nurhayati NIM. 11505241009

(6)

vi

MOTTO

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan”

{QS. Al-Inshirah: 5)

“Orang hebat bukanlah orang yang selalu menang dalam pertarungan. Orang

hebat adalah orang yang bisa mengendalikan diri ketika marah”

(HR. Bukhari dan Muslim)

“Yakinlah ada sesuatu yang menantimu selepas banyak kesabaran (yang kau

jalani) yang akan membuatmu terpana hingga kau lupa betapa pedihnya rasa

sakit”

(Ali Bin Abi Thalib)

“Kamu tau hal romantis dari hujan? Dia selalu mau kembali meski tau rasanya

jatuh berkali-kali”

(Endlessend)

“Barang siapa meringankan beban orang yang dalam kesulitan maka Allah akan

meringankan bebannya di dunia dan di akhirat”

(HR. Muslim dari Sahabat Abu Hurairah)

“Bila kita merasa letih karena berbuat kebaikan, maka sesungguhnya keletihan

itu akan hilang dan kebaikan akan kekal. Bila kita bersenang-senang dengan

dosa, kesenangan itu akan hilang dan dosa yang akan kekal”

(Umar Bin Khatab)

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh

dadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah

mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui”

(QS. Al-Baqarah: 16)

(7)

vii



Dengan memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT., ku

persembahkan karyaku ini kepada :

1. Allah SWT yang telah memberikan anugerah yang tiada

tara berupa kemudahan, kelancaran, serta kekuatan untuk terus melangkah maju.

2. Pak Min & Mbok Yun yang selalu mendoakan dan

memberikan dukungan moral dan material demi masa depanku. Kalian Bapak & Ibuku yang selalu aku banggakan, aku ingin selalu membuat kalian bangga.

3. Prof. H. Slamet PH, MA, M.Ed, MA, MLHR, Ph.D selaku

inspirator saya yang selalu memotivasiku dan

membimbingku, sehingga segera terselesaikannya tugas akhir skripsi ini. Suatu kebanggan menjadi mahasiswi bimbingannya prof.

4. Kakaku satu-satunya Eko Yulianto dan mbak Aris juga

keponakanku Rizka yang selalu memberikan nasihat dan dukungan dalam setiap langkahku, yang selalu memberikan canda dan tawa untuk menghilangkan semua penatku. Bahagia memiliki saudara seperti kalian.

5. Mas Anjar yang mau membantuku, setia menemaniku, ada

disaat aku susah ataupun senang, dan semua keluarganya Mas Anjar yang telah menganggapku bagian dari keluarganya dan bertahun-tahun memberikan support untukku.

6. Sodaraku mak Ajeng dan ante gemes Oktavia yang tiada

henti selalu mensupportku dan menguatkan aku, yang selalu memberikan bahu dan telinganya untuk semua keluh kesahku. Aku bangga punya sahabat seperti kalian, karna teman yang konyol lebih asik dari pada teman yang gaul :*

(8)

viii

7. Simbah, pakde, budhe, om, tante, sodara-sodaraku yang

selalu membantu, mensupport, dan menasehatiku.

8. Teman-teman seperjuanganku Jurusan Pendidikan Teknik

Sipil & Perencanaan 2011 Raffy, Dimas, Irfan, Dhian, Puguh, Tunggul, Aan, Vira, Putra, Faris, Rama, Ade, terutama Rendy dan Fatiah yang banyak dan selalu membantuku, mengajariku, menyemangatiku, dan yang selalu aku repoti selama studi dan menyelesaikan tugas akhir skripsi ini. Terimakasih atas kebersamaannya. Semoga kita semua sukses.

9. Sains family 2011 SHS Puspita Bangsa Mbk Mila, Uyak,

Kang Panji, Kang Gun, Pak Idom, Naryo, Mbk Wanda, Ida,

(9)

ix

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Alhamdulillahrobbil’alamin, segala puji hanya milik Allah SWT, Tuhan semesta alam. Hanya dengan limpahan rahmat, cinta, kekuatan dan kasih sayang-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Tugas Akhir Skripsi yang berjudul “Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Klaten”. Sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan umat yang senantiasa mengikutinya. Tugas Akhir Skripsi ini dimaksudkan untuk memenuhi sebagian persyaratan guna memperoleh gelar sarjana pendidikan.

Penulis menyadari tanpa bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak, tugas akhir skripsi ini tidak mungkin selesai dengan baik, oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat: 1. Bapak Prof. H. Slamet PH, MA, M.Ed, MA, MLHR, Ph.D selaku dosen

Pembimbing TAS, yang telah banyak memberikan semangat, dorongan, motivasi, dan bimbingan selama penyusunan Tugas Akhir Skripsi ini.

2. Bapak Drs. Suparman, M.Pd. dan Bapak Drs. H. Sutarto, M.Sc., Ph.D selaku Validator instrumen penelitian TAS yang memberikan saran/masukan perbaikan sehingga penelitian TAS dapat terlaksana sesuai dengan tujuan. 3. Bapak Drs. Agus Santoso, M.Pd., dan Bapak Dr. Amat Jaedun, M.Pd. selaku

Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan dan Ketua Bidang Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan berserta dosen dan staf

(10)

x

yang telah memberikan bantuan dan fasilitas selama proses penyusunan proposal sampai dengan selesainya TAS ini.

4. Bapak Dr. Moch. Bruri Triyono, selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, yang telah memberikan persetujuan pelaksanaan Proposal Tugas Akhir Skripsi.

5. Bapak Drs. Wardani Sugiyanto, M.Pd selaku kepala sekolah SMK Negeri 2 Klaten yang telah memberikan izin untuk melakukan penelitian di SMK Negeri 2 Klaten.

6. Semua siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Klaten yang tidak bisa disebutkan satu persatu, selaku responden yang telah membantu dalam pelaksanaan penelitian Tugas Akhir Skripsi.

7. Semua pihak, secara langsung maupun tidak langsung, yang tidak dapat disebutkan disini, atas bantuan dan perhatiannya selama penyusunan Tugas Akhir Skripsi ini.

Akhirnya, semoga segala bantuan yang telah diberikan semua pihak di atas menjadi amalan yang bermanfaat dan mendapatkan balasan dari Allah SWT dan Tugas Akhir Skripsi ini menjadi informasi bermanfaat bagi pembaca atau pihak lain yang membutuhkannya.

Yogyakarta, Maret 2015 Penulis,

Ofti Nurhayati NIM. 11505241009

(11)

xi DAFTAR ISI

Halaman

Halaman Sampul………...……… i

Abstrak...………...………... ii

Lembar Pengesahan………...……... iii

Lembar Persetujuan………...……... iv

Surat Pernyataan...………...……..……... v

Halaman Motto...………...……... vi

Halaman Persembahan………...………...…... vii

Kata Pengantar………... ix

Daftar Isi………...………….. xi

Daftar Tabel………....……...……… xiii

Daftar Gambar………....………....…… xiv

Daftar Lampiran………... xv

BAB I PENDAHULUAN………...……. 1

A. Latar BelakangMasalah………...…... 1

B. Identifikasi Masalah...………...……...…... 4

C. Batasan Masalah....………...……..….. 4

D. Rumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian...…....…... 4

E. Tujuan Penelitian...………...…………...….. 5

F. Manfaat Penelitian...………...…………...….. 5

BAB II KAJIAN PUSTAKA………..……....…..……...………... 7

A. Kajian Teori………...…...………....….... 7

1. Kinerja Guru...………...……... 7

2. Aktivitas Belajar...………...…….... 22

3. Keterkaitan Antara Kinerja Guru dan Pembelajaran... 30

B. Kerangka Berfikir………...…...….……... 33

C. Hipotesis Penelitian………...……...………... 34

BAB III METODE PENELITIAN………..……...……... 35

A. Jenis atau Desain Penelitian…………..………..……... 35

B. Tempat dan waktu Penelitian…………...………..……... 37

C. Populasi dan Sampel...………....………... 37

D. Variabel Penelitian…………...………...…..…... 38

E. Instrumen Penelitian…………... 39

F. Teknik Pengumpulan Data…………...…...…………...…... 42

G. Validitas dan Releabilitas Instrumen…………...…...…………... 43

(12)

xii

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN…………...…. 48

A. Diskripsi Data...………...….…...…. 48

B. Uji Persyaratan Hipotesis....………...……..…… 54

C. Uji Hipotesis...………...…...………….... 60

D. Pembahasan Hasil Penelitian...………...….... 61

BAB V SIMPULAN DAN SARAN………..……...……….. 63

A. Kesimpulan………...…...………. 63 B. Implikasi....………...………...…... 64 C. Keterbatasan Penelitian...…....…...………. 64 D. Saran...………...………….. 65 Daftar Pustaka………...…….... 66 Daftar Lampiran ………...…… 68

(13)

xiii

DAFTAR TABEL

Halaman

Tabel 1. Kisi-kisi Instrumen kinerja Guru...….…...…. 41

Tabel 2. Kisi-kisi Instrumen Aktivitas Belajar Siswa...……..…… 41

Tabel 3. Skor Jawaban Angket Kinnerja Guru...…...………….... 43

Tabel 4. Skor Jawaban Angket Aktivitas Belajar Siswa....…...….... 43

Tabel 5. Tabel Nilai rhitung...….…...…. 45

Tabel 6. Distribusi Frekuensi Kinerja Guru...….…...…. 49

Tabel 7. Distribusi Frekuensi Aktivitas Belajar Siswa...….…...…. 52

Tabel 8. Tabel Pengujian Normalitas Data Kinerja Guru...….…...…. 56

Tabel 9. Tabel Pengujian Normalitas Data Aktivitas Belajar Siswa...…. 57

Tabel 10. Hasil Uji Linearitas...….…...…. 58

(14)

xiv

DAFTAR GAMBAR

Halaman Gambar 1. Komponen dan Proses Penelitian Kuantitatif...…...…. 35 Gambar 2. Grafik Histogram Distribusi Frekuensi Kinerja Guru....…..…… 50 Gambar 3. Grafik Histogram Distribusi Frekuensi Aktivitas Belajar Siswa 53 Gambar 4. Diagram Pancar dan Persamaan Garis Regresi Keterkaitan

(15)

xv

DAFTAR LAMPIRAN

Halaman

Lampiran 1. Populasi dan Sampel... 68

Lampiran 2. Uji Coba Instrumen... 70

Lampiran 3. Validasi Instrumen... 80

Lampiran 4. Data Mentah... 86

Lampiran 5. Tabulasi Pengisian Angket Kinerja Guru dan Aktivitas Belajar Siswa untuk Pengujian Validitas Uji Prasyarat Hipotesis... 90

Lampiran 6. Tabulasi Pengisian Angket Kinerja Guru dan Aktivitas Belajar Siswa untuk Pengujian Reabilitas Uji Prasyarat Hipotesis... 93

Lampiran 7. Tabulasi Pengisian Angket Kinerja Guru dan Aktivitas Belajar Siswa untuk Pengujian Validitas... 96

Lampiran 8. Tabulasi Pengisian Angket Kinerja Guru dan Aktivitas Belajar Siswa untuk Pengujian Reabilitas... 99

Lampiran 9. Distribusi Frekuensi Kinerja Guru dan Aktivitas Belajar Siswa... 101

Lampiran 10. Tabulasi Pengujian Normalitas... 109

Lampiran 11. Surat Ijin Penelitian... 128

Lampiran 12. Lembar Konsultasi... 130

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :